Komunisme dunia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Komunisme dunia, yang juga dikenal sebagai komunisme internasional atau komunisme global, adalah sebuah bentuk komunisme yang melingkupi cangkupan internasional. Tujuan jangka panjang dari komunisme dunia adalah seluruh masyarakat komunis seluruh dunia menjadi tak bernegara (lunturnya negara apapun), yang dicapai melalui tujuan masa perantara dari asosiasi sukarela dari negara-negara berdaulat (sebuah aliansi global) atau sebuah pemerintahan dunia (sebuah negara seluruh dunia tunggal). Serangkaian gerakan internasional telah berupaya untuk menciptakan komunisme dunia; mereka meliputi Internasional Pertama, Internasional Kedua, Internasional Ketiga (Komunis Internasional atau Comintern), Internasional Keempat, Gerakan Internasionalis Revolusioner, Gerakan Sosialis Dunia, dan beragam gerakan lainnya. Terdapat sebuah kelompok heterogen disamping tujuan mutlak umum mereka dari dari ketiadaan negara dan masyarakat komunis global.

Pada era Stalinis, gagasan Sosialisme dalam Satu Negara, dimana beberapa komunis internasional dapat tak bekerja, menjadi bagian dari ideologi Partai Komunis Uni Soviet, saat Joseph Stalin dan para pendukungnya menyatakan bahwa merupakan hal naif bila revolusi dunia dilakukan. Hal ini menyebabkan disilusionisan besar pada beberapa komunis di seluruh dunia, yang disepakati dengan Marx dan Lenin menyatakan bahwa cangkungan internasional merupakan hal vital bagi kesuksesan komunis. Komunisme nasional lainnya, khususnya setelah Perang Dunia II, menyempitkan popularitas komunisme internasional pra-perang.

Akhir Perang Dingin, yang membawa revolusi 1989 dan pembubaran Uni Soviet, seringkali disebut kejatuhan komunisme; dan harapan besar terhadap komunisme internasional tak terlihat lagi sejak itu. Meskipun demikian itu, beberapa komunis internasional masih ada dalam wujud beberapa faksi Maois, komunis kiri, beberapa komunis Rusia saat ini, dan lain-lain.

Referensi[sunting | sunting sumber]