Wikipedia:Pancapilar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Seluruh prinsip mendasar Wikipedia dapat diringkas menjadi lima pilar:

Wikipedia adalah sebuah ensiklopedia

  • Artinya, kita berusaha keras untuk hasil akhir dari setiap artikel di Wikipedia yang tidak cuma berisi satu sudut pandang saja. Kadang kala, hal ini berarti kita harus mencari pandangan-pandangan lain yang berlawanan atau berlainan terhadap suatu masalah, menuliskan tiap pandangan secara akurat, serta menyediakan sumber/referensi untuk setiap sudut pandang yang ditulis. Hal ini dimaksudkan agar sang pembaca dapat mengerti pandangan siapakah yang diwakilkan oleh sebuah pernyataan.
  • Pada penulisan di Wikipedia, tidak ada sebuah pandangan pun yang dapat dituliskan sebagai "pandangan yang benar" atau "pandangan terbaik". Hal ini berarti bahwa setiap sumber yang dapat diverifikasi atau informasi yang telah diterbitkan oleh suatu sumber yang berwenang harus ditulis, khususnya untuk topik-topik yang kontroversial.
  • Ketika muncul sebuah konflik tentang versi mana yang paling netral, umumkan sebuah periode pendinginan dan berikan tanda (tag) pada artikel tersebut sebagai artikel dalam perselisihan, bahas rincian satu demi satu dalam halaman pembicaraannya, serta ikuti kebijakan penyelesaian perselisihan.
  • Setiap orang dapat menyunting di Wikipedia.
  • Seluruh teks tersedia dalam naungan GNU Izin Dokumentasi Bebas (GNU Free Documentation License (GFDL)), dan setiap orang dapat menyebarluaskan dan menghubungkan pranalanya dengan kaidah semestinya.
  • Sadari bahwa setiap artikel dapat diubah oleh siapa pun dan tidak ada kontrol individu atas suatu artikel tertentu. Karenanya, setiap tulisan yang Anda sumbangkan dapat disunting tanpa ampun oleh siapa pun dan dapat disebarluaskan sesuai kebutuhan oleh komunitas.
  • Jangan menyumbangkan karya yang melanggar hak cipta ataupun karya yang memiliki lisensi yang tidak kompatibel dengan GFDL.
  • Hormati sesama pengguna Wikipedia, sekalipun Anda tidak setuju dengan mereka. Berlakulah sopan.
  • Jangan menyerang pribadi ataupun menyebarluaskan pendapat pribadi.
  • Tetaplah berkepala dingin sekalipun penyuntingan memanas. Hindari perang suntingan dengan mengikuti aturan tiga kali pengembalian. Ingat, sudah ada 687.605 artikel di Wikipedia bahasa Indonesia untuk diperiksa, disunting, dan didiskusikan.
  • Berlakulah dengan jujur. Selalu anggap pengguna lain berlaku baik dan jujur pula. Terbukalah dan sambutlah selalu pengguna lain.
  • Wikipedia tidak memiliki aturan mendasar lainnya selain kelima pilar yang diuraikan di sini.
  • Jangan ragu untuk menyunting, memindahkan, dan mengubah artikel. Kesenangan untuk menyunting seharusnya menjadi tujuan utama Anda ada di Wikipedia. Anda tidak perlu khawatir untuk harus sempurna dalam menyunting.
  • Jangan takut bahwa Anda mungkin melakukan kesalahan dan malah mengacaukan Wikipedia. Setiap versi suntingan terdahulu akan tetap ada sehingga Anda tidak perlu khawatir bahwa Anda akan secara tidak sengaja merusak Wikipedia atau menghapus suatu isi. Semua dapat dikembalikan. Namun, ingatlah bahwa segala sesuatu yang Anda tulis di sini akan tersimpan dalam jangka waktu yang lama.

Catatan

Halaman ini memuat tentang prinsip-prinsip dasar Wikipedia. Prinsip-prinsip dasar ini telah ada sebelum halaman ini dibuat. Kadang kala disebutkan bahwa seluruh kebijakan atau banyak dari kebijakan-kebijakan diambil atau dikembangkan dari halaman ini. Namun, banyak juga kebijakan yang mendahului tanggal pembuatan halaman ini. Semua kebijakan Wikipedia telah, harus, dan akan dibuat dengan didasarkan pada dasar utama Pancapilar Wikipedia ini.