Proyek Cybersyn

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian



Proyek Cybersyn adalah proyek di Chili pada 1971-1973 ketika masa pemerintahan presiden Salvador Allende. Bertujuan untuk membentuk sistem pendukung keputusan terdistribusi untuk membantu manajemen ekonomi nasional. Proyek ini terdiri dari empat modul: simulator ekonomi, perangkat lunak pesanan untuk memerika kinerja pabrik, ruang operasi, dan jaringan nasional mesin teleks yang terhubung dengan komputer mainframe.[1]

Proyek Cybersyn didasarkan atas teori model sistem yang layak dan pendekatan jaringan saraf tiruan untuk desain organisasi, dan menggunakan teknologi inovatif pada masanya: termasuk jaringan mesin teleks (Sibernetika) dalam perusahaan milik negara yang dapat mengirim dan menerima informasi dengan pemerintah di Santiago. Informasi dari lapangan dapat diproses dalam perangkat lunak pemodelan statistik (Cyberstride) yang dapat memonitor indikator produksi (seperti suplai bahan mentah atau tingkat ketidakhadiran pekerja) secara real time, dan memperingatkan pekerja dalam tahap pertama, dan dalam situasi abnormal juga kepada pemerintah pusat, jika parameter tersebut ada di luar rentang yang dapat diterima. Informasi tersebut juga dapat dimasukkan dalam perangkat lunak simulasi ekonomi (CHECO, CHilean ECOnomic simulator, atau simulator ekonomi Chili) yang dapat digunakan pemerintah untuk memprediksi kemungkinan hasil dari keputusan ekonomi. Dan akhirnya, ruang operasi yang canggih dapat menyediakan ruang untuk manajer agar dapat melihat data ekonomi yang relevan, membuat tanggapan keadaan darurat, dan mengirim nasihat dan arahan kepada perusahaan serta pabrik dalam situasi genting dengan menggunakan jaringan teleks.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "IU professor analyzes Chile's 'Project Cybersyn'". UI News Room. Diakses tanggal 27 May 2013. 
  2. ^ http://csef.ru/en/politica-i-geopolitica/223/mashiny-kommunizma-pochemu-v-sssr-tak-i-ne-sozdali-svoj-internet-6983
  3. ^ Kharkevich, Aleksandr Aleksandrovich (1973). Theory of information. The identification of the images. Selected works in three volumes. Volume 3. Information and technology: Moscow: Publishing House "Nauka", 1973. - Academy of Sciences of the USSR. Institute of information transmission problems. hlm. 495–508. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]