Serikat Pemuda Sosialis Internasional

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Serikat Pemuda Sosialis Internasional (International Union of Socialist Youth, IUSY)
Singkatan IUSY
Slogan All over the world to change it!
Tanggal pembentukan 24 Agustus 1907
Jenis Pemuda Internasional organisasi non-pemerintahan
Tujuan Federasi dunia sosialis, Demokrasi sosial dan organisasi pemuda pekerja
Kantor pusat Amtshausgasse 4, 1050 Vienna, Austria
Wilayah layanan
Seluruh dunia
Jumlah anggota
134[1]
Bahasa resmi
Inggris, Spanyol, Perancis
Presiden
Howard Lee
Organ utama
Dewan Dunia
Afiliasi
Situs web www.iusy.org

Serikat Pemuda Sosialis Internasional (The International Union of Socialist YouthIUSY) didirikan pada 1907. IUSY merupakan organisasi politik pemuda internasional yang mewakili organisasi-organisasi pemuda sosialis dan pemuda buruh terorganisasi. Kegiatan IUSY berpusat pada dukungan terhadap organisasi-organisasi anggotanya, menerbitkan buletin, dan mengorganisasi pertemuan internasional pemuda tahunan.

Didirikan pada 1907 sebagai sayap pemuda Internasional Kedua dibawah nama Pemuda Sosialis Internasional (Socialist Youth International), sekarang IUSY mewakili 134 organisasi anggota di 80 negara.[1] IUSY adalah LSM pemuda internasional dengan status konsultatif di ECOSOC Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang didapat  pada 1993.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada 24-27 Agustus 1907, pertemuan 20 perwakilan pemuda dari 13 negara di Stuttgart, Jerman, mendirikan Pemuda Sosialis Internasional sebagai organisasi pemuda dari Internasional Kedua.[3]  Kantor internasional mereka berlokasi di Vienna dan sampai sekarang masih disana kecuali dalam beberapa periode singkat yang luar biasa.

Organisasi-organisasi pemuda sosialis, seperti partai induknya, berhadapan dengan pertumbuhan pengaruh nasionalisme dan militerisme di Eropa. Ketika Perang Dunia Pertama pecah pada 1914, meski sebagian besar partai-partai sosialis secara terbuka mendukung usaha perang negaranya, Pemuda Sosialis Internasional tetap teguh pada posisinya dalam menentang perang dan militerisme.[4] Organisasi ini harus memindahkan kantornya ke Zurich dan dari sana mereka mempublikasikan jurnalnya, yang harus didistribusikan secara ilegal karena keadaan pada waktu itu. Perjuangan untuk perdamaian kemudian menjadi ciri dari organisasi pemuda sosialis.

Pembentukan Komunis Internasional di Moskow pada 1919 secara resmi memecah pergerakan buruh dan pemuda menjadi dua. Perwakilan aliran sosialis dan sosial-demokratik membentuk kembali Pergerakan Pemuda Sosialis Internasional (International Socialist Yoth Movement, ISYM) pada 1921.

Pada 1925, masa ketika fasis mengambil alih Italia, organisasi pemuda dari negara itu dipaksa berhenti berpartisipasi dalam ISYM. Ini menandai mulainya perjuangan organisasi melawan ancaman fasis.[5] Pada 1933, kantor di Berlin dievakuasi ke Praha.

Setelah Perang Dunia Dua, pada 30 September 1946, dalam kongres di Paris, organisasi ini secara resmi menjadi Serikat Internasional Pemuda Sosialis. Mereka mulai menerima banyak organisasi pemuda dari luar Eropa dan pada permulaan 1950-an IUSY terdiri dari 73 organisasi anggota dari 50 negara. Sejak itu, organisasi ini telah memiliki anggota dua kali lipatnya. 

Setelah kongres Paris sampai 1960-an, IUSY berfokus memberi dukungan pada usaha dekolonisasi dan perjuangan untuk kemerdekaan, terutama di Afrika dan Asia.[6] Pada 1970-an organisasi ini aktif memberikan perhatian pada pelanggaran hak asasi manusia oleh pemerintahan militer di Amerika Selatan dan membangun kampanye solidaritas internasional, terutama melawan Pinochet di Chili dan Somoza di Nikaragua.

