Wikipedia:Menyunting sebuah halaman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gtk-redo-ltr.svg WP:MSH
Semudah ini
Informasi dasar Wikipedia
Selamat datang
Siapa penulis Wikipedia
Berkontribusi untuk Wikipedia
Menyunting sebuah halaman
Artikel pertama Anda
Aturan yang disederhanakan
Pancapilar!
Hubungi kami
Tutorial
Markah wiki
Pengantar
Tanya jawab
Bantuan:Isi

Wikipedia adalah sebuah wiki, yang berarti siapa pun dapat menyunting artikel yang tidak dilindungi. Jika tertarik, silakan coba bak pasir di sini.

Menyunting sebuah halaman Wiki itu mudah: Klik saja tab sunting di bagian atas (atau link sunting di sebelah kanan atau bawah) sebuah halaman Wiki. Ini akan membawa Anda ke sebuah halaman dengan kotak teks yang berisi teks yang dapat diedit untuk halaman itu. (Jika Anda hanya ingin bereksperimen, lakukan di halaman bak pasir kami, bukan di sini. Anda dapat membuka bak pasir di window atau tab lain agar dapat melihat teks ini dan hasil percobaan Anda di bak pasir.)

Mulailah mengetik, dan kemudian tuliskan ringkasan suntingan pendek di ruang kecil di bawah kotak penyuntingan. Klik Lihat pratayang untuk melihat bagaimana perubahan Anda akan diterapkan, lalu tekan "Simpan halaman". Tergantung sistem Anda, menekan "Enter" ketika kotak penyuntingan tidak aktif (ketika tidak ada kursor mengetik di dalamnya) mungkin mempunyai efek yang sama dengan menekan tombol "Simpan halaman". Berkontribusilah positif dengan menulis hanya informasi yang benar-benar berguna bagi orang lain.

Anda juga dapat mengklik tab "diskusi" (atau link "Diskusikan halaman ini") untuk melihat halaman halaman pembicaraan yang bersangkutan, yang berisi komentar-komentar tentang halaman tersebut dari pengguna Wikipedia yang lainnya. Klik pada tab "+" (atau "Sunting halaman ini") untuk menambah komentar Anda.

Informasi lebih lanjut mengenai pengeditan halaman wiki

Halaman ini adalah sebuah referensi mengenai markup wiki. Anda mungkin perlu juga mengetahui tentang:

Tips dalam menyunting artikel-artikel Wikipedia

Harap diingat agar menulis artikel dari sudut pandang yang netral (neutral point of view/NPOV), dan berikan sumber-sumber tulisan Anda agar orang lain dapat memeriksa dan memperpanjang tulisan Anda.

Jika pada saat penyuntingan Anda ingin melihat versi saat ini lagi, buka "Batalkan" di window baru. Ini tidak akan membatalkan penyuntingan Anda.

Setelah memulai halaman baru, merupakan hal yang baik jika Anda:

  • Dengan halaman tulisan Anda ditampilkan, menggunakan Pranala ke halaman ini untuk memeriksa artikel-artikel yang telah mempunyai pranala ke halaman Anda, dan memastikan mereka semua mengharapkan penjelasan yang sama dengan apa yang telah Anda berikan;
  • Menggunakan tombol "Cari" untuk menampilkan halaman pencarian Google terhadap Wikipedia untuk judul topik Anda (dan mungkin juga variasi-variasi judulnya), untuk mencari artikel yang memuat topik Anda, dan membuat pranala jika diperlukan;
  • Memeriksa apakah ada artikel-artikel yang bersangkutan di Wikipedia bahasa lain yang bisa Anda baca.

Membuat artikel yang Anda buat dapat dicari orang lain

Jika Anda membuat artikel baru, Anda tentu saja mengharapkan artikel yang Anda buat dapat dicari dengan mudah oleh pengguna lain. Buatlah pranala ke artikel yang Anda buat dari artikel-artikel yang lain sebanyak mungkin, tentu saja dari artikel-artikel yang berhubungan. Apabila artikel Anda tidak memiliki link dari artikel mana pun juga (hal ini dinamakan sebagai "halaman tak bertuan" atau lonely pages), sangat kecil kemungkinan artikel yang Anda buat dibaca pengguna lain. Contohnya: artikel A-10 Thunderbolt II tidak memiliki link dari artikel mana pun. Dikarenakan hal teknis suatu artikel baru belum dapat dimasukkan dalam hasil pencarian karena memerlukan proses update basis data terlebih dahulu, sehingga kemungkinan kecil artikel itu muncul dalam pencarian (search) "Thunderbolt". Untuk dapat mengakses artikel itu secara langsung dengan mengetik pada url atau alamat web, pengguna harus mengetik secara persis nama artikel tersebut. (A-10 Thunderbolt II tidak sama dengan a-10 thunderbolt II atau Thunderbolt II atau A-10 thunderbolt II dan sebagainya).

