Crayon Shinchan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Crayon Shin-chan)
Crayon Shin-chan
Gambar sampul Crayon Shin-chan versi tankōbon, menampilkan Shinnosuke Nohara
クレヨンしんちゃん
(Kureyon Shin-chan)
GenreKomedi, penggalan kehidupan[1]
Manga
PengarangYoshito Usui
PenerbitFutabasha Publishers
Penerbit bahasa Inggris
ComicsOne (bekas)
CMX Manga (bekas)
One Peace Books
ImprintAction Comics
MajalahWeekly Manga Action (1990–2000)
Manga Town (2000–2010)
DemografiSeinen
TerbitAgustus 19905 Februari 2010
Volume50 (Daftar volume)
Seri anime
SutradaraMitsuru Hongo (1992–1996)
Keiichi Hara (1996–2004)
Yuji Muto (2004–sekarang)
MusikToshiyuki Arakawa
StudioShin-Ei Animation
PelisensiAmerika Utara:
Funimation
(2006–sekarang)

Amerika, Eropa:
Vitello Productions
(2002–2003)
phuuz entertainment inc.
(2003–2005)

EMEA:
LUK Internacional
(?–sekarang)[2]
Saluran
asli
TV Asahi
Saluran bahasa Inggris
Vitello, Phuuz: Fox Kids,[3] Fox8
Funimation: Razer
LUK Internacional: Nintendo eShop (2016–sekarang)
Vitello: RTÉ2[4]
Vitello, Phuuz: Fox Kids, Jetix (2002–2009)
LUK Internacional: eShop (2016–sekarang)
Subtitel bahasa Inggris: KIKU (1992–2001),
Funimation: Adult Swim (2006–2009)
LUK Internacional: Nintendo eShop (2016–sekarang)
Tayang 13 April 1992 – sekarang
Episode1200 (Daftar episode)
Manga
New Crayon Shin-chan
PengarangUY Team
PenerbitFutabasha
ImprintAction Comics
MajalahManga Town
DemografiSeinen
TerbitAgustus 2010 – sekarang
Volume11 (Daftar volume)
Seri anime
Super Shiro
SutradaraMasaaki Yuasa
Tomohisa Shimoyama
SkenarioKimiko Ueno
StudioScience Saru
Episode48
 Portal anime dan manga

Crayon Shin-chan (Jepang: クレヨンしんちゃん, Hepburn: Kureyon Shin-chan), juga dikenal sebagai Shin Chan, adalah sebuah seri manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Yoshito Usui. Alur ceritanya mengikuti petualangan seorang anak berusia lima tahun bernama Shinnosuke "Shin" Nohara beserta orang tua, adik bayinya, anjing, tetangga, dan teman-temannya dan berlatar di Kasukabe, Prefektur Saitama.

Crayon Shin-chan pertama kali muncul pada tahun 1990 dalam sebuah majalah mingguan Jepang berjudul Weekly Manga Action, yang diterbitkan oleh Futabasha. Karena kematian pengarangnya, Yoshito Usui, manga aslinya berakhir pada tanggal 11 September 2009. Sebuah manga baru dimulai pada musim panas tahun 2010 oleh para anggota dari tim pimpinan Usui,[5] bertajuk New Crayon Shin-chan (新クレヨンしんちゃん, Shin Kureyon Shin-chan). Manga tersebut kemudian diadopsi menjadi sebuah anime, yang tayang mulai tahun 1992 di TV Asahi dan terus berlanjut penayangannya sampai sekarang baik di Jepang maupun puluhan negara lainnya. Crayon Shin-chan adalah waralaba animasi terlaris ke-24 dan lebih dari 100 juta kopi manga-nya telah terjual di seluruh dunia.[6]

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Pada umumnya cerita Crayon Shin-chan mengisahkan tentang keseharian dan petualangan Shinnosuke Nohara bersama teman-temannya, keluarganya, anjing peliharaanya (Shiro) dan tetangga sekitarnya. Kehidupan sehari-hari meliputi di rumah, sekolah maupun kota tempat tinggalnya, Kasukabe, Saitama. Beberapa tempat utama di Kasukabe yang sering menjadi latar, seperti rumah keluarga Nohara atau teman-teman Shin-chan, taman, TK Futaba/Aksi (sekolah Shin-chan dan kawan-kawan), dan toko serba ada Sato Kokonokado (terinspirasi dari pusat perbelanjaan Ito-Yokado yang asli di Kasukabe). Dalam beberapa episode atau film Shinnosuke dan keluarganya juga diceritakan berkunjung ke luar negeri, dari Australia, Mesir, Meksiko hingga Spanyol, maupun menjelajahi sejumlah daerah di Jepang.

Tingkah laku Shinchan yang unik dan tidak biasa, seperti gaya bahasanya yang tidak seharusnya diucapkan anak seusianya, kurang memerhatikan situasi, hingga salah dalam pengejaan maupun interaksinya dengan orang-orang sekitarnya menjadi pembawa kelucuan dalam komik atau anime Crayon Shin-chan. Meskipun umumnya menceritakan kehidupan sehari-hari, beberapa cerita Crayon Shin-chan juga menceritakan hal-hal fiksi murni, seperti perjalanan waktu atau misteri-misteri tertentu.

