Wikipedia:Aturan yang disederhanakan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Prinsip dasar Wikipedia
Pancapilar Prinsip dasar proyek Aturan yang disederhanakan Daftar kebijakan dan pedoman Pernyataan pendiri
Dasar-dasar Wikipedia Ringkasan konvensi Wikipedia Daftar lengkap kebijakan resmi Prinsip Yayasan Wikimedia Awal sejarah
Informasi dasar Wikipedia
Selamat datang
Siapa penulis Wikipedia
Berkontribusi untuk Wikipedia
Menyunting sebuah halaman
Artikel pertama Anda
Aturan yang disederhanakan
Pancapilar!
Hubungi kami
Tutorial
Markah wiki
Pengantar
Tanya jawab
Bantuan:Isi

Wikipedia adalah sebuah proses berkelanjutan, tanpa akhir. Apa yang Anda tulis akan terus ada selama berabad-abad. Bahkan penghapusan tetap terekam, sehingga apa pun yang Anda lakukan di sini akan tetap menjadi bagian dari Wikipedia selamanya. Tapi jangan khawatir! Selagi melakukan penyuntingan, ingatlah selalu akan hal-hal yang dijelaskan di bawah ini, dan Anda akan melakukan kontribusi yang efektif di proyek ini.

Sasaran utama Wikipedia adalah untuk menciptakan ensiklopedia yang berkualitas tinggi, dan rata-rata halaman merupakan artikel ensiklopedia. Namun demikian, karena belum ada struktur kebijakan resmi yang mengatur mengenai kualitas setiap artikel atau topik, komunitas Wikipedia telah mengembangkan sendiri aturan, prosedur, dan penilaian, yang keseluruhannya akan terus berevolusi. Beberapa dari penilaian di sini bersifat informal, dan Anda akan mempelajarinya dari mengamati, bertanya, ataupun diberitahu oleh penyunting lainnya. Beberapa lainnya bersifat formal (dan judul halaman tersebut didahului oleh "Wikipedia:", seperti halaman ini). Ada beberapa aturan Wikipedia yang bersifat sangat penting. Aturan-aturan ini kebanyakan adalah pengertian bersama yang menghormati bagaimana Wikipedia bekerja dan apa yang hendak dicapainya. Aturan-aturan ini akan membantu kita untuk menghindari atau menyelesaikan konflik mengenai isi artikel, dan juga akan memandu kita dalam usaha kita yang terus menerus untuk meningkatkan kualitas artikel.

Jika Anda mengikuti tindak-tanduk ini, Anda akan diperlakukan dengan baik dan hormat. Seiring dengan bertambahnya pengalaman, Anda akan mempelajari beberapa pedoman tambahan mengenai pemformatan, cara-cara mudah untuk melakukan segala sesuatu, dan sebagainya. Tapi jangan khawatir jika Anda tidak mengerti pada mulanya. Seseorang akan membantu memperbaiki suntingan Anda, dan, seiring berjalannya waktu, Anda akan mempelajari lebih lanjut seluk beluk mengenai bagaimana menjadi seorang ensiklopedis!

Tidak ada aturan yang terlalu keras, selain sekumpulan pedoman yang dapat Anda ikuti. Anda mungkin akan menemui pengguna yang tidak mengikuti pedoman-pedoman itu, tetapi mungkin masih dapat diterima menurut kebijakan Wikipedia. Pedoman "bersikap ramah" akan berlaku dalam situasi itu. Dalam banyak kasus, penyunting baru -yang diberi informasi dengan baik dan memiliki maksud baik- akan melakukan penyuntingan bersama dan mencari jalan bersama untuk meningkatkan kualitas suatu artikel.

Pedoman untuk menulis artikel berkualitas[sunting | sunting sumber]

Pemastian[sunting | sunting sumber]

Isi dari setiap artikel harus pernah dipublikasikan oleh sumber yang terpercaya. Para editor yang menambahkan informasi baru kepada suatu artikel harus menyebutkan sumber yang terpercaya untuk informasi tersebut, bila tidak, informasi itu dapat dihapuskan oleh siapa pun. Menyebutkan sumber ini adalah menjadi kewajiban dari mereka yang menambahkan suatu informasi, bukan dari mereka yang kemudian menghapuskan informasi tersebut.

Bukan riset asli[sunting | sunting sumber]

Artikel tidak boleh berisikan argumen, konsep, data, gagasan, pernyataan, atau teori-teori yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Lebih lanjut, artikel tidak boleh berisikan analisa atau sintesa yang baru dan belum dapat dibuktikan kebenarannya.

Perilaku yang aman[sunting | sunting sumber]

Pedoman-pedoman di bawah perilaku yang sopan adalah sekilas kumpulan peraturan mengenai keamanan. Ikuti pedoman-pedoman perilaku ini, dan Anda kemungkinan tidak akan mengalami masalah.

