Wikipedia:Bukan riset asli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari


Bukanrisetasli.png

Riset asli adalah istilah yang digunakan di Wikipedia untuk merujuk pada materi yang belum pernah dipublikasikan oleh sumber terpercaya. Ini mencakup fakta, argumentasi, konsep, pernyataan atau teori yang belum dipublikasikan, atau segala analisa atau sintesa yang belum dipublikasikan dari materi-materi publikasi yang digunakan untuk mendukung suatu pandangan - atau yang, dalam bahasa salah satu pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, akan memberikan "wacana atau interpretasi sejarah baru."

Wikipedia bukanlah tempat untuk riset asli. Mengutip sumber dan menghindari riset asli sangat terkait erat. Satu-satunya cara untuk menunjukkan bahwa Anda tidak melakukan riset asli adalah dengan mengutip sumber terpercaya yang memberikan informasi yang terkait langsung dengan topik artikel, dan berpegang pada apa yang dikatakan oleh sumber tersebut.

Wikipedia:Bukan riset asli adalah salah satu dari tiga kebijakan isi. Dua yang lainnya adalah Wikipedia:Sudut pandang netral dan Wikipedia:Pemastian. Ketiga kebijakan ini secara bersama menentukan tipe dan kualitas bahan yang dapat diterima di ruang nama utama. Karena ketiga kebijakan ini saling komplementer, mereka tidak boleh diinterpretasikan tanpa keterkaitan satu sama lainnya, dan karenanya para penyunting harus mencoba untuk mengenal prinsip-prinsip ini. Ketiga kebijakan ini tidak dapat dinegosiasikan di Wikipedia bahasa Indonesia dan tidak dapat dibatalkan oleh kebijakan atau pedoman lain, atau oleh konsensus para penyunting.

Sumber primer dan sekunder[sunting | sunting sumber]

Sumber primer menyajikan informasi atau data, seperti

  • artifak arkeologis
  • foto
  • dokumen historis seperti catatan harian, sensus, video atau transkrip pengawasan, dengar pendapat, pengadilan, atau wawancara
  • tabulasi hasil survei atau kuesioner
  • catatan tertulis atau terekam dari pengujian laboratorium
  • catatan tertulis atau terekam dari pengamatan lapangan
  • karya seni atau fiksi seperti puisi, prosa, naskah film, novel, film, video, dan program televisi (baik dalam format digital ataupun analog)

Sumber sekunder menyajikan generalisasi, analisa, sintesa, interpretasi, penjelasan atau evaluasi informasi atau data dari sumber-sumber lain.

Riset yang menyajikan sumber primer tidak diizinkan. Semua artikel di Wikipedia harus berdasarkan pada informasi yang dikumpulkan dari sumber-sumber primer dan sekunder yang telah dipublikasikan. Ini bukanlah "riset asli", melainkan "riset berdasarkan sumber", dan merupakan prinsip penting dalam menulis ensiklopedia. Artikel yang ditulis terutama berdasarkan sumber sekunder lebih dipilih dari pada artikel yang terutama bersumber dari sumber primer.

Walaupun sebagian besar artikel harus terutama berdasarkan pada sumber sekunder, ada beberapa kasus dimana suatu artikel dapat seluruhnya bergantung pada sumber primer (contohnya suatu artikel aktualitas atau kasus pengadilan). Suatu artikel atau bagian dari artikel yang berlandaskan pada sumber primer haruslah (1) hanya membuat pernyataan deskriptif yang keakuratannya dapat dengan mudah diverifikasi oleh orang dewasa yang berpikiran waras tanpa pengetahuan spesifik, dan (2) tidak membuat pernyataan analitis, sintetis, interpretatif, penjelasan, atau evaluatif. Kontributor yang melandaskan seluruh artikel pada sumber-sumber primer harus sangat berhati-hati untuk mematuhi kedua prinsip di atas.

