Wikipedia:Vanitas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Halaman ini merupakan kebijakan resmi di Wikipedia bahasa
Indonesia
.
Isinya telah diterima luas oleh para pengguna dan dianggap sebagai standar yang normalnya harus diikuti oleh semua pengguna. Perubahan yang dibuat harus mendapatkan konsensus terlebih dahulu.

Walaupun Wikipedia dapat digunakan dan disunting oleh siapa saja, tetapi Wikipedia sebagai sebuah proyek ensiklopedia tetap memegang prinsip untuk mempertahankan keakuratan dan kelayakan isinya. Halaman ini khusus digunakan sebagai panduan untuk menentukan topik atau isi apa saja yang dikategorikan sebagai informasi atau halaman vanitas. Vanitas dapat diartikan menonjolkan diri sendiri atau mempromosikan pribadi penulis atau anggota keluarga lainnya dari si penulis. Walaupun vanitas bukanlah aksi vandal, tetapi tetap mengandung unsur "ketidaklayakan" atau "ketidakpentingan" untuk dimasukkan ke dalam Wikipedia.

Wikipedia bukanlah blog tempat siapa pun dapat menampilkan data pribadinya (baca Wikipedia bukanlah dan Kesalahan umum di Wikipedia).

Bagaimana menentukan informasi vanitas?

Sebelum Anda menulis suatu artikel mengenai diri Anda sendiri atau salah satu kerabat Anda, tanyakan pertanyaan ini kepada diri Anda sendiri "Apakah saya cukup dikenal?", "Apakah biografi saya cukup layak untuk ditulis di ensiklopedia?". Pembaca lain dapat juga bertanya "Siapa dia? Siapa orang ini?".

Pengurus Wikipedia dapat dengan segera menghapus artikel-artikel seperti ini, segera setelah mengetahui bahwa artikel-artikel tersebut memenuhi unsur vanitas.

Jika Anda tetap bersikeras memasukkan data pribadi Anda, Anda dapat memasukkannya ke dalam halaman pengguna Anda sesudah Anda mendaftar. Namun, tetap saja Anda tidak boleh memperlakukan Wikipedia sebagai situs blog. Hanya data-data secukupnya agar pengguna lain dapat mengenal Anda. Informasi mengenai tempat Anda pernah bekerja misalnya, adalah tidak berguna. Wikipedia bukanlah tempat perusahaan mencari calon pegawainya.

Contoh informasi vanitas

Contoh A

Contoh A, 30 tahun adalah seorang karyawan swasta yang bekerja di PT. ABCDEF di Jakarta. Hobinya adalah sepak bola, dan bulu tangkis. Cita-cita semasa kecilnya adalah menjadi seorang pilot, tetapi sekarang ia bercita-cita menjadi seorang koki.
Penjelasan
Komunitas Wikipedia tidak menentang pribadi contoh seseorang, tetapi informasi pribadinya, kegiatannya adalah tidak penting, tidak bernilai, dan tidak bermanfaat bagi Wikipedia.

Kegiatan ekstrakurikuler memanjat tebing SMU Negeri 98766

SMU Negeri 98766 setiap minggunya mengadakan kegiatan ekstrakurikuler memanjat tebing. Sudah beberapa tebing yang pernah dipanjat antara lain tebing tinggi, tebing rendah dan tebing sangat rendah. Kegiatan ekstrakurikuler ini diketuai oleh Apel, dan wakil ketuanya adalah Tomat.
Penjelasan
Tidak perlu dijelaskan lebih lanjut bahwa informasi seperti ini tidak memiliki kegunaan bagi Wikipedia. Organisasi Anda mungkin penting bagi komunitas Anda, tetapi apakah cukup bernilai bagi komunitas umum?

Lihat pula