Wikipedia:Kebijakan pelindungan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Padlock.svg

Pengurus dapat melindungi artikel sehingga tidak dapat disunting atau dipindahkan, dan dihapus. Beberapa halaman dilindungi sepenuhnya, atau kadaluwarsa dalam waktu tertentu, perlindungan halaman dibuat untuk mencegah vandalisme berulang-ulang.

Jenis pelindungan:

  1. Pelindungan permanen - ruang nama MediaWiki dan Istimewa.
  2. Pelindungan penuh - melindungi halaman sehingga tidak dapat disunting oleh siapa pun kecuali para pengurus.
  3. Pelindungan sebagian - melindungi halaman sehingga tidak dapat disunting oleh pengguna yang belum di konfirmasi otomatis.
  4. Perlindungan dari pembuatan - mencegah agar halaman yang dihapus tidak dapat dibuat lagi.
  5. Perlindungan dari pemindahan - mencegah halaman dipindahkan.

Pelindungan permanen[sunting | sunting sumber]

Padlock-red.svg

Beberapa halaman Wikipedia secara permanen dilindungi oleh perangkat lunak MediaWiki dan Wikipedia, seperti halaman di ruang nama MediaWiki dan Istimewa, hanya para pengurus yang dapat menyunting halaman yang dilindungi secara permanen terkecuali halaman di ruang nama istimewa.

Pelindungan penuh[sunting | sunting sumber]

Padlock.svg

Halaman yang sepenuhnya dilindungi hanya dapat disunting oleh pengurus, seperti Halaman Utama dan foto Wikipedia, dan juga templat beresiko tinggi. Pelindungan penuh biasanya kadaluwarsa dalam waktu beberapa hari. Pelindungan ini dapat digunakan untuk mencegah penyuntingan oleh IP anon dan pengguna konfirmasi otomatis yang melakukan vandalisme.

Pelindungan sebagian[sunting | sunting sumber]

Padlock-silver.svg

Halaman dengan pelindungan sebagian hanya dapat disunting oleh pengguna yang sudah terkonfirmasi otomatis (termasuk pengurus) dan tidak dapat oleh pengguna anonim. Pelindungan-sebagian dipakai untuk melindungi halaman yang sering divandal oleh anon.

Perlindungan dari pembuatan[sunting | sunting sumber]

Padlock-skyblue.svg

Halaman yang masih belum dibuat mungkin dapat dilindungi, hal ini dilakukan untuk mencegah pembuatan artikel yang sudah dihapus berkali-kali karena tidak layak, lihat Wikipedia:Kelayakan artikel.

Perlindungan dari pemindahan[sunting | sunting sumber]

Padlock-olive.svg

Beberapa artikel dilindungi sehingga tidak dapat dipindahkan kecuali oleh pengurus, perlindungan jenis ini mencegah terjadi vandalisme pemindahan halaman ke judul yang baru.

Perlindungan khusus[sunting | sunting sumber]

Padlock-black.svg

Pada kasus yang langka sekali, sebuah halaman dapat dilindungi oleh karyawan Yayasan Wikimedia. Halaman tidak dapat disunting selain oleh karyawan Wikimedia, hal ini dilakukan jika terjadi isu pelanggaran hak cipta.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]