Samurai Deeper Kyo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Samurai Deeper Kyo
サムライ ディーパー キョウ
(Samurai Dīpā Kyō)
Genre Chanbara, Supernatural
Manga
Pengarang  Akimine Kamijyo
Penerbit  Bendera Jepang Kodansha
Penerbit bahasa Inggris Bendera Kanada Bendera Britania Raya Bendera Amerika Serikat Del Rey Manga
Tokyopop
Penerbit lainnya

Bendera Denmark Mangismo
Bendera Perancis Kana
Bendera Jerman Heyne
Bendera Indonesia Elex Media Komputindo
Bendera Malaysia Komik Remaja
Bendera Singapura ChuangYi
Bendera Spanyol Glénat
Bendera Swedia Mangismo

Bendera Thailand Vibulkij Comics
Demografi Shōnen
Majalah Weekly Shōnen Magazine
Tanggal Terbit 15 Oktober 198410 Mei 2006
Volume 38
Anime
Sutradara  Junji Nishimura
Studio Studio Deen
Pelisensi  Bendera Amerika Serikat AnimeWorks
Rilis 2 Juli 200225 Desember 2002
Portal Anime dan Manga

Samurai Deeper Kyo adalah manga karya Akimine Kamijyo. Manga ini pertama kali diterbitkan pada Oktober 1999 di Shūkan Shōnen Magazine. Manga ini kemudian diadaptasikan menjadi serial anime yang dibuat oleh Studio Deen. Manga dan anime ini mengkombinasikan genre laga dengan supernatural, dan memakai tokoh-tokoh sejarah untuk membuat sejarah alternatif pada era Tokugawa Jepang.

Walaupun berbeda pada cerita dan penokohannya, anime dan manga ini menceritakan tokoh utama Kyo si Mata Iblis (鬼目の狂 Oni Me no Kyō?) yang ingin mengambil kembali tubuhnya setelah rohnya terperangkap di tubuh lawannya, Kyoshiro Mibu. Kyo ditemani oleh tokoh lain, antara lain, pemburu penjahat Shiina Yuya, Benitora, dan musuh Tokugawa yang terkenal, Sanada Yukimura. Di dalam kisah ini banyak tokoh sejarah Jepang yang muncul.

Cerita ini dimulai dari pertemuan antara Shiina Yuya dan Mibu Kyoshiro. Kemudian mereka mengalami sebuah pertarungan di sebuah desa, dan muncul tokoh utama dalam cerita ini yaitu Kyo si Mata Iblis (鬼目の狂) yang kepalanya dihargai 1 juta ryo. Aksi-aksi pun dilakukan oleh Kyo setelah kejadian itu Yuya mengira Kyoshiro memiliki kepribadian ganda, tokoh-tokoh misterius juga muncul yaitu Okuni dan Benitora (Hidetada Tokugawa). Awalnya mereka berdua adalah musuh, tetapi mereka tertarik dengan 'Kyo si Mata Iblis' lalu ikut dengan Kyo, bahkan samurai terkenal dari klan Sanada juga ikut menjadi rekan Kyo.

"Kyo si Mata Iblis" sebenarnya adalah keturunan terakhir klan Mibu, yaitu klan yg disebut sebagai klan dewa dan mengatur Jepang dari "balik layar". Pedang kyo adalah salah satu dari 4 pusaka Muramasa. Pedang Kyo yang bernama Tenro mempunyai roh/jiwa raja merah yg pertama. Saat berlatih Kyo diserang salah satu goyousei yaitu pejabat tinggi klan Mibu yg menguasai elemen air yang bernama Shinrei. Pada saat mereka bertarung, Kyo kalah telak dengan Shinrei, tetapi ditolong oleh Muramasa yang juga mantan taishiro yang memiliki kekuasaan tertinggi setelah raja merah. Setelah kalah, Shinrei pergi tapi setelah dia melakukan taruhan dengan Kyo, Shinrei memasukan naga air ke dalam tubuh Yuya yang akan membunuh Yuya setelah 60 hari. Demi menyelamatkan Yuya, Kyo pun berlatih berdua dengan Muramasa di dalam gua. Pada saat Kyo sedang berlatih, Yuya dan Bontemaru (Masamune Date) diserang anggota goyousei yang bernama Keikoku yang berelemen api.