Wikipedia:Vandalisme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gtk-redo-ltr.svg WP:(
WP:-(
WP:VANDAL
WP:VAND

Vandalisme adalah penambahan, penghapusan, atau pengubahan isi yang dengan sengaja dilakukan untuk mengurangi kualitas ensiklopedia. Jenis vandalisme yang paling umum adalah mengganti tulisan yang ada dengan hal-hal yang menyebalkan, mengosongkan halaman, menambahkan iklan, atau menyisipkan lelucon yang lucu dan hal-hal yang tak berguna lainnya.

Semua usaha dengan niat baik untuk mengembangkan ensiklopedia, walaupun salah arah, bukanlah vandalisme. Pengubahan dengan niat buruk yang tidak kentara bukanlah dianggap vandalisme di Wikipedia. Contohnya, mengisi artikel dengan hal-hal yang sifatnya hanya opini bukanlah vandalisme. Tetapi bagaimanapun hal ini tetap dianggap tidak berguna, dan tetap harus dihapus.

Melakukan vandalisme adalah pelanggaran kebijakan Wikipedia. Tindakan ini harus diawasi dan ditangani - jika Anda tidak dapat menanganinya sendiri, Anda dapat meminta bantuan dari orang lain.

Suatu studi yang dilakukan IBM pada tahun 2002 menunjukkan bahwa sebagian besar vandalisme pada Wikipedia Inggris dikembalikan dalam waktu lima menit (lihat laporan resminya). Walaupun demikian, vandalisme tetaplah merupakan masalah bagi semua pengguna, dan merupakan ide yang baik sewaktu mengubah artikel untuk mengecek riwayat terdahulunya untuk melihat apakah telah terjadi vandalisme tanpa diketahui - bahkan jika pengubahan terakhir baru saja terjadi lima menit sebelumnya.

Tidak semua vandalisme dilakukan dengan kasar. Sebaliknya tidak semua perubahan besar dan kontroversial merupakan vandalisme. Diperlukan ketelitian untuk menentukan apakah suatu data atau informasi baru itu benar ataukah merupakan vandalisme.

Menangani vandalisme

Jika Anda menemukan vandalisme (seperti definisi di bawah), kembalikan ke versi sebelumnya. Seringkali berguna untuk mencek sejarah halaman setelah pembalikan untuk meyakinkan bahwa Anda telah menghapus semua vandalisme. Cek juga semua kontribusi pelaku vandal tersebut - kemungkinan besar Anda akan menemukan suntingan jahat lain.

Tambahan lain, tinggalkan pesan peringatan pada halaman bicara pelaku menggunakan cara berikut.

Templat peringatan

Templat yang bisa digunakan di halaman bicara pelaku vandal adalah {{vandal}}.

Lacak alamat IP

Juga, usahakan melacak alamat IP. Temukan pemilik IP tersebut dengan menggunakan :

Jika suatu alamat tidak ada pada salah satu situs di atas, kemungkinan ada pada situs lainnya, kemudian tambahkan templat {{vandal}} ke halaman bicara pelaku vandal tersebut.

Jenis vandalisme

Berikut adalah bentuk-bentuk vandalisme yang paling umum di Wikipedia :

