Portal:Anime dan Manga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Selamat datang di

PORTAL ANIME DAN MANGA
Apa itu "anime" dan "manga"?

Anime (アニメ?) (Tentang suara ini simak ) adalah animasi khas Jepang, yang biasanya dicirikan melalui gambar-gambar berwarna-warni yang menampilkan tokoh-tokoh dalam berbagai macam lokasi dan cerita, yang ditujukan pada beragam jenis penonton. Kata anime merupakan bahasa serapan dari bahasa Inggris "Animation" dan diucapkan sebagai "Anime-shon". Anime dipengaruhi gaya gambar manga, komik khas Jepang. Sekarang anime sudah sangat berkembang jika dibandingkan dengan anime zaman dulu, dengan grafik yang sudah berkembang sampai alur cerita yang lebih menarik dan seru. (baca lebih lanjut...)

Manga (漫画?) (Tentang suara ini simak ) merupakan kata komik dalam bahasa Jepang; di luar Jepang, kata tersebut digunakan khusus untuk membicarakan tentang komik Jepang. Perbedaan mendasar antara sebutan manga dan komik adalah pembedaan pengelompokan, di mana manga lebih terfokus kepada komik-komik Jepang (kadang juga termasuk Asia), dan komik lebih kepada komik-komik buatan Eropa/negara-negara Barat. Rata-rata mangaka (penulis manga) di Jepang menggunakan gaya sederhana dalam menggambar manga. Tetapi, hampir semua gambar latar belakang manga digambar serealistis mungkin, meski gambar karakternya benar-benar sederhana. (baca lebih lanjut...)

sunting   

Artikel pilihan

Anime dan Manga

Doraemon (ドラえもん) adalah sebuah manga populer yang dikarang Fujiko F. Fujio (藤子・F・不二雄) sejak tahun 1970 dan berkisah tentang kehidupan seorang anak pemalas kelas 4 SD yang bernama Nobi Nobita (野比のび太) yang didatangi oleh sebuah robot kucing bernama Doraemon yang datang dari abad ke-22. Dia dikirim untuk menolong Nobita agar keturunan Nobita dapat menikmati kesuksesannya daripada harus menderita dari utang finansial — yang akan terjadi di masa depan — yang disebabkan karena kebodohan Nobita. Nobita, setelah gagal dalam ulangan sekolahnya atau setelah diganggu oleh Giant dan Suneo, akan selalu mendatangi Doraemon untuk bantuannya. Doraemon kemudian biasanya akan membantu Nobita dengan menggunakan peralatan-peralatan canggih dari kantong ajaibnya; peralatan yang sering digunakan misalnya "baling-baling bambu" dan "Pintu ke Mana Saja". Sering kali, Nobita berbuat terlalu jauh dalam menggunakan peralatannya dan malah terjerumus ke dalam masalah yang lebih besar.

sunting   

Gambar pilihan

Anime dan Manga
Gambar seorang karakter anime yang bernama "Mahuri", gambar ini mengkombinasikan elemen desain Mahoro dari Mahoromatic dan Haruhi dari Haruhi Suzumiya.
(Ukuran asli: 2.500 × 3.535 piksel; 2,34 MB.)

Karya: Niabot

sunting   

Tahukah anda?

  • ... bahwa serial Detektif Conan di Amerika Serikat bernama Case Closed dan nama tokoh di Case Closed telah diganti untuk menghindari kesalahpahaman pembaca AS?
  • ... bahwa tokoh Kaito Kuroba dalam manga Magic Kaito memiliki fobia terhadap ikan dan tidak bisa berskatting?
  • ... bahwa tokoh Robert Haydn dalam anime The Law of Ueki namanya diambil dari nama seorang sastrawan Robert Hayden yang semasa kecilnya selalu disiksa?
  • ... bahwa tokoh Tamama Nitto dalam serial Keroro Gunso berjenis kelamin laki-laki?
  • ... bahwa manga Doraemon diciptakan oleh Fujiko F. Fujio, diterbitkan pertama kali tahun 1969, mengandung lebih dari 1.300 cerita berbeda di setiap serinya dan lebih dari 1.700 episode anime?
Cartella blu.jpg
Kutipan pilihan
Nuvola apps gaim.png
sunting    
Conan Edogawa
Drugs and Murder are foul without any excuse, deserve a red card for a loser

