Wikipedia:Nama pengguna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pengantar
Bergabung
Membuat akun dan Masuk log
Keuntungan memiliki akun
Nama pengguna
Mengganti kata sandi
Halaman perkenalan
Menjelajahi
Navigasi dasar
Pencarian
Perubahan terbaru
Mengutip Wikipedia
Button-Green.svg
Klik tombol di atas
untuk masuk log

Sewaktu Anda membuat akun baru untuk dapat masuk log, salah satu hal yang harus Anda lakukan adalah memilih nama pengguna. Halaman ini berisi kebijakan yang berlaku di Wikipedia dalam hal penggunaan nama pengguna.

Dasar pemikiran

Tujuan utama dari nama pengguna adalah untuk mengenali dan membedakan kontributor. Nama pengguna akan memfasilitasi komunikasi dan pencatatan rekam jejak. Nama pengguna bukanlah sebuah forum untuk menyerang ataupun membuat pernyataan. Tidak ada seorangpun yang berhak mempergunakan nama pengguna seperti itu. Sekalipun nama-nama yang penuh warna, menarik, ataupun ekspresif dapat lebih menyemarakkan Wikipedia, mereka tidaklah esensial.

Kegunaan nama pengguna

Nama pengguna Anda akan melekat kepada semua suntingan Anda ketika Anda masuk log. Ini juga sangat membantu untuk masalah hak cipta. Jika ada yang hendak menggunakan kontribusi Anda dengan cara yang tidak diizinkan di bawah hak cipta Wikipedia, mereka dapat saja, misalnya, bertanya kepada Anda di halaman pembicaraan Anda. Juga, lisensi GFDL sangat menganjurkan agar mereka memberikan penghargaan bagi penulisnya, dan nama pengguna Anda akan disebutkan sebagai penghargaan tersebut. Alasan lainnya dapat Anda temukan di Wikipedia:Keuntungan mempunyai akun.

Pemilihan nama pengguna

Nama pengguna dapat saja nama asli Anda, nama samaran Internet yang biasa Anda pakai, atau suatu nama baru yang Anda gunakan hanya di Wikipedia. Nama pengguna ini tergantung kepada seberapa besar anonimitas yang ingin Anda dapatkan selama melakukan penyuntingan.

Kami mengharapkan agar Anda memilih nama pengguna yang dapat membantu kami untuk menulis sebuah ensiklopedia. Ini berarti bahwa Anda diminta untuk menggunakan nama yang dapat membuat Anda sendiri nyaman sewaktu menyunting, dan di lain pihak juga membuat pengguna lainnya merasa nyaman memandang dan berkolaborasi dengan Anda dan nama pengguna Anda. Ingatlah bahwa sebuah nama yang kontroversial dapat saja membuat orang lain menjadi salah persepsi terhadap kredibilitas ataupun pandangan politik Anda. Sebagai tambahan, Wikipedia adalah sebuah buku sumber yang dapat digunakan secara meluas di seluruh dunia, jadi kita harus peduli agar jangan sampai mengganggu orang lain yang mungkin memiliki perbedaan budaya, agama, ataupun suku.

Wikipedia merekomendasikan agar para pengguna menghindari:

  1. Nama-nama politikus, militer, figur, atau peristiwa religius;
  2. Nama-nama lainnya yang potensial mengganggu, yang mendukung/menentang politik, kebijakan, ataupun kepercayaan dari seorang figur publik.

Pilih nama yang sungguh-sungguh membuat orang lain dapat menilai Anda secara murni hanya dari kontribusi Anda, ketimbang dari respon emosional yang timbul karena suatu nama panggilan yang berpotensi kontroversial. Menghindari nama-nama semacam itu adalah tergantung kepada Anda sendiri, jadi lakukanlah dengan sangat hati-hati. Ingatlah, Anda akan menyelamkan diri ke dalam sebuah komunitas. Di Wikipedia, kita wajib saling menghormati. Hormatilah pandangan/kepercayaan masing-masing.

Nama asli versus samaran

Nama asli lebih direkomendasikan, namun nama samaran juga diperbolehkan selama tidak melanggar kebijakan.