Pengosongan
Menghapus semua atau sebagian besar artikel/halaman (kadang menggantikan isi yang dihapus tersebut dengan hal-hal tak senonoh) adalah merupakan suntingan vandal yang umum. (lihat contoh)
Spam
Menambahkan pranala luar yang tidak layak untuk iklan dan/atau promosi pribadi. (contoh iklan dan SEO)
VandalBot
Suatu program atau "robot" yang mencoba untuk melakukan vandalisme atau spam sejumlah besar artikel (ratusan sampai ribuan), mengosongkan, atau menambahkan iklan. Selain itu, jenis lain VandalBot tampak masuk log berulang-ulang dengan nama-nama acak untuk melakukan aksi vandalisme terhadap suatu artikel. (lihat contoh)
Vandalisme kekanak-kanakan
Menambahkan grafiti atau mengisi dengan hal-hal yang lucu. (lihat contoh, contoh 2, contoh 3)
Vandalisme lucu
Pengguna kadang membuat artikel lelucon atau mengganti artikel yang ada dengan isi yang tak masuk akal, atau menambahkan lelucon lucu ke artikel yang sudah ada.(lihat contoh, contoh 2)
Vandalisme terselubung
Vandalisme yang sulit untuk dilacak. Menambahkan informasi yang menyesatkan, mengganti tanggal, atau informasi lain yang kelihatannya masuk akal. Contoh ini diperbaiki karena sumber artikel mudah didapatkan.
Vandalisme cari perhatian (caper)
Memberikan ejekan, menggunakan nama pengguna yang mengganggu, menggantikan artikel dengan lelucon, dll. (lihat contoh)
Vandalisme halaman pengguna
Menggantikan halaman pengguna dengan ejekan, kata-kata kasar, dll. (lihat contoh,contoh 2)
Vandalisme gambar
Menaruh atau memuat gambar-gambar yang provokatif (dan/atau jorok), memasukkan pesan-pesan politik, membuat animasi GIF yang mengganggu dan sebagainya. Selain itu berkali-berkali memuat gambar tanpa informasi sumber atau lisensi padahal sudah diperingatkan berkali-kali bisa pula dianggap vandalisme.
Vandalisme penyalahgunaan tag
Menaruh templat {{hapus}} pada halaman-halaman yang tidak akan dihapus, menaruh templat {{lindungi}}, {{lindungidarianon}} atau {{tlindungi}} pada halaman yang tidak diberi perlindungan semi, penuh atau permanen, atau {{blokir}} pada halaman pengguna yang tidak diblokir.
Vandalisme templat
Melakukan hal-hal vandalisme seperti yang tertera di halaman ini terhadap templat.
Vandalisme pemindahan halaman
Memindahkan halaman ke halaman lain yang lain yang memiliki nama yang tak masuk akal. Contoh yang sangat terkenal adalah artikel Willy on Wheels. Wikipedia sekarang menerapkan aturan bahwa pemindahan halaman hanya dapat dilakukan oleh pengguna yang telah menyunting minimal 25 halaman, dan harus mengisi keterangan alasan pemindahan tersebut.
Vandalisme peralihan (redirect)
Mengalihkan artikel atau halaman bicara ke halaman lain bersifat menyerang. Salah contohnya adalah vandalisme pengalihan Autofellatio. Beberapa vandal mencoba mengalihkan halaman ke halaman tak senonoh yang mereka ciptakan ini. Varian vandalisme ini biasanya dilakukan oleh orang yang belum dapat melakukan pemindahan halaman, atau terhadap halaman yang dilindungi dari pemindahan.
Vandalisme pranala
Mengganti pranala di dalam artikel sehingga merujuk pada suatu halaman lain yang tidak berhubungan. Contohnya Tokoh Indonesia.
Vandalisme penghindaran
Menghapus {{hapus}}, {{takakurat}}, dan tag-tag lain untuk menghindari penghapusan.
Penghilangan peringatan
Menghilangkan peringatan, baik untuk vandalisme maupun untuk hal lain merupakan hal yang dilarang. Hal ini juga berlaku untuk peringatan yang diletakkan pada halaman bicara seorang pengguna.
Vandalisme karakter acak
Mengganti informasi artikel dengan karakter acak seperti "aslkdjnsdagkljhasdlkh,". Harap berhati-hati bahwa ada kemungkinan ini merupakan pengujian yang dilakukan oleh pengguna baru (walaupun sebenarnya mereka dapat menggunakan bak pasir yang disediakan).
Mengganti komentar pengguna lain
Menyunting komentar bertanda tangan pengguna lain untuk secara signifikan mengganti maknanya (misalnya membalikkan pilihan seseorang), kecuali sewaktu menghilangkan serangan personal.
Penggunaan tag sengketa tak pada tempatnya
Tag sengketa adalah cara untuk menunjukkan pada para pengguna bahwa ada masalah dengan suatu artikel. Jangan menghapus tag ini kecuali Anda yakin bahwa permasalahan telah diselesaikan. Jangan pula meletakkan tag sengketa secara sembarangan jika sebenarnya tak ada masalah, dan alasan pemasangan tag adalah karena suatu suntingan tertentu gagal menemukan konsensus. Sebaiknya, gunakan petunjuk penyelesaian sengketa dan terimalah bahwa beberapa perubahan memang tidak bisa mencapai konsensus.
Vandalisme halaman bicara
Menghapus komentar pengguna lain di halaman bicara, atau menghapus seluruh bagiannya, secara umum dianggap sebagai vandalisme. Menghapus serangan personal, sering dianggap wajar. Pengarsipan halaman bicara yang terlalu panjang ke halaman lain dan menghapus teks dari halaman bicara utama juga dapat diterima. Aturan di atas tidak berlaku untuk halaman bicara personal pengguna, dimana pemilik halaman bebas untuk menghapus komentar luar apapun sesukanya, kecuali untuk peringatan, dimana pengguna dilarang untuk menghapusnya.
Vandalisme halaman kebijakan
Menghapus atau mengubah bagian dari kebijakan resmi Wikipedia yang tidak disetujui oleh penyunting, tanpa suatu usaha untuk menemui konsensus atau mencari konsensus yang sudah ada, adalah vandalisme. Mengembangkan atau melakukan klarifikasi terhadap kata-kata dalam kebijakan selama sesuai dengan konsensus yang ada, bukanlah suatu vandalisme.
Vandalisme materi yang memiliki hak cipta
Secara sengaja memasukkan materi berhak cipta ke dalam Wikipedia dengan cara yang melanggar aturan hak cipta Wikipedia adalah vandalisme. Karena mungkin saja pengguna tidak sadar bahwa suatu informasi memiliki hak cipta, atau tidak tahu kebijakan Wikipedia mengenai bagaimana informasi tersebut dapat atau tidak dapat dipergunakan, hal tersebut hanya dianggap sebagai vandalisme jika pengguna tersebut telah diinformasikan mengenai hal ini.
Vandalisme akun pengguna
Membuat akun pengguna dengan menggunakan kata atau istilah yang tak senonoh sebagai nama pengguna bisa dianggap sebagai vandalisme, bahkan walaupun akun tersebut tidak dipergunakan.