Setiap komik atau serial animasi Crayon Shin-chan umumnya berisi satu cerita lepas pendek yang tidak berkaitan satu sama lainnya. Namun, kreatornya juga sempat memasukkan/membuat cerita mengenai beberapa peristiwa penting yang dapat dianggap saling sambung-menyambung. Seperti tentang bagaimana kelahiran Himawari, kemunculan Ai sebagai murid baru di TK Shin-chan dan kawan-kawan, romansa antara Bu Guru Matsuzaka dan dokter tulang Tokurou Gyouda, meledaknya rumah keluarga Nohara dan pindahnya mereka ke Apartemen Matazure untuk sementara, pernikahan Semashi Nohara, dan rencana keluarga Nohara membeli mobil baru. Selain itu, seiring perubahan zaman, unsur-unsur budaya modern seperti penggunaan telepon pintar juga dimasukkan dalam cerita serial ini.[7]

Cerita Crayon Shin-chan banyak memasukkan aspek kultur dan kehidupan masyarakat Jepang, kekeluargaan, komedi, sarkasme, hingga seksualitas. Hal ini membuat serial ini menjadi seakan memiliki dua sisi. Di satu sisi, tiga aspek pertama membuat ceritanya mudah diterima masyarakat Asia karena kesamaan aspek budaya. Sedangkan dua aspek terakhir inilah yang sering membawa Crayon Shin-chan ke dalam kontroversi, yang nampak dari perilaku maupun ucapan karakter Shinnosuke yang dapat dianggap di luar batas kepantasan. Salah satunya adalah perilaku ikoniknya yang sering menunjukkan bokong, yang disebut "buri-buri".

Kata "krayon" (crayon) "Crayon Shin-chan" merefleksikan ceritanya yang dibuat dengan karakter utama anak-anak yang duduk di taman kanak-kanak. "Shin" merupakan nama panggilan, disingkat dari nama "Shinnosuke", dan "-chan" merupakan salah satu gelar kehormatan Jepang untuk anak. Namun, dalam terjemahan Indonesia, kata "Shin-chan" sering digabung, sehingga menjadi "Shinchan". Bahkan dalam dubbing Shinnosuke pun dipanggil (baik oleh orang yang lebih tua atau teman sebayanya) dengan nama gabungan tersebut, meskipun dalam versi aslinya dapat berbeda-beda menurut penutur. Hal yang sama tidak terjadi pada karakter lainnya, misalnya karakter Kazama-kun diterjemahkan sebagai "Kazao" dan Bo-chan ditulis hanya "Bo" saja. Adapun dalam komik terjemahan nama Shinnosuke juga sempat ditulis "Crayon".

Karakter[sunting | sunting sumber]

Keluarga Nohara[sunting | sunting sumber]

  • Shinnosuke Nohara (野原しんのすけ Nohara Shinnosuke) atau Shin-chan adalah tokoh utama serial ini, seorang murid TK berusia 5 tahun yang gemar menirukan tingkah laku orang dewasa, menyukai berbagai serial anak-anak di televisi, serta sering merayu wanita dewasa yang cantik. Ia juga dapat merepotkan orang-orang di sekitarnya, dan sering membuat ulah dengan kenakalannya tanpa rasa malu. Makanan favoritnya adalah Chocobi, biskuit rasa coklat berbentuk bintang.
  • Misae Nohara (terlahir Koyama) (野原みさえ Nohara Misae) adalah ibu Shin-chan, berasal dari Prefektur Kumamoto, Kyushu. Ia adalah seorang ibu rumah tangga berumur 29 tahun yang sering dibuat jengkel karena kenakalan Shin-chan. Hukuman yang biasanya ia berikan adalah pukulan, jitakan, atau cubitan. Meskipun begitu, ia tetap mencintai anaknya. Misae sangat suka dengan diskon, brosur, dan perhiasan. Kegemaran lainnya adalah tidur siang dan mengobrol dengan ibu-ibu sebayanya.
  • Hiroshi Nohara (野原ひろし Nohara Hiroshi) adalah ayah Shin-chan, berasal dari Prefektur Akita. Ia adalah seorang pegawai (salaryman) di bidang kepala bagian dan kepala keluarga Hiroshi yang takut dan tunduk kepada istrinya, Misae. Ia kesal sekali pada Shin-chan apabila membuat ulah, namun memiliki kesukaan yang sama dengan anaknya yaitu suka melirik dan merayu wanita dewasa. Hiroshi Nohara berumur 35 tahun.
  • Himawari Nohara (野原ひまわり Nohara Himawari) adalah adik Shin-chan. Mirip dengan kakaknya, Himawari sangat suka melihat lelaki tampan. Anak ini juga sangat senang dengan perhiasan, dan semua benda-benda yang berkilau (walaupun itu kecoa). Kata 'Himawari', dalam bahasa Jepang berarti bunga matahari.
  • Shiro (シロ) adalah anjing Shin-chan. Ia memiliki bulu berwarna putih dan dapat menggulung diri seperti bola salju. Anjing cerdas ini dipungut oleh keluarga Nohara karena dibuang oleh pemiliknya. Relasi Shiro dan pemiliknya digambarkan beragam: kadang sangat dekat, kadang tidak diperhatikan sama sekali.

Keluarga Hiroshi[sunting | sunting sumber]

  • Ginnosuke Nohara (野原 銀の介 Nohara Ginnosuke): Merupakan ayah dari Hiroshi, dan kakek dari Shin-chan. Umur 65, seperti Shin-chan dan Hiroshi dia sangat menikmati melihat perempuan cantik dan muda. Jika ia berkunjung ke rumah anaknya, Ghinnosuke kadang-kadang menyusahkan menantunya Misae.
  • Tsuru Nohara (野原 つる Nohara Tsuru): Ibu Hiroshi, berumur 62. Ia suka bercanda.
  • Semashi Nohara (野原 せまし Nohara Semashi): Kakak lelakinya Hiroshi, umur 40. Seperti namanya (dalam bahasa Jepang) "pelit", dia adalah orang yang sangat pelit.

