Étienne-Gabriel Morelly

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gambar muka "Code de la Nature, ou le véritable Esprit de ses Loix." (1755)

Étienne-Gabriel Morelly (bahasa Prancis: [mɔʁɛli]; 1717, Vitry-le-François – 1778) adalah pemikir dan novelis utopis Prancis. Dia juga seorang "pejabat pajak yang remang"[1] Morelly menulis dua buku tentang pendidikan dan kritik terhadap Montesquieu. Dia juga dianggap (mungkin keliru) sebagai penulis The Code of Nature, yang diterbitkan secara anonim pada 1755 di Prancis. Buku ini menjadi basis pemikiran bagi pemikir sosialis dan komunis yang muncul kemudian, berisi kritik terhadap masyarakat pada zamannya, mempromosikan tatanan sosial tanpa ketamakan dan mengusulkan konstitusi yang bertujuan untuk menuju ke masyarakat egalitarian tanpa kepemilikan, pernikahan, gereja atau polisi.[2]

Garis besar[sunting | sunting sumber]

Menurut The Code of Nature, "...ketika tidak ada kepemilikan, tidak ada pula konsekuensi buruknya...." Karena Morelly percaya bahwa hampir semua penyakit sosial dan moral adalah konsekuensi dari kepemilikan pribadi, dan konstutusi yang diusulkannya menghilangkan sebagian besar kepemilikan pribadi.

Karena karakteristik utopisnya, Morelly sering dipandang sebagai cikal bakal utama pemikir sosialis dan komunis. François-Noël Babeuf, Charles Fourier, Pierre-Joseph Proudhon, Louis Blanc, Friedrich Engels, dan Karl Marx, semuanya membahas gagasan Morelly dalam tulisan mereka.

Posisi Morelly[sunting | sunting sumber]

Selain "hukum sakral dan fundamental", Morelly mengusulkan "Tidak ada sesuatu di masyarakat yang dimiliki siapa pun, baik sebagai milik pribadi atau sebagai barang modal, kecuali hal-hal untuk penggunaan segera seseorang, baik untuk kebutuhannya, kesenangannya, atau pekerjaannya sehari-hari." Dia menentang kepemilikan properti di luar apa yang dibutuhkan individu, khususnya kepemilikan pribadi yang digunakan untuk mempekerjakan orang lain.

Lalu, bagaimana cara pekerja mengakses alat dan perlengkapan di luar kepemilikan pribadi jika pekerjaan mereka membutuhkannya? Menurut Morelly, "...semua produk tahan lama ini akan dikumpulkan bersama di toko-toko umum untuk didistribusikan ke semua warga, setiap hari atau dalam interval tertentu..."

Dia juga mengusulkan pelarangan perdagangan antar individu: "Sesuai dengan hukum sakral, tidak akan ada yang dijual atau ditukar di antara warga. Seseorang yang membutuhkan misalnya sayuran atau buah, akan pergi ke alun-alun publik, tempat di mana barang-barang ini akan dibawa oleh orang yang menanamnya, dan kemudian dia mengambil apa yang dibutuhkan untuk satu hari saja."

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Morelly sering dikenal sebagai guru meski kurang jelas, dan kehidupannya hampir tidak diketahui kecuali dia tinggal di sebuah kota kecil di barat laut Prancis, Vitry-le-François.

Karya[sunting | sunting sumber]

  • Essai sur l'esprit humain, 1743
  • Essai sur le coeur humain, 1745
  • Le Prince, les délices des coeurs, ou traité des qualités d'un grand roi et système d'un sage gouvernement, 1751
  • Naufrage des isles flottantes, ou Basiliade du célèbre Pilpai, 1753
  • Code de la nature, ou le véritable esprit de ses lois, 1755

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Michael Sonenscher, Sans-Culottes: An Eighteenth-Century Emblem in the French Revolution, Princeton University Press, 2008, p.229
  2. ^ The Cambridge History of Eighteenth-Century Political Thought, ed. Mark Goldie and Robert Wokler, Cambridge University Press, 2006, p.762

Pranala luar[sunting | sunting sumber]