Bukan termasuk vandalisme

Walaupun sering dianggap sebagai vandalisme, hal-hal berikut bukanlah vandalisme dan karenanya harus mendapat perlakuan yang berbeda :

Pengujian oleh pengguna baru
Pengguna baru yang menemukan tombol "sunting" kadang ingin tahu apakah mereka benar-benar dapat menyunting suatu halaman, sehingga mereka menuliskan sesuatu dengan tujuan mencoba fitur ini. Hal ini bukanlah vandalisme! Sebaliknya, pengguna-pengguna ini haruslah disambut dengan hangat. Gunakanlah templat yang telah tersedia untuk memberikan sambutan sekaligus referensi ringkas kepada para pengguna baru ini.
Pembelajaran markah wiki dan petunjuk gaya
Beberapa pengguna memerlukan waktu untuk belajar markah wiki, dan akan menghabiskan waktu beberapa lama untuk bereksperimen dengan berbagai cara untuk membuat pranala luar, pranala dalam, dan karakter-karakter khusus. Daripada mengutuk hal itu sebagai vandalisme, lebih baik jelaskan kepada mereka mengenai konvensi yang berlaku untuk masalah tersebut. Tunjukkan kepada mereka halaman-halaman dokumentasi yang dapat mereka gunakan sebagai referensi, halaman bantuan, atau lebih spesifik lagi misalnya ke halaman bagaimana Wikipedia:menyunting sebuah halaman.
Pelanggaran sudut pandang netral
Prinsip Wikipedia:sudut pandang netral adalah sebuah kebijakan yang sulit untuk dipahami, bahkan bagi para wikipediwan dan wikipediwati kawakan. Memang kita semua kadangkala silau karena kepercayaan atau idealisme kita. Meski hal ini disayangkan, hal ini bukanlah vandalisme.
Perubahan besar-besaran
Wikiwan kadang melakukan perubahan besar pada suatu artikel dengan tujuan pengembangan - sebagian besar kita cenderung melakukan perubahan besar sewaktu menyunting artikel. Jika Anda mendapatkan bahwa sebagian besar tulisan yang Anda masukkan dihapus, dipindahkan ke halaman bicara, atau ditulis ulang, kadang terasa sebagai suatu bentuk vandalisme. Tapi ini bukanlah vandalisme!
Kesalahan
Seringkali, pengguna memasukkan isi yang kurang akurat ke dalam suatu artikel dengan keyakinan bahwa hal tersebut benar. Sebenarnya dengan niat baik mereka bermaksud berkontribusi dan mengembangkan ensiklopedia. Jika Anda percaya bahwa masukan tersebut kurang tepat, yakinkan hal tersebut, dan/atau diskusikan kebenarannya dengan pengguna yang mengirimkannya.
Keras kepala atau ngotot
Beberapa pengguna sering kali tidak dapat mencapai kesepakatan dengan pengguna lain yang bersedia berdiskusi dengan mereka pada halaman bicara suatu artikel. Mereka akan terus menerus melakukan penyuntingan yang tidak disetujui oleh para pengguna lain. Hal ini sangat disayangkan, lihat kebijakan kami mengenai penyelesaian perselisihan jika hal ini terjadi. Walaupun demikian, ini bukanlah vandalisme!
Mengganggu atau melakukan serangan pribadi
Wikipedia memiliki kebijakan yang jelas bahwa penyerangan pribadi dan mengganggu kontributor lain sama sekali tidak diizinkan. Beberapa jenis penyerangan adalah vandalisme - contohnya vandalisme halaman pengguna seperti di atas. Tapi secara umum gangguan ini bukanlah jenis vandalisme.

Mengawasi vandalisme

Cara terbaik untuk mendeteksi vandalisme adalah melalui pengawasan terhadap perubahan terbaru. Jika ditemukan, kembalikan halaman ke versi sebelumnya.

Lihat pula