Reproduksi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Reproduksi, perkembangbiakan atau pembiakan adalah proses biologis suatu individu untuk menghasilkan individu baru.[1] Reproduksi merupakan cara dasar mempertahankan diri yang dilakukan oleh semua bentuk kehidupan oleh pendahulu setiap individu organisme untuk menghasilkan suatu generasi selanjutnya. Cara reproduksi secara umum dibagi menjadi dua jenis, yakni reproduksi seksual dan reproduksi aseksual.

Reproduksi seksual[sunting | sunting sumber]

Reproduksi seksual membutuhkan keterlibatan dua individu yang biasanya dilakukan jenis kelamin yang berbeda. Reproduksi pada manusia normal adalah contoh umum reproduksi seksual. Secara umum, organisme yang lebih kompleks melakukan reproduksi secara seksual, sedangkan organisme yang lebih sederhana seperti makhluk bersel satu seperti amuba melakukan reproduksi secara aseksual dengan cara membela dirinya.

Reproduksi aseksual[sunting | sunting sumber]

Dalam reproduksi aseksual, suatu individu dapat melakukan reproduksi tanpa keterlibatan individu lain dari spesies yang sama. Pembelahan pada sel bakteri menjadi dua sel anak adalah contoh dari reproduksi aseksual. Walaupun demikian, reproduksi aseksual tidak dibatasi kepada organisme bersel satu. Kebanyakan tumbuhan juga memiliki kemampuan untuk melakukan reproduksi aseksual.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gonnick, Larry Kartun Riwayat Peradaban Jilid I. September 2006. KPG. ISBN 979-9100-51-8

Pranala luar[sunting | sunting sumber]