Keluarga Misae[sunting | sunting sumber]

  • Yoshiji Koyama (小山 よし治 Koyama Yoshiji): Ayah Misae, umur 63. Karena baru merupakan pensiunan guru, dia sangat tegas. Hal ini membuat sifatnya bekebalikan dengan besanannya, sehingga Yoshiji dan Ghinnosuke sering bertengkar.
  • Hisae Koyama (小山 ひさえ Koyama Hisae): Ibu Misae, umur 58. Berbeda dengan suaminya dia sangat baik dan ramah, termasuk kepada Tsuru Nohara.
  • Masae Koyama (小山 まさえ Koyama Masae): Kakaknya Misae, umur 35. Ia sering dibilang Hiroshi "kakaktua yang cerewet", karena cerewet dengan hal-hal kecil, seperti hal pemakaian kata. Dia juga suka mengusili Misae.
  • Musae Koyama (小山 むさえ Koyama Musae): Adalah adik dari Misae Nohara, umur 26. Dia pindah ke rumah Nohara pada saat dipecat (bisa dibilang begitu). Musae adalah orang yang pemalas dan suka membodohi keluarga Nohara. Ia juga sering tiduran dan makan saja yang ia lakukan. Dalam versi komik Musae kembali bekerja setelah mengantarkan Shin-chan ke sekolah untuk menjadi asisten fotografer, namun dalam versi TV setelah mengantarkan Shin-chan dia tetap berada di rumah Nohara dan tidak mendapatkan pekerjaan. Ia juga pernah kerja sambilan di sebuah toko buku. Tetapi, saat ia sedang melihat koleksi foto milik gurunya, ia teringat masa lalunya saat masih menjadi fotografer. Gurunya mengatakan, kau tidak punya bakat, lebih baik berhenti saja! Ia akhirnya berhenti, dalam versi komik, ketika Hiroshi pulang, ia menanyakan kepada Misae bagaimana pekerjaannya, tetapi terbilang 1 hari langsung berhenti, Misae mengatakan ampun. Tetapi dalam versi TV, percakapan Hiroshi dan Misae tidak terlihat.

Murid-murid TK Futaba[sunting | sunting sumber]

  • Tōru Kazama (風間 トオル Kazama Tōru, dalam dubbing Indonesia dinamakan Kazao Toru) adalah teman sekelas Shin-chan yang pintar, rajin, disiplin dan berasal dari keluarga menengah ke atas. Ia sering terganggu dan kesal dengan Shin-chan karena perilakunya yang kurang sopan. Dia selalu mengikuti atau berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler seperti les Bahasa Inggris dan tampaknya berpengetahuan luas dalam mata pelajaran apa pun. Karena itulah, Kazama mungkin terlihat sombong dan mudah marah, tapi sebenarnya dia adalah orang yang baik. Di Jepang sendiri sosok seperti ini disebut "Majime" yang berarti serius.
  • Nene Sakurada (桜田 ネネ Sakurada Nene) adalah teman perempuan Shin-chan, dan satu-satunya dari kuintet "Pasukan Pelindung Kasukabe" yang bukan laki-laki. Gadis yang temperamental dan tangguh (yang diwarisi dari ibunya) ini memiliki kesukaan bermain "mama goto" (main rumah-rumahan nyata), yang memparodikan relasi suami-istri dalam sinetron dan dilakukan bersama teman-temannya. Sikapnya yang suka memaksa membuat Shinchan, Kazao, Bo dan terkhususnya Masao merasa tidak nyaman ikut dalam "main rumah-rumahan"-nya tersebut. Saingan utama Nene adalah Ai. Jika marah, pelampiasan Nene ada pada boneka kelinci atau Masao. Di komik versi Indonesia, nama Nene diubah menjadi Nana.
  • Masao Sato (佐藤 マサオ Satō Masao) adalah anak yang sopan namun penakut, cengeng dan kurang percaya diri. Ia paling suka melakukan pekerjaan bersih-bersih dan membantu ibunya, ditambah berbakat dalam melukis komik. Masao tidak pernah bisa menolak atau merasa terpaksa atau ditindas jika Nene mengajaknya bermain "rumah-rumahan". Karena warna kepalanya, Masao sering dipanggil "Si Kepala Onigiri".
  • Bo Suzuki (ボ Suzuki Bō) adalah anak yang sangat pendiam, hampir tidak pernah berbicara. Dia terlihat selalu ingusan, meskipun tidak pernah merasa terganggu dengan keberadaan ingusnya itu. Bo juga suka mengoleksi batu berbentuk aneh. Meskipun perangainya terlihat tidak biasa, sebenarnya Bo adalah seorang anak yang bijak dan berpengetahuan luas.
  • Ai Suotome (酢乙女 あい, Suotome Ai) adalah seorang anak perempuan cantik yang berasal dari keluarga kaya di Tokyo. Tujuannya bersekolah di TK Futaba adalah untuk melihat kehidupan rakyat biasa. Semua anak laki-laki di TK Futaba jatuh cinta padanya, kecuali Shin-chan yang lebih menyukai wanita dewasa. Masao sangat menyukai Ai, meskipun Ai secara personal lebih menyukai Shin-chan, sesuatu yang sering membawanya bersaing dengan Nene. Dalam komik versi Indonesia, nama Ai diganti menjadi Masako.[butuh rujukan]
  • Yasuo Kawamura (河村 やすお Kawamura Yasuo) adalah seorang anak dari kelas lain di TK Futaba, Kelas Mawar. Sering memakai baju polkadot bermotif macan tutul (sehingga memiliki julukan "Cheetah") dan ditemani temannya, Hitoshi dan Terunobu, Yasuo digambarkan sebagai anak yang kuat dalam bidang olahraga, namun dalam banyak episode dikalahkan oleh persatuan Shin-chan dan teman-temannya. Dengan teman-teman Shin-chan Yasuo paling tidak menyukai Shin-chan dan Kazama, dan sering merundungi Masao.

