Wikipedia:Penyelesaian perselisihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Cara terbaik untuk menyelesaikan perselisihan adalah dengan menghindarinya sejak awal.

Hormati orang lain dan sudut pandang mereka. Ini terutama berarti: Jangan langsung mengembalikan suntingan jika ada perselisihan. Jika seseorang melakukan suntingan yang Anda pandang bias atau tak akurat, kembangkan suntingan tersebut, dan jangan dikembalikan. Berikan ringkasan suntingan yang baik sewaktu melakukan perubahan berarti yang mungkin tidak disetujui orang lain. Perbaikan yang Anda inginkan tidak akan tercapai dengan mengembalikan, dan pengembalian berulang dilarang; diskusikan perubahan yang diperselisihkan pada halaman pembicaraan. Jika Anda menghadapi reaksi yang kasar atau tak pantas, tahan diri Anda untuk membalas dengan cara yang kasar pula, dan jangan menyerang pribadi.

Menulislah sesuai dengan "pedoman artikel yang sempurna" dan mengikuti kebijakan sudut pandang netral akan membantu Anda menulis secara "defensif" dan membatasi bias yang mungkin timbul pada tulisan Anda. Untuk beberapa pedoman, lihat Wikipedia:Etikawiki.

Langkah pertama: Bicaralah pada pihak lain yang terlibat[sunting | sunting sumber]

Langkah pertama dalam penyelesaian hampir semua konflik adalah mendiskusikan isu tersebut pada suatu halaman pembicaraan. Anda bisa mengontak pihak lain melalui halaman pembicaraan penggunanya, atau menggunakan halaman pembicaraan yang terkait dengan artikel yang dalam pembahasan. Jangan membawa suatu perselisihan ke dalam halaman artikel itu sendiri. Sewaktu mendiskusikan suatu masalah, tetap tenang dan jangan melakukan serangan pribadi. Masukkan perspektif orang lain dalam perhitungan dan upayakan untuk mencapai kompromi. Anggaplah bahwa orang lain memiliki niat baik, kecuali jika ditemukan bukti nyata yang sebaliknya.

Baik pada tahap ini maupun pada proses penyelesaian perselisihan berikutnya, berbicara dengan pihak lain bukan hanya sekedar formalitas yang harus dipenuhi sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya. Kegagalan untuk melanjutkan pembicaraan dengan niat baik menunjukkan bahwa Anda mencoba memperuncing masalah alih-alih berupaya menyelesaikannya. Hal ini akan mengurangi simpati orang lain terhadap Anda dan akan menghambat Anda menggunakan tahapan selanjutnya untuk penyelesaian perselisihan. Sebaliknya, diskusi yang berkelanjutan dan negosiasi serius antar pihak-pihak yang terlibat, bahkan jika tidak seketika juga berhasil, menunjukkan bahwa Anda berniat untuk mencari pemecahan yang sesuai dengan kebijakan Wikipedia.

Langkah kedua: Jedalah sementara[sunting | sunting sumber]

Pemecahan sederhana untuk suatu perselisihan adalah untuk berhenti bertikai – dengan membiarkan artikel tersebut dan/atau membawanya ke seorang editor lain. Hal ini terutama berguna jika sewaktu berselisih dengan pengguna baru karena akan memberikan mereka kesempatan untuk menyesuaikan diri dengan kebijakan dan budaya Wikipedia. Fokuskan kontribusi Anda ke artikel lain yang memungkinkan Anda membuat kemajuan konstruktif. Hindari kembali ke halaman yang menimbulkan perselisihan. Jawablah pertanyaan mengenai hal tersebut pada halaman pembicaraan Anda dan arahkan para penanya untuk membawa isu mereka ke halaman bicara artikel tersebut untuk mengumpulkan seluruh diskusi yang relevan pada satu tempat.

Lihatlah jauh ke depan. Kelak Anda mungkin akan dapat kembali dan melanjutkan penyuntingan artikel tersebut, sewaktu masalah sebelumnya telah hilang dan editor yang berselisih paham dengan Anda telah tak lagi mempermasalahkannya. Sementara itu, artikel yang diperselisihkan akan berkembang, penyunting lain mungkin akan tertarik dan mereka akan memiliki perspektif yang berbeda jika isu tersebut muncul kembali.

Langkah penyelesaian perselisihan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Jika berbicara dengan pihak lain yang terlibat dan mengambil jeda masih gagal menyelesaikan masalah, Anda harus mencoba salah satu metode berikut untuk menyelesaikan perselisihan. Apa yang Anda pilih dan bagaimana urutannya akan tergantung pada sifat perselisihan itu sendiri, dan pilihan orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Mediasi informal[sunting | sunting sumber]

Jika masalah menjadi agak rumit, mungkin berguna untuk meminta pihak netral untuk terlibat dan membantu; hal ini mungkin akan mencukupi untuk memecahkan masalah. Lihat daftar kontributor lain yang mungkin tertarik dan memiliki cukup keahlian dalam masalah yang sedang diperdebatkan. Orang-orang ini atau Pengurus mungkin dapat Anda minta untuk mampir dan membantu penyelesaian.

Berdiskusi dengan pihak ketiga[sunting | sunting sumber]

Wikipedia bekerja dengan membangun konsensus. Untuk membentuk suatu konsensus pada suatu topik yang diperselihkan, Anda mungkin perlu membawanya ke forum yang lebih luas. Pilihan untuk melakukan hal ini antara lain adalah Wikipedia:Warung Kopi, tempat di mana hampir semua kontributor aktif Wikipedia berkumpul.

Lakukan survei[sunting | sunting sumber]

Jika konsensus sulit terbentuk hanya melalui diskusi, pertimbangkan untuk melakukan survei pendapat untuk mengklarifikasi isu yang didiskusikan. Perhatikan bahwa survei tidak menghasilkan konsensus, melainkan membantu pemahaman mengenai masalah. Mirip dengan itu, jika Anda percaya bahwa pengguna lain mengabaikan suatu konsensus, suatu survei tidak akan memaksa pengguna tersebut untuk menerima konsensus yang Anda usulkan, walaupun suatu survey mungkin membantu pengguna untuk memahami kecenderungan opini dan alasan terhadap pendapat tersebut pada suatu permasalahan. Meskipun demikian, suatu survei dapat dengan mudah mengarah pada suatu perdebatan mengenai kesahihan dan keadilan survei tersebut.

Mediasi[sunting | sunting sumber]

Mintalah mediasi terhadap suatu perselisihan. Mediasi adalah suatu proses sukarela yang dilakukan oleh seseorang yang netral yang bekerja dengan pihak yang berselisih. Mediator membantu menuntun para pihak untuk mencapai suatu kesepakatan yang dapat diterima semua pihak. Sewaktu meminta mediasi formal, bersiaplah untuk menunjukkan bahwa Anda sudah mencoba untuk menyelesaikan perselisihan melalui tahapan yang dicantumkan di atas, dan bahwa semua pihak yang berselisih setuju untuk ditengahi. Mediasi tidak dapat berjalan jika ada salah satu pihak yang tidak mau ikut serta dalam proses.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]