Wikipedia:Daftar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Daftar merupakan suatu gaya penulisan yang memiliki peranan cukup penting di Wikipedia. Ada tiga jenis daftar yang dapat digunakan: daftar dalam artikel dan daftar berdiri sendiri dan daftar otomatis menggunakan halaman istimewa. Halaman ini menjelaskan tujuan daftar, pedoman penamaan dan isi daftar, serta gaya pembuatan daftar.

Daftar dalam artikel

Daftar dalam artikel adalah suatu daftar yang digabungkan di dalam artikel atau disertakan pada bagian akhir artikel. Halaman ini menjelaskan pertimbangan dan pedoman untuk menyertakan daftar dalam artikel, baik dalam bentuk tergabung maupun terpisah dalam bagian sendiri.

Daftar di dalam artikel

Sebagian besar artikel Wikipedia sebaiknya terdiri dari prosa, dan bukan hanya daftar pranala. Wikipedia bukanlah repositori daftar. Daftar pranala, jika layak, haruslah memiliki entri sendiri. Dari pada dicantumkan sebagai daftar butir, butir yang penting sebaiknya dicantumkan secara alami dalam teks.

Kadang cukup tepat untuk menggunakan gaya daftar jika butir dalam daftar adalah "anak" paragraf yang mendahuluinya. "Anak" tersebut secara logis wajar untuk mendapat indentasi di bawah deskripsi "induk" mereka dan memberikan indentasi paragraf dalam bentuk daftar akan mempermudah membaca, terutama jika paragrafnya sangat pendek. Pada kasus seperti ini. dapat dipilih apakah tetap menggunakan paragraf atau menggunakan daftar.

Pada kasus yang butirnya banyak dan akan membentuk kalimat yang panjang, gaya daftar lebih dipilih dari pada paragraf.

Tabel yang pendek dan daftar yang pendek dapat pula melengkapi suatu artikel. Contohnya Perdana Menteri Britania Raya menjelaskan fungsi kantor perdana menteri dan juga memberikan daftar perdana menteri yang pernah menjabat.

Topik terkait

Daftar Topik terkait dan Lihat pula merupakan suatu alat bantu navigasi yang membantu pengguna menemukan artikel Wikipedia yang berhubungan. Sewaktu menentukan artikel dan daftar artikel apa yang dicantumkan pada suatu artikel, sebaiknya cobalah menempatkan diri pada pikiran pembaca: Tanyakan ke mana pembaca kemungkinan ingin melanjutkan setelah membaca artikel. Umumnya hal ini mencakup tiga tipe pranala:

  • Pranala ke topik yang berhubungan; topik yang serupa dengan yang didiskusikan dalam artikel.
  • Artikel dan daftar yang lebih umum atau lebih tinggi cakupannya.
  • Artikel dan daftar yang lebih spesifik atau lebih rendah cakupannya.

Referensi dan pranala luar

Daftar referensi mencantumkan informasi sumber di luar Wikipedia. Dua jenis paling umum adalah

  • Pralana web; daftar pranala ke alamat situs di luar Wikipedia, dengan judul bagian "Pranala luar".
  • Referensi; daftar artikel jurnal akademik atau buku, dengan judul bagian "Referensi" atau "Rujukan".

Cukup biasa untuk mengkombinasikan daftar pranala web dan daftar buku atau artikel jurnal dan menyebutnya dengan "Pranala luar dan referensi", "Sumber luar", "Referensi lain", atau "Sumber lain".

Wikipedia bukanlah koleksi pranala dan suatu artikel yang hanya mengandung pranala sangat tidak disarankan, tapi cukup layak untuk mereferensikan bahan yang lebih detil dari Internet. Hal ini terutama jika Anda menggunakan situs-situs web sebagai suatu sumber informasi yang penting.

Berapa banyak pranala dalam artikel?

Ada suatu kontroversi mengenai berapa banyak pranala ke artikel atau daftar lain yang harus dicantumkan pada suatu artikel. Sebagian orang memisahkan "pranala ke artikel" (diletakkan pada bagian "Lihat pula") dengan "pranala ke daftar" (diletakkan di bagian "Topik terkait"), tapi ini tidak diperlukan kecuali jika terlalu banyak pranala untuk diletakkan hanya dalam satu bagian. Sebagian orang berpikir bahwa jumlah pranala yang harus dicantumkan pada daftar di bagian akhir suatu artikel sebaiknya minimum, sedang sebagian lagi berpikir bahwa daftar yang komprehensif akan membantu. Secara umum, kita harus menggunakan kriteria yang sama untuk menentukan daftar atau artikel apa yang harus dicantumkan: Posisikan diri Anda sebagai pembaca dan tanyakan "Ke mana saya ingin pergi setelah membaca artikel ini?".

Daftar berdiri sendiri

Halaman daftar adalah halaman yang memuat suatu daftar yang artikel pada suatu bidang pembahasan tertentu, seperti daftar orang, daftar topik, dll. Halaman seperti ini akan diawali dengan kata "Daftar...".

Tujuan

Daftar dibuat terutama untuk:

  1. Informasi dan navigasi; membantu pengguna yang tertarik pada suatu subyek pembahasan tertentu untuk melihat topik-topik lain yang terkait.
  2. Pengembangan; mendorong pembuatan artikel-artikel baru.
  3. Meningkatkan kualitas Wikipedia dengan mengurangi halaman tak bertuan.

Daftar tokoh

Daftar tokoh yang memuat tokoh-tokoh yang masih hidup (misalnya daftar tokoh menurut profesi atau menurut etnis) haruslah berisi tokoh-tokoh yang telah memiliki artikel di Wikipedia. Untuk daftar tokoh sejarah, daftar dapat berisi artikel-artikel yang belum ada di Wikipedia (pranala merah).

Kategorisasi

Semua halaman daftar akan berinduk ke Kategori:Daftar atau subkategori di bawahnya. Selain itu, halaman-halaman ini juga akan dikategorisasikan ke kategori yang terkait dengan topik, misalnya Daftar topik akuntansi akan dikategorisasikan juga ke Akuntansi.

Templat

Templat-templat yang dapat digunakan dalam suatu halaman daftar antara lain adalah:

  • {{compactTOC}} (untuk daftar orang, hanya A-Z) atau {{compactTOC2}} (untuk daftar lainnya), digunakan di bagian atas untuk memberikan navigasi ke bagian tertentu daftar.
  • {{daftar-stub}}, digunakan untuk menandai bahwa suatu daftar tersebut belum lengkap dan merupakan rintisan.

Templat

Templat yang berhubungan dengan daftar:

Lihat pula