Transbaikal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dauria di peta Britania pada tahun 1851.
Karena peta ini dibuat 7 tahun sebelum Traktat Aigun ditandatangani, Dauria timur masih menjadi bagian dari Dinasti Qing.

Transbaikal, Trans-Baikal, Transbaikalia (bahasa Rusia: Забайка́лье, tr. Zabaykalye; IPA: [zəbɐjˈkalʲjɪ]), atau Dauria (Даурия, Dauriya) adalah wilayah bergunung yang terletak di sebelah timur Danau Baikal di Rusia. Nama alternatif wilayah ini, Dauria, berasal dari etnonim suku Daur. Wilayah ini terbentang sepanjang hampir 1.000 km dari utara ke selatan dan dari barat ke timur.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada masa Kekaisaran Rusia, Dauria sendiri adalah sebuah oblast dengan ibu kota di Nerchinsk, dan kemudian di Chita. Wilayah ini pernah menjadi bagian dari Republik Timur Jauh yang berusia pendek antara tahun 1920 hingga 1922. Wilayah ini saat ini menjadi bagian dari Republik Buryatia and Krai Zabaykalsky.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Public Domain Artikel ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikChisholm, Hugh, ed. (1911). "perlu nama artikel ". Encyclopædia Britannica (edisi ke-11). Cambridge University Press. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 53°N 115°E / 53°N 115°E / 53; 115