Artikel Wikipedia menyajikan materi berdasarkan prinsip pemastian, bukan kebenaran. Artinya, kita menuliskan apa yang telah dipublikasikan oleh sumber terpercaya lain, tidak peduli apakah kita menganggap bahwa bahan tersebut tepat atau tidak. Untuk menghindari melakukan riset asli, dan untuk menolong meningkatkan kualitas artikel-artikel Wikipedia, penting kiranya bahwa materi-materi sumber primer, dan juga segala generalisasi, analisa, sintesa, interpretasi, atau evaluasi terhadap informasi atau data, telah dipublikasikan oleh pihak ketiga yang memiliki reputasi bagus (yaitu, bukan diterbitkan sendiri) yang tersedia bagi pembaca baik melalui situs web (selain Wikipedia) ataupun melalui perpustakaan umum. Sangatlah penting untuk mengutip sumber dengan benar, sehingga para pembaca dapat menemukan sumber artikel Anda dan dapat meyakinkan mereka bahwa Wikipedia telah menggunakan sumber-sumber tersebut dengan tepat.

Pada beberapa kasus, mungkin terjadi kontroversi atau perdebatan mengenai apa yang dapat dijadikan otoritas atau sumber yang layak. Jika tidak dapat dicapai suatu kesepakatan mengenai hal ini, artikel tersebut harus memberikan informasi mengenai kontroversi tersebut dan keterangan dari berbagai sumber. Hal tersebut juga menolong untuk meyakinkan sudut pandang netral suatu artikel.

Apa yang tak dapat diterima[sunting | sunting sumber]

Suatu suntingan termasuk riset asli jika suntingan tersebut mengajukan suatu ide atau argumen. Yaitu, jika suntingan tersebut memberikan hal-hal berikut:

  • mengenalkan teori atau metode solusi;
  • mengenalkan ide orisinil;
  • mendefinisikan terminologi baru;
  • menyediakan definisi baru dari terminologi yang sudah ada;
  • mengenalkan suatu argumen, tanpa mengutip sumber terpercaya untuk argumen tersebut, yang menyangkal atau mendukung ide, teori, argumentasi, atau keberpihakan lain;
  • mengenalkan suatu analisa atau sintesa fakta, ide, opini, atau argumen yang ada dengan suatu cara yang membangun dukungan terhadap suatu sudut pandang yang disukai oleh sang penyunting, tanpa melandasi analisa atau sintesa tersebut pada sumber terpercaya;
  • mengenalkan atau menggunakan neologisme, tanpa melandasi hal tersebut pada sumber terpercaya.

Kenyataan bahwa kita mengecualikan sesuatu bukanlah berarti bahwa bahan tersebut jelek, melainkan hanya berarti bahwa Wikipedia bukan tempat yang tepat untuk itu. Kita bahkan dapat menolak jurnalisme setingkat Pulitzer dan ilmu setingkat Nobel jika penulisnya berupaya untuk mempublikasikannya untuk pertama kali di Wikipedia. Jika Anda memiliki suatu pemikiran yang menurut Anda harus menjadi bagian dari badan pengetahuan yang ada di Wikipedia, pendekatan yang baik adalah untuk mengatur agar karya Anda dapat dipublikasikan terlebih dahulu di jurnal-jurnal ilmiah atau kantor berita terpercaya, baru selanjutnya mendokumentasikan karya Anda secara sepantasnya, tanpa berpihak, di Wikipedia.

Mengapa riset asli tidak dapat diterima[sunting | sunting sumber]

Alasan utama kebijakan menolak riset asli adalah untuk menghindari orang-orang dengan teori pribadi, yang berupaya untuk menggunakan Wikipedia untuk menarik perhatian pada ide dan pada diri mereka.

Walaupun demikian, kebijakan ini mencakup hal-hal lebih luas dari itu. Kebijakan ini juga mengecualikan pandangan pribadi penyunting, opini politik, analisa pribadi atau interpretasi terhadap materi publikasi, dan juga sintesa tak terpublikasi dari materi yang sudah dipublikasi, dimana sintesa tersebut tampaknya berusaha mendukung suatu pandangan atau opini yang dimiliki seorang penyunting, atau untuk mendukung suatu argumen atau definisi yang mungkin berusaha diajukannya. Singkatnya, semua fakta, opini, interpretasi, definisi, dan argumen yang dipublikasikan oleh Wikipedia haruslah telah dipublikasikan oleh publikasi terpercaya pada bidang topik artikel yang bersangkutan.