IUSY secara hati-hati mendukung proses demokratisasi di Eropa Timur karena organisasi ini ingin perubahan itu memberikan manfaat kepada masyarakat luas, tidak hanya segelintir elit. Meski perlombaan senjata nuklir berakhir dengan runtuhnya Tembok Berlin, transisi dari rezim otoritarian membawa konflik baru ke kawasan itu. Perdagangan manusia dan pengungsi yang dihasilkan dari konflik sipil, menjadi fokus utama baru dari sebagian IUSY. IUSY membentuk Meja Bundar Balkan dan Komite Wilayah Laut Hitam untuk memfasilitasi dialog dan kerja sama di antara berbagai negara.

Dalam usahanya ke masa depan, masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. IUSY berkomitmen untuk bekerja sama dengan organisasi-organisasi pemuda anggota untuk mengembangkan perangkat efektif untuk perawatan dan pencegahan pandemik HIV-AIDS. Pengembangan hak-hak asasi manusia individual dan kemerdekaan di berbagai tempat menjadi perhatian utama. Peristiwa belakangan menekankan kesenjangan ekonomi dasar yang ada di seluruh dunia dan menjadi perhatian kepada perjuangan untuk keadilan sosial dan kesetaraan.

Kegiatan[sunting | sunting sumber]

Kegiatan utama IUSY adalah mempromosikan demokrasi, hak-hak asasi, dan kebijakan pemuda. IUSY bekerja dengan menarik institusi internasional, seperti Dewan Eropa, Perserikatan Bangsa-Bangsa, Sosialis Internasional, Forum Pemuda Eropa, dan lainnya. Juga dengan secara langsung menyasar pembuat kebijakan dan perwakilan media di level internasional untuk menganjurkan kesetaraan kesempatan dan hak untuk partisipasi sosial dan politik untuk pemuda di seluruh dunia. Selain itu, IUSY melatih aktivis di tingkat akar rumput dalam debat politik internasional dan pengembangan kebijakan dengan mengorganisir konferensi dan mendukung kampanye dan inisiasi politik di level regional dan global.

IUSY bekerja untuk menguatkan organisasi anggotanya dengan menyediakan jaringan luas dukungan dan memfasilitasi loka karya pendidikan dan seminar pelatihan, bertujuan pada peningkatan kapasitas mereka untuk memperjuangkan perubahan politik di masing-masing negaranya.

Kongres IUSY merupakan badan penentu kebijakan tertinggi dalam organisasi. Disana dipilih Presiden, Sekretaris Jenderal, Presidium dan Komisi Kontrol. Kongres IUSY dan Dewan IUSY diadakan setiap dua tahun secara bergantian. IUSY mengkoordinasikan kegiatannya dalam dua tingkat - regional dan global. Koordinasi regional melibatkan pembahasan isu yang umum di kawasan dan pengembangan kegiatan internal dan publik untuk mempromosikan anjuran solusi dan kebijakan. Struktur dan karakter organisasi IUSY memudahkan perlakuan terhadap banyak isu dalam cara inter-regional, melalui kerja sama dan koordinasi antara berbagai wilayah untuk merealisasikan kegiatan bersama.

Presidium global terdiri dari Presiden, Sekretaris Jenderal dan 18 Wakil Presiden, yang bertemu secara reguler untuk membahas dan mengembangkan kebijakan.

IUSY memiliki lima komite regional - Amerika, Afrika, Asia Pasifik, Eropa, dan Mediterania - yang bertemu tiap tahun. IUSY juga memiliki dua kelompok kerja permanen - Feminisme dan LGBT - yang mengurusi isu yang terkait dengan tema spesifik itu.

Sekretariat IUSY dipimpin oleh Sekretaris Jenderal, mengorganisir semua kegiatan dan bertanggung jawab atas keuangan, komunikasi, dan kegiatan harian organisasi. Bahasa kerja IUSY yaitu Inggris, Perancis, dan Spanyol.

Festival Dunia IUSY menghadirkan ribuan aktivis dan diadakan kira-kira setiap dua atau tiga tahun.

