Wikipedia:Biografi tokoh yang masih hidup

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Para penyunting harus berhati-hati sewaktu menulis biografi tokoh yang masih hidup, yang membutuhkan suatu sensitivitas, dan harus berpegang teguh pada tiga kebijakan isi Wikipedia: pemastian, sudut pandang netral, dan bukan riset asli.

Anda harus membuat artikel dengan cara yang benar. Usahakan selalu mengambil rujukan berkualitas tinggi, terutama mengenai detil tokoh yang masih hidup. Bahan-bahan tanpa sumber atau kontroversi yang memiliki rujukan lemah (negatif, positif, atau sangat dipertanyakan) mengenai tokoh yang masih hidup dapat dihapus langsung dari artikel, halaman pembicaraan, dan halaman pengguna di Wikipedia. Prinsip-prinsip ini juga berlaku untuk materi biografis mengenai tokoh yang masih hidup pada artikel-artikel lain. Tanggung jawab untuk menjustifikasi klaim kontroversial di Wikipedia, dalam bentuk apa pun, tapi khususnya untuk biografi tokoh yang masih hidup, berada di tangan orang yang melakukan klaim tersebut.

Alasan[sunting | sunting sumber]

Artikel Wikipedia mengenai tokoh yang masih hidup dapat mempengaruhi hidup orang tersebut. Yayasan Wikimedia dan Jimmy Wales telah sering menerima keluhan mengenai artikel tokoh yang masih hidup — ada orang yang tidak senang secara wajar karena artikel yang tak akurat dan diputarbalikkan. Pemecahan terhadap keluhan-keluhan tersebut adalah hal yang sensitif.

Masalah ini dapat bertambah rumit jika subyek tersebut mencoba untuk menyunting artikel mengenai diri mereka sendiri untuk menghilangkan isi yang bermasalah. Karena mereka sering kali bukanlah Wikiwan berpengalaman, mereka sering tidak paham mengenai kebijakan yang berlaku, dan sering dituduh melakukan vandalisme atau perang suntingan dimana sebenarnya mereka mencoba melakukan suntingan dengan niat baik.

Berkaitan dengan hal itu, para kontributor harus berhati-hati sewaktu menulis dan menyunting biografi tokoh yang masih hidup dengan mencamkan hal-hal berikut:

  • Artikel harus disunting dengan tingkat sensitivitas dan tunduk pada kebijakan isi Wikipedia;
  • Jika subyek terkait menyunting suatu artikel, penting untuk menjalankan niat baik dalam kaitan untuk menangani mereka secara sopan;
  • Jika suatu alamat IP anonim atau pengguna baru mengosongkan suatu halaman atau bagian halaman mengenai seorang tokoh yang masih hidup, kemungkinan besar itu adalah subyek yang dimaksud. Cobalah untuk tidak bertindak agresif, sebaliknya ajak orang tersebut untuk berdialog, dan cek apakah artikel tersebut tidak mencantumkan kritik yang tak bersumber atau kurang memiliki sumber. Jika iya, hapus bagian tersebut.

Gaya penulisan[sunting | sunting sumber]

Biografi tokoh yang masih hidup harus ditulis dengan bertanggung jawab, konservatif, dan dengan nada netral dan ensiklopedik. Jika pendekatan evolusi artikel dapat diterapkan pada topik subyek lain, biografi tokoh yang masih hidup yang tidak ditulis dengan baik harus dibuat menjadi rintisan atau dihapus.

Artikel harus mendokumentasikan, dengan gaya yang tak berpihak, apa yang telah dipublikasikan oleh sumber pihak ketiga mengenai subyek dan, dalam beberapa kondisi, apa yang mungkin pernah dipublikasikan oleh subyek tersebut mengenai diri mereka sendiri. Gaya penulisan harus netral, faktual, serta menghindari sudut pandang simpatik ataupun sudut pandang jurnalisme advokasi.

