Untuk masing-masing sesuai kontribusinya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


"Untuk masing-masing sesuai kontribusinya" adalah prinsip distribusi yang dianggap sebagai salah satu ciri definisi sosialisme. Frasa itu merujuk pada persetujuan tetang kompensasi individu yang direfleksikan dari kontribusinya terhadap produk sosial (total keluaran ekonomi) dalam hal usaha, kerja dan produktivitas.[1] Hal ini berkebalikan dengan metode distribusi dan kompensasi dalam kapitalisme, ketika mereka yang memiliki properti pribadi menerima pendapatan diterima di muka dalam bentuk bunga, sewa, atau profit yang diterima karena kepemilikan, tidak berdasarkan atas kontribusinya terhadap produk sosial[2]

Konsep ini juga membentuk definisi dasar sosialisme bagi pendukung sebelum Marx, termasuk sosialis Ricardian, ekonom klasik, dan anarkisme individualis.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gregory and Stuart, Paul and Robert (2003). Comparing Economic Systems in the Twenty-First. South-Western College Pub. hlm. 118. ISBN 0-618-26181-8. 
  2. ^ O'Hara, Phillip (September 2003). Encyclopedia of Political Economy, Volume 2. Routledge. hlm. 1135. ISBN 0-415-24187-1. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]