Presidium[sunting | sunting sumber]

IUSY dipimpin oleh presidium yang dipilih (sejak 2006 setiap dua tahun) dalam Kongres Dunia dengan perwakilan dari seluruh dunia. Anggota presidium saat ini, 2014-2016 diantaranya:[7]

Presiden
Howard Lee, DAPSY, Malaysia
Sekretaris Jenderal
Evin Incir, SSU, Swedia
Wakil Presiden
18, dari berbagai wilayah
Presiden Komisi Kontrol
Roland Gúr, Societas, Hungaria
Anggota Komisi Kontrol
Ana Pirtskhalava, YSG, Georgia
Glenn Micallef, LYF, Malta
Samuel Muyizzi, UYD, Uganda
Victoria Faroppa, JNE, Uruguay
Undangan Tetap
Presiden Sosialis Eropa Muda (Young European Socialists, YES) 
Sekretaris Jenderal ICFTU YO 
Presiden Pergerakan Elang Internasional - Pendidikan Sosialis Internasional (International Falcon Movement – Socialist Educational International, IFM-SEI) 

Anggota rekan[sunting | sunting sumber]

Pemimpin historis[sunting | sunting sumber]

Presiden[sunting | sunting sumber]

Skretaris Jenderal[sunting | sunting sumber]

  • 1946 Per Hækkerup (Denmark)
  • 1954 Kurt Kristiansson (Swedia)
  • 1960 Per Aasen (Norwegia)
  • 1963 Sture Ericson (Swedia)
  • 1966 Jan Hækkerup (Denmark)
  • 1969
  • 1971 Jerry Svensson (Swedia)
  • 1973 Johan Peanberg (Swedia)
  • 1975 Friedrich O.J. Roll (Jerman)
  • 1977 Owe Fich (Denmark)
  • 1979 Jukka Oas (Finlandia)
  • 1981 Bengt Ohlsson (Swedia)
  • 1983 Robert Kredig (Jerman)
  • 1985 Dirk Drijbooms (Belgia)
  • 1989 Ricard Torrell (Spanyol)
  • 1993 Alfredo Remo Lazzeretti (Argentina)
  • 1997 Lisa Pelling (Swedia)
  • 2001 Enzo Amendola (Italia)
  • 2006 Yvonne O'Callaghan (Irlandia)
  • 2009 Johan Hassel (Swedia)
  • 2012 Beatriz Talegón (Spanyol)
  • 2014 Evin Incir (Swedia)

Kongres[sunting | sunting sumber]

Kamp-kamp dan festival internasional[sunting | sunting sumber]

SPSI telah mengadakan "kamp" dan "festival" internasional sejak 1952 di berbagai lokasi di seluruh dunia.

Organisasi mitra[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b International Union of Socialist Youth. "International Union of Socialist Youth". Diakses tanggal 19 February 2016. 
  2. ^ "List of non-governmental organizations in consultative status with the Economic and Social Council as of 1 September 2011" (PDF). Economic and Social Council, United Nations. Diakses tanggal 2012-09-07. 
  3. ^ 100 Years of Struggle for Peace and Equality. Berlin, August 2007. pg. 5.  Parameter |first1= tanpa |last1= di Authors list (bantuan); Periksa nilai tanggal di: |date= (bantuan)
  4. ^ 100 Years of Struggle for Peace and Equality. Berlin, August 2007, pg. 3.  Parameter |first1= tanpa |last1= di Authors list (bantuan); Periksa nilai tanggal di: |date= (bantuan)
  5. ^ Frye (ed.), Sven; et al. (Berlin, 2007. pg. 29). !00 Years of International Socialist Youth, Struggle for Peace and Equality in the World. vorwarts buch.  Periksa nilai tanggal di: |date= (bantuan)
  6. ^ Frye (ed.), Sven; et al. (Berlin, 2007. pg. 37). !00 Years of International Socialist Youth, Struggle for Peace and Equality in the World. vorwarts buch.  Periksa nilai tanggal di: |date= (bantuan)
  7. ^ "New IUSY Presidium 2012-2014". IUSY. Diakses tanggal 2012-04-25. 

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Daftar organisasi anggota Serikat Pemuda Sosialis Internasional

Pranala luar[sunting | sunting sumber]



Templat:Forum Pemuda Eropa

Templat:Demokrasi Sosial