Jangan ragu![sunting | sunting sumber]

Jangan ragu menyunting artikel. Silakan saja, ini adalah sebuah wiki!
Dorong semua orang untuk menyunting, termasuk mereka yang tidak setuju dengan Anda, agar jangan ragu!

Berlaku sopan[sunting | sunting sumber]

Berlakulah sopan kepada setiap orang di setiap waktu dan kesempatan

Abaikan semua aturan[sunting | sunting sumber]

Jika sebuah aturan menghalangi Anda untuk memperbaiki atau meningkatkan Wikipedia, secara sederhana: abaikan saja.

Ketika ragu-ragu, bicarakan di halaman diskusi[sunting | sunting sumber]

Kita memiliki semua waktu di dunia. Saling menghormati adalah pedoman dasar perilaku di Wikipedia dan, walaupun setiap orang mengetahui bahwa tulisan mereka mungkin disunting tanpa kenal ampun, adalah lebih mudah untuk menerima perubahan jika alasan penyuntingan besar-besaran itu dapat dimengerti. Jika Anda membicarakan terlebih dahulu di halaman diskusi (atau pembicaraan) sebelum melakukan pengubahan, Anda akan mendapatkan konsensus lebih cepat dan lebih menyenangkan.

Ringkasan penyuntingan[sunting | sunting sumber]

Penjelasan yang jelas dan transparan akan sangat dihargai secara universal. Para pengguna lainnya perlu untuk mengerti apa yang Anda sumbangkan. Lebih lanjut, membuat ringkasan juga akan membantu Anda untuk mengerti apa yang Anda sendiri lakukan saat Anda kembali ke artikel tersebut setelah waktu yang lama. Nyatakan apa yang Anda ubah dan mengapa. Jika penjelasan itu akan terlalu panjang, nyatakanlah di halaman pembicaraan. Karena prinsip dasar Wikipedia mengizinkan siapapun untuk menyunting, maka banyak sekali perubahan yang perlu diamati. Ringkasan suntingan akan mempermudah pekerjaan ini.

Asumsikan niat baik[sunting | sunting sumber]

Dengan kata lain, anggaplah setiap orang merupakan seorang pemikir rasional yang bersama-sama hendak berkontribusi secara positif di Wikipedia. Dalam sembilan puluh persen waktu, Anda akan menemukan bahwa mereka sebetulnya berkontribusi dengan niat baik (dan tidakkah Anda akan terlihat bodoh jika Anda menuduh mereka negatif).

Pastinya, jangan mengembalikan suntingan yang dilakukan dengan niat baik[sunting | sunting sumber]

Mengembalikan suntingan terkadang terlihat terlalu dipaksakan, dan oleh karenanya muncul kebijakan aturan tiga kali pengembalian. Jangan jatuh terhadap godaan untuk mengembalikan, kecuali Anda hendak mengembalikan vandalisme yang sangat terang-terangan (seperti "LALALALAL*&*@@THIS_SUX0RZsammygoo", atau ada yang mengubah "4+5=9" menjadi "4+5=30"). Jika Anda betul-betul tidak dapat menerima suatu suntingan, kembalikanlah sekali dengan ringkasan suntingan seperti "(rv) Saya sangat tidak setuju. Lihat penjelasan saya di halaman diskusi." dan segera tuliskan alasan ketidaksetujuan Anda di halaman diskusinya.

Berlakulah sangat ramah[sunting | sunting sumber]

Berbesar hatilah dalam menerima segala masukan, berhati-hatilah dalam apa yang Anda lakukan. Cobalah untuk selalu berbesar hati menerima gaya orang lain, bersikap sopan, dan berterus terang.

Tanda tangan[sunting | sunting sumber]

Selalu tanda tangani komentar/pendapat/pesan Anda di halaman diskusi (pembicaraan), tapi jangan meletakkan tanda tangan di artikel utamanya. Cara menandatangani adalah dengan menggunakan ~~~~ yang akan secara otomatis menghasilkan nama pengguna Anda dan waktu penyimpanan.

Gunakan tombol Lihat pratayang[sunting | sunting sumber]

Hal ini akan mencegah terlalu banyaknya versi terdahulu sebuah halaman dan mempersulit mencari suatu sejarah.

Jangan melanggar hak cipta[sunting | sunting sumber]

Wikipedia menggunakan sistem Lisensi Dokumen Bebas GNU. Apapun yang Anda kontribusikan harus berkesesuaian dengan lisensi ini. Lagi pula, jika Wikipedia dituntut seseorang, kita akan harus mengeluarkan uang untuk biaya hukum, padahal bisa digunakan untuk lebih mengembangkan proyek ensiklopedia ini.