Portal:Anime dan manga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Selamat datang
di Portal Anime dan manga
Commons-tan
Apa itu "anime" dan "manga"?
Wikipe-tan

Anime (アニメ) (simak) adalah animasi khas Jepang, yang biasanya dicirikan melalui gambar-gambar berwarna-warni yang menampilkan tokoh-tokoh dalam berbagai macam lokasi dan cerita, yang ditujukan pada beragam jenis penonton. Kata anime merupakan bahasa serapan dari bahasa Inggris "Animation" dan diucapkan sebagai "Anime-shon". Anime dipengaruhi gaya gambar manga, komik khas Jepang. Sekarang anime sudah sangat berkembang jika dibandingkan dengan anime zaman dulu, dengan grafik yang sudah berkembang sampai alur cerita yang lebih menarik dan seru. (baca lebih lanjut...)

Manga (漫画) (simak) merupakan kata komik dalam bahasa Jepang; di luar Jepang, kata tersebut digunakan khusus untuk membicarakan tentang komik Jepang. Perbedaan mendasar antara sebutan manga dan komik adalah pembedaan pengelompokan, di mana manga lebih terfokus kepada komik-komik Jepang (kadang juga termasuk Asia), dan komik lebih kepada komik-komik buatan Eropa/negara-negara Barat. Rata-rata mangaka (penulis manga) di Jepang menggunakan gaya sederhana dalam menggambar manga. Tetapi, hampir semua gambar latar belakang manga digambar serealistis mungkin, meski gambar karakternya benar-benar sederhana. (baca lebih lanjut...)

Artikel pilihan

Anime dan manga

Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu (Jepang: Re:ゼロから始める異世界生活) merupakan sebuah serial novel ringan Jepang yang ditulis oleh Tappei Nagatsuki dengan ilustrasi oleh Shinichirou Otsuka. Cerita ini mengisahkan Subaru Natsuki, seorang hikikomori yang tiba-tiba dipindahkan ke dunia lain saat dalam perjalanan pulang dari toko. Serial ini awalnya diserialisasi di Shōsetsuka ni Narō sejak tahun 2012. Sebuah adaptasi dalam bentuk serial televisi anime oleh White Fox mulai tayang sejak 4 April 2016 dengan episode pertama berdurasi 1 jam. Pada bulan Agustus 2016, pengembang permainan 5pb. mengumumkan rencana pembuatan novel visual berdasarkan novel ini.


Gambar pilihan

Anime dan manga
Gambar seorang karakter anime yang bernama "Mahuri", gambar ini mengkombinasikan elemen desain Mahoro dari Mahoromatic dan Haruhi dari Haruhi Suzumiya.
(Ukuran asli: 2.500 × 3.535 piksel; 2,34 MB.)

Karya: Niabot

Tahukah anda?

Kutipan pilihan
edit    
Conan Edogawa
Conan Edogawa

Karakter pilihan

Anime dan manga

Naruto Uzumaki adalah nama seorang tokoh fiksi dari serial anime dan manga Naruto. Naruto merupakan tokoh utama dalam serial ini. Naruto bisa berarti "Badai Guntur", dan Naruto juga bisa berarti potongan stik kamaboko dengan bentuk pusaran air di tengah yang biasanya ada di mie ramen (makanan favorit naruto). Orang Jepang biasa menyebut itu sebagai singkatan dari iklan (@). Nama "Uzumaki" sendiri ialah "pusaran" atau "spiral" sederhana (渦巻), sedangkan "Uzumaki" sendiri berarti pusaran atau spiral tiga dimensi, seperti pusaran air atau pusat pusaran.

Mangaka pilihan

Anime dan manga

Hayao Miyazaki (宮崎 駿, Miyazaki Hayao, lahir pada 5 Januari 1941 di Tokyo) adalah seorang sutradara film animasi dan mangaka asal Jepang. Ia adalah salah seorang pendiri studio animasi Studio Ghibli. Film-film animasi tersukses Miyazaki antara lain Princess Mononoke dan Spirited Away. Film-film karyanya banyak menggunakan tema hubungan manusia dengan alam dan teknologi, serta sulitnya menjaga etika perdamaian. Protagonis dalam film-filmnya seringkali adalah perempuan atau wanita muda yang berpendirian kuat dan mandiri; musuhnya, di lain pihak, umumnya adalah tokoh yang ambigu dari sisi moral serta mempunyai sifat-sifat yang baik pula. Beberapa tokoh yang memiliki pengaruh pada karya Miyazaki termasuk Ursula K. Le Guin, Lewis Carroll, Diana Wynne Jones dan Jean Giraud (Moebius).

Daftar pilihan

Daftar karakter dalam serial anime dan manga Nube: Guru ahli roh, membahas profil fiktif para staf sekolah, murid SD Dōmori, siluman dan makhluk supranatural yang ditampilkan dalam cerita tersebut, yang diciptakan dan dikembangkan oleh penulis dan mangaka Jepang yaitu Shou Makura dan Takeshi Okano. Dalam daftar tersebut, profil para karakter tidak disusun secara alfabet, namun menurut perannya dalam cerita tersebut. Profil disusun mulai dari peran utama hingga figuran.

Pranala luar

Wikipe-tan
Wikipe-tan

Daftar anime dan manga

Daftar

0-9

A

B

C

D

E

F

G

H

I

J

K

L

M

N

O


P

Q

R

S

T

U

V

W

X

Y

Z

Temukan lebih banyak judul anime dan manga Selengkapnya...


Catatan: Judul komik dengan pranala merah mengindikasikan bahwa artikel tentang komik bersangkutan belum dibuat.
Judul komik dengan tanda * sebenarnya merupakan komik Korea (manhwa).

ProyekWiki

ProyekWiki perbaikan kualitas artikel bertopik anime dan manga adalah ProyekWiki untuk memperbaiki kualitas artikel yang bertopik anime dan manga. Silakan anda bergabung jika anda ingin berkontribusi di artikel tentang anime ataupun manga.

Anime dan Manga dalam Proyek Wikimedia lainnya

Anime dan Manga di Wikinews     Anime dan Manga di Wikiquote     Anime dan Manga di Wikimedia Commons     Anime dan Manga di Wiktionary    
Berita Kutipan Gambar Kamus
wikinews:Main Page
wikiquote:Main Page
Commons:Main Page
Wiktionary:Main Page
Portal lain di Wikipedia
Portal:Agama Agama Portal:Bahasa Bahasa Portal:Biografi Biografi Portal:Budaya Budaya Portal:Ekonomi Ekonomi Portal:Elektronika Elektronika
Portal:Film Film Portal:Filsafat Filsafat Portal:Geografi Geografi Portal:Indonesia Indonesia Portal:Ilmu Ilmu Portal:Lingkungan Lingkungan
Portal:Masyarakat Masyarakat Portal:Matematika Matematika Portal:Militer Militer Portal:Mitologi Mitologi Portal:Musik Musik Portal:Olahraga Olahraga
Portal:Pendidikan Pendidikan Portal:Politik Politik Portal:Sastra Sastra Portal:Sejarah Sejarah Portal:Seni Seni Portal:Teknologi Teknologi
Portal:Komunitas Komunitas Portal:Peristiwa terkini Peristiwa terkini Portal:Daftar portal Daftar lengkap