Menghilangkan materi kontroversial yang tak bersumber atau diragukan[sunting | sunting sumber]

Para kontributor harus membuang segala materi kontroverial mengenai tokoh yang masih hidup yang tidak bersumber, berlandaskan pada sumber yang tidak memenuhi standar yang dinyatakan di Wikipedia:Sumber tepercaya, atau merupakan interpretasi bebas terhadap sumber. Pada kasus-kasus dimana informasi diragukan atau tidak dilengkapi dengan sumber, suntingan semacam ini adalah pengecualian terhadap aturan tiga kali pengembalian. Prinsip ini diterapkan pada semua materi biografi tokoh yang masih hidup yang ditemukan di Wikipedia, termasuk halaman pengguna dan halaman pembicaraan. Pengurus dapat memaksa pembuangan materi semacam itu dengan perlindungan halaman dan pemblokiran, bahkan jika mereka telah menyunting artikel tersebut sendiri. Kontributor yang memasukkan kembali materi tersebut dapat diperingatkan atau diblokir.

Pengurus yang menemukan suatu artikel tanpa sumber dan bernada kontroversi, jika tidak ditemukan versi yang bersudut pandang netral untuk dikembalikan, sebaiknya menghapus bagian tersebut tanpa diskusi.

Jimmy Wales berkata:

"I can NOT emphasize this enough. There seems to be a terrible bias among some editors that some sort of random speculative 'I heard it somewhere' pseudo information is to be tagged with a 'needs a cite' tag. Wrong. It should be removed, aggressively, unless it can be sourced. This is true of all information, but it is particularly true of negative information about living persons."

Ia menganggap bahwa lebih baik "tidak ada" informasi daripada memuat informasi yang "spekulatif", dan menekankan perlunya sensitivitas dalam menangani hal ini.

"Real people are involved, and they can be hurt by your words. We are not tabloid journalism, we are an encyclopedia."

Sumber tepercaya[sunting | sunting sumber]

Penulian biografi tokoh yang masih hidup yang mungkin bersifat fitnah jika tidak benar, harus disertakan dengan sumber. Tanpa sumber pihak ketiga yang tepercaya, suatu biografi akan melanggar prinsip bukan riset asli dan pemastian, dan dapat mengakibatkan pada fitnah.

Informasi yang hanya ditemukan pada situs partisan atau surat kabar tidak terkenal harus ditangani dengan hati-hati, atau jika diragukan, sama sekali tidak digunakan. Informasi yang ditemukan pada buku, surat kabar, atau situs/blog yang diterbitkan sendiri tidak boleh digunakan, kecuali jika ditulis oleh subyek yang bersangkutan (lihat di bawah).

Tidak semua surat kabar dan majalah yang dibaca banyak orang memiliki tingkat kepercayaan yang sama. Ada beberapa majalah dan surat kabar yang mencantumkan gosip yang sebagian besar tidak benar. Walaupun informasi tersebut mungkin menarik, belum tentu informasi tersebut dapat dimuat di sini. Sebelum menyebarkan isu tersebut, tanyakan pada diri Anda apakah informasi tersebut benar dan relevan terhadap artikel ensiklopedia subyek yang bersangkutan. Jika publikasi tersebut menerbitkan informasi yang mereka duga tidak benar, sering kali mereka menggunakan kalimat-kalimat bersayap. Hati-hati, jika publikasi itu sendiri tidak menganggap cerita itu benar, mengapa kita harus?

Menggunakan subyek sebagai sumber[sunting | sunting sumber]

Pada beberapa kasus, subyek dapat terlibat dalam suatu artikel. Mereka mungkin menyunting sendiri artikel tersebut atau mengutus perwakilannya untuk melakukannya. Mereka dapat mengontak Wikiwan baik melalui halaman pembicaraan atau melalui surat-e. Atau, mereka dapat memberikan informasi melalui rilis pers, situs atau blog pribadi, atau suatu otobiografi. Jika informasi yang diberikan subyek bertentangan dengan pernyataan tanpa sumber di dalam artikel, pernyataan tanpa sumber tersebut harus dibuang.

Informasi yang diberikan oleh sumber dapat ditambahkan ke dalam artikel jika:

  • Memenuhi kebijakan pemastian, sudut pandang netral, dan bukan riset asli;
  • Relevan dengan kelayakan orang tersebut;
  • Tidak menimbulkan perselisihan;
  • Tidak hanya bersifat promosi;
  • Tidak ada keraguan bahwa materi tersebut diberikan oleh subyek.

Suatu blog atau situs pribadi mengenai subyek dapat dicantumkan di bagian pranala luar atau bacaan lanjutan, bahkan jika subyek tersebut tidak digunakan sebagai sumber.