Guru-guru TK Futaba[sunting | sunting sumber]

  • Midori Yoshinaga (吉永緑 Yoshinaga Midori) adalah guru dan wali murid Shin-chan, Kazao, Masao, Nene, Bo, Ai dan lainnya di Kelas Bunga Matahari. Ia selalu bersaing dengan Ume Matsuzaka. Meskipun Yoshinaga merupakan orang yang baik, dirinya juga sering dibuat kesal dengan ulah Shin-chan. Setelah menikah dengan Junichi Ishizaka, nama belakangnya berubah menjadi Midori Ishizaka (石坂 緑 Ishizaka Midori).
  • Ume Matsuzaka (松坂 梅 Matsuzaka Ume) adalah teman sekaligus musuh bebuyutan Yoshinaga. Ia adalah guru dari kelas tetangga Shin-chan, kelas Mawar. Berlawanan dengan Yoshinaga yang kalem, Matsuzaka memiliki karakter suka pamer dan bergaya hidup mewah (walaupun pendapatannya tidak mencukupi), ditambah membual (seperti bisa berbahasa Inggris atau dari kelas atas kota). Bu Guru Matsuzaka juga digambarkan bernasib kurang beruntung dalam masalah asmara, seperti gagal mengikuti berbagai acara perjodohan. Sebenarnya dirinya sempat memiliki kekasih dokter tulang bernama Tokurou Gyouda, namun kemudian harus berpisah (atau tewas akibat ledakan bom dalam komik). Shin-chan sering mengerjai Matsuzaka yang memiliki sifat mudah marah. Karena itulah, Matsuzaka selalu berusaha menghindar bahkan menyamar bila bertemu Shin-chan di luar sekolah.
  • Masumi Ageo (上尾 ますみ Ageo Masumi) adalah salah seorang guru dari kelas Tulip yang awalnya muncul sebagai pengganti Ume Matsuzaka ketika patah tulang[8] di TK Futaba/Aksi. Bu Guru Ageo adalah orang yang kurang percaya diri, dengan hanya bisa mengutarakan isi hatinya atau pikirannya apabila kacamatanya dilepas. Kebiasaannya juga cukup unik, seperti memiliki boneka jerami yang diberi nama George, makan kuah sisa mi instan dicampur dengan nasi, dan sangat mahir di bidang teknologi, seperti menggunakan komputer dan kamera. Shin-chan dan Pak Kepala Sekolah berpikir bahwa Bu Guru Ageo lebih cantik apabila tidak berkacamata.
  • Bunta Takakura (高倉 文太 Takakura Bunta) adalah kepala sekolah TK Futaba. Ia sering dipanggil "Kumichō" (組長 = bos Yakuza) atau dalam anime bahasa Indonesianya sering dipanggil "kepala geng" oleh Shin-chan karena wajahnya yang menyeramkan. Tetapi, di balik wajahnya yang menyeramkan, ia adalah seorang pria yang baik hati. Semua orang di TK Futaba (kecuali Shin-chan), memanggilnya enchou-sensei ( 園長先生 ) yang berarti 'kepala sekolah'. Dalam menjalankan taman kanak-kanak ini, Bunta dibantu istrinya, Shima Takakura.
  • Shiizou Atsukuru (熱繰 椎造 Atsukuru Shiizō, dalam dubbing Indonesia dinamakan Pak Guru Atsukurushi) adalah seorang guru olahraga pengganti ibu guru Yoshinaga ketika sedang cuti hamil. Dia sangat suka dengan hal-hal yang panas, sehingga suka berteriak, "フアイヤ!" (Fire) ketika melakukan aktivitasnya. Pak Atsukurushi punya fobia dengan kelinci karena pernah digigit. Tetapi, berkat bantuan Shin-chan, ia berhasil mengatasi ketakutannya itu. Nene diam-diam kagum dengannya.

Lain-lain[sunting | sunting sumber]

