Rudolf Rocker

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Rudolf Rocker

Rudolf Rocker (1873-1958) lahir di Mainz, Rhineland, Jerman, di sebuah keluarga buruh terampil beragama Katolik yang berpandangan liberal. Kedua orangtuanya meninggal dalam usia muda, dan setelah itu Rocker hidup dalam sebuah panti asuhan Katolik. Dia magang sebagai penjilid buku, dan selama beberapa tahun menekuni pekerjaan itu sambil mengembara berpindah-pindah tempat.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Masa muda dan aktivitas politik[sunting | sunting sumber]

Dia menjadi sosialis pada masa mudanya, dan bergabung dengan Partai Sosial Demokrat. Tetapi dia mendukung oposisi sayap kiri, Die Jungen (Kaum Muda), sebelum kemudian dipecat pada 1980. Tak lama kemudian pandangannya menjadi lebih condong ke Anarkisme. Dia mengunjungi beberapa wilayah di Eropa Barat, menekuni pekerjaan tersebut dan juga ketertarikannya pada politik. Pada tahun 1891, Rocker menghadiri kongres Internasionale Kedua di Brussel sebagai pengamat, dan mulai memberikan kontribusinya untuk pers anarkis sejak 1892. Pada tahun itu juga ia meninggalkan Jerman guna menghindari polisi, lalu tinggal di Paris selama dua tahun sebelum kemudian menetap di Inggris pada 1895.

Rocker terlibat dalam gerakan anarkis Yahudi meski ia bukan seorang Yahudi. Dia mempelajari bahasa Yahudi, tinggal di komunitas Yahudi, dan menjadi mitra semur hidup dari Mily Wircop. Tak lama setelah keterlibatannya dalam gerakan anarkis, dia menjadi pembicara dan penulis, baik di bidang politik maupun budaya. Dan selama dua puluh tahun ia menjadi pribadi yang paling disukai dan dihormati dalam gerakan tersebut. Selama dua bulan pada tahun 1898, ia menjadi editor koran mingguan berbahasa Yahudi di Leeds, Dos Fraye Vort (Dunia Bebas). Setelah itu, di London, dia berturut-turut menjadi editor pada Der Arbeter Fraint (Kawan Buruh) yang baru saja diaktifkan kembali, dan pada tahun 1900 pada Germinal, media bulanan baru berbahasa Yahudi.

Rocker dalam gerakan Anarko-sindikalisme[sunting | sunting sumber]

Gerakan anarkis Yahudi menjadi lebih besar dibanding gerakan penduduk asli. Sebuah federasi dari kelompok-kelompok anarkis Yahudi kemudian dibentuk pada 1902. Setelah itu, sirkulasi koran serta terbitan lainnya meningkat, bahkan sebuah klub sosial juga didirikan pada 1906 di Jubilee Street, London Timur, yang kemudian berjalan sukses. Rocker merupakan figur paling berpengaruh dalam gerakan tersebut, dan menjadi delegasi dari gerakan tersebut pada Kongres Anarkis Internasional di Amsterdam tahun 1907. Kemudian dia menjadi anggota Biro Anarkis Internasional yang dibentuk pada kongres itu juga. Kaum anarkis Yahudi sangat aktif dalam gerakan serikat buruh yang pada waktu itu tengah tumbuh, dan Rocker cenderung mendukung pengembangan Anarko-Sindikalisme sebagai sebuah bentuk baru teori serta praktik anarkis.

Rocker menentang keras kedua belah pihak yang terlibat dalam Perang Dunia Pertama pada tahun 1914; dan berselang beberapa bulan dia pun diasingkan sebagai musuh. Tak lama kemudian, Arbeter Fraint dibredel dan klub Jubilee Street ditutup. Sejak itu, gerakan anarkis yahudi tak pernah betul-betul bangkit kembali, dan banyak anggotanya yang kemudian tertarik pada zionisme ataupun komunisme.

Pada tahun 1918, Rocker dideportasi dari Inggris dan dibuang ke Belanda, kemudian dia segera kembali ke negeri kelahirannya. Lantas Rocker menjadi figur utama dalam gerakan Anarko-Sindikalis di Jerman, begitu pula dalam tingkatan internasional. Dia adalah seorang anggota aktif pada Freie Vereinigung Deutscher Gerwerkschaften (Asosiasi Bebas Serikat-Serikat Buruh Jerman), kemudian juga menjadi salah satu pendiri Freie Arbeitrer Union Deutschlands (Serikat Buruh Bebas Jerman), sekaligus editor koran Der Syndikalist yang diterbitkan oleh organisasi tersebut. Selain itu, Rocker juga merupakan pembakar semangat dalam Kongres Internasional di Berlin pada 1922, yang kemudian melahirkan International Workers Association[1], di mana dia merupakan salah seorang sekretarisnya. Dia juga mengerahkan pengaruh untuk menentang diberikannya dukungan anarkis terhadap Revolusi Bolshevik pasca 1917, ataupun terhadap Platform Organisasional dari Arshinov[2] paska 1926. Rocker juga memimpin perlawanan kaum libertarian untuk menentang perlawanan terhadap gerakan Nazi yang tengah bangkit.

