Wikipedia:Kategori, daftar, dan templat navigasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Wikipedia menawarkan beberapa cara untuk mengelompokkan artikel, yaitu: dengan bentuk kategori, daftar (termasuk embedded list), dan templat navigasi (yaitu dalam bentuk kotak yang berisi serial artikel bertipe sama). Bentuk pengelompokan artikel yang satu tidak serta-merta menghapus signifikansi penggunaan bentuk pengelompokan yang lain. Justru tiap-tiap bentuk pengelompokan memiliki kelebihan dan kekurangan yang unik, dan dapat dibuat secara mandiri dengan tetap berpatokan pada pedoman dan standar penulisan untuk masing-masing metode yang mana telah berkembang dan telah disepakati oleh pengguna Wikipedia.

Kategori, daftar, dan templat navigasi tidak duplikatif[sunting | sunting sumber]

Penawaran beberapa alternatif metode untuk menuliskan pengelompokan artikel ini tidak dimaksudkan untuk membuat persaingan yang destruktif di antara penyunting. Sebaliknya, beberapa alternatif penulisan ini dimaksudkan agar metode yang satu dapat melengkapi kekurangan dari metode yang lainnya. Melengkapi di sini juga tidak berarti bahwa bila ada konten yang duplikatif, maka harus ada salah satu yang harus dihapus. Sebaliknya, apabila terdapat konten yang belum ada di metode yang lain, ini merupakan suatu pengingat untuk memperbarui konten pada metode penulisan yang lain.

Dan berikut ini adalah perbandingan dari tiap-tiap metode penulisan termasuk kelebihan dan kekurangan masing-masing metode.

Kategori[sunting | sunting sumber]

Pada dasarnya, tiap-tiap artikel di Wikipedia diharapkan untuk setidaknya masuk dalam satu kategori pengelompokan. Kategori yang dipilih pun diharapkan memiliki nama yang fungsional untuk pengguna yang membaca artikel tersebut. Berikut adalah sedikit gambaran mengenai topik ini:

Artikel: Michael Jackson
Contoh kategori fungsional-nya: Kategori:Penyanyi asal Amerika Serikat
Contoh kategori yang kurang fungsional: Kategori:Penyanyi dengan nama yang diawali huruf M

Kelebihan kategori[sunting | sunting sumber]

  1. Tautan-otomatis: Penambahan kategori pada artikel secara otomatis akan menambahkan tautan kategori di akhir artikel dan tautan berupa judul artikel pada kategori yang bersangkutan.
  2. Navigasi dua-arah: Sebuah kategori dapat memuat beberapa subkategori, dan dapat pula menjadi bagian dari kategori-kategori yang lain, sehingga membuat kategori sebagai jaringan pengetahuan yang terstruktur.
  3. Kategori merupakan bentuk yang cocok untuk menjelajah artikel Wikipedia (exploratory browsing).
  4. Kategori dinilai lebih aman dari serangan spam karena tiap pautan yang berada dalam kategori merupakan representasi dari suatu artikel di Wikipedia.
  5. Kategori bersifat unobtrusive.

Kekurangan kategori[sunting | sunting sumber]

  1. Kategori tidak dapat disunting isinya langsung dari halaman tampilannya. Penyuntingan harus dilakukan dari artikel yang bersangkutan.
  2. Entri kategori tidak dapat ditambahi keterangan tambahan seperti referensi. Sehingga kategori hanya berisi judul artikel.
  3. Pencarian untuk ruang nama kategori hanya dapat dilakukan melalui pencarian tingkat lanjut, yaitu melalui halaman Wikipedia:Bantuan.
  4. Entri kategori disusun hanya berdasarkan urutan huruf.
  5. Terkait dengan poin yang pertama, kategori lebih sulit untuk disusun ulang, lebih-lebih jika sudah berisi ratusan entri.
  6. Riwayat perubahan suatu kategori tidak dapat dilacak.
  7. Kategori tidak dapat diisi permintaan artikel (tautan merah) mengingat tiap entri dalam kategori merupakan representasi dari sebuah artikel yang sudah ada di Wikipedia.

Daftar[sunting | sunting sumber]

Kelebihan daftar[sunting | sunting sumber]

  1. Daftar bersifat exploratory browsing .
  2. Daftar cenderung lebih komprehensif karena disunting di satu tempat saja.
  3. Daftar dapat ditulis dalam format tampilan yang beragam.
  4. Daftar lebih mudah dibuat dibanding kategori, karena entri dari sebuah daftar dapat diambil dari banyak tempat, termasuk dengan melakukan pengkopian dari sumber tanpa hak cipta.
  5. Entri daftar dapat diisi dengan tambahan keterangan seperti referensi, bahkan gambar.
  6. Daftar dapat dicari menggunakan sistem pencarian tingkat dasar.
  7. Daftar dapat berisi entri bukan tautan, dan juga tautan merah.
  8. Daftar cocok digunakan oleh pengguna baru yang belum banyak menguasai markup wiki.
  9. Templat dapat ditambahkan pada suatu daftar.

Kekurangan daftar[sunting | sunting sumber]

  1. Tidak menerapkan tautan-otomatis.
  2. Struktur penulisan kurang komprehensif.
  3. Sulit disunting secara otomatis.
  4. Tidak ada pengurutan-otomatis. Kekurangan ini dapat dihilangkan dengan penggunaan tabel.
  5. Rentan terhadap entri sampah, bahkan spam.

Templat navigasi[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]