  • Shinko-chan (し ん こ ち ゃ ん Shinko-chan) adalah gadis aneh dari masa depan, yang tampil di sejumlah episode anime (tidak ada di komik). Memiliki wajah yang mirip dengan Shin-chan, karakternya terlihat misterius dan menyeramkan, namun juga bijaksana dan berempati pada orang-orang yang ia temui. Kemunculannya biasanya ditandai dengan awan hitam berbentuk lingkaran. Ada beberapa hipotesis tentang siapakah Shinko, seperti bahwa ia adalah teman Himawari di masa depan atau ia sesungguhnya adalah Hima di masa depan. Pendapat lain menggambarkan Shinko sebagai putri dari Shin-chan dan Ai.
  • Hideki adalah seorang bodyguard (dipanggil "Kuroiso") dari Ai Suotome/Masako Udachi. Tugasnya adalah menjaga Ai dari segala bahaya, meskipun seringkali Ai menggagalkannya karena ia memiliki foto berbagai rahasia Hideki. Dalam suatu episode ia juga pernah mengajari Shin-chan untuk menjadi bodyguard-nya Ai juga, meskipun batal karena bocah tersebut takut dibenci oleh Nanako. Kuroiso memiliki relasi spesial dengan Bu Guru Ageo. Penampilan umumnya adalah memakai jas lengkap dan kacamata serba hitam, mirip seperti seorang agen rahasia.
  • Junichi Ishizaka adalah suami dari Midori Yoshinaga. Berbeda dengan istrinya yang kurang menyukai Shinchan secara personal, Junichi (dieja "Juniji" dalam dubbing Indonesia) selalu berpandangan positif dan akrab dengan bocah tersebut.
  • Tokurou Gyouda adalah seorang dokter ahli tulang, juga pacar Ume Matsuzaka. Awalnya, ia dokter yang merawat Matsuzaka ketika mengalami patah tulang. Ketampanannya membuat Matsuzaka jatuh hati. Ia tewas akibat ledakan bom dalam sebuah ekspedisi (hanya ada di manga).
  • Moeko Sakurada adalah ibu dari Nene yang selalu dibuat jengkel dengan kedatangan Shin-chan di rumahnya. Ia biasa melampiaskan kemarahannya dengan memukul boneka kelinci.
  • Mineko Kazama adalah ibu dari Kazama. Seorang yang baik dan ramah, namun suka memanjakan putranya.
  • Mama Masao adalah ibu dari Masao yang penyabar dan suka bermain tenis.
  • Ayah dari teman-teman Shin-chan, umumnya jarang ditampilkan dalam cerita.
    • Ayah Masao, seorang salaryman yang digambarkan sebagai penyuka musik rock, namun tidak pernah ditampilkan wajahnya.
    • Ayah Kazao, seorang yang ramah. Tinggal di luar negeri (dalam satu episode di Australia), dengan bekerja sebagai eksekutif perusahaan atau arsitek.
    • Ayah Nene, berkarakter dingin yang menyukai festival bunga sakura.
  • Orang tua Bo, hampir tidak pernah muncul dalam cerita. Baik ayah dan ibu Bo sempat disebutkan dalam komik, namun hanya sebagai unseen character.
  • Kawaguchi, teman sekantor ayah Shinchan, Nohara Hiroshi. Meskipun sebagai bawahan, relasi mereka cukup akrab.
  • Yumi Soka, wanita cantik yang bekerja di kantor yang sama dengan Hiroshi dan Kawaguchi. Hiroshi ketika tidur sering memimpikan dia.
  • Atsuko Kutsuzoko adalah ibu rumah tangga yang berumur 18 tahun. Aksi dan gayanya mencerminkan generasi muda Jepang.
  • Atsumi Kutsuzoko adalah anak dari Atsumi Kutsuzoko berumur 2 tahun. Dia biasanya memakai pakaian yang sama dengan ibunya.
  • Reiko Kitamoto tante yang merupakan tetangga Shinchan di rumahnya dan merupakan penyebar gosip terkemuka di Kasukabe. Terkenal pelit, tetapi suka ingin tahu urusan orang lain, apalagi tentang keluarga Nohara.
  • Robert McGuire sepupu Kitamoto dari Amerika yang sangat menyukai Jepang. Di mata Kitamoto ia orangnya aneh.
  • Kenta Musashi adalah guru kendo Shin-chan.
  • Nanako Oohara (大原 ななこ Ōhara Nanako) adalah mahasiswi cantik yang diidolakan Shin-chan. Dirinya mengawali persahabatan dengan keluarga Nohara saat ia menolong Shin-chan yang matanya kemasukan debu. Sekalipun Nanako adalah seorang wanita yang cantik, ditokohkan ia kadang-kadang polos dan berani. Ia mempunyai seorang sahabat wanita dari klub sumo wanita bernama Shinobu.
  • Shijuurou Oohara (大原 四十郎 Ōhara Shijūrō) adalah ayah dari Nanako Oohara, berprofesi sebagai seorang penulis buku terkenal. Ia sangat protektif terhadap putrinya, sampai-sampai sering membuat Nanako tidak nyaman.
  • Shinobu Kandadori (神田鳥 忍 Kandadori Shinobu) adalah wanita kuat yang merupakan sahabat Nanako, ia ditampilkan sebagai wanita yang mengerikan, besar, dan unik. Walaupun karakternya dalam 6 volume komik dianggap tidak mungkin mendapatkan kekasih, akhirnya ia berhasil mempunyai kekasih bernama Omata. Omata adalah salah satu tetangga Keluarga Nohara saat pindah ke apartemen. Ia sebenarnya merupakan seorang putra mahkota yang ingin mendapatkan jodoh di Jepang, sekalipun norma dan adatnya berbeda.
  • Omata adalah seorang yang pernah tinggal di Apartemen Matazure, ia sangat mencintai Shinobu. Kelakuan ini diperlihatkan ketika mereka sedang memasukkan jari telunjuk ke hidung masing-masing.
  • Yonro (四郎 Yonrō) adalah tetangga Keluarga Nohara saat pindah rumah ke apartemen. dia gagal ujian 3 kali dengan alasan gugup. Namun berhasil akhirnya karena dukungan Nohara. Ia adalah seorang yang pernah tinggal di Apartemen Matazure, kamarnya bersebelahan dengan kamar Nohara, sebab itulah ia menjadi rakus sehingga jatah makan keluarga Nohara berkurang.
  • Yuu Yakutsukuri (役津栗 優 Yakutsukuri Yū) adalah seorang penghuni apartemen Matazure lainnya yang pernah muncul. Dalam kemunculannya ia berusaha mengikuti audisi artis yang sukses berkat bantuan Shin-chan.
  • Koyuki Susan adalah seorang yang pernah tinggal di Apartemen Matazure. Ketika ia sakit demam pada saat musim flu, ia dirawat oleh Misae dengan menyiapkan bubur untuk dimakan. Ia semangat sekali ketika langsung memakan bubur itu.
  • Yaku Tsukuri adalah seorang yang pernah tinggal di Apartemen Matazure. Ketika ia pernah sakit demam saat musim flu, ia dirawat oleh Shin-chan dengan menyiapkan bantal kompresnya.
  • Nushiyo Ooya adalah seorang yang merupakan pemilik Apartemen Matazure, ia sering disebut penghuni apartemen induk semang. Ia juga sering dipanggil Shin-chan Wada Akiko.
  • Lisa Aspirin adalah pacar dari Steroid Mazuo yang berasal dari luar negeri.
  • Steroid Mazuo adalah pengedar narkoba yang sering diintai oleh dua orang detektif yang tinggal di Apartemen Matazure.
  • Yoshirin Hatogaya adalah seorang laki-laki yang sering mengganggu kedamaian keluarga Nohara. Ia sangat mencintai istri atau kekasihnya, Michi.
  • Michi Hatogaya istri atau kekasih Yoshirin yang tidak terlalu merepotkan di mata Misae, tetapi sangat merepotkan di mata Nohara.
  • Tante Okei/Keiko Honda adalah teman baik Misae sejak sekolah menengah. Ia sering menangis bila sedang kesal.
  • Satoshi Honda adalah suami dari Keiko Honda yang suka menonton film anime.
  • Hitoshi Honda adalah anak dari pasangan Satoshi dan Keiko Honda.
  • Uyiko Norohashi dan Nakamura Komatshi adalah pemilik dan pekerja di Toko Buku Kasukabe.
  • Usuto Yoshii adalah seorang seniman manga. Namanya adalah anagram dari Yoshito Usui, pengarang komik Shin-chan.
  • Kalajengking Merah Saitama sebuah kelompok/geng yang terdiri dari 3 anak SMA: Ryuko Okegawa ("Si Cakar Naga", berpenampilan langsing, sebagai pemimpin yang galak tapi tegas), Ogin Uonome ("Si Mata Ikan", sering memakai masker "X"), dan Mari ("Si Jerawat", berpenampilan gemuk). Dalam kemunculannya Shin-chan selalu terlibat di dalam petualangan mereka.
  • Profesor Kitayono adalah profesor yang banyak melakukan penemuan luar biasa.
  • Buri-buri Zaemon adalah tokoh berbentuk babi yang sering berpetualang dengan Shinchan.
  • Pahlawan bertopeng/Action-Kamen (アクション仮面 Akushon Kamen) adalah pahlawan fiksi di serial TV kesukaan Shin-chan. Karakter Pahlawan Bertopeng merupakan parodi dari berbagai tokoh yang ada di film tokusatsu Jepang. Pasangannya adalah seorang perempuan bernama Mimiko Sakura.
  • Kantam Robo sama seperti Pahlawan Bertopeng, adalah karakter fiktif pahlawan super yang difavoritkan Shinchan; memparodikan genre mecha. Namanya merupakan plesetan dari robot Gundam yang populer.
  • Moe-P (atau "Moepi Si Gadis Penyihir"), merupakan karakter fiktif lain yang muncul di layar kaca televisi dunia Shinchan dan kawan-kawan. Ia digambarkan sebagai penyihir cilik baik hati (magical girl) dan memparodikan genre manga maho shojo. Kazama sangat menggemari serialnya, meskipun selalu berusaha merahasiakannya dari teman-temannya.
  • Mari-chan, sebuah karakter mano shojo lain di dunia Shinchan dan kawan-kawan, namun berupa penyihir wanita dewasa. Tampil di episode anime No. 335-348.
  • Shirimarudashi, sebuah parodi dari Godzilla, namun dengan bokong terbuka.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Versi Jepang (seiyū)[sunting | sunting sumber]