Jika diterapkan pada semua kontributor, kebijakan ini menolong untuk mempertahankan reputasi kita melalui beberapa cara:

  1. Adalah tanggung jawab Wikipedia terhadap pembacanya bahwa semua informasi yang mereka baca di sini dapat dipercaya, sehingga kita harus berlandaskan pada sumber-sumber publikasi yang terpercaya.
  2. Sumber-sumber terpercaya menyediakan para pembaca dengan rujukan yang dapat digunakan untuk melakukan riset sendiri. Walau bagaimana pun, ada orang-orang yang menggunakan ensiklopedia sebagai langkah riset pertama, bukan yang terakhir.
  3. Menggunakan sumber terpercaya menolong untuk menjelaskan sudut pandang mana yang digunakan dalam suatu artikel, dan karenanya menolong kita untuk sejalan dengan kebijakan sudut pandang netral.

Sintesa materi terpublikasi untuk mendukung suatu pendapat[sunting | sunting sumber]

Para kontributor melakukan kesalahan dengan berpikir bahwa jika A dipublikasikan oleh sumber terpercaya, dan B dipublikasikan oleh sumber terpercaya, maka A dan B dapat digabung dalam suatu artikel untuk mendukung pendapat C. Bagaimana pun, ini dapat menjadi suatu contoh sintesa baru berdasarkan materi publikasi untuk mendukung suatu pendapat, dan karenanya dapat dianggap riset asli. "A dan B, maka C" hanya dapat diterima jika suatu sumber terpercaya telah mempublikasikan argumen ini dalam kaitannya dengan topik dalam artikel.

Berikut adalah suatu contoh dari artikel Wikipedia, dengan nama-nama yang telah diubah. Artikel berikut adalah menyangkut Jones:

Smith berkata bahwa Jones melakukan plagiarisme dengan menyalin rujukan dari buku lain. Jones menyangkal hal ini, dan berkata bahwa menggunakan materi dari buku orang lain adalah suatu praktek ilmiah yang dapat diterima untuk menemukan rujukan baru.

Sekarang suatu contoh sintesa berdasarkan materi terpublikasi:

Jika pernyataan Jones bahwa ia menggunakan sumber asli tidak benar, maka hal ini bertolak belakang dengan praktek yang disarankan di Chicago Manual of Style, yang menyatakan untuk memberikan kutipan dari sumber yang digunakan. Chicago Manual of Style tidak menyatakan pelanggaran ini sebagai "plagiarisme". Sebaliknya, plagiarisme didefinisikan sebagai menggunakan informasi, ide, kata-kata, atau struktur dari suatu sumber tanpa menyertakan sumber kutipan.

Keseluruhan paragraf ini adalah riset asli karena menyatakan opini penyunting, dengan menyertakan definisi dari Chicago Manual of Style mengenai plagiarisme, bahwa Jones tidak melakukan hal tersebut. Untuk membuat paragraf ini konsisten dengan kebijakan ini, dibutuhkan suatu sumber terpercaya yang secara spesifik menyatakan mengenai perbedaan pendapat antara Smith dan Jones dan memberikan rujukan yang sama mengenai Chicago Manual of Style dan plagiarisme. Dengan kata lain, analisa yang tepat harus telah dipublikasikan oleh sumber terpercaya, berkaitan dengan topik tersebut sebelum dapat dipublikasikan di Wikipedia.

Mengutip diri sendiri[sunting | sunting sumber]

"Bukan riset asli" tidak melarang ahli dalam bidang tertentu untuk menambahkan pengetahuan mereka ke Wikipedia. Meskipun demikian, kebijakan ini melarang penyunting ahli untuk menarik kesimpulan dari pengetahuan pribadi dan langsung mereka, jika hal tersebut tidak dapat diverifikasi. Wikipedia menyambut baik kontribusi dari para ahli, selama kontribusi ini dapat berasal dari sumber yang dapat diverifikasi (dalam hal ini, dipublikasikan). Karenanya, jika seorang penyunting telah mempublikasikan hasil risetnya di tempat lain, di suatu publikasi terpercaya, maka penyunting tersebut dapat mengutip sumber tersebut dan sejalan dengan kebijakan sudut pandang netral Wikipedia.

