HSBC

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
HSBC Holdings plc
Jenis Holding company[1][2]
(Public limited company)
Simbol saham LSE: HSBA
NYSE: HBC
EuronextHSB
SEHK: 005
Templat:BSX
Industri/jasa Perbankan, jasa keuangan
Didirikan 1865[3] (The Hongkong and Shanghai Banking Corporation)
1991[4] (HSBC Holdings plc)
Pendiri Sir Thomas Sutherland
Kantor pusat 8 Canada Square,
Canary Wharf,
London, United Kingdom[5]
Jumlah lokasi Sekitar 7.200 cabang di 85 negara & wilayah teritorial
Daerah layanan Seluruh Dunia
Tokoh penting Douglas Flint
(Group Chairman)
Stuart Gulliver
(Group Chief Executive)
Produk Kartu Kredit
Pinjaman Mortgage
Jasa Consumer banking
Corporate banking
Investment banking
Private banking
Wealth management
Pendapatan US$ 105.80 billion (2011)[6]
Laba usaha US$ 021.87 billion (2011)[6]
Laba bersih US$ 016.80 billion (2011)[6]
Jumlah aset US$ 02.556 trillion (2011)[6]
Jumlah ekuitas US$ 166.09 billion (2011)[6]
Karyawan 267,000 (2011)[6]
Slogan "The Worlds Local Bank"
Anak perusahaan HSBC Bank plc
The Hongkong and Shanghai Banking Corporation
HSBC GLT India
HSBC Bank USA
HSBC Bank Middle East
HSBC Mexico
HSBC Bank Brazil
HSBC Finance
Bank BPD DIY
Situs web www.hsbc.com

HSBC Holdings PLC (NYSE: HBC, LSE: HSBA, SEHK: 005, EuronextHSBC), adalah salah satu grup perbankan terbesar di dunia. HSBC bermarkas di London, dengan kantor pusat di Menara HSBC, London, sebuah bagian dari pengembangan Canary Wharf di London Docklands. Anggota pendirinya adalah The Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited, sebuah bank yang dibentuk oleh orang Skotlandia - Thomas Sutherland - untuk membiayai perdagangan di Timur Jauh di 1865.

Pada 2005, bank ini merupakan perusahaan terbesar keempat dalam segi aset ([1]). Ia melaporkan jumlah pemasukan dalam dolar AS sekitar 70% berasal dari luar Britania. Nyaris 40% berasal dari operasinya di Hong Kong. Sebelum pindah markasnya ke London pada awal 1990-an, ia bermarkas di Hong Kong. HSBC merupakan bank terbesar di Hong Kong, dan kedua terbesar di dunia setelah Citigroup.

Di Indonesia, HSBC mulai hadir di Jakarta pada tahun 1884, sehingga merupakan salah satu bank tertua di Indonesia.

Produk Global[sunting | sunting sumber]

HSBC Advance[sunting | sunting sumber]

HSBC Advance adalah produk kelompok ditujukan untuk pekerja profesional. Manfaat yang tepat dan kualifikasi bervariasi tergantung pada negara, tetapi biasanya memerlukan transfer Gaji US$ 1.500 atau lebih setiap bulan atau Menjaga US$ 25.000 dari deposito dalam Tabungan / Rekening Koran atau investasi. Keuntungan dapat bervariasi, tergantung pada negara, seperti hari-hari layanan perbankan termasuk namun tidak terbatas pada Kartu Kredit Platinum, Advance Kartu ATM, Giro dan Rekening Tabungan. Perlindungan rencana dan Jasa Perencanaan Keuangan. Seorang pelanggan HSBC Advance memungkinkan pelanggan untuk membuka rekening di negara lain dan mentransfer sejarah kredit mereka.

HSBC Direct[sunting | sunting sumber]

HSBC Direct adalah telepon / online banking operasi langsung yang menarik pelanggan melalui hipotek, rekening dan tabungan. Ini pertama kali diluncurkan di Amerika Serikat pada bulan November 2005 dan didasarkan pada anak 'Pertama Langsung' HSBC di Inggris yang diluncurkan pada tahun 1980. Layanan ini sekarang juga tersedia di Kanada, Taiwan, Korea Selatan, Prancis, dan India. Polandia meluncurkan bisnis langsung pada bulan September 2009. Di Amerika Serikat, HSBC langsung sekarang merupakan bagian dari HSBC Advance.

HSBCnet[sunting | sunting sumber]

HSBCnet adalah layanan global yang melayani kebutuhan bisnis lokal dengan menawarkan fungsi khusus untuk daerah yang berbeda di seluruh dunia. Sistem ini menyediakan akses ke fungsi transaksi perbankan - mulai dari pembayaran dan pengelolaan kas untuk perdagangan fitur layanan - serta penelitian dan konten analitis dari HSBC. Ini juga termasuk devisa dan uang fungsi pasar perdagangan. Sistem ini digunakan secara luas oleh high-end HSBC nasabah korporasi dan institusi dilayani oleh perbankan global berbagai bank dan pasar, perbankan komersial dan divisi transaksi global perbankan. HSBCnet juga merupakan merek dimana HSBC memasarkan global e-commerce proposisi untuk klien korporasi dan institusional.