Versi Indonesia[sunting | sunting sumber]

Kemunculan dan perkembangan[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Mulanya Crayon Shin-chan muncul sebagai komik setrip di majalah komik (manga) seinen dari Futabasha berjudul Weekly Manga Action pada tahun 1990. Usui mengembangkannya dari serial komiknya sebelumnya berjudul Darakuya Store Monogatari (だらくやストア物語) dan karakter Shinnosuke Nikaido (二階堂信之介) yang ada di dalamnya. Komik-komik tersebut kemudian dibukukan (tankobon) dalam 50 buku di bawah bendera Action Comics, juga terbitan Futabasha, dari 11 April 1992 hingga 10 Juli 2010.[11][12] Setelah Usui meninggal pada 11 September 2009 akibat jatuh dari Gunung Arafune, Futabasha awalnya hendak menghentikan penerbitannya, namun tetap dilanjutkan hingga 5 Februari 2010.[13] Kini komiknya tetap diteruskan oleh tim yang sebelumnya dipimpin Usui, dengan nama[5] New Crayon Shin-chan (新クレヨンしんちゃん, Shin Kureyon Shin-chan).

Inspirasi Usui dalam menulis komiknya disebutkan berasal dari pengalaman pribadinya. Karakter Shinnosuke dianggap sebagai citra dirinya saat kecil, sedangkan relasi antara Misae dan Hiroshi merupakan refleksi dari relasi Usui dan istrinya. Awalnya Crayon Shin-chan dimaksudkan untuk remaja dewasa, sehingga dalam penulisan awalnya sempat memasukkan aspek-aspek seksualitas. Meskipun demikian, sebenarnya Usui juga pernah merencanakan pembuatan komik yang ramah untuk anak-anak, terutama untuk anaknya, sehingga sempat dimasukkan karakter anjing Shiro. Selain itu, cerita-cerita dalam Crayon Shin-chan mulanya hanya berisi lelucon murni. Seiring waktu berjalan, menurut Usui, komiknya mulai memasukkan aspek kekeluargaan dan percintaan, dan menyamarkan bahasa-bahasa yang vulgar. Selain itu, ceritanya juga mulai diperpanjang per seri, dan dari yang awalnya karakter Shinnosuke hanya sebagai orang ketiga, mulai juga ditampilkan perspektifnya dalam melihat masalah. Menurut Usui, karyanya ini berusaha menggambarkan ketidaksempurnaan manusia: kesalahan (yang dapat terlihat lucu) akan selalu disadari dan berusaha diperbaiki oleh seseorang, meskipun akhirnya bisa saja kesalahan tersebut kembali terulang.[14]

Sebagai sempalan (spin-off), ada komik bernama Action Mask yang diterbitkan Futabasha.[15] Komik lainnya yang dikembangkan dari serial aslinya seperti komik yang diadopsi dari film anime, komik berbasis ensiklopedia dan komik edukasi keluarga.