Wikipedia berharap kontributor ahli untuk menyumbangkan pengetahuan mereka berdasarkan sumber terpublikasi untuk memperkaya artikel-artikel. Walaupun spesialis tidak memiliki posisi khusus di dalam Wikipedia, mereka sering kali terbiasa dan memiliki akses ke lebih banyak sumber terpercaya dan karenanya dapat sangat menolong dalam memverifikasi atau mengutip sumber. Lihat pula pedoman Wikipedia untuk menangani perbedaan kepentingan.

Publikasi terpercaya[sunting | sunting sumber]

Publikasi terpercaya termasuk jurnal dengan ulasan sepadan (peer-review), buku yang diterbitkan oleh perusahaan penerbitan ilmiah yang terkenal atau penerbitan perguruan tinggi, dan suatu divisi dari penerbitan umum yang memiliki reputasi baik untuk publikasi ilmiah.

Untuk subyek-subyek non-akademis, tidak ada suatu definisi jelas mengenai "terpercaya". Secara umum, kebanyakan dari kita memiliki intuisi yang cukup baik mengenai arti kata ini. Suatu majalah atau rilis pers terbitan sendiri oleh kelompok politik atau agama ekstrim tidak dapat dianggap sebagai "terpercaya", dan karenanya tidak dapat digunakan dalam artikel mengenai kelompok tersebut. Sebaliknya, Kompas secara umum dapat dianggap sebagai sumber yang dapat dipercaya.

Tanyakan pada diri Anda sendiri beberapa pertanyaan sewaktu mengevaluasi suatu publikasi. Apakah publikasi itu secara terbuka merupakan partisan? Apakah ia memiliki basis pembaca yang besar atau sangat kecil? Apakah ia merupakan publikasi vanity? Apakah ia secara prinsip dijalankan oleh seorang individu, atau ia memiliki staf yang cukup besar dan permanen? Apakah ia tampaknya memiliki sistem ulasan sepadan? Jika Anda mengetahui bahwa publikasi yang akan Anda gunakan sebagai sumber dianggap mempublikasikan artikel negatif mengenai Anda, apakah Anda akan (a) menjadi ketakutan karena menduga bahwa mereka tak bertanggung jawab dan tidak melakukan pengecekan fakta; atau (b) merasa cukup yakin karena publikasi tersebut mempekerjakan beberapa lapisan staf penyunting, pengecek fakta, pengacara, pemimpin redaksi, dan penerbit, dan biasanya mengoreksi kesalahan yang dilakukannya? Jika jawabannya adalah (a), jangan gunakan publikasi tersebut sebagai sumber. Jika jawabannya (b), itulah yang disebut "terpercaya" oleh Wikipedia.

Gambar asli[sunting | sunting sumber]

Gambar secara luas telah mendapatkan pengecualian dari kebijakan ini, dimana kontributor Wikipedia didorong untuk mengambil foto atau menggambar gambar dan memuat berkas, serta melepas gambar-gambar ini di bawah lisensi GFDL atau lisensi-lisensi bebas lainnya, untuk memberikan ilustrasi terhadap artikel-artikel. Hal ini disambut baik karena gambar umumnya tidak mengusulkan suatu ide atau argumen yang belum terpublikasi, alasan inti di belakang kebijakan ini. Selain itu, karena hukum hak cipta di beberapa negara dan kaitannya terhadap upaya pembangunan ensiklopedia bebas, hanya terdapat sedikit gambar yang tersedia untuk umum yang dapat kita ambil dan gunakan. Gambar-gambar karya kontributor Wikipedia akan dapat mengambil peranan dalam hal ini.

