Estetika feminis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Estetika fenimis merupakan estetika yang berkembang pada  postmodernisme karena pengarang laki-laki selalu menggambarkan perempuan dalam konteks budaya patriarki dan selalu menyudutkan perempuan. Ekspresi estetika feminis cenderung mencerminkan kesetaraan dan mendobrak perbedaan sosial antara laki-laki dan perempuan, bahkan masyarakat tidak peduli dengan perasaan perempuan atau laki-laki walaupun dilakukan oleh perempuan.[1]

Estetika feminis berarti mengidentifikasi berbagai perspektif yang ada dengan mengajukan pertanyaan spesifik tentang teori dan asumsi filosofis terkait kategori seni dan estetika. Kaum feminis  umumnya menyimpulkan bahwa meskipun filsafat merupakan bahasa teoretis yang tampaknya  netral dan inklusif, karakteristik gender dimasukkan ke dalam kerangka konseptual dasar hampir di semua bidang ilmu. Para ilmuwan yang bekerja di bidang estetika mempelajari bagaimana gender mempengaruhi pembentukan gagasan tentang seni, seniman, dan nilai-nilai estetika. Perspektif feminis terhadap estetika konsisten dengan pengaruh budaya  yang melebihi subjektivitas. Artinya, cara seni merefleksikan dan menopang konstruksi sosial gender, seksualitas, dan identitas, serta sejauh mana karakteristik tersebut disalurkan melalui faktor-faktor seperti ras, sejarah kebangsaan, status sosial, dan situasi. Kepentingan ini telah berkembang dari analisis awal terhadap norma-norma yang mengatur penampilan perempuan hingga mencakup pertimbangan mengenai tubuh penyandang disabilitas dan identitas transgender.

Wawasan yang muncul dari penelitian feminis ini mempunyai implikasi praktis: Analisis terhadap kerangka historis dan konseptual yang menentukan estetika dan filosofi seni mempunyai implikasi bagi laki-laki sebagai seniman yang berpengaruh dibandingkan perempuan. Teori-teori filosofis yang diadopsi oleh kaum feminis mempunyai pengaruh besar pada bidang-bidang penting interpretasi seni dan budaya populer, bahkan pada perkembangan kontemporer dalam praktik seni. Estetika feminis mengejar pertanyaan dan kritik yang mencakup nilai-nilai dasar filsafat, mengkaji konsep-konsep yang seringkali tidak berhubungan langsung dengan laki-laki dan perempuan, namun hierarkinya dipenuhi makna gender.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Awal munculnya perspektif feminis dalam estetika pada tahun 1970-an dari gabungan perspektif aktivis politik dan kritik terhadap tradisi filosofis dan sejarah seni dalam dunia seni rupa kontemporer. Mereka berkembang seiring dengan perdebatan postmodern tentang budaya dan masyarakat yang terjadi di berbagai bidang ilmu sosial dan humaniora.

Objek sejarah terkaya kritik feminis terhadap filsafat seni adalah konsep  seni rupa, yang mengacu pada seni yang diciptakan terutama untuk tujuan kenikmatan estetika. Hal ini pada dasarnya mencakup lukisan, musik, sastra, dan patung, namun tidak termasuk seni dan kerajinan, seni populer, dan hiburan. Terkait erat dengan konsep seni rupa adalah gagasan  kejeniusan kreatif para senimannya, yang seringkali diyakini memiliki visi unik yang diungkapkan dalam karya seninya.

Istilah seni belum tentu merupakan singkatan dari seni rupa. Kata Yunani yang diterjemahkan sebagai "seni" adalah teknik, dan istilah ini paling tepat diterjemahkan sebagai "teknik" dalam arti luas, yang membedakan antara hasil usaha manusia dan benda-benda alam. Jenis tekniknya adalah mimesis atau peniruan, yaitu reproduksi penampilan suatu benda atau pengungkapan suatu gagasan dalam suatu cerita atau drama.

Diskusi filosofis paling awal tentang seni dalam tradisi Yunani terjadi di Plato Republik. Republik adalah eksplorasi yang diperluas terhadap hakikat keadilan di mana Socrates dan teman-temannya membayangkan sebuah masyarakat ideal yang secara ketat menyensor dan mengontrol bentuk-bentuk seni seperti teater, musik, lukisan, dan patung. Menyukai pencarian ilmu filosofis untuk mendapatkan bentuk-bentuk kesenangan mimesis melibatkan hierarki nilai yang menempatkan dunia bentuk-bentuk ideal yang abadi, abstrak, dan intelektual di atas dunia objek fisik yang bersifat sementara, spesifik, dan indrawi. Hirarki ini mendukung dualisme antara pikiran dan tubuh yang erat kaitannya dengan asimetri gender dan menjadi bahan kritik mendasar  pada awal perkembangan perspektif feminis dalam filsafat. Para filsuf feminis memusatkan perhatian pada konsep-konsep tertentu yang muncul dalam kombinasi "biner" seperti pria dan wanita.

Apresiasi khusus Plato terhadap seni mimesis adalah peningkatan kecerdasan dan abstraksi dibandingkan emosi dan partikularitas. Meskipun tidak digunakan secara eksplisit, premis dari argumen ini adalah bahwa gender ada sebagai “laki-laki” dan “perempuan” (terkadang “maskulin” dan “feminin” digabungkan). Filosofi seni ini menitikberatkan pada konsep gender.

Para ahli tidak sepakat mengenai kapan kategori seni khusus yang disebut "seni rupa'' atau "seni beaux" muncul. Beberapa berpendapat bahwa konsep tersebut dimulai pada masa Renaisans, sementara yang lain berpendapat bahwa seni baru benar-benar berkembang pada abad ke-18. Pada titik ini, gagasan bahwa seni pada hakikatnya mimesis mulai memudar, lambat laun digantikan oleh konsep seni romantis sebagai ekspresi diri.

Abad ke-18 juga merupakan masa munculnya sejumlah risalah yang membandingkan seni  berdasarkan prinsip-prinsip umum, dan yang lebih penting, munculnya sejumlah risalah yang membandingkan seni berdasarkan prinsip-prinsip umum. Pengakuan atas jenis kesenangan tertentu yang berasal dari objek alam atau seni yang dikenal sebagai “kesenangan estetika” ini juga merupakan masa ketika teori kesenangan yang berpengaruh dikembangkan. Jenis-jenis kesenangan merupakan inti dari teori rasa yang menjadi ciri teori formatif estetika.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Author Sugiarti (2009). "Telaah Estetika dalam Novel Nayla Karya Djenar Maesa Ayu". Atavisme. Volume 12 (Nomor 1): : 65 – 76. Diakses tanggal 2023-11-25. 
  2. ^ a b Korsmeyer, Carolyn; Weiser, Peg Brand (2021). Zalta, Edward N., ed. Feminist Aesthetics (edisi ke-Winter 2021). Metaphysics Research Lab, Stanford University. Diakses tanggal 2023-11-25.