Anime[sunting | sunting sumber]

Sejak 13 April 1992, stasiun TV TV Asahi telah menyiarkan versi animasi dari komik ini, yang diproduksi oleh Shin-Ei Animation. Meskipun umumnya mengadopsi cerita dalam komik, ada juga aspek cerita yang diubah atau baru ditambah oleh TV Asahi, sehingga bisa dinikmati oleh seluruh keluarga (bukan hanya pria dewasa).[16] Beberapa detail lainnya yang diubah seperti nama TK Aksi dalam manga yang diubah menjadi TK Futaba. Terdapat tiga sutradara yang memimpin produksinya: Mitsuru Hongo (1992-1996), Keiichi Hara (1996-2004), dan Yuji Muto (2004-sekarang). Untuk komposer musiknya diciptakan oleh Toshiyuki Arakawa. Popularitasnya yang langsung meningkat setelah ditayangkan, membuat penayangannya terus dilanjutkan hingga kini, meskipun awalnya hendak direncanakan akan dihentikan pada 1994.[17]

Di negara asalnya Crayon Shin-chan ditayangkan seminggu sekali, dengan biasanya terdapat 2-3 episode baru perharinya. Totalnya, hingga kini ada sekitar lebih dari 1.000 episode yang sudah diproduksi. Serial ini diperkirakan sudah dialihbahasakan ke dalam 30 bahasa[18] dan telah ditayangkan di 45 negara.[6] Selain itu juga ada lebih dari 90 episode spesial dan 30 judul film panjang yang didasarkan pada komik ini. Jika serial biasanya menceritakan Shinchan di lingkungan pada umumnya, film-filmnya menggambarkan kisah Shinchan dan keluarga/teman-temannya di tempat yang tidak biasa, dengan kebanyakan menggambarkan bagaimana penyelamatan Bumi dari ancaman tertentu.

Versi anime dari Crayon Shin-chan juga memiliki spin-off-nya sendiri. Di bawah judul Crayon Shin-chan Gaiden, serial ini diproduksi dalam 4 musim dan tayang di Amazon Prime Video.[19][20][21] Pada 3 Februari 2019, spin-off lainnya berjudul Super Shiro resmi diumumkan ke publik,[22] yang berfokus ke petualangan anjing Shin-chan, Shiro.[23] Adapun Super Shiro pertama kali muncul pada 14 Oktober 2019 di AbemaTV.[24][25]

Crayon Shin-chan dalam versi anime juga sempat dikombinasikan dengan sejumlah karakter lainnya. Seperti dengan Kamen Rider (Satria Baja Hitam) berjudul ''Kamen Rider Fourze x Crayon Shin-chan'' pada April 2012, demi mempromosikan film Crayon Shin-chan: Fierceness That Invites Storm! Me and the Space Princess.[26] Sempat juga pada 2016 muncul versi crossover dengan Godzilla,[27] dan beberapa tahun kemudian, bersama Hello Kitty.[27]

Kehadiran di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Produk Shinchan yang pertama kali masuk ke Indonesia adalah komiknya, saat itu diterbitkan oleh PT Rajawali Grafiti, menggunakan nama "Crayon - The Trouble Maker Kid" di tahun 1990-an; serial ini dikenal dengan sejumlah lokalisasi seperti nama karakter "Shiro" yang diganti menjadi "Dino".[28] Lalu penerbitannya berpindah ke PT Indorestu Pacific yang menerbitkan sampai edisi ke-49 mulai tahun 2000; dan sejak tahun 2012, beralih ke Elex Media Komputindo yang menerbitkannya secara penuh.[29] Hampir bersamaan dengan terbitnya versi kedua, serial animasinya masuk ke layar kaca nasional lewat stasiun televisi RCTI menjelang akhir tahun 2000.[30] Setelah sempat berpindah ke Trans7 pada November 2010-April 2011, serial animasinya kembali ditayangkan oleh RCTI mulai Mei 2011 hingga akhirnya benar-benar berhenti ditayangkan tanpa alasan yang jelas pada pertengahan 2015.[31] Namun, belakangan ini (2021) beberapa filmnya juga pernah ditayangkan oleh Trans TV;[32] selain itu, tercatat beberapa filmnya juga sempat masuk ke jaringan bioskop dalam negeri.[33] Sejak 2021, layanan video Vidio juga menyediakan serial Shinchan dengan subtitle Indonesia.[34]

Kehadiran Shinchan di Indonesia memang unik. Pada satu sisi serial animasinya cukup digemari oleh berbagai pihak. Bahkan, ketika awal mulai ditayangkan di RCTI, rating-nya langsung menanjak hanya dalam waktu kurang dari 6 bulan setelah ditayangkan. Akan tetapi, juga banyak yang mempermasalahkan guyonan atau sikap karakter Shinchan atau karakter lainnya yang dianggap terlalu vulgar, khususnya mengandung aspek pornografi dan tingkah lakunya yang sering dianggap tidak baik demi anak-anak yang memang menjadi target utama pemirsanya (meskipun sebenarnya Shinchan tidak ditujukan untuk anak-anak di negara asalnya).[35] Kontroversi tersebut tercatat sudah ada sejak kemunculannya di layar kaca nasional, yang membuat harus dilakukannya sensor oleh RCTI sebagai penayangnya.[30][36] Ketika ditayangkan di Trans7, juga akhirnya terpaksa dihentikan karena dirasa dapat mencederai citra stasiun televisi tersebut yang cenderung "edukatif" dan juga karena rating-nya kurang sesuai harapan.[31][37] Tercatat Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) sempat memberi teguran pada RCTI akibat adanya adegan tidak pantas yang dilakukan Shinchan.[38]

