Shōnen manga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Shōnen)
Langsung ke: navigasi, cari

Shōnen manga (少年漫画?) atau shōnen (少年?, diucapkan shounen) adalah sebutan untuk ragam manga atau anime khusus bagi remaja lelaki. Manga atau anime yang beragam shōnen biasanya berseri dan memiliki penggemar yang cukup banyak.

Ciri khas[sunting | sunting sumber]

Manga atau anime shōnen memiliki beberapa ciri khas. Pertama adalah pada plot ceritanya, biasanya sarat dengan tema kepahlawanan atau aksi. Ada juga yang bertemakan komedi percintaan yang menampilkan tokoh lelaki culun yang dikelilingi gadis-gadis cantik dengan karakter yang hampir sama di manga atau anime lain. Kedua, manga atau anime ini biasanya menyediakan layanan bagi para penggemar, maksudnya ada plot tertentu yang dibuat berdasarkan masukan para penggemar (fan service).

Contohnya adalah pada manga Samurai Deeper Kyo yang hampir semua tokohnya memakai baju yang sangat ketat. Bahkan dalam manga atau anime shōnen yang bertema komedi percintaan, hal-hal seperti itu sudah dianggap seperti kewajiban. Love Hina contohnya, selalu saja ada adegan tokoh utama pria yang mengintip atau tersasar ke onsen (pemandian air panas) khusus wanita atau ada adegan di mana tokoh wanitanya sedang bercengkrama sembari mandi air panas.

Pengaruh di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Manga atau anime shōnen sangat berpengaruh pada kultur masyarakat Indonesia. Dulu, ketika Dragon Ball pertama kali mengudara, para remaja sampai anak kecil seperti tidak mau ketinggalan untuk menontonnya. Gaya gambar komikus Indonesia yang beragam shōnen juga banyak dipengaruhi oleh mangaka asal Jepang.

Penerbit komik di Indonesia sepertinya sangat diuntungkan dengan keadaan ini sehingga kebanyakan komik yang beredar di Indonesia bergenre shōnen, sebut saja Naruto, One Piece, dan Dragon Ball.

Shōnen di Jepang[sunting | sunting sumber]

Di Jepang, manga beragam shōnen biasanya disisipkan dalam majalah komik. Majalah tersebut biasanya terbit dwimingguan. Sekali terbit, satu judul biasanya berisi 30-40 halaman. Di Jepang, penggemar manga ragam ini sangat banyak, sebut saja penggemar Dragon Ball dan One Piece. Banyaknya animo penggemar judul tertentu bisa dilihat dari hasil penjualan hiasan khas (merchandise) maupun komiknya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]