Kerugian dalam mengizinkan foto asli untuk dimuat adalah kemungkinan pemanfaatan manipulasi foto oleh kontributor untuk mengacaukan fakta atau pendapat yang diilustrasikan oleh foto tersebut. Gambar yang dimanipulasi harus ditandai dan, jika tidak, harus diusulkan untuk dihapus. Gambar yang merupakan riset asli dalam bentuk apa pun tidak diizinkan, seperti diagram atom hidrogen yang menunjukkan partikel tambahan di inti atomnya sebagaimana teori dari pemuat gambar tersebut.

Kebijakan dan pedoman terkait[sunting | sunting sumber]

Wikipedia:Pemastian[sunting | sunting sumber]

Dengan memaksa bahwa hanya fakta, teori, ide, pernyataan, opini, dan argumen yang telah dipublikasikan oleh penerbit terpandang yang dapat dimasukkan dalam Wikipedia, kebijakan bukan riset asli dan pemastian saling mendukung satu dengan yang lain. Batasan untuk memasukkan sesuatu ke dalam Wikipedia adalah dapat diverifikasi, bukan kebenaran.

Lihat Wikipedia:Pemastian untuk informasi detil, dan Wikipedia:Mengutip sumber untuk contoh gaya pengutipan.

Wikipedia:Sudut pandang netral[sunting | sunting sumber]

Pelarangan riset asli membatasi kemungkinan seorang kontributor untuk memberikan pandangan pribadinya dalam suatu artikel. Lebih jauh lagi, dengan menekankan pentingnya riset yang dapat diverifikasi berdasarkan karya orang lain, kebijakan ini mendorong pencantuman berbagai sudut pandang dalam suatu artikel. Akibatnya, kebijakan ini mendukung kebijakan sudut pandang netral Wikipedia.

Dalam banyak kasus, terdapat beberapa pandangan yang sudah terbentuk terhadap suatu topik tertentu. Pada kasus ini, tidak ada suatu pandangan tertentu, tak peduli sebaik apa pun riset yang dilakukan, dapat dianggap paling baik. Bukan menjadi kewajiban penuh seorang kontributor tertentu untuk melakukan riset terhadap semua sudut pandang. Tapi sewaktu mencantumkan suatu riset ke dalam suatu artikel, penting untuk menjelaskan informasi kontekstual mengenai sudut pandang riset tersebut, yang menunjukkan pendapat yang diambil, dan apakah didukung secara mayoritas atau minoritas.

Bagaimana menentukan jika suatu sudut pandang telah diambil[sunting | sunting sumber]

Pencantuman suatu pandangan yang hanya dianut oleh minoritas kecil dapat dianggap riset asli karena mungkin kekurangan dukungan dari sumber terpublikasi pihak ketiga yang dipercaya.

Dari suatu kiriman di mailing list oleh pendiri Wikipedia, Jimmy Wales:

  • Jika suatu sudut pandang dianut oleh mayoritas, mudah untuk memberikan rujukan yang baik terhadap pandangan tersebut;
  • Jika suatu sudut pandang dianut oleh minoritas yang cukup penting, akan mudah untuk memberikan rujukan pendukung;
  • Jika suatu sudut pandang dianut oleh minoritas yang sangat sedikit, hal tersebut tidak dapat diterima oleh Wikipedia (kecuali mungkin pada artikel-artikel pendukung) tak peduli apakah pandangan tersebut benar atau tidak; dan tak peduli apakah Anda dapat membuktikannya atau tidak.

Lihat Wikipedia:Sudut pandang netral untuk informasi detil mengenai masalah ini.

Mengenai halaman pembicaraan dan halaman proyek[sunting | sunting sumber]

Seperti halnya sebagian besar kebijakan Wikipedia lainnya, kebijakan ini diterapkan terhadap artikel, dan bukan halaman pembicaraan atau halaman proyek, walaupun dianggap kurang pantas untuk mendiskusikan teori pribadi di halaman pembicaraan.

Beberapa halaman mungkin telah dibuat untuk riset terhadap isu-isu yang berkaitan dengan Wikipedia. Halaman-halaman ini dapat mengandung riset asli; yaitu riset dimana tidak terdapat rujukan lain selain proyek di ruang nama Wikipedia. Walaupun demikian, riset asli yang tidak menjadikan Wikipedia sebagai obyek harus dihindari dari halaman-halaman ini.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]