Wikipedia:Sudut pandang netral

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
NPOV.png

Kebijakan Wikipedia adalah bahwa semua artikel haruslah ditulis dari sebuah sudut pandang yang netral (neutral point of view, NPOV). Menurut pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, NPOV adalah "kewajiban dan tidak boleh diganggu gugat lagi" [1]

Lihat tutorial NPOV kami mengenai cara membuat sebuah artikel agar sesuai dengan kebijakan NPOV kami.

Perkenalan[sunting | sunting sumber]

Wikipedia memegang prinsip "tidak berat sebelah".

Kebijakan sudut pandang netral menyatakan bahwa artikel haruslah ditulis tanpa berat sebelah, dengan mewakili semua sudut pandang secara adil.

Kebijakan ini memang gampang disalahartikan. Ini tidak berarti bahwa menulis sebuah artikel dari sudut pandang tunggal, tak berat sebelah, dan obyektif itu suatu hal yang mungkin. Kebijakan itu menyatakan bahwa kita perlu mewakili secara adil semua pihak dari sebuah pertentangan, dan tidak membuat sebuah artikel menyatakan, baik secara langsung maupun tak langsung bahwa salah satu pihak adalah benar. Penting bagi para Wikiwan dan Wikiwati untuk bekerja sama agar artikel-artikel menjadi adil. Inilah salah satu keuntungan dari Wikipedia.

Menulis sebuah artikel yang adil adalah suatu seni yang perlu dilatih.

Konsep dasar netralitas[sunting | sunting sumber]

Di Wikipedia, kami menggunakan istilah "tak berat sebelah" dan "sudut pandang netral" dalam cara yang tepat yang berbeda dari arti umumnya:

Artikel yang tak berat sebelah menjelaskan sebuah topik secara adil dan bukan mendukung salah satu pihak dalam sebuah perdebatan. Karena semua artikel dapat disunting oleh orang-orang, maka ini merupakan hal yang sulit, karena berat sebelah memang adalah sifat yang melekat pada setiap manusia.

Perumusan asli NPOV[sunting | sunting sumber]

Ensiklopedia pengetahuan umum adalah sebuah koleksi pengetahuan yang dikumpulkan dan dipersembahkan dari sudut pandang yang netral. Tulisan ensiklopedia haruslah selalu menghindar dari mengambil suatu sikap selain daripada sikap sudut pandang netral.

Sudut pandang yang netral mencoba mempersembahkan ide dan fakta dalam suatu cara yang dapat disetujui pihak yang pro maupun yang kontra. Tentu saja, persetujuan 100% bukanlah sesuatu yang mungkin terjadi; ada saja ideolog di dunia ini yang tak akan pernah menerima persembahan lainnya selain daripada sebuah pernyataan keras mengenai sudut pandang mereka. Kami hanya dapat menerima bentuk tulisan yang dapat disetujui khususnya oleh orang-orang rasional yang dapat berbeda pendapat.

Beberapa contoh yang dapat menerangkan poin yang hendak saya tegaskan.

1. Sebuah artikel ensiklopedia tidak boleh menyatakan bahwa perusahaan-perusahaan adalah penjahat, bahkan jika sang penulis mendukung pemikiran tersebut. Artikel itu seharusnya menerangkan fakta bahwa ada yang mendukung hal tersebut dan apa alasan mereka, dan kemudian dia juga harus menerangkan apa yang dikemukakan pihak lainnya.

2. Sebuah artikel ensiklopedia tidak boleh menyatakan bahwa kapitalisme adalah sistem sosial terbaik. (Kebetulan saya sendiri mempercayai hal ini.) Ia seharusnya menerangkan argumen-argumen yang mendukung pernyataan tersebut, dan argumen-argumen yang menentang hal tersebut.

Mungkin cara terbaik untuk membuat karya Anda lebih 'ensiklopedis', adalah dengan menulis tentang apa yang orang yakini daripada apa keadaan sebenarnya. Jika Anda pikir ini kesannya subyektifis atau kolektifis atau imperialis, maka tanyalah saya tentang hal tersebut, karena saya pikir Anda salah. Yang orang percayai adalah suatu fakta obyektif, dan kita dapat menampilkan hal itu dengan mudah dari sudut pandang netral.

--Jimbo Wales, pendiri Wikipedia

Sebuah contoh[sunting | sunting sumber]

Mengenai artikel Saddam Hussein (contoh ini diambil dari versi Inggris), Karada menawarkan nasehat sebagai berikut:

Anda bahkan tak perlu mengatakan bahwa dia itu jahat. Itulah sebabnya artikel tentang Hitler tidak dimulai dengan "Hitler adalah orang yang jahat" — itu tak perlu, sebab perbuatannya saja akan menghukumnya seribu kali lebih besar. Kita hanya perlu menuliskan fakta-fakta tentang Holocaust tanpa melibatkan perasaan kita ke dalamnya, dan suara panggilan-panggilan dari para korban akan terdengar jelas sehingga membuat tindakan kita yang mengutuk Hitler menjadi tidak diperlukan. Tolong lakukan hal yang sama dengan kejahatan-kejahatan Saddam: dan berikan sumbernya.

Artikel-artikel yang mungkin Amerika-sentris dalam Wikipedia Inggris atau yang sensitif[sunting | sunting sumber]

Karena banyak penulis-penulis di Wikipedia Inggris yang berasal dari Amerika Serikat dan Inggris, dan banyak sekali artikel yang diterjemahkan dari Wikipedia dalam bahasa Indonesia, ada artikel-artikel yang mungkin terasa Amerika-sentris — berpihak kepada Amerika atau dunia Barat. Sama halnya dengan Wikipedia edisi lainnya, yang isinya mungkin berpihak kepada negara tertentu; contohnya Wikipedia Indonesia mungkin isinya akan lebih berpihak kepada Indonesia. Hal ini memang masih menjadi masalah dalam Wikipedia, karena itu bantuan Anda dalam memperbaiki artikel yang berat sebelah tersebut sangatlah diperlukan. Jika topik yang bermasalah tersebut dirasa sangat sensitif (misalnya tentang suatu agama, rasisme, aborsi dll.), konsultasikan dulu dengan pengguna lainnya dengan memanfaatkan halaman pembicaraan.

Referensi lainnya[sunting | sunting sumber]