Wikipedia:Penyangkalan isi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
WIKIPEDIA MEMILIKI KONTEN YANG MUNGKIN TIDAK DAPAT DITERIMA

Dalam misi ambisiusnya untuk mendokumentasikan semua pengetahuan manusia, Wikipedia memiliki ribuan artikel dengan beragam topik. Relatif sebagian kecil dari topik-topik tersebut sering disensor oleh lembaga pendidikan, pemerintah, perusahaan, orang tua, dan berbagai skema penyaringan lain.

  • Beberapa artikel Wikipedia mendiskusikan kata atau bahasa yang dianggap tidak sopan, vulgar, atau menyerang bagi beberapa pembaca.
  • Wikipedia mengandung berbagai gambar yang mungkin membuat beberapa pembaca keberatan. Contohnya, beberapa artikel mengandung gambaran kekerasan atau anatomi manusia.
  • Banyak artikel mengandung diskusi blak-blakan mengenai suatu topik kontroversial. Beberapa subjek yang didiskusikan mungkin memiliki aplikasi kriminal pada beberapa yurisdiksi. Ada pula isi situs yang mengandung informasi mengenai aktivitas-aktivitas berbahaya dan berisiko (lihat Wikipedia:Penyangkalan umum dan Wikipedia:Penyangkalan risiko).
  • Wikipedia mengandung penuturan cerita (spoiler).
  • Wikipedia mungkin mengandung hal-hal yang dapat memicu penderita kelainan post-traumatic stress.
  • Harap dicatat bahwa karena Wikipedia terbuka bagi kontribusi publik, pada suatu saat mungkin terdapat graffiti di Wikipedia.
  • Mungkin terdapat informasi medis, hukum, atau yang lainnya, yang biasanya menjadi subjek bagi opini profesional; Wikipedia bukanlah substitusi untuk bantuan profesional tersebut. Harap diingat: Wikipedia tidak memberikan nasihat hukum ataupun medis.

Kebijakan Wikipedia saat ini adalah untuk mencantumkan isi semacam di atas, asal tidak melanggar salah satu kebijakan yang ada, terutama sudut pandang netral) atau hukum di negara bagian Florida di Amerika Serikat, tempat lokasi server Wikipedia. Lihat daftar isu kontroversial untuk beberapa contoh artikel yang mungkin mengandung isi semacam itu. Beberapa artikel ini mengandung peringatan, tapi beberapa mungkin tidak.

Pada kasus apa pun, Wikipedia adalah suatu karya dalam pengerjaan, dan banyak artikel mengandung kesalahan, bias, duplikasi, atau butuh perhatian yang lebih. Kami mendorong pembaca untuk membantu kami memperbaiki masalah-masalah tersebut. Mayoritas artikel ditulis sebagian besar oleh individu-individu yang bukan pakar pada bidang terkait, dan mungkin memiliki kredensial akademik atau profesional pada bidang tersebut.

Wikipedia mengandung informasi unik yang tak akan diliput pada suatu ensiklopedia konvensional. Cakupan subjek Wikipedia bersifat tambal sulam, tergantung minat kontributor relawannya (secara spesifik, subjek yang menarik orang-orang teknis muda cenderung, tapi tidak pasti, menerima liputan lebih banyak dibandingkan subjek lainnya). Para pembaca tidak boleh menilai tingkat kepentingan suatu topik berdasarkan liputannya di Wikipedia, atau mengasumsikan bahwa topik tersebut penting hanya karena ia menjadi subjek dari artikel di Wikipedia. Lihat pula: Wikipedia:Pemastian.