Dahulu, banyak situs wiki yang mendorong para penggunanya untuk menggunakan nama aslinya sebagai nama pengguna mereka. Hal ini didasari bahwa wiki adalah proyek kolaborasi dan diharapkan agar setiap orang yang bergabung akan memberikan kontribusi yang konstruktif bagi proyek tersebut, sehingga diharapkan agar nama asli akan membuat para penggunanya lebih bertanggung jawab di proyek tersebut. Para pengguna Wikipedia kebanyakan lebih memilih memakai nama samaran, dan menuliskan nama asli mereka di halaman pengguna mereka.

Para penyunting Wikipedia, khususnya para Pengurus, seringkali diganggu di luar Wikipedia akibat kontribusi mereka ataupun aktivitas melawan vandalisme di Wikipedia. Beberapa orang pada akhirnya mengganti nama asli mereka menjadi nama samaran dan mungkin merasa menyesal mengapa tidak menggunakan nama samaran dari awal. Jika Anda memilih untuk mempergunakan nama samaran, Anda dipersilakan untuk menggunakan nama samaran yang seperti nama asli, dan hindari meniru-niru nama orang lain ataupun karakter fiksi.

Jika Anda ingin menggunakan nama asli Anda, tapi nama Anda mungkin melanggar kebijakan nama pengguna yang dilarang, harap menghubungi salah satu Pengurus dan bersama-sama mencari solusi yang dapat diterima oleh semua pihak.

Kapitalisasi nama pengguna

Nama pengguna di Wikipedia bersifat sensitif terhadap kapitalisasi (case sensitive) dan, untuk konsistensi, huruf pertama setiap nama pengguna akan dikapitalisasikan ketika Anda membuat sebuah akun. Ini berarti bahwa jika Anda meminta nama pengguna "nama saya", maka akun tersebut akan dibuat menjadi: "Nama saya".

Jika nama pengguna Anda memiliki lebih dari satu kata, dan Anda ingin tanda tangan Anda lebih konsisten, Anda lebih baik langsung mengkapitalisasi setiap huruf pertamanya ketika membuat sebuah akun. Contoh "Nama Saya", "Nama Tengah Saya", dan "Nama T. Saya".

Disambiguasi nama pengguna

Beberapa nama pengguna seringkali berkemiripan ataupun identik dengan judul-judul artikel Wikipedia. Hal ini dapat menyebabkan kebingungan ketika seorang pengguna yang tidak berpengalaman menemukan halaman-halaman ini di hasil dari mesin-mesin pencari (search engine). Secara umum, kami merekomendasikan untuk menggunakan sebuah catatan disambiguasi sederhana di bagian atas halaman pengguna.

Sebagai catatan, jika sebuah nama pengguna memiliki makna ganda dan tidak dianggap pantas, tentu saja menambahkan catatan disambiguasi tidak membuat nama pengguna itu menjadi pantas.

Tanda tangan

Melalui halaman istimewa Istimewa:Preferensi, seseorang dapat memilih nama panggilan untuk dipergunakan sebagai tanda tangan secara bebas, tidak tergantung kepada nama pengguna yang sesungguhnya. Oleh karena itu, tanda tangan tidak boleh menyesatkan. Bagaimanapun juga, tanda tangan tidak boleh digunakan untuk meniru-nirukan pengguna lain.

Kecuali disebutkan lain, kebijakan yang sama juga berlaku untuk tanda tangan pengguna. Tanda tangan yang digunakan tidak boleh melanggar peraturan nama pengguna yang dilarang. Walaupun bukan merupakan persyaratan yang wajib, praktek yang umum untuk tanda tangan adalah harus menggambarkan nama penggunanya dengan benar.

Untuk informasi lebih lanjut, lihat Bantuan:Tanda tangan.

Nama pengguna yang dilarang

Baik nama asli maupun nama samaran dapat digolongkan sebagai nama pengguna yang tidak pantas/tidak tepat. Sewajarnya, garis batas antara nama pengguna yang dapat diterima dan tidak, dilontarkan oleh "yang memandang nama tersebut tidak dapat diterima", bukan oleh si pemilik nama. Siapapun tentunya tidak diharapkan untuk mencari-cari kesalahan orang lain.

