Pita-Ten

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pita-Ten adalah sebuah manga karya Koge-Donbo yang pernah membuat manga berjudul Dewi Karin. Di Jepang, Pita-Ten dipulikasikan pada tahun 2003 oleh Media Work. Sedangkan di Inonesia sendiri, Pita-Ten telah dipublikasikan pada tahun 2005 oleh M&C. Pita-Ten dibuat hingga jilid 8.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Kotaro, adalah murid kelas 6 SD yang akan mengikuti ujian masuk SMP. Ibunya meninggal karena suatu kecelakaan sehingga Kotaro trauma bila berhubungan tentang mayat. Cowok yang phobia dengan hantu ini, juga memiliki ayah yang kelewat sibuk dalam pekerjaan. Sehingga urusan rumah tangga, dia sendiri yang melakukannya termasuk memasak. suatu hari, kehidupannya yang awalnya biasa-biasa saja, berubah semenjak hadirnya seorang gadis yang mengaku sebagai malaikat bernama Misha. Selain itu, ada juga gadis mungil bernama Shia yang akhirnya tinggal satu apartement dengan Misha. Ke-2 tetangga Kotaro yang bertolak belakang ini, rupanya memiliki masa lalu yang hampir berdekatan. Shia sebenarnya adalah gadis bernama Shima, isteri kakek Kotaro yang menghilang yang juga seorang gadis keturunan bangsa iblis. Shima memiliki anak dari hubungannya dengan Taro (kakek Kotaro) yang bernama Kotaro dan Shino. Nah, di sini, anak Shia sendiri yaitu Kotaro, adalah sahabat baik Misha. Kotaro sangat shock saat tau bahwa Misha dipaksa oleh kakaknya, Sasha, untuk kembali ke surga. Ia merasa dibuang. Orang-orang desa membencinya, Ibunya sendiri tiba-tiba menghilang (walau sebenarnya Shima melakukan itu semua justru karena takut kalau akan membunuh Kotaro secara tak sadar). Akhirnya Kotaro bunuh diri dan membuat Misha sangat sedih. Karena kematian Kotaro, Misha dihukum dalam rantai berduri selama bertahun-tahun. Akhirnya setelah belenggunya lepas, Sasha memberitau bahwa Kotaro berenkarnasi. Misha yang dulunya malaikat dan tak dapat menyentuh manusia, sangat senang. Karena dia akan menjadi manusia biasa untuk sementara waktu. Dia jadi sering peluk-peluk Kotaro yang reinkarnasi dari Kotaro. Kotaro tau akan hal itu setelah kematian Shia yang membuat Kotaro sangat shock dan sedih karena Shia adalah neneknya sendiri. Setelah kesedihan teramat sangat, Kotaro juga harus menerima bahwa Misha memberikan kebahagiaan untuknya bukan untuk dirinya sendiri. Namun untuk "Kotaro" anak Shia. Kotaro jadi sangat marah. Belum beres urusannya, teman baiknya Koboshi, juga menyatakan cinta pada Kotaro. Ditambah lagi sahabat baik Kotaro satunya, Ten, yang dikira menyukai Shia, rupanya suka Koboshi. Kehidupan Kotaro jadi ruwet.

Character Design[sunting | sunting sumber]

  • Higuchi Kotaro: Cowok yang selalu bersikap cool ini adalah murid SD yang sedang melakukan persiapan ujian masuk SMP. Tinggal di apartement dengan ayahnya yang gila kerja. Ibunya sudah meninggal dunia. Phobia dengan hantu.Anak ini selalu mendapat tekanan baik di kehidupan sekolah maupun kehidupan sehari seharinya. Setelah Misya datang ke tengah - tengah kehidupan kotaro, menyebabkan kehidupannya berubah.
  • Misha: Gadis SMP tetangga sebelah Kotaro ini, suka banget peluk-peluk Kotaro. Suka memberi embel-embel setiap akhir kalimatnya dengan kata "Su". sebenarnya Misha adalah calon malaikat yang bila gagal akan dilenyapkan.
  • Shia: Gadis yang tinggal bareng Misha ini, sangat feminim. Walau jago masak, Shia sama sekali nggak bisa menulis ataupun membaca. Kerja di cafe kenalan Ten. Sebenarnya Shia adalah gadis keturunan iblis. Neneknya Kotaro.
  • Sasha: Kakak Misha ini adalah malaikat. Tidak suka dengan hubungan malaikat dengan manusia. Berusaha mati-matian mengajari Misha agar Misha tidak gagal dalam ujian malaikat.
  • Uematsu Koboshi: Sahabat baik Kotaro. Gadis yang bertubuh mungil ini, menyukai Kotaro sejak dulu dan cemburu dengan Misha yang suka peluk-peluk Kotaro.
  • Ayanokoji Takashi: Sahabat baik kotaro yang biasa dipanggil Ten-chan ini suka sama Koboshi. Cowok yang sangat pintar.
  • Mitarai Hiroshi: Cowok ini adalah rival Ten-chan (dia sendiri yang berpikir begitu). Anak orang kaya ini, sangat suka dengan Misha. Sebenarnya tau bahwa Shia adalah iblis, namun tak ada yang percaya dengannya. Oleh Ten dipanggil Unko.
  • Mitarai Kouru: Adik Hiroshi ini sangat jago segala macam kegiatan PKK. Mulai dari memasak sampai membuat baju. Suka dengan Ten-chan.
  • Higuchi Shino: Sepupu Kotaro ini bisa merasakan aura iblis Shia hanya dengan tanda sakit kepalanya, sama seperti Kotaro dan Misha.
  • Taro: Kakek Kotaro ini, adalah suami Shia/Shima.
  • Shima: Nama Shia sebelumnya. Isteri Taro ini takut membunuh kKtaro sehingga dia rela pergi meninggalkan keluarganya. Akhirnya menderita amnesia dan dipanggil "Shia".
  • Nya: Kucing yang selalu bersama Shia inilah yang membuat Shia amnesia. Bisa berwujud manusia.
  • Kotaro: Anak Shima ini dianggap pembawa sial oleh seluruh warga desa. Diangap bila berdekatan dengannya akan membuat orang disekitarnya akan mati. Sahabat baik Misha yang bunuh diri demi bisa bersama Misha. Setelah meninggal, Kotaro berenkarnasi menjadi Kotaro saat ini.
  • Shino: Shino adalah adik Kotaro. Berenkarnasi menjadi sepupu Kotaro dengan nama yang sama. Beda dengan Shino kecil, Shino yang ini jauh lebih tomboy.