Shinichi Kudo dalam Detektif Conan

Seorang detektif yang telah menangkap pelaku dengan hipotesanya tetapi membiarkan sang pelaku bunuh diri, sama saja dengan pembunuh

Conan Edogawa dalam Detektif Conan

Fear of death is worse than death itself

Shuichi Akai dalam Detektif Conan

Mati bisa kapan saja!! Tapi... mendapat hal-hal baru... cuma bisa dirasakan waktu masih hidup!!

—Hachibe Maeda dalam Love & Collage

Kalian hanya hidup satu kali! Kalian tidak perlu memilih jalan kehidupan yang sulit. Kalian dapat menjalani hidup sekehendak kalian, dan mati dengan cara yang kalian inginkan... Hanya saja... Apapun jalan yang kalian pilih... Jangan pernah lupa untuk melindungi orang yang paling berharga dalam hidup kalian!

Hokage ketiga dalam Naruto

Takdir setiap manusia memang telah ditentukan sejak mereka lahir, tetapi dengan kerja keras kita dapat mengalahkan takdir!!!

Naruto Uzumaki dalam Naruto

Semuanya masih mungkin jika belum 0%!!!

Yoichi Hiruma dalam Eyeshield 21

We can see the importance of life only because it is short

Heiji Hattori dalam Detektif Conan

Melindungi wanita adalah kewajiban seorang laki-laki.

Mitsuhiko Tsuburaya(Detektif Conan)

Aku akan tidur besok, aku bisa bermimpi sendiri.

Naruto

Jangan sia-siakan kesempatan yang ada, akan membosankan kalau sampai kau menyesalinya nanti.

Franky(One Piece)

Abaikan keinginanmu dan dahulukan kebutuhanmu. Jika tidak! Kau akan memiliki banyak hutang

Kakuzu(Naruto)

Masa lalu bukanlah untuk dilupakan, tapi belajarlah dari semua yang kau lalui.

Zangetsu (Bleach)

Aku sangat ingin berbagi banyak hal denganmu, menjadi bagian besar dalam hidupmu. Aku, sangat menyayangimu.
sunting   

Karakter pilihan

Anime dan Manga

Naruto Uzumaki adalah nama seorang tokoh fiksi dari serial anime dan manga Naruto. Naruto merupakan tokoh utama dalam serial ini. Naruto bisa berarti "Badai Guntur", dan Naruto juga bisa berarti potongan stik kamaboko dengan bentuk pusaran air di tengah yang biasanya ada di mie ramen (makanan favorit naruto). Orang Jepang biasa menyebut itu sebagai singkatan dari iklan (@). Nama "Uzumaki" sendiri ialah "pusaran" atau "spiral" sederhana (渦巻), sedangkan "Uzumaki" sendiri berarti pusaran atau spiral tiga dimensi, seperti pusaran air atau pusat pusaran.

sunting   

Mangaka pilihan

Anime dan Manga

Hayao Miyazaki (宮崎 駿 Miyazaki Hayao?, lahir pada 5 Januari 1941 di Tokyo) adalah seorang sutradara film animasi dan mangaka asal Jepang. Ia adalah salah seorang pendiri studio animasi Studio Ghibli. Film-film animasi tersukses Miyazaki antara lain Princess Mononoke dan Spirited Away. Film-film karyanya banyak menggunakan tema hubungan manusia dengan alam dan teknologi, serta sulitnya menjaga etika perdamaian. Protagonis dalam film-filmnya seringkali adalah perempuan atau wanita muda yang berpendirian kuat dan mandiri; musuhnya, di lain pihak, umumnya adalah tokoh yang ambigu dari sisi moral serta mempunyai sifat-sifat yang baik pula. Beberapa tokoh yang memiliki pengaruh pada karya Miyazaki termasuk Ursula K. Le Guin, Lewis Carroll, Diana Wynne Jones dan Jean Giraud (Moebius).