Membuat pranala

Buatlah pranala penghubung pada artikel yang Anda buat sebisa mungkin. (lihat Wikipedia:Wikifisasi) Tapi harap diperhatikan bahwa pranala yang Anda buat haruslah sah bahwa artikel yang dituju itu benar dan sebisa mungkin telah ada. Artikel yang tidak mempunyai pranala (dinamakan dengan "halaman buntu" atau dead-end pages dalam bahasa Inggris) dan tidak akan dihitung sebagai artikel yang sah dalam statistik jumlah artikel.

Membuat pengalihan

Dalam membuat pengalihan atau redirect harap diperhatikan agar artikel yang dituju bukan merupakan artikel pengalihan juga (hal ini dinamakan pengalihan berganda atau "double redirect"). Harap diperhatikan juga bahwa artikel yang dituju haruslah ada. (pengalihan ke artikel yang belum ada dinamakan pengalihan halaman rusak atau "broken redirects"). Lihat Wikipedia:Pengalihan.

Masa timeout 60-detik pada browser Safari

Jika Anda menggunakan browser Safari pada Mac OS X, Anda mungkin akan menyadari bahwa masa timeout 60-detik pada browser lebih pendek daripada jumlah waktu yang diperlukan agar hasil suntingan Anda dapat dipastikan, terutama ketika beban server sedang tinggi. Mengklik "Simpan" sekali lagi akan membuat suntingan kembali dilakukan, yang bisa berakibat buruk jika Anda hanya melakukan suntingan pada suatu bagian. Anda mungkin ingin menginstall SafariNoTimeout, sebuah extension gratis yang bisa menambah masa timeout dari 60 detik menjadi 10 menit. Safari juga mempunyai plug-in Saft yang memperbolehkan Anda untuk mengubah masa timeout, tetapi ini tidak gratis.

Suntingan kecil

Lihat pula Bantuan:Suntingan kecil

Ketika menyunting sebuah halaman, seorang pengguna yang telah login dapat menandai suntingan tersebut sebagai suntingan "kecil". Suntingan kecil biasanya berupa koreksi ejaan, pemformatan, dan penataan kembali teks yang kecil. Anda dapat menyembunyikan suntingan kecil ketika melihat Perubahan terbaru. Menandai perubahan yang besar sebagai sebuah suntingan kecil merupakan suatu perbuatan yang kurang baik, apalagi jika ia melibatkan penghapusan banyak teks. Jika seseorang telah secara tidak sengaja menandai sebuah suntingan sebagai suntingan kecil, orang tersebut harus kembali menyunting sumber halaman (page source) itu sekali lagi dan menandai suntingan itu sebagai besar (atau sebenarnya hanya perlu menghapus tanda cek pada bagian "Tandai sebagai suntingan kecil."), dan tuliskan bahwa perubahan sebelumnya merupakan suntingan besar di bagian Ringkasan.

Markah wiki

Tujuan Anda mengetik Anda mendapat
Dapat diterapkan di manapun
Cetak tebal '''cetak tebal''' cetak tebal
Cetak miring ''cetak miring'' cetak miring
Cetak tebal dan miring '''''cetak tebal dan miring''''' cetak tebal dan miring
Pranala internal
(di dalam Wikipedia)

[[judul halaman]]
[[judul halaman|teks tampilan]]

judul halaman
teks tampilan

Pranala luar
(ke situs lain)

[http://www.contoh.org]
[http://www.contoh.org teks tampilan]
http://www.contoh.org

[1]
teks tampilan
http://www.contoh.org

Tanda tangan Anda
di halaman pembicaraan

~~~~

Nama Pengguna Anda 09.47,
23 September 2014 (UTC)

Pengalihan ke halaman lain #ALIH [[Halaman tujuan]] #ALIHHalaman tujuan
Hanya diterapkan pada awal baris
Subbagian

== Tingkat 1 ==
=== Tingkat 2 ===
==== Tingkat 3 ====
===== Tingkat 4 =====

Tingkat 1

Tingkat 2

Tingkat 3

Tingkat 4
Daftar biasa

* satu
* dua
** dua titik satu
* tiga

  • satu
  • dua
    • dua titik satu
  • tiga
Daftar bernomor

# satu
# dua
## dua titik satu
# tiga

  1. satu
  2. dua
    1. dua titik satu
  3. tiga
Gambar kecil
(thumbnail)

[[Berkas:Contoh.jpg|thumb|Teks keterangan]]

Teks keterangan

Pranala luar

Lihat pula