Pada tahun 1933, dengan terpaksa Rocker kembali meninggalkan Jerman untuk menghindari kekejaman rezim Nazi yang baru berkuasa. Kemudian dia menetap di Amerika Serikat, negeri yang pernah dikunjunginya dalam rangka tur ceramah. Di sana dia meneruskan pekerjaan sebagai pembicara dan penulis, mengerahkan daya upaya untuk melawan fasisme dan komunisme[3].

Masa-masa terakhir[sunting | sunting sumber]

Duapuluh tahun terakhir hidupnya, dia menjadi figur penting dalam komunitas Mohegan di Crompond, New York, dan merupakan tokoh anarkis paling terkenal di Amerika sampai akhir hayatnya. Rocker mendukung Sekutu dalam perang dunia kedua—sikap yang menyebabkan putusnya persahabatan Rocker dengan kawan-kawan lamanya. Namun dia tetap saja dikagumi dan disegani ketimbang para veteran gerakan lain—sesuatu yang jarang terjadi sejak masa Kropotkin ataupun Malatesta[4].

Karya-karya Rocker[sunting | sunting sumber]

Rocker merupakan seorang pembicara dan penulis yang sangat produktif dalam dua bahasa, Jerman dan Yahudi. Dan dia menghasilkan banyak artikel serta pamflet, dan beberapa buku—terutama sebuah kajian libertarian tentang konflik antara nasionalisme dan kebudayaan, biografi-biografi Johann Most dan Max Nettlau, dan sebuah otobiografi panjang. Sebagian besar karya tulisnya telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Spanyol dan tersebar luas di Amerika Latin, tetapi hanya sedikit yang diterbitkan dalam Bahasa Inggris. Dari beberapa pamflet, tiga di antaranya diterbitkan di Amerika Serikat—kajian ambisius tentang Nasionalisme dan Kebudayaan (1937)[5], sebuah essai kritik sastra dengan judul Enam, dan sebuah kajian populer tentang Pelopor Kemerdekaan Amerika (1949). Dua karya lainnya diterbitkan di Inggris—sebuah kajian populer tentang Anarko-Sindikalisme (1938), dan bagian dari otobiografinya yang memuat Tahun-Tahun di London (1956). Beberapa karya-karya lain sempat diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris, namun tidak diterbitkan—terutama Di Balik Kawat Berduri dan Jeruji Besi, yang mengisahkan masa pengasingannya selama Perang Dunia Pertama.

buku Anarko-Sindikalisme[sunting | sunting sumber]

Anarko-Sindikalisme adalah buku Rocker yang paling mudah didapat. Buku ini lahir dari meletusnya Perang Sipil dan Revolusi Spanyol pada tahun 1936, sebuah peristiwa yang menghantarkan kembali Anarkisme ke kancah politik untuk pertama kalinya sejak Perang Dunia Pertama dan Revolusi Rusia. Pada tahun 1936, Frederic Warburg mengambilalih perusahaan penerbitan Martin Secker dan membuat perusahaan baru yang kemudian dibentuknya bersama Secker (Secker & Warburg) dan menjadi salah satu penerbit utama di London. Mereka mengkhususkan penerbitan buku-buku fiksi bermutu karya kaum sosialis non-ortodoks, termasuk beberapa di antaranya yang bersimpati pada Anarkisme (seperti Jomo Kenyatta, Ethel Mannin, George Orwell, Reginald, Reynolds, dan F.A. Ridley). Warburg memiliki ketertarikan khusus pada Spanyol, dan menerbitkan beberapa buku tentang Spanyol (yang paling terkenal selama ini adalah Persembahan Untuk Katalonia). Gambaran menonjol dari situasi Spanyol ketika itu tentu saja adalah sebuah gerakan massa sindikalis revolusioner yang dipimpin oleh kaum anarkis militan. Melihat kenyataan ini, Warburg pun mengambil keputusan untuk menerbitkan sebuah buku tentang ideologi yang mengilhami gerakan tersebut.

