Wikipedia:Halaman yang dilindungi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Terkadang, suatu halaman sering menjadi atau dianggap berpotensial menjadi target vandalisme, sehingga perlu dilindungi dari perubahan/penyuntingan. Para Pengurus mempunyai hak untuk "melindungi" halaman atau gambar sehingga mereka tidak dapat diubah selain oleh pengurus (administrator) lainnya. Hak ini dapat digunakan dalam jangka waktu yang terbatas maupun tak terbatas.

Semi

Jika suatu halaman memiliki potensi menjadi target vandalisme tapi bukan merupakan salah satu halaman kritis, atau pengguna yang melakukan vandal di halaman tersebut hanyalah pengguna anonim dan pengguna baru, maka sebuah halaman dapat dipasangi semi-perlindungan, artinya hanya pengguna terdaftar yang telah otomatis dikonfirmasi (autoconfirmed) yang dapat menyunting halaman tersebut.

Kebijakan dalam melindungi sebuah halaman atau gambar

  1. Jangan menyunting halaman yang sementara ini dilindungi, kecuali untuk menambah pesan "halaman yang dilindungi".
  2. Jangan melindungi halaman di mana Anda sedang terlibat dalam perdebatan mengenainya.

Prosedur

  1. Lindungi halaman tersebut dan jelaskan sebabnya.
  2. Tambahkan {{lindungi}} (atau {{vlindungi}} untuk vandalisme) ke bagian atas halaman yang dilindungi untuk sementara waktu dan sebutkan perlindungan tersebut di bagian Ringkasan.
  3. Untuk perlindungan gambar, tambahkan {{glindungi}}.
  4. Daftarkan halaman yang telah Anda lindungi di Wikipedia:Halaman yang dilindungi; jika ia dilindungi karena suatu perdebatan, Anda mungkin mau menyenaraikan semua user name/IP yang terlibat dalam konflik tersebut.
  5. Pertimbangkan untuk mencari resolusi antara kedua pihak yang sedang berdebat.
  6. Keluarkan perlindungan (dan memberikan penjelasan) saat konflik sudah diselesaikan.
  7. Keluarkan {{lindungi}} dari bagian atas halaman yang tidak lagi dilindungi dan sebutkan pengeluaran tersebut di bagian Ringkasan.

Kebijakan melindungi halaman

Padlock.svg

Pengurus dapat melindungi artikel sehingga tidak dapat disunting atau dipindahkan, dan dihapus. Beberapa halaman dilindungi sepenuhnya, atau kadaluwarsa dalam waktu tertentu, perlindungan halaman dibuat untuk mencegah vandalisme berulang-ulang.

Jenis pelindungan:

  1. Pelindungan permanen - ruang nama MediaWiki dan Istimewa.
  2. Pelindungan penuh - melindungi halaman sehingga tidak dapat disunting oleh siapa pun kecuali para pengurus.
  3. Pelindungan sebagian - melindungi halaman sehingga tidak dapat disunting oleh pengguna yang belum di konfirmasi otomatis.
  4. Perlindungan dari pembuatan - mencegah agar halaman yang dihapus tidak dapat dibuat lagi.
  5. Perlindungan dari pemindahan - mencegah halaman dipindahkan.

Pelindungan permanen

Padlock-red.svg

Beberapa halaman Wikipedia secara permanen dilindungi oleh perangkat lunak MediaWiki dan Wikipedia, seperti halaman di ruang nama MediaWiki dan Istimewa, hanya para pengurus yang dapat menyunting halaman yang dilindungi secara permanen terkecuali halaman di ruang nama istimewa.

Pelindungan penuh

Padlock.svg

Halaman yang sepenuhnya dilindungi hanya dapat disunting oleh pengurus, seperti Halaman Utama dan foto Wikipedia, dan juga templat beresiko tinggi. Pelindungan penuh biasanya kadaluwarsa dalam waktu beberapa hari. Pelindungan ini dapat digunakan untuk mencegah penyuntingan oleh IP anon dan pengguna konfirmasi otomatis yang melakukan vandalisme.

Pelindungan sebagian

Padlock-silver.svg

Halaman dengan pelindungan sebagian hanya dapat disunting oleh pengguna yang sudah terkonfirmasi otomatis (termasuk pengurus) dan tidak dapat oleh pengguna anonim. Pelindungan-sebagian dipakai untuk melindungi halaman yang sering divandal oleh anon.

Perlindungan dari pembuatan

Padlock-skyblue.svg

Halaman yang masih belum dibuat mungkin dapat dilindungi, hal ini dilakukan untuk mencegah pembuatan artikel yang sudah dihapus berulang kali karena tidak layak, lihat Wikipedia:Kelayakan artikel.

Perlindungan dari pemindahan

Padlock-olive.svg

Beberapa artikel dilindungi sehingga tidak dapat dipindahkan kecuali oleh pengurus, perlindungan jenis ini mencegah terjadi vandalisme pemindahan halaman ke judul yang baru.

Perlindungan khusus

Padlock-black.svg

Pada kasus yang langka sekali, sebuah halaman dapat dilindungi oleh karyawan Yayasan Wikimedia. Halaman tidak dapat disunting selain oleh karyawan Wikimedia, hal ini dilakukan jika terjadi isu pelanggaran hak cipta.


Dilindungi secara penuh

Beberapa halaman di Wikipedia dilindungi secara penuh karena berbagai alasan. Lihat daftarnya di halaman ini.

Permintaan penyuntingan halaman yang dilindungi

Untuk meminta pengurus menyunting halaman yang dilindungi, gunakan templat {{Edit protected}} dalam halaman pembicaraan disertai dengan penjelasan lengkap tentang apa yang harus disunting oleh pengurus.

Lihat pula