Wikipedia:Kepemilikan artikel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gtk-redo-ltr.svg WP:MILIK

Beberapa kontributor merasa sangat posesif terhadap bahan-bahan (baik berupa kategori, templat, artikel, berkas, dll) yang telah mereka sumbangkan untuk proyek ini. Beberapa di antaranya bahkan sampai bersikap melindungi bahan-bahan tersebut terhadap semua "pengganggu". Bedakan hal ini dengan ketertarikan Anda terhadap artikel yang Anda pantau dalam daftar pantauan Anda. Mungkin Anda adalah seorang pakar atau sangat peduli terhadap suatu topik. Tapi jika kepedulian ini melampaui batas tertentu, maka Anda terlalu berlebihan. Mempercayai bahwa suatu artikel memiliki pemilik adalah suatu kesalahan umum yang sering terjadi di Wikipedia.

Anda tidak dapat mencegah semua orang di dunia ini untuk menyunting "milik Anda", sewaktu Anda memasukkannya ke Wikipedia. Seperti telah digariskan pada tiap halaman suntingan:

Jika Anda tidak ingin materi yang Anda masukkan disunting tanpa ampun atau disebarkan oleh orang lain, jangan masukkan ke sini.

Jika Anda berdebat dengan kontributor-kontributor lain mengenai penghapusan, pengembalian, dan lainnya, mengapa tidak berhenti dulu dari proses penyuntingan? Menjauhkan diri dari hal ini dapat sangat mendinginkan suasana. Segarkanlah diri Anda selama satu atau dua minggu. Atau jika orang lain mengklaim "kepemilikan" suatu halaman, Anda dapat mempertanyakannya pada halaman pembicaraan yang bersangkutan. Mintalah pendapat kontributor lain, atau pertimbangkan proses penyelesaian perselisihan.

Walaupun melakukan sesuatu terhadap suatu artikel tidak memberikan hak pada seseorang untuk "memiliki" artikel tersebut, tetaplah penting untuk menghargai karya para kontributor lain. Sewaktu membuang bagian besar isi, terutama yang dikontribusikan oleh seorang editor, penting untuk mempertimbangkan apakah hasil yang lebih baik dapat dicapai dengan bekerja sama dengan editor tersebut, bukannya menentangnya - terlepas dari apakah ia "memiliki" artikel tersebut atau tidak. Lihat Wikipedia:Kesopanan, Wikipedia:Etikawiki, serta Wikipedia:Niat baik.

Jangan tanda tangani sesuatu yang bukan milik Anda[sunting | sunting sumber]

Contoh kepemilikan[sunting | sunting sumber]

Tipe kepemilikan[sunting | sunting sumber]

Penyelesaian isu kepemilikan[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]