Wikipedia:Tutorial (Pranala)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Perkenalan   Penyuntingan   Pemformatan   Pranala   Berkas/Gambar   Halaman pembicaraan   Ingatlah   Pendaftaran    

Pranala (Inggris: link) adalah sebuah tulisan (atau obyek) yang jika di-klik akan membawa kita ke halaman lain, baik dalam Wikipedia (pranala internal) maupun ke halaman lain di luar situs Wikipedia. Pranala membuat pengguna dapat berpindah antar halaman. Ada tiga jenis pranala yang dikenali oleh MediaWiki yaitu pranala internal, pranala interwiki, dan pranala luar, yang masing-masing memiliki format CSS tersendiri untuk membedakan satu dengan yang lainnya.


Pranala internal

Salah satu hal yang menjadikan Wikipedia cukup berguna adalah adanya "pranala internal", yang menghubungkan artikel dengan artikel lainnya dalam Wikipedia. Hal ini memungkinkan pembaca dapat mengakses informasi yang berhubungan dengan artikel terkait yang dibaca.

Kapan harus membuat pranala

Hal yang paling mudah untuk mengetahui kapan harus membuat pranala adalah dengan membaca beberapa artikel Wikipedia sebagai contoh. Jika anda ingin memutuskan apakah harus membuat pranala atau tidak, bertanyalah kepada diri sendiri "Seandainya saya membaca artikel ini, apakah pranala yang sekiranya berguna untuk saya?"

Bagaimana membuat pranala

Ketika Anda ingin membuat pranala ke halaman Wikipedia lainnya (disebut pranala wiki) anda cukup memberi tanda "kurung kotak ganda" di depan dan di belakang kata, seperti ini:

[[Surabaya]]

Jika misalnya Anda ingin membuat pranala ke halaman Wikipedia:Tutorial, maka yang Anda tulis adalah seperti ini:

[[Wikipedia:Tutorial]]

(Bagian Wikipedia: menandakan bahwa halaman target termasuk ruang nama Wikipedia, yakni bukan namespace utama, dimana artikel normal pada umumnya tertuju.)

Ingatlah bahwa pada Wikipedia, pranala dibuat secara otomatis, jadi jika Anda mengapit kata dengan kurung kurawal ganda, maka pranala akan terbentuk secara otomatis, sehingga Anda perlu berhati-hati mengenai disambiguasi.

Jika Anda ingin menggunakan kata-kata lain yang judulnya tidak sama dengan pranala yang hendak Anda buat, Anda dapat menambahkan tanda pranala pipa "|" diikuti dengan nama alternatif. (Tombol tanda pipa pada papan ketik di Indonesia umumnya terletak di bagian atas, yakni di sebelah kiri tombol "BACKSPACE".)

Jadi misalnya, jika Anda ingin membuat pranala ke judul artikel kota namun tertulis "perkotaan", maka Anda dapat menulisnya dengan:

... suatu desa dapat berkembang menjadi [[kota|perkotaan]]...

Maka akan nampak seperti ini:

...suatu desa dapat berkembang menjadi perkotaan.

dan pranala akan mengarah ke artikel "kota".

Membuat pranala tanggal

Membuat pranala pada suatu tanggal sangat disarankan dalam Wikipedia. Berikut adalah cara membuat pranala tanggal:

[[17 Agustus ]] [[1945]]

dan hasilnya seperti ini:

17 Agustus 1945

Pranala kategori

Anda juga dapat memasukkan sebuah artikel dalam sebuah kategori bersama artikal-artikel lain yang sejenis. Caranya cukup mudah, yakni dengan mengetik [[Kategori:]], dan tulis nama kategori antara tanda "titik dua" dan tanda tutup kurung kotak. Letakkan kategori di bagian bawah artikel. Sebuah artikel juga dapat dimasukkan ke lebih dari satu kategori. Misalnya artikel Pulau Bangka dimasukkan dalam kategori:

[[Kategori:Pulau di Indonesia]]

Untuk membuat pranala ke halaman kategori (misalnya, sebagai referensi untuk riset lebih lanjut), cukup tambahkan tanda titik dua (:) sebelum tag "Kategori", seperti ini:

[[:Kategori:Astronomi]]

Kode di atas akan nampak seperti ini:

Kategori:Astronomi

Meletakkan artikel pada kategori yang tepat akan memudahkan orang lain menemukan hasil karya Anda. Cara terbaik untuk menemukan kategori yang mana artikel ini harus dimasukkan, adalah melihat artikel serupa yang ada, dan lihat kategori apakah yang digunakan. Misalnya, jika Anda menulis artikel mengenai nama pohon, lihatlah artikel lain yang juga membahas tentang pohon.

Informasi lebih lanjut mengenai kategori dan kategorisasi, lihat halaman Kategori.

Pranala luar

Jika Anda ingin membuat pranala ke situs luar (yakni selain Wikipedia), pranala tersebut hendaklah berada dalam seksi "Pranala luar" di akhir sebuah artikel.

Hal yang paling mudah membuat pranala adalah cukup mengetik alamat situs web (URL) yang hendak Anda hubungkan. Misalnya jika hendak membuat pranala ke Google, Anda dapat mengetik:

http://www.google.co.id/

Wiki akan secara otomatis menganggap pranala tersebut sebagai pranala, dan akan menampilkan alamat situs web mentah, termasuk bagian "http://".

Untuk membuat tampilan pranala selain dalam bentuk URL, gunakan tanda kurung kotak di awal dan akhir pranala. Misalnya jika hendak membuat pranala ke Google, ketik:

[http://www.google.co.id/]

Ini akan menampilkan pranala sebagai angka dalam kurung, seperti ini: [1]. Format ini mirip dengan catatan kaki, sehingga seringkali digunakan untuk menyebutkan sumber atau rujukan dalam artikel. Hindari penggunaan: "Menurut [2], bulan purnama terakhir pada milenium kedua terjadi pada tanggal 11 Desember 1999." Gunakan "bulan purnama terakhir pada milenium kedua terjadi pada tanggal 11 Desember 1999." [3]".

Hindari pula penggunaan pranala luar jika masih memungkinkan melakukan hal yang sama dengan menghubungkan artikel pada Wikipedia. Misalnya, hindari

Soekarno lahir di [www.surabaya.go.id Surabaya]

namun gunakan

Soekarno lahir di [[Kota Surabaya|Surabaya]]

Jika Anda hendak membuat pranala dengan tampilan teks lain, tambahkan judul alternatif setelah alamat situs web, yang dipisahkan dengan tanda spasi (bukan pipa). Jadi, misalnya jika hendak membuat pranala yang nampak seperti Mesin pencari Google, ketik:

[http://www.google.co.id/ Mesin pencari Google]

Catatan: Menggunakan karakter khusus, seperti tanda pipa (|) dalam URL pranala akan menyebabkan pranala mengalami kegagalan. Namun demikian, sintaks URL memiliki kemampuan untuk mendefinisikan karakter dalam sebuah URL sebagai heksadesimal yang ekuivalen dengan kode ASCIInya. Misalnya, tulislah %7C daripada menggunakan karakter pipa. Lihat tabel karakter ASCII yang dapat dicetak untuk kode heksadesimal lebih lengkap.

Ketika diletakkan di bawah seksi Pranala luar, pranala hendaknya disusun dalam format bullet.
Contoh :

==Pranala luar==
*[http://www.google.co.id/ Mesin pencari Google]

Hasilnya adalah:

Pranalaluar-tutorial.jpg

Pranala situs saudari

Wikipedia diