Wikipedia:Konflik kepentingan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Konflik kepentingan di Wikipedia adalah ketidakcocokan antara tujuan Wikipedia, yaitu membuat sebuah ensiklopedia yang netral dan memiliki sumber yang terpercaya, dengan tujuan penyunting-penyunting secara perseorangan. Yang termasuk dalam suntingan dengan konflik antara lain berkontribusi ke wikipedia untuk mempromosikan kepentingan Anda sendiri, atau kepentingan individu, atau perusahaan, atau kelompok lain. Jika memajukan kepentingan luar lebih penting bagi seorang penyunting daripada memajukan tujuan Wikipedia, penyunting tersebut sedang berkonflik kepentingan.

Suntingan dengan konflik kepentingan sangatlah tidak dianjurkan. Jika suntingan menimbulkan gangguan terhadap ensiklopedia melalui pelanggaran kebijakan seperti sudut pandang netral, Wikipedia bukanlah..., dan pelanggaran hak cipta, akun pengguna dapat diblokir. Suntingan dengan konflik kepentingan juga berisiko menimbulkan rasa malu di depan publik, baik terhadap perseorangan maupun kelompok yang sedang dipromosikan. [1]

Penyunting dengan konflik kepentingan sangat dianjurkan—tetapi tidak diharuskan—untuk menyatakan tujuan mereka, baik di halaman pengguna mereka, maupun di halaman pembicaraan artikel yang mereka sunting, terutama jika suntingan tersebut dapat dipertentangkan. Penyunting yang menyembunyikan konflik kepentingan mereka biasanya akan terbongkar, sehingga menimbulkan kesan bahwa mereka, dan kemungkinan tempat mereka bekerja, berusaha untuk mendistorsi Wikipedia. Ketika seorang dengan terbuka menyatakan konflik kepentingan mereka, penyunting yang lain harus selalu mengasumsikan bahwa penyunting tersebut berusaha melakukan yang terbaik. Jangan menggunakan pernyataan konflik kepentingan yang diberikan secara terbuka sebagai senjata untuk melawan sang penyunting.

Ketika menginvestigasi kasus kemungkinan konflik kepentingan, para Wikipediawan harus berhati-hati untuk tidak menunjukkan identitas penyunting yang lain. Kebijakan anti-penistaan lebih tinggi daripada panduan konflik kepentingan ini. Konflik kepentingan seorang penyunting sering terungkap ketika sang penyunting menunjukkan hubungannya dengan subyek artikel yang ia sunting. Ketika seorang penyunting tidak menunjukkan afiliasi apa pun, ikutilah kebijakan NPOV Wikipedia dengan hati-hati, sehingga dapat membantu menangkal suntingan bias. Semua yang Anda katakan atau lakukan di Wikipedia dapat memiliki konsekuensi di dunia nyata. Suntingan dengan konflik kepentingan rutin diekspos di media. Semua suntingan direkam di ruang publik dan akan tetap selamanya demikian. Anda tidak memiliki artikel dan penyunting lain mungkin akan menghapusnya, membiarkannya, atau menambahkan informasi yang mungkin tidak banyak diketahui.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Editing in the interests of public relations is particularly frowned upon. This includes, but is not limited to, edits made by public relations departments of corporations or governmental entities; or of other public or private for-profit or not-for-profit organizations; or by professional editors paid to edit a Wikipedia article with the sole intent of improving that organization's image. Wikipedia is a very public forum, and news of what occurs here is frequently reported in the media. "Anything you say here and anything you do here can have real world consequences." See: Wikipedia is in the real world