Isi yang berprasangka atau menyerang[sunting | sunting sumber]

Kontributor harus waspada terhadap prasangka dan isi yang menyerang dalam suatu biografi. Jika tampak bahwa seseorang berupaya membawa suatu agenda atau sudut pandang tertentu, paksalah untuk memberikan sumber publikasi pihak ketiga yang dapat dipercaya dan kaitannya dengan kelayakan orang tersebut.

Kritik harus direpresentasikan jika relevan terhadap kelayakan subyek dan didasarkan pada sumber tepercaya, serta selagi materi tersebut dituliskan dengan cara yang tidak melampaui lingkup artikel atau tampak berlawanan dengan materi kritik. Berhati-hatilah untuk tidak berlebihan dalam menjabarkan kritik, untuk menghindari efek menampilkan pandangan minoritas seolah-olah sebagai pandangan mayoritas. Jika suatu kritik mewakili pandangan minoritas yang sangat kecil, hal itu tidak layak untuk dicantumkan dalam artikel.

Isi harus didasarkan pada sumber tepercaya dan harus spesifik terhadap subyek dalam artikel tersebut. Berhati-hatilah dengan pernyataan, baik positif maupun negatif, yang didasarkan pada prinsip asosiasi.

Menghormat privasi[sunting | sunting sumber]

Biografi tokoh yang masih hidup harus ditulis secara konservatif dan dengan menghormati privasi subyek.

Figur publik[sunting | sunting sumber]

Dalam kasus figur publik penting, akan tersedia banyak sumber publikasi pihak ketiga tepercaya yang dapat dijadikan sumber informasi, dan karenanya biografi Wikipedia seharunya hanya mendokumentasikan apa yang dikatakan oleh sumber-sumber tersebut. Jika suatu isu atau kejadian layak, relevan, dan terdokumentasi dengan baik oleh sumber tepercaya, informasi tersebut dapat dicantumkan — bahkan jika bersifat negatif dan subyek bersangkutan tidak menyukainya. Jika tidak bersumber, jangan masukkan.

Contoh: "Joko S. dan Rini S. bercerai dengan tidak baik-baik". Apakah pernyataan itu layak, dapat diverifikasi dan penting untuk dicantumkan dalam artikel? Jika tidak, jangan cantumkan.

Contoh lain: Seorang politisi diisukan berselingkuh. Ia membantah, tapi Kompas mempublikasikan hal tesebut dan menjadikannya skandal publik. Isu tersebut dapat dimasukkan dalam artikel dengan mengutip Kompas sebagai sumbernya.

Materi dari sumber primer harus digunakan dengan hati-hati. Sebagai contoh, catatan publik yang menyertakan detil pribadi seperti harga rumah, registrasi kendaraan, dan alamat rumah atau kantor secara umum sebaiknya tidak digunakan. Jika suatu fakta pertama kali telah dipublikasikan oleh sumber sekunder yang dapat diverifikasi, dapat diterima untuk menggunakan sumber primer untuk mendukung sumber sekunder tersebut. Materi yang berhubungan dengan kelayakannya, seperti catatan pengadilan untuk tokoh yang terlibat dalam perselisihan hukum, diizinkan, sebagaimana halnya tanggal kelulusan, tanggal pernikahan, dan semacamnya, dimana informasi-informasi ini tersedia untuk umum dan informasi tersebut pertama kali dilaporkan oleh sumber sekunder yang dapat dibuktikan.

Figur non-publik[sunting | sunting sumber]

Wikipedia juga memuat biografi tokoh yang, walaupun cukup layak sebagai artikel, berhak dihargai privasinya sebagai figur non-publik. Pada kasus semacam ini, kontributor harus membatasi diri dan hanya mencantumkan informasi yang relevan bagi kelayakannya. Materi dari sumber primer secara umum sebaiknya tidak digunakan kecuali jika sebelumnya telah dicantumkan pada sumber sekunder yang dapat diverifikasi.

Pada kasus abu-abu, pedoman utama adalah "tidak merugikan". Wikipedia adalah suatu ensiklopedia, bukan tabloid. Bukanlah tugas kita untuk menimbulkan sensasi, atau menjadi kendaraan utama untuk menyebarkan isu mengenai kehidupan seseorang.

