Pyotr Kropotkin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Peter Kropotkin

Prince Peter (Pyotr) Alexeyevich Kropotkin (Tulisan dalam bahasa Rusia: Пётр Алексе́евич Кропо́ткин, lahir 9 Desember 1842 – meninggal 8 Februari 1921 pada umur 78 tahun) merupakan salah seorang tokoh anarkis Rusia yang terkemuka dan juga merupakan salah seorang yang pertama kali menganjurkan anarkis komunisme: bentuk masyarakat yang sering ia anjurkan selama hidupnya adalah bentuk masyarakat komunal yang terbebas dari pengaruh pemerintahan pusat. Karena gelarnya sebagai seorang pangeran (prince) dan keulungannya sebagai seorang anarkis antara penghujung abad ke-19 dan awal abad ke-20, membuat ia sering dijuluki sebagai "Pangeran Anarkis". Beberapa kalangan kaum kontemporer melihat ia sebagai sosok yang nyaris sempurna. Oscar Wilde menyebutnya "Kristus baru yang lahir di Rusia." Dia banyak menghasilkan buku-buku, pamflet, dan artikel-artikel, karyanya yang paling terkemuka adalah The Conquest of Bread and Fields dan Fields, Factories and Workshops, dan prinsip ilmiah yang ia tawarkan, Mutual Aid: A Factor of Evolution. Ia juga merupakan seorang kontributor 1911 Encyclopædia Britannica.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Peter (atau Pyotr) Kropotkin lahir di Moskow. Ayahnya, Pangeran Alexei Petrovich Kropotkin, memiliki hampir 1200 "souls" (budak laki-laki) di tiga provinsi yang berbeda, juga memiliki banyak bidang tanah yang luas. Bila ditelusuri, jejak garis keturunan dari ayahnya akan sampai pada pangeran Rurik yang legendaris; ibunya, Yekaterina Nikolaevna Sulima, merupakan putri seorang jenderal di tentara Rusia.

Pada tahun 1857, saat berumur lima belas tahun, Kropotkin masuk sekolah korps untuk anak-anak terkemuka di St. Petersburg. Disana hanya terdapat seratus lima puluh anak - kebanyakan anak-anak dari kaum ningrat kalangan istana - belajar di korps yang istimewa ini, yang mengkombinasikan karakter sekolah militer ditambah dengan hak-hak spesial dan oleh institusi istana mereka kemudian akan dipekerjakan untuk rumah tangga kekaisaran. Ia berada disana hingga tahun 1862, di memiliki perhatian yang khusus terhadap karya-karya ensiklopedis Perancis dan juga pada sejarah Perancis. Sebelum ia meninggalkan Moskow, Pangeran Kropotkin telah memiliki ketertarikan pada kondisi kehidupan kaum tani Rusia, dan ketertarikan ini semakin bertambah seiring dengan umurnya yang makin bertambah. Pada tahun-tahun sekitar 1857-1861 ia menjadi saksi perkembangan pesat intelektual Rusia, dan Kropotkin hadir dengan pengaruh dari revolusiner-liberal baru, yang tentu saja memperlihatkan dengan sangat jelas aspirasinya sendiri.

"Peta dari Setengah selatan Siberia Timur dan Bagian dari Mongolia, Manchuria, dan Sakhalin: Untuk Sketch Umum Orography Timur Siberia," dibuat oleh Kropotkin pada tahun 1875.

Pada tahun 1862 dia ia dipromosikan dari Korps ke ketentaraan. Anggota-anggota korps memiliki hak perspektif dalam memilih resimen mana ia akan dipekerjakan. Kropotkin tidak pernah berharap untuk mengikuti karier militer, tetapi, karena ia tidak menginginkan untuk melanjutkan pendidikannya ke universitas St. Petersburg, ia kemudian memilih untuk bergabung dengan resimen Cossack Siberia yang baru dibentuk di distrik Amur, dimana ia disana memiliki prospek untuk pekerjaan administratif. Untuk beberapa waktu ia menjadi seorang aide de camp untuk gubernur Transbaikalia di Chita, kemudian ia diangkat sebagai seorang attaché untuk urusan Cossack untuk gubernur-jenderal Siberia Timur di Irkursk.