Wikipedia tidak mengizinkan beberapa jenis nama pengguna, termasuk:

  1. Nama pengguna yang membingungkan, menyesatkan, atau menyulitkan:
    • Nama-nama yang dapat salah diartikan sebagai kontributor lainnya.
      Jika ada orang lain yang sudah menggunakan nama yang Anda inginkan, secara sederhana: jangan gunakan nama itu. Gunakan cara lain, misalnya, jika ada orang lain yang kebetulan memiliki nama yang sama dengan Anda, tambahkanlah nama tengah Anda ataupun inisial Anda atau cara lain yang pada intinya secara jelas membedakan antara Anda dengan orang tersebut.
      Nama pengguna yang digunakan untuk meniru-nirukan pengguna yang sah dapat langsung diblokir.
    • Istilah-istilah Wikipedia.
      Komponen nama pengguna yang dilarang adalah termasuk, tapi tidak terbatas terhadap kata-kata yang menyerupai sebagai berikut, baik dalam bahasa Inggris, bahasa Indonesia, maupun bahasa lainnya:
      • Jabatan resmi Wikipedia atau nama peranan yang lebih tinggi dari pengguna biasa.
        Yang termasuk dalam poin ini adalah nama-nama seperti "Pengurus", "Administrator", "Admin", "System Operator", "Sysop", atau "Moderator"
      • "Rollback", "Revert", "Edit war", "POV"
      • Istilah dalam proses penyuntingan.
        Misalnya, "Hapus", "Muatkan", "Pindahkan", atau "Alihkan" ("Delete", "Upload", "Pagemove", atau "Redirect").
      • Nama-nama yang memberikan kesan bahwa Anda bermaksud untuk membuat masalah.
        Contoh: "Vandal", "Perusak", "Hacker", "Spammer", ataupun "Troll". Ini termasuk nama-nama yang mungkin merujuk kepada piranti lunak perusak seperti "Virus" atau "Trojan horse".
      • Nama-nama yang mengandung istilah-istilah Bot.
        Misalnya nama-nama yang mengandung "Bot", "Robot", "Script", "Initialize", "Automated", "Daemon", dan lain-lain, kecuali nama tersebut memang betul-betul akan digunakan sebagai akun bot yang sah. Nama-nama yang mengandung implikasi bot dapat diblokir, dan pengguna yang bersangkutan dapat diminta untuk menghubungi Pengurus untuk mengkonfirmasikan apakah akun tersebut betul-betul sebuah akun bot.
      • Istilah-istilah teknis.
        Seperti tombol toolbar atau namespace. Istilah-istilah ini mungkin membingungkan bagi pengguna yang tidak berpengalaman ataupun pengguna yang tidak memiliki kapasitas sebagaimana pengguna normalnya.
      • Istilah-istilah Wikipedia lainnya.
        Istilah-istilah yang mungkin dapat membingungkan pengguna baru atau pengguna lainnya karena memiliki kesamaan dengan istilah di Wikipedia yang umum digunakan.
    • Juga, hati-hati akan huruf-huruf kapital dari i, huruf kecil dari L, dan nomor 1, yang dapat kelihatan sama (I/l/1) di beberapa jenis font. Contoh lain adalah huruf O dan nomor 0 (O/o/0). Penggunaan huruf-huruf tersebut yang bisa menyesatkan adalah sangat tidak dianjurkan, mengingat penyalahgunaan yang pernah terjadi di masa lalu.
    • Nama-nama dari orang-orang terkenal yang masih hidup maupun baru meninggal, seperti Rhoma Irama, Gus Dur, Billy Syahputra, Raffi Ahmad atau Edi Sudradjat, tidak boleh digunakan kecuali Andalah memang sungguh-sungguh orang tersebut yang dapat secara sah mengklaim "keterkenalan" tersebut. Jika memang Anda adalah "orangnya", maka nyatakanlah itu di halaman pengguna Anda. Jika Pengurus mendapati ketidakyakinan akan akun-akun ini, maka Pengurus dapat memblokirnya sambil menunggu konfirmasi akan keabsahan penggunaan nama tersebut.
    • Nama-nama yang terdiri dari huruf/angka/karakter acak atau merupakan pengulang-ulangan dari huruf tertentu.
    • Nama yang sangat panjang.
    • Nama-nama yang menyerupai alamat IP.
      Termasuk alamat IP yang tidak sah seperti xxx.xxx.xxx.xx.xx atau xxx.xxx.xxx.xx, atau nomor IP yang melebihi jangkauan seperti 256.889.72.0.
  2. Nama-nama yang menghasut
    Wikipedia tidak mengizinkan nama-nama pengguna yang mungkin dapat diartikan menghasut ataupun menyerang. Nama-nama seperti ini merupakan nama-nama yang mungkin mengecilkan hati kontributor lainnya, dan mengacaukan/mengganggu tujuan utama kita untuk membuat sebuah ensiklopedia. Nama-nama yang dilarang ini dapat merupakan atau mengandung:
    • kebencian atau kekerasan.
      • Termasuk kekerasan ataupun tindakan-tindakan ilegal, seperti terorisme atau organisasi kejahatan.
      • Nama-nama yang merupakan simbol kebencian termasuk figur/peristiwa historis yang dapat diasosiasikan demikian.
    • penghinaan atau penistaan.
    • simbol dari kebencian.
    • istilah seksual ataupun kelamin , misalnya "Ejakulasi", "Masturbasi", "Orgasme", dll.
    • istilah dalam fungsi reproduksi atau fungsi pembuangan, misalnya "Penis", "Anus", dll.
    • nama-nama penyakit ataupun cacat fisik, misalnya AIDS, amputasi, dan lain-lain
    • kata-kata tidak senonoh atau cabul (dalam bahasa apa pun).
    • figur religius seperti "Tuhan", "YHWH/Yahweh/Yehuwa/Jahowa/Jehovah", "Buddha, atau "Allah", yang mungkin mengusik kepercayaan orang lain
    • sudut pandang yang menghasut atau kontroversial.
    • ejaan (atau salah ejaan) dari semua jenis nama yang dilarang di atas dalam bahasa Leet, seperti "cr34+1v3 sub5717u710nz" (creative substitutions).
  3. Nama-nama pengguna yang bersifat memfitnah.
    Nama-nama pengguna seperti ini dilarang di Wikipedia. Secara khusus, nama pengguna di Wikipedia bukanlah alat untuk menyerang orang lain yang tidak sependapat dengan Anda. Nama pengguna tidaklah boleh digunakan untuk memfitnah seseorang, perusahaan, atau kelompok, tanpa memperhatikan apakah mereka menyunting Wikipedia atau tidak. Nama-nama pengguna juga tidak boleh digunakan untuk membocorkan informasi pribadi dari pengguna lainnya. Nama-nama ini dapat termasuk nama yang dibuat mirip dengan nomor telepon, nomor identitas, ataupun nama jalan.
  4. Nama-nama pengguna yang mirip dengan nama yang pernah melakukan vandalisme.
    Nama-nama yang mirip dengan nama-nama yang dahulu pernah digunakan sebagai tanda tangan oleh pevandal kemungkinan akan diblokir.
  5. Nama-nama pengguna yang meniru-nirukan nama pengguna terdaftar lainnya yang sah.
    Wikipedia telah memiliki pengalaman mengenai para pendaftar yang sengaja mendaftarkan dirinya dengan nama yang meniru-niru pengguna terdaftar yang sah lainnya, khususnya nama-nama pengurus.
  6. Nama-nama pengguna yang mempromosikan suatu organisasi.
    Nama-nama yang mirip dengan nama dari organisasi komersial maupun non-komersial, kelompok tertentu di dunia nyata maupun maya sangat tidak diharapkan dan dapat diblokir. Organisasi komersial pada umumnya berbentuk perusahaan, atau organisasi yang bekerja dengan mencari keuntungan. Organisasi non-komersial bisa berupa yayasan sosial, kelompok lingkungan, dan lain-lain.
    Yang termasuk di dalam kategori ini namun tidak terbatas di dalamnya adalah nama-nama: Stasiun radio, Sekolah, Universitas, Situs web, Biro jasa, dll.
    Jika Anda ingin mengganti nama Anda, silakan mengajukan permohonan di Wikipedia:Perubahan nama pengguna/Permohonan.
  7. Alamat email.
    Sejak 26 September 2006, perangkat lunak MediaWiki telah diubah sehingga pengguna tidak dapat mendaftarkan sebuah nama pengguna dengan tanda "@". Nama-nama pengguna yang telah menggunakan tanda "@" tidak diblokir, tetapi disarankan untuk mengganti nama pengguna mereka.
  8. Merek dagang.
    Merek-merek dagang, misalnya nama-nama tim olah raga, tidak boleh digunakan sebagai nama pengguna.
  • Untuk pengguna baru yang sedang mempertimbangkan nama yang akan digunakan, lihat pula Log pemblokiran dan cari "tak layak" melalui penjelajah Anda untuk nama-nama yang sebaiknya dihindari karena akan segera diblok.

Nama-nama yang dilarang seperti di atas, dapat langsung diblokir atas keputusan Pengurus atau atas usulan pengguna terdaftar lainnya. Tentu saja, bila pengguna yang bersangkutan dianggap merupakan kontributor yang baik, Pengurus dapat menyarankan agar mengganti namanya. Namun bila yang bersangkutan menolak, sementara namanya merupakan nama yang dianggap mengganggu komunitas, maka Pengurus dapat melakukan pemblokiran. Lihat juga bagian "pelanggaran kebijakan" di bawah.

Mengubah nama pengguna yang dilarang

Jika cukup banyak pengguna lain yang mengeluh tentang nama pengguna Anda (melalui halaman pembicaraan, mailing list, atau bahkan Meta-Wikipedia), seorang Birokrat dapat mengubahnya. Baik keluhan maupun perubahan nama tidaklah dapat dilakukan secara sewenang-wenang. Namun demikian, nama-nama pengguna yang dianggap vulgar (menghina, menyerang, mengganggu) bagi sejumlah besar pengguna akan langsung diganti, tetap dengan pemberitahuan, tapi tanpa perlu dimohonkan.

Para kontributor yang kooperatif normalnya hanya perlu diberitahu mengenai kebijakan Wikipedia melalui sebuah pesan di halaman pembicaraan mereka. Perubahan sukarela (malalui halaman Wikipedia:Perubahan nama pengguna) adalah lebih diharapkan. Ingat, para pengguna dari beragam negara dan/atau usia, mungkin melakukan kesalahan dalam memilih nama -- hanya saja perlu diingat bahwa "pemblokiran segera" dapat menakuti para pengguna baru yang memiliki niat baik.

Ketika suatu perubahan harus dipaksakan, kita sebelumnya harus mendiskusikan terlebih dahulu. Tempatnya bisa di halaman pengguna yang bersangkutan, sub-halamannya, di Wikipedia:Warung Kopi, atau di sebuah halaman diskusi khusus. Si pengguna itu sendiri harus diusahakan agar mengetahui akan diskusi ini.

Untuk kasus-kasus kontroversial di mana si pengguna melakukan penyuntingan secara aktif, keputusan dapat diambil dalam satu atau dua hari. Kasus yang lebih kontroversial di mana si pengguna jarang menyunting, keputusan mungkin baru dapat diambil setelah satu minggu.

Setelah waktu yang cukup untuk diskusi, seorang pengurus dapat mengambil keputusan akan nama pengguna yang dipertanyakan itu. Pengurus boleh mengambil tindakan hanya jika konsensus terbanyak (mayoritas sederhana, separuh ditambah satu suara) menyatakan bahwa nama tersebut tidak pantas/tidak tepat/terlarang. Keputusan ini akan membawa kepada tindakan pemblokiran nama pengguna tersebut (lihat Wikipedia:Kebijakan pemblokiran).

Namun demikian, Pengurus dapat saja memblokir suatu nama pengguna dengan segera. Laporan mengenai nama pengguna yang secara nyata-nyata memang vulgar (mengganggu/menghina/menyerang) dapat dilaporkan di halaman Warung Kopi atau di halaman pembicaraan salah satu Pengurus.

Mempergunakan lebih dari satu akun pengguna

Sangat direkomendasikan agar para pengguna tidak mempergunakan lebih dari satu nama pengguna, kecuali mereka memiliki alasan yang sangat baik. Kami menyebut nama-nama pengguna seperti ini sebagai Pengguna Siluman. Penjelasan lebih lanjut, lihat di Wikipedia:Pengguna siluman.

Menghapus akun pengguna Anda

Akun pengguna yang sudah memiliki kontribusi tidak dapat dihapus karena tindakan penghapusan akan dapat mengizinkan pengguna lain untuk menggunakan nama pengguna tersebut, dan mengklaim bahwa dialah pemilik dari rekam jejak yang sudah ada.

Jika Anda memutuskan setelah membuat suatu akun, khususnya jika Anda melakukannya menggunakan nama asli Anda, bahwa Anda lebih suka tidak diketahui nama asli Anda, Anda dapat meminta agar nama pengguna tersebut diganti. Silakan memohonkannya di Wikipedia:Perubahan nama pengguna, atau dengan menghubungi salah satu Birokrat. Ketika telah dilakukan, kontribusi Anda akan melekat kepada nama yang baru itu.

Anda dapat juga meminta agar nama pengguna dan halaman pembicaraan Anda dihapuskan.

Halaman pembicaraan yang telah Anda tanda tangani akan tetap dalam nama pengguna yang lama dan hanya bisa diganti secara manual di setiap halamannya. Jika Anda benar-benar ingin agar nama asli Anda tidak ada lagi di situs tersebut, Anda dapat menyunting halaman-halaman itu untuk menghapuskan tanda tangan Anda. Cara termudah untuk menemukan tanda tangan Anda dengan mengklik "Pranala ke halaman ini" dari halaman pengguna Anda. Saat ini tidak ada cara untuk menghilangkan tanda tangan dari revisi terdahulu di "versi terdahulu".

Lihat pula: (Inggris) Right to vanish (Hak untuk menghilangkan jejak)

Pelanggaran kebijakan

1. Nama pengguna yang melanggar kebijakan untuk mereka yang merupakan:

  • Kontributor yang dianggap cukup baik
    (Alternatif tindakan: perubahan nama pengguna (direkomendasikan) atau pemblokiran)
    Untuk pengguna yang dianggap telah memberikan kontribusi yang baik, maka pengurus atau pengguna terdaftar lainnya dapat sebelumnya meminta agar pengguna yang bersangkutan mengajukan penggantian nama kepada Birokrat di halaman Wikipedia:Perubahan nama pengguna.
    Anda juga dapat menambahkan peringatan {{Nama terlarang}} di halaman pembicaraan mereka (NB: lihat halaman templat untuk daftar parameter).
Ini diperlukan karena kita tidak ingin menakuti seorang pengguna yang merupakan kontributor yang baik.
Namun demikian, bila pengguna tersebut bersikeras tidak mau mengganti nama atau dalam waktu 1 minggu tidak menanggapi permintaan pengurus tersebut, maka pengurus dapat memblokir nama tersebut untuk selamanya.
  • Pelaku vandal
    Bila pengguna tersebut nyata-nyata melakukan vandalisme, maka pengguna tersebut langsung diblokir untuk selamanya, dengan alasan, menggunakan nama pengguna yang terlarang dan ditambah lagi dengan melakukan vandalisme.

2. Pembuatan tanda tangan yang melanggar kebijakan, memiliki konsekuensi yang sama dengan nama pengguna yang melanggar kebijakan di atas.

Pemblokiran

Pengguna yang diblokir dan karena berlalunya waktu (pemblokiran setelah 1 minggu peringatan yang tidak ditanggapi) tidak berkesempatan untuk "membela diri" atau "meminta perubahan nama", dapat melakukannya hanya di halaman pembicaraan pengguna mereka sendiri. Pengurus dapat menilai keabsahan permintaan ini dan bila dianggap tepat dapat dilakukan pembatalan pemblokiran.

Usulan rekomendasi perubahan nama

Selain sikap aktif Pengurus, seorang pengguna terdaftar sebagai individual dapat mengusulkan agar komunitas dan pengurus merekomendasikan kepada seorang pengguna lainnya agar mengganti nama penggunanya atas alasan merupakan nama yang dilarang ataupun nama yang dianggap berpotensi membingungkan atau mengganggu.

Usulan tersebut dapat disampaikan di halaman Wikipedia:Perubahan nama pengguna/Usulan.

Nama yang diusulkan, yang nyata-nyata merupakan pelanggaran terhadap kebijakan nama yang dilarang, dapat langsung diambil tindakan sesuai kebijakan di atas. Usulan lainnya harus diambil keputusan berdasarkan konsensus. Seperti telah dijelaskan, garis batas antara nama pengguna yang dapat diterima dan tidak, dilontarkan oleh "yang memandang nama tersebut tidak dapat diterima", bukan oleh si pemilik nama, namun adalah wajib bagi siapapun untuk tidak mencari-cari kesalahan orang lain.

Sebagaimana lazimnya dilakukan di Wikipedia Indonesia, pemungutan suara akan dilaksanakan selama satu minggu, untuk memilih apakah komunitas dan pengurus akan merekomendasikan agar nama pengguna yang direkomendasikan itu akan diminta untuk diganti. Bila usulan itu disetujui melalui suara mayoritas sederhana (lebih dari 50%), maka komunitas akan mengusulkan kepada pengguna tersebut untuk mengganti nama. Pemblokiran atas nama komunitas dapat dilakukan terhadap pengguna yang telah diminta untuk mengganti nama, tetapi tidak menanggapi atau membandel.

Lihat pula