Pada April 1937—masa ketika mulai berkembang konfrontasi antara pemberontak nasionalis serta sekutu Falangis-nya di satu pihak, dan rezim republikan serta sekutu Sayap Kiri-nya di pihak lain; juga konfrontasi gerakan libertarian melawan otoritas-otoritas sosialis dan komunis di dalam Republik—Warburg menghubungi Spain and The World, koran baru anarkis yang cukup menonjol di Inggris, dan mengajukan tawaran untuk menerbitkan dalam waktu cepat sebuah buku ringkas tentang Anarkisme. Tawaran ini diberitahukan kepada Emma Goldman, tokoh anarkis paling terkenal di Eropa, yang ketika itu tengah membantu kerja-kerja untuk kaum Anarko-Sindikalis Spanyol di London. Goldman kemudian menawarkannya kepada Rudolf Rocker di Amerika, yang ia anggap sebagai orang yang paling mampu dan mau untuk menulis buku dalam waktu yang diminta.

Rocker menerima tawaran itu pada bulan Juni, dan berhasil menulis naskah sepanjang 45.000 kata dalam Bahasa Jerman antara Juli sampai Oktober 1937. Naskah ini kemudian diterjemahkan dengan cepat ke dalam Bahasa Inggris oleh sahabatnya, Ray E. Chase di Los Angeles, dan dicetak di Inggris sebagai percobaan pada Januari 1938. Ketika diterbitkan (tanpa menyebutkan keterangan tentang penerjemahnya) di London pada Maret 1938, buku ini mendapat sambutan baik dari para pembaca kiri, dan diulas dengan baik di pers liberal. Edisi terjemahan Bahasa Spanyol dari buku ini juga terbit pada tahun yang sama. Namun, buku tersebut tidaklah mencapai sukses komersil; dan dua tahun berselang, Freedom Press pun mengambil stok buku yang tersisa dari Warburg (sebagaimana beberapa buku lain dari penerbit tersebut). Pada waktu itu, buku tersebut tidak diterbitkan di Amerika ataupun dicetak ulang di Inggris. Tetapi pada tahun 1947, sebuah edisi berbahasa India dari buku itu diproduksi kembali oleh Arya Bhavan di Bombay, dan diterbitkan oleh Modern Publisher di Indore. Untuk edisi India ini, Rudolf Rocker menulis sebuah epilog baru yang melukiskan situasi Anarko-Sindikalisme pasca Perang Dunia Kedua[6].

Pada tahun 1946, Rocker menulis sebuah essai—merupakan rangkuman dari buku tersebut—dengan judul Anarkisme dan Anarko-Sindikalisme untuk diterbitkan dalam kumpulan tulisan Feliks Gross, Ideologi-Ideologi Eropa (1948). Essai ini kemudian diterbitkan ulang dalam karya Paul Eltzbacher, Anarkisme[7] edisi suntingan James J. Martin (1960); dan beberapa bagian dari essai tersebut juga disertakan dalam dua antologi Amerika—Kaum Anarkis yang dikerjakan oleh Irving Louis Horowitz (1964), dan Kiri Baru garapan Priscilla Long (1969). Beberapa bagian dari buku Rocker tersebut juga disertakan dalam sebuah antologi Amerika lainnya, Pola-Pola Anarki (1966) yang dikerjakan oleh Leonard I. Krimerman dan Lewis Perry. Bermacam bagian dan versi karya Rocker tersebut juga kerap muncul dalam bentuk pamflet dari masa ke masa.

Catatan dan Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ International Working Men’s Association telah diubah menjadi International Working Association. Arsip ini masih dapat dilihat dalam pamphet yang ditulis C. Longmore, The IWA Today: Ashort Account of The International Workers Association and It’s Sections tahun 1985
  2. ^ Arshinov adalah seorang tokoh yang mengkampanyekan perubahan bentuk gerakan anarkis menjadi sebuah partai politik yang sebenarnya
  3. ^ Komunisme yang dimaksud oleh rocker adalah gerakan komunisme yang melahirkan negara-negara komunis dengan para pelopornya seperti Lenin, Trotsky, ataupun Mao, Rocker sering menyebut fasisme dan komunisme negara sebagai Iblis kembar
  4. ^ Peter Kropotkin adalah praktisi dan teoritisi Anarko-Komunisme Rusia; melahirkan beberapa karya besar antara lain Mutual Aid—A Factor in Evolution, The Conquest of Bread dan Field and Factories. Errico Malatesta adalah propagandis anarkis dari Italia dan salah seorang yang memopulerkan direct action sebagai satu bentuk perjuangan.
  5. ^ Karya ini pernah diterbitkan di Amerika Serikat pada tahun 1947 dan 1978, dan didistribusikan oleh Freedom Press di Inggris.
  6. ^ Rudolf Rocker tak pernah memperoleh uang dari naskah tersebut; uang muka yang dia terima sebagai bagian dari royalti hanya cukup untuk membayar biaya penerjemahan buku tersebut.
  7. ^ Edisi Bahasa Inggris buku ini diterbitkan oleh Freedom Press.

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]