Victor d'Hupay

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Victor d'Hupay
Portrait de Victor d'Hupay (cropped).png
Potret Victor d'Hupay (s.1790)
Lahir1746
La Tour-d'Aigues, Provence, France
Meninggal1818 (Umur 72)
Fuveau, Bouches-du-Rhône, France
KebangsaanPrancis

Joseph Alexandre Victor d'Hupay (1746–1818) adalah penulis dan filsuf Prancis. Dia dikenal sebagai salah satu penulis pertama yang menggunakan istilah komunisme dalam arti modern.

Kehidupan dan karya[sunting | sunting sumber]

Pada 1746 Victor d'hupay lahir di keluarga aristokrat di desa La Tour-d'Aigues di Luberon, Provence.

Pada 1785 dia menegaskan dirinya sebagai penulis komunis - kata yang telah ada sejak abad ke-12 untuk merujuk pada bentuk-bentuk tertentu dari kumpulan barang dagang - dalam arti pendukung komunitas barang dagang. Sekitar waktu ini, sebelum Revolusi Prancis, dia disebut sebagai seorang komunis di buku yang ditinjau oleh Restif de la Bretonne; menurut beberapa sumber, ini pertama kalinya kata "komunisme" digunakan dalam bentuk cetak dalam pengertian modernnya.

Selama revolusi, Victor d'Hupay menjadi antusias dengan ide-ide baru. Dia berkorespondensi dengan Mirabeau dan Bernardin de Saint-Pierre. Dia menyajikan beberapa proyek pendidikan nasional dan model pemerintahan kepada Majelis Nasional; serta melawan penindasan pernikahan, yang dia lihat sebagai bentuk kepemilikan properti. Meski komitmen terhadap revolusi, dia dipenjara di bawah Pemerintahan Teror dan rumahnya dijarah. Dia hanya menulis sedikit ketika di bawah Kekaisaran Prancis dan meninggal di Fuveau pada 1818 di usia 72 tahun.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]