sunting   

Daftar pilihan

Hiroshi Tateno.jpg Kyoko Inaba.jpg
Miki Hosokawa.jpg Katsuya Kimura.jpg

Daftar karakter dalam serial anime dan manga Nube: Guru ahli roh, membahas profil fiktif para staf sekolah, murid SD Dōmori, siluman dan makhluk supranatural yang ditampilkan dalam cerita tersebut, yang diciptakan dan dikembangkan oleh penulis dan mangaka Jepang yaitu Shou Makura dan Takeshi Okano. Dalam daftar tersebut, profil para karakter tidak disusun secara alfabet, namun menurut perannya dalam cerita tersebut. Profil disusun mulai dari peran utama hingga figuran.

Cartella blu.jpg
Artikel terkait
Nuvola apps ksig.png
sunting    

Berikut ini adalah artikel-artikel utama yang membahas anime dan manga:

Catgirl

Anime · Manga · Manga di Indonesia

Daftar: Daftar manga menurut judul bahasa Jepang · Daftar mangaka (pencipta manga)  · Lihat semua anime dan manga...

Genre: Shōjo (manga untuk perempuan) · Shōnen (manga untuk laki-laki) · Seinen (manga untuk orang dewasa) · Hentai (anime/manga dengan adegan seksual)
Penghargaan: Penghargaan Kebudayaan Osamu Tezuka · Penghargaan Manga Kodansha · Penghargaan Tezuka · Penghargaan Manga Shogakukan

Istilah: Mangaka (pencipta manga) · Tankōbon (buku manga satu jilid) · Otaku (penggila anime dan manga) · Shotacon · Lolicon  · Lihat semua istilah...

Searchtool right.svg dan lain-lain...
Cartella blu.jpg
Kategori terkait
Nuvola apps xmag.png
sunting    
Ekisai

Manga: Manga menurut genre (Aksi · Drama · Fantasi · Fiksi ilmiah · Komedi · Misteri · Olahraga · Petualangan · Robot · Romantis · Sejarah · Sekolah · Supernatural) · Mangaka (penulis manga) · Penerbit manga · Seri manga  · Alat Menggambar Manga

Anime: Anime menurut genre (Aksi · Fantasi · Drama · Fiksi ilmiah · Komedi · Misteri · Olahraga · Petualangan · Robot · Romantis · Sejarah · Sekolah · Supernatural) · Film anime · Industri anime · OVA anime · Seri anime

sunting   

Pranala luar

sunting   

Daftar anime dan manga

Daftar

0-9

A

B

C

D

E

F

G

H

I

J

K

L

M

N

O


P

Q

R

S

T

U

V

W

X

Y

Z

Temukan lebih banyak judul anime dan manga Selengkapnya...


Catatan: Judul komik dengan pranala merah mengindikasikan bahwa artikel tentang komik bersangkutan belum dibuat.
Judul komik dengan tanda * sebenarnya merupakan komik Korea (manhwa).
sunting   

ProyekWiki

ProyekWiki perbaikan kualitas artikel bertopik anime dan manga adalah ProyekWiki untuk memperbaiki kualitas artikel yang bertopik anime dan manga. Silakan anda bergabung jika anda ingin berkontribusi di artikel tentang anime ataupun manga.

Wpanime.jpg
sunting   

Wikiportal lainnya

Jelajahi Anime dan Manga dalam proyek Wikimedia lainnya
Anime dan Manga di Wikinews     Anime dan Manga di Wikiquote     Anime dan Manga di Wikimedia Commons     Anime dan Manga di Wiktionary    
Berita Kutipan Gambar Kamus