Salah satu aspek Shinchan yang paling dikenal adalah theme song-nya; lagu ini merupakan adaptasi dari aslinya yang berjudul "Dōbutsuen wa Taihen da" (動物園は大変だ).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Shin Chan". Funimation. Diakses tanggal 22 Juli 2018. 
  2. ^ "LUK Internacional - Catalogue, SHIN CHAN". LUK Internacional. 
  3. ^ "Welcome To Foxkids.com.au". 5 Februari 2003. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2003-02-05. Diakses tanggal 2018-11-21. 
  4. ^ "RTE Guide - TV Schedules". 27 Maret 2003. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2003-03-27. Diakses tanggal 2021-01-22. 
  5. ^ a b "クレヨンしんちゃん新連載始まるぞぉー/芸能・社会/デイリースポーツonline" (dalam bahasa Jepang). 1 Desember 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-02-10. Diakses tanggal 16 Maret 2010. 
  6. ^ a b "tv asahi|テレビ朝日" (PDF). TV Asahi. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 17 April 2017. Diakses tanggal 16 September 2018. 
  7. ^ ”しんちゃん世代”のクリエイターが語り尽くす!「クレヨンしんちゃん」への30年愛
  8. ^ ISBN 978-979-24-9608-6 halaman 101
  9. ^ a b c d e f g W, Kevin (19 September 2011). "Doraemon Episode Terbaru sampai Kembalinya Shinchan dan Kobo-chan". KAORI Nusantara. 
  10. ^ a b c d e Kusumanto, Dody (18 April 2021). "Inilah Sejumlah Film Layar Lebar Crayon Shinchan yang Akan Diputar di Trans TV". KAORI Nusantara. 
  11. ^ "「クレヨンしんちゃん」公式サイト-ACクレヨンしんちゃん" (dalam bahasa Jepang). Futabasha. Diakses tanggal November 25, 2017. 
  12. ^ "「クレヨンしんちゃん」公式サイト-ACクレヨンしんちゃん" (dalam bahasa Jepang). Futabasha. Diakses tanggal November 25, 2017. 
  13. ^ "Crayon Shin-chan Manga to Continue until February". Anime News Network. November 5, 2009. Diakses tanggal November 18, 2009. 
  14. ^ 儀人, 臼井 (1997-01). "『クレヨンしんちゃん』一家が円満なわけ". 婦人公論. 1: 144~147. 
  15. ^ "Action Mask". Crunchyroll. December 7, 2016. Diakses tanggal December 13, 2016. 
  16. ^ Positioning serial ini dapat berbeda-beda untuk penyiaran luar negeri. Misalnya, jika di Jepang ditujukan untuk keluarga, versi dub Spanyol justru menargetkan remaja muda. Di banyak negara, seperti Indonesia dan India, Crayon Shin-chan menargetkan pemirsa anak-anak. Adapun di AS, sempat diproduksi juga dub yang menargetkan pemirsa dewasa dengan dialog yang sangat vulgar dan lokalisasi yang ekstensif.
  17. ^ Brubaker Charles (January 2, 2016). "Obscure Classic Anime: Umeboshi Denka". Cartoon Research. Diakses tanggal July 31, 2016. 
  18. ^ Mandarin Standar, bahasa Kanton, Denmark, Inggris, Belanda, Jerman, Yunani, Prancis, Italia, Portugis Eropa, Portugis Brasil, Spanyol Eropa, Spanyol Amerika Latin, Galisia, Katala, Valencia, Basque, Polandia, Sichuan, Korea, Hindi, Ibrani, Tamil, Telugu, Tagalog, Indonesia, Melayu, Khmer, Thai dan Vietnam
  19. ^ "Amazon to Stream New Crayon Shin-chan Spin-off Anime Series in Multiple Countries". Anime News Network. July 14, 2016. Diakses tanggal July 31, 2016. 
  20. ^ "Amazon.com: Shin chan Spin-off vol.1 Aliens vs. Shinnosuke". www.amazon.com. 
  21. ^ "Crayon Shin-chan's 3rd Spin-off Anime Series Debuts on Amazon in February – News". Anime News Network. January 30, 2017. Diakses tanggal September 16, 2018. 
  22. ^ Frater, Patrick (February 18, 2019). "'Super Shiro' Anime Series Inspired by 'Crayon Shin-chan'". Variety. Diakses tanggal February 24, 2019. 
  23. ^ "Crayon Shin-chan's Super Shiro Anime Casts Ibuki Kido as Can Can". Anime News Network. Diakses tanggal December 19, 2019. 
  24. ^ "Masaaki Yuasa's Shin-chan Spin-off Super Shiro Reveals Cast, October 14 Debut in Video". Anime News Network. July 11, 2019. Diakses tanggal July 11, 2019. 
  25. ^ Frater, Patrick (18 Februari 2019). "'Super Shiro' Anime Series Inspired by 'Crayon Shin-chan'". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 24 Februari 2019. 
  26. ^ "Kamen Rider Fourze Crosses Over with Crayon Shin-chan". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). April 12, 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 13, 2012. 
  27. ^ a b "Hello Kitty to Appear in Crayon Shin-chan's 1st Episode of Reiwa Era". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 July 2023. Diakses tanggal 24 July 2023. 
  28. ^ Mengenang Rajawali Grafiti - Penerbit Komik Ilegal dengan Kualitas Terjemahan Kocak!
  29. ^ Nostalgia Komik Crayon Shinchan Indorestu Pacific
  30. ^ a b Lat, Crayon Shin-chan, dan Calvin: Kisah Para Bocah dalam Komik
  31. ^ a b Crayon Shinchan: Akan Tetap Lestari?
  32. ^ Trans TV akan Menayangkan Tiga Film “Crayon Shin-chan” di Indonesia
  33. ^ Akhir Juli 2017, Crayon Shinchan: Invasion!! Alien Shiriri akan Hadir di CGV Cinemas Indonesia
  34. ^ Crayon Shinchan Kini Bisa Ditonton di Vidio
  35. ^ Ekspos: Bongkar Mitos Di Balik KPI dan Anime
  36. ^ Gamma, Volume 2,Masalah 45-51
  37. ^ Trans 7 Janji Hapus Crayon Sinchan
  38. ^ RCTI Mendapat Teguran Soal Konten Anime Crayon Shin-chan

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]