Kesempatan mendapat pekerjaan administratif, bagaimanapun juga, sangat langka, dan pada tahun 1864 Kropotkin menerima perintah untuk melakukan ekspedisi survey geografis, menyebrangi utara Manchuria dari Transbaikalia ke Amur, dan beberapa saat kemudian ia kembali menerima perintah ekspedisi lainnya melewati terusan sungai Sungari hingga ke jantung Manchuria. Kedua ekspedisi tersebut menghasilkan hasil geografis yang sangat berharga.

Ia berhenti dari ketentaraan pada tahun 1867 dan kembali ke St. Petersburg, dimana kemudian ia melanjutkan pendidikannya ke universitas, pada saat yang bersamaan, ia juga menjadi seorang sekretaris bagian geografi pada Masyarakat Geografikal Rusia. Pada tahun 1873 ia menerbitkan sebuah kontribusi penting bagi ilmu pengetahuan, sebuah peta dan kertas dimana membuktikan bahwa pada peta benua Asia keseluruhannya terdapat mis-presentasi pada formasi fisik negeri-negerinya, garis struktur utamanya pada kenyataannya terbentang dari selatan-barat ke utara-timur, bukan dari utara ke selatan, atau dari timur ke barat seperti apa yang tergambar dipeta sebelumnya.

Pada tahun 1871 ia menjelajahi lapisan sungai es Finlandia dan Swedia untuk Masyararakat Geograpikal Rusia, dan pada saat ia masih ikut serta dalam pekerjaan tersebut, ia ditawarkan untuk menduduki jadatan kesekretariatan di komunitas tersebut. Tetapi ia telah memutuskan pada saat itu bahwa itu adalah kewajibannya tidak untuk berkerja untuk melakukan penemuan-penemuan segar, tetapi untuk membantu menyebarkan pengetahuan-pengetahuan yang menarik kepada masyarakat luas, dan oleh karena itu ia menolak tawaran tersebut, dan kembali ke St. Petersburg, dimana ia bergabung dengan partai revolusioner.

Dia mengunjungi Swiss pada tahun 1872 dan menjadi anggota dari "International Workingmen's Association" di Jenewa. Sosialisme di organisasi tidak begitu ia rasakan dan setelah belajar program untuk menjadi lebih radikal pada Jura federation di Neuchâtel, ia kemudian mantap unutk mengadopsi keyakinan anarkisme. Sekembalinya ke Rusia, ia aktif mengambil bagian dalam penyebaran propaganda revolusioner melalui kelompok nihilis Lingkaran Tchaikovsky.

Pada tahun 1873 ia ditangkap dan dipenjara, tetapi kemudian ia dapat melarikan diri pada tahun 1876 dan kemudian pergi ke Inggris, kemudian setelah sementara waktu tinggal disana ia pun pergi ke Swiss, dimana ia bergabung dengan Jura Federation. Pada tahun 1877 ia pergi ke Paris, dimana ia membantu untuk memulai sebuah gerakan sosialis, kemudian ia kembali ke Swiss pada tahun 1878, dimana ia kemudian menjadi editor untuk sebuah koran revolusioner terbitan Jura Federation, Le Révolté, kemudian ia pun juga menerbitkan bermacam pamflet revolusioner.

Pada tahun 1881, beberapa saat setelah pembunuhan Tsar Alexander II, Kropotkin diusir dari Swiss oleh pemerintah Swiss, dan setelah tinggal sebentar di Thonon (Savoy), iapun pergi ke London, diaman ia tinggal selama hampir setahun, kemudian ia kembali ke Thonon menjelang akhir tahun 1882. Beberapa saat kemudian ia ditangkap oleh pemerintah Perancis, dan, setelah diadili di Lyon, ia dijatuhi hukuman lima tahun penjara. Pada tahun 1886, dia dibebaskan, dan kemudian tinggal di dekat London.

