Wikipedia:Spam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Spam adalah penambahan informasi atau tautan yang tidak sesuai ke Wikipedia dengan tujuan untuk mempromosikan organisasi, individu, atau hal lain. Spam tidak diterima di Wikipedia, jadi jangan lakukan itu dan jika Anda menemukan spam, tolong bantu untuk membuang spam dari Wikipedia.

Jenis spam[sunting | sunting sumber]

Secara umum, ada tiga jenis spam, yaitu spam artikel, spam pranala luar, dan spam rujukan.

Spam artikel[sunting | sunting sumber]

Artikel yang dianggap sebagai spam atau iklan adalah artikel yang mempromosikan suatu perusahaan, produk, atau layanan. Artikel semacam ini biasanya ditandai dengan ragam bahasa yang "menjual" dan pranala luar ke situs komersial. Namun, harap bedakan antara artikel spam dengan artikel yang sah tentang entitas komersial.

Iklan terang-terangan dapat langsung dihapus. Iklan lain yang lebih tersamar dapat diusulkan untuk dihapus. Pada beberapa kasus, isi dapat dihapus sementara atas dugaan pelanggaran hak cipta karena disalin mentah-mentah dari situs atau materi lain. Sebelum mengusulkan untuk menghapus suatu artikel, coba simak riwayat revisi artikel tersebut untuk mencari apakah ada versi yang dapat diterima. Jika ada, kembalikan ke revisi tersebut.

Jika suatu artikel ensiklopedia bernada iklan, cobalah untuk menulis ulang dengan sudut pandang netral. Bagian artikel tentang produk atau layanan dengan merek tertentu dapat pula digabungkan pada suatu topik atau kategori umum untuk memberikan informasi yang netral dan kolaboratif dengan menyediakan keterangan tentang kompetisi dan berbagai alternatif.

Spam pranala luar[sunting | sunting sumber]

Penambahan pranala luar ke suatu halaman dengan tujuan untuk mempromosikan suatu situs web atau produk tidak diizinkan dan dianggap sebagai spam. Meskipun pranala spesifik mungkin diizinkan pada beberapa kondisi, penambahan pranala secara berulang dapat menyebabkan semua pranala tersebut pada akhirnya dihapus.

Adanya suatu pranala luar spam pada suatu halaman tidak dapat menjadi alasan untuk menambahkan pranala spam lain. Sebaliknya, pranala luar spam yang sudah ada tersebut harus dihapus.

Spam rujukan[sunting | sunting sumber]

Penyisipan teks yang menyebutkan buku atau rujukan lain untuk menarik perhatian terhadap rujukan tersebut dan tidak berkontribusi terhadap suatu artikel dianggap sebagai spam. Spam seperti ini dapat berupa penyertaan rujukan tersebut pada bagian rujukan (atau pranala luar, bacaan lanjutan, dan bagian-bagian sejenis) meskipun tidak digunakan dan tidak relevan sebagai sumber informasi yang ada dalam artikel.

Menangani spam[sunting | sunting sumber]

Untuk menandai suatu artikel atau bagian artikel yang diduga merupakan spam, gunakan templat {{iklan}} yang akan menghasilkan tampilan seperti berikut ini.

Untuk bagian pranala luar yang diduga mengandung spam, gunakan {{pranala luar}} seperti berikut.

Anda juga dapat memberikan peringatan di halaman pembicaraan pengguna yang diduga sebagai pelaku spam dengan menautkannya ke halaman ini.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]