Privasi hari ulang tahun[sunting | sunting sumber]

Wikipedia mencantumkan tanggal lahir untuk beberapa sosok terkenal, tapi pencantuman informasi ini pada kebanyakan tokoh yang masih hidup harus ditangani dengan hati-hati. Walaupun tanggal lahir tokoh-tokoh terkenal umumnya diketahui umum dan tersedia untuk umum, kasusnya tidak selalu sama untuk tokoh yang kurang layak atau figur non-publik. Dengan adanya pencurian identitas, telah menjadi kebiasaan umum untuk menganggap tanggal lahir orang tersebut sebagai informasi pribadi. Jika ragu mengenai kelayakan seseorang yang dalam pembahasan, atau jika subyek biografi mengajukan keberatan terhadap publikasi tanggal lahir tepat mereka, pilihlah untuk berhati-hati dan cantumkan hanya tahun kelahiran.

Penggunaan kategori[sunting | sunting sumber]

Kategorisasi seseorang harus jelas berdasarkan isi artikel. Artikel harus menyatakan fakta yang mendukung penggunaan kategori dan fakta tersebut harus pula memiliki sumber.

Sebagai contoh Kategori:Kriminal hanya digunakan jika suatu kejahatan telah dijelaskan di artikel dan diberikan sumbernya, dan orang yang bersangkutan telah terbukti bersalah atau mengaku bersalah.

Kategorisasi berdasarkan kepercayaan agama dan preferensi seksual sebaiknya tidak digunakan kecuali:

  • Subyek yang bersangkutan secara terbuka menyatakan kepercayaan atau preferensinya;
  • Kepercayaan atau preferensi seksual subyek yang bersangkutan relevan dengan aktivitas yang menjadi dasar kelayakannya atau kehidupan publiknya.

Harap hindari pemberian kategori yang menimbukan kesan bahwa tokoh tersebut memiliki reputasi buruk.

Menangani suntingan oleh subyek artikel[sunting | sunting sumber]

Walaupun Wikipedia tidak menganjurkan seseorang untuk menulis artikel mengenai dirinya sendiri atau mengembangkan artikel yang ada, subyek artikel tetap dipersilahkan untuk menyunting artikel untuk mengoreksi ketakakuratan informasi, untuk membuang materi yang tak akurat atau tanpa sumber, atau untuk membuang fitnah.

Jimmy Wales mengingatkan kontributor lain untuk berpikir dua kali sewaktu menemukan upaya tersebut.

"...reverting someone who is trying to remove libel about themselves is a horribly stupid thing to do."

Suntingan anonim yang mengosongkan seluruh atau sebagian artikel biografi tokoh yang masih hidup harus dipertimbangkan dengan seksama. Jika individu tersebut tidak terlalu penting, suntingan tersebut biasanya bukanlah vandalisme, melainkan suatu upaya oleh subyek yang bersangkutan untuk menghilangkan prasangka atau materi yang tak akurat. Pemantau perubahan terbaru atau orang lain yang terlibat harus berhati-hati untuk meyakinkan siapa yang sedang mereka hadapi, dan penggunaan ringkasan penyuntingan yang pedas atau templat halaman pembicaraan yang berhubungan dengan vandalisme harus dihindari.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah dengan artikel mengenai diri Anda, Anda dapat menghubungi seorang pengurus untuk membantu Anda menanganinya.

Informasi kontak Wikimedia Foundation[sunting | sunting sumber]

Jika Anda adalah subyek dari suatu biografi dan memiliki masalah dengan artikel tentang Anda, Anda dapat menghubungi:

Wikimedia Foundation Inc.
P.O. Box 78350
San Francisco, CA 94107-8350
United States
Telepon: +1-415-839-6885
Faks: +1-415-882-0495
Surat-e: Infoen-wikipedia.png

Lihat pula halaman ini untuk informasi lebih lanjut mengenai bagaimana menghubungi Wikimedia Foundation.

Templat[sunting | sunting sumber]

Untuk templat yang digunakan adalah Templat:Kebijakan-biografi-aktual. Jika Anda menemukan artikel biografi tokoh yang masih hidup yang tidak memiliki cukup referensi, gunakan templat {{Ref-bio}} untuk menandainya, atau gunakan templat {{Noref-bio}} bila tidak ada referensi sama sekali.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]