Pada tahun 1902 Kropotkin menerbitkan buku Mutual Aid: A Factor of Evolution (Kerjasama: Sebuah Faktor Evolusi), dimana ia melengkapi sebuah pandangan alternatif dalam proses keberlangsungan hidup pada binatang dan manusia, melampaui klaim akan "Survival of the Fittest" yang diajukan pada saat itu oleh beberapa kalangan "sosial Darwinis", seperti T.H. Huxley[1]

Keahlian Kropotkin sebagai seorang penulis di Rusia telah diakui secara umum, dan dia telah mengontribusikan banyak artikel di Encyclopædia Britannica, termasuk masukannya tentang anarkisme di edisi tahun 1911 (lihat pranala luar, dibawah). Kebanyakan artikel-artikel lainnya (sekitar 90) dikerjakan dengan berbagai aspek tentang geografis Rusia serta daerah-daerahnya.

Kropotkin kembali ke Rusia setelah peristiwa Revolusi Februari dan ditawarkan untuk menjadi menteri pendidikan di pemerintahan sementara, sebuah jabatan yang ia tolak. Antusiasmenya beralih menjadi kekecewaaan ketika kaum Bolshevik meraih kekuasaan. ia berkata, "ini tindakan yang mengubur revolusi". Ia memiliki pemikiran bahwa Bolsheviks telah menunjukkan bagaimana revolusi telah tidak dibuat - oleh kalangan otoritarian daripada metode-metode libertarian.

Kropotkin meninggal pada 8 Februari 1921 di kota Dmitrov, provinsi Moskow dan dimakamkan di pemakaman Novodevichy, Moskow.

Karya-karya[sunting | sunting sumber]

Buku-buku[sunting | sunting sumber]

  • Mutual Aid: A Factor of Evolution, 1955 sampul tipis (dicetak ulang pada tahun 2005), termasuk kata pengantar dari Kropotkin pada tahun 1914, Pendahuluan dan Bibliografi oleh Ashley Montagu, dan The Struggle for Existence, oleh Thomas H. Huxley, Boston: Extending Horizons Books, Porter Sargent Publishers. ISBN 0-87558-024-6.
  • The Conquest of Bread
  • Fields, Factories and Workshops
  • P.Kropotkin, In Russian and French Prisons, London: Ward and Downey; 1887.
  • Memoirs of a Revolutionist, London : Smith, Elder; 1889. Riwat hidup Kropotkin sendiri, juga diterbitkan di Amerika Serikat pada tahun yang sama dan terbit dalam beberapa nomor edisi modern.
  • The Great French Revolution, 1789-1793, New York: G.P. Putnam's Sons, London, William Heinemann, 1909, diterjemahkan dari bahas Perancis oleh N.F. Dryhurst.

(dalam bahasa Perancis) http://kropot.free.fr/Kropotkine-Vie.htm

Artikel-artikel[sunting | sunting sumber]

  • "Riset tentang zaman es", Notices of the Imperial Russian Geographical Society, 1876.
  • "The desiccation of Eur-Asia", Geographical Journal, 23 (1904), 722-741.
  • Mr. Mackinder; Mr. Ravenstein; Dr. Herbertson; Prince Kropotkin; Mr. Andrews; Cobden Sanderson; Elisée Reclus, "On Spherical Maps and Reliefs: Discussion", The Geographical Journal, Vol. 22, No. 3. (Sep., 1903), pp. 294-299, <294:OSMARD>2.0.CO;2-O JSTOR]
  • "Baron Toll", The Geographical Journal, Vol. 23, No. 6. (Jun., 1904), pp. 770-772, <770:BT>2.0.CO;2-B JSTOR
  • "The polpulation of Russia", The Geographical Journal, Vol. 10, No. 2. (Aug., 1897), pp. 196-202, <196:TPOR>2.0.CO;2-V JSTOR
  • "The old beds of the Amu-Daria", The Geographical Journal, Vol. 12, No. 3. (Sep., 1898), pp. 306-310, <306:TOBOTA>2.0.CO;2-D JSTOR

Pamflet-pamflet[sunting | sunting sumber]

  • Dengarkan, Anarkis!
  • Sebuah Seruan Kepada Kaum Muda [1]
  • Perang
  • Hukum dan Otoritas
  • Tempat untuk Anarki dalam Evolusi Sosial
  • Pemerintahan Revolusioner

Pranala luar dan Referensi[sunting | sunting sumber]

Sumber: 1911 Encyclopædia Britannica, [6]; The Anarchists, James Joll.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lihat Murray Bookchin dan ekologi sosial, dan juga sosiobiologi.