Kekuatan produktif

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam kritik ekonomi politik Karl Marx and Friedrich Engels, kekuatan produktif adalah kombinasi dari alat produksi (peralatan, mesin, lahan, infrastruktur, dan lain-lain) dengan tenaga kerja manusia. Marx dan Engels mungkin mendapatkan konsep ini dari referensi Adam Smith tentang "kekuatan produktif tenaga kerja" (lihat The Wealth of Nations bab 8 (1776)), meski ekonom politik Jerman Friedrich List juga menyebutkan konsep "kekuatan produktif " dalam bukunya yang berjudul The National System of Political Economy (1841).

Dari semua kekuatan yang digunakan oleh masyarakat dalam kegiatan produksi (tubuh and otak, peralatan dan teknik, bahan-bahan, sumber daya, kualitas dari kerjasama antar pekerja, dan perlengkapan) semuanya termasuk dalam konteks ini, termasuk fungsi manajemen dan teknik yang secara teknis sangat diperlukan dalam kegiatan produksi (berbeda dengan kontrol sosial). Pengetahuan manusia juga termasuk ke dalam kekuatan produktif.

Bersamaan dengan hubungan sosial dan teknis produksi, kekuatan produktif merupakan bagian dari corak produksi yang spesifik dalam sejarah.