HSBC Premier[sunting | sunting sumber]

HSBC Premier adalah salah satu produk HSBC premium keuangan kelompok, sebanding dengan layanan Centurion dari American Express. Manfaat yang tepat dan kriteria kualifikasi bervariasi tergantung pada negara. Pelanggan memiliki Relationship Manager Premier, global jam akses 24 untuk call center, layanan perbankan gratis dan tarif istimewa. Seorang pelanggan HSBC Premier menerima layanan HSBC Premier di semua negara yang menawarkan HSBC Premier, tanpa harus memenuhi kriteria negara itu kualifikasi.

[sunting | sunting sumber]

Kelompok ini diluncurkan pada bulan November 1999 bahwa HSBC dan simbol heksagon akan diadopsi sebagai merek terpadu di semua pasar di mana HSBC beroperasi, dengan tujuan meningkatkan pengakuan dari kelompok dan nilai-nilainya oleh pelanggan, pemegang saham dan staf di seluruh dunia.

Simbol heksagon awalnya diadopsi oleh The Hongkong and Shanghai Banking Corporation sebagai logo pada tahun 1983. Hal ini dikembangkan dari bendera rumah bank, persegi panjang putih dibagi diagonal untuk menghasilkan bentuk jam pasir merah. Seperti banyak bendera lain perusahaan Hong Kong yang berasal dari abad ke-19, dan karena kewarganegaraan pendirinya, desain ini didasarkan pada salib Saint Andrew. Logo ini dirancang oleh seniman grafis Henry Steiner.

[sunting | sunting sumber]

Setelah mensponsori tim Racing Jaguar Formula Satu sejak zaman Stewart Grand Prix, HSBC mengakhiri hubungan dengan olahraga ketika Red Bull Racing membeli Jaguar dari Ford. HSBC kini telah beralih fokusnya untuk golf.

Dalam sepak bola HSBC mensponsori klub Prancis AS Monaco dan klub Meksiko CF Pachuca, dan di liga rugby, HSBC mensponsori Raiders Telford dalam Konferensi Liga Rugby. Di Australia, HSBC mensponsori New South Wales Waratahs tim rugby di kompetisi Hotel Super rugby union Rugby, serta Football Club Hawthorn di Liga Sepak bola Australia. Sponsor lainnya HSBC terutama di bidang pendidikan, kesehatan dan lingkungan. Pada bulan November 2006, HSBC mengumumkan kemitraan U$ 5 juta dengan Anak-anak SOS sebagai bagian dari Masa Depan Pertama.

HSBC mensponsori Great Canadian Geography Challenge, yang memiliki sekitar 2 juta peserta dalam 12 tahun terakhir. Sejak tahun 2001, HSBC telah mensponsori Celebration of Light, sebuah musik tahunan kembang api persaingan di Vancouver, British Columbia, Kanada. Pada tahun 2007 HSBC mengumumkan akan menjadi sponsor dari National Hockey League Vancouver Canucks dan Calgary Flames. HSBC juga telah mensponsori tim gaming profesional yang dibubarkan akhir 2007. HSBC juga berkomitmen untuk menjadi sponsor lokal, Mandarins Cricket Club menjadi salah satu contohnya.

HSBC mensponsori 2009 British and Irish Lions tour to South Africa. HSBC adalah mitra perbankan resmi Tenis Wimbledon Championships, HSBC menyediakan fasilitas perbankan di situs dan mengubah nama Jalan ke acara junior Wimbledon, seperti The HSBC Road to Wimbledon National 14 and Under Challenge. HSBC bernama 'Banking Partner Resmi' The Open Championship, dalam kontrak lima tahun diumumkan pada tahun 2010.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Pada bulan November 2012 telah dilaporkan bahwa HSBC telah mendirikan rekening di luar negeri di Jersey bagi pengedar narkoba dan penjahat - tersangka lainnya, dan bahwa HM Revenue & Customs telah meluncurkan investigasi setelah whistleblower bocor rincian £ 700,000,000 diduga diadakan di rekening HSBC di Crown ketergantungan.

Pada tanggal 19 Juli 2012, India yakin untuk mendapatkan ke dasar dugaan pelanggaran kepatuhan keselamatan, di mana karyawan India diduga terlibat. Pada tanggal 9 November 2012 aktivis India dan politisi Arvind Kejriwal mengaku dia punya rincian dari 700 rekening bank India menyembunyikan uang gelap untuk sebuah lagu dari INR6 crore, 000 (US $ 1,09 miliar) dengan HSBC di Jenewa. [85]

Dalam laporan yang berjudul "In the Future There Will Be No Forests Left" diproduksi oleh Global Witness, bank juga dituduh mendukung tujuh konglomerat kayu terbesar Malaysia yang bertanggung jawab atas deforestasi yang cepat di negara bagian Malaysia Sarawak tanpa sertifikasi FSC. Namun, bank menolak memberikan komentar kliennya tentang masalah ini, mengutip kerahasiaan klien namun bank menyatakan bahwa tuduhan bahwa kliennya melanggar hutan dan hutan-produk kebijakan tidak akurat.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Company History of HSBC Holdings plc in Fundinguniverse.com". Fundinguniverse.com. Diakses tanggal 20 January 2012. 
  2. ^ "HSBC Group Structure" (PDF). HSBC Holdings plc. Diakses tanggal 20 January 2012. 
  3. ^ "Group history 1865–1899". HSBC Holdings plc. Diakses tanggal 4 September 2010. 
  4. ^ "Group history 1980–1999". HSBC Holdings plc. Diakses tanggal 4 September 2010. 
  5. ^ "Group Structure" HSBC website
  6. ^ a b c d e f "2011 Form 10-K, HSBC Holdings plc". Yahoo!. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Artikel[sunting | sunting sumber]