Nikolay Chernyshevsky

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Nikolay Chernyshevsky N G Chernyshevsky.jpg
Lahir (1828-07-12)12 Juli 1828
Saratov, Kekaisaran Rusia
Meninggal 17 Oktober 1889(1889-10-17) (umur 61)
Saratov, Kekaisaran Rusia

Nikolay Gavrilovich Chernyshevsky (bahasa Rusia: Никола́й Гаври́лович Черныше́вский; lahir di Saratov, Kekaisaran Rusia, 12 Juli 1828 – meninggal di Saratov, Kekaisaran Rusia, 17 Oktober 1889 pada umur 61 tahun) adalah seorang revolusioner demokrat, filsuf materialis, kritikus, dan sosialis (dipandang oleh beberapa orang sebagai seorang sosialis utopia) asal Rusia. Ia menjadi pemimpin gerakan revolusioner pada 1860an, dan memberikan pengaruh kepada Vladimir Lenin, Emma Goldman, dan sosialis dan penulis politik Serbia Svetozar Marković.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Sebagai seorang anak dari pendeta, Chernyshevsky lahir di Saratov pada 1828, dan singgah disana sampai 1846. Ia lulus di seminari lokal dimana ia mempelajari bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Latin, Yunani dan Slavonik Lama. Hal tersebut membuatnya menjadi cinta dengan sastra.[1] Di Universitas St Petersburg, ia seringkali berjuang untuk memanaskan ruangannya. Ia menyimpan buku harian serba-serbinya seperti sejumlah tangisan yang keluarkan terhadap kematian temannya. Hal tersebut membuatnya menjadi seorang ateis.[2] Ia terinspirasi oleh karya-karya Ludwig Feuerbach dan Charles Fourier. Setelah lulus dari Universitas Saint Petersburg pada 1850, ia mengajar sastra di sebuah gimnasium di Saratov. Dari 1853 sampai 1862, ia tinggal di Saint Petersburg, dan menjadi ketua penyunting Sovremennik ("Kontemporer"), dimana ia menerbitkan ulasan-ulasan sastra utamanya dan esay-esaynya tentang filsafat.

Pada 1862, ia ditangkap dan ditahan di Benteng Santo Petrus dan Paulus, dimana ia menulis novel terkenalnya What Is to Be Done?. Novel tersebut menjadi inspirasi bagi beberapa revolusioner Rusia, yang menyanjung pahlawan dari novel tersebut Rakhmetov, yang mendedikasikan seluruh hidupnya untuk revolusi, yang untuk mencapainya, ia tidur di atas kasur paku dan hanya makan daging mentah dalam rangka membangun kekuatan untuk Revolusi. Salah satu orang yang membaca novel tersebut meliputi Lenin, yang menulis sebuah karya teori politik dengan nama yang sama. Pada 1862, Chernyshevsky dihukum dan diasingkan ke Vilyuisk, Siberia (1872–83). Ia meninggal pada usia 61 tahun.

Gagasan dan pengaruh[sunting | sunting sumber]

Chernyshevsky adalah pendiri Narodisme, populisme Rusia, dan menyerukan revolusi meruntuhkan otokrasi dan pembentukan masyarakat sosialis berdasarkan pada komune petani lama.

Gagasan Chernyshevsky sangat dipengaruhi oleh Alexander Herzen, Vissarion Belinsky, dan Ludwig Andreas Feuerbach.

Karya[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ana Siljak, Angel of Vengeance, page 57
  2. ^ Ana Siljak, Angel of Vengeance, page 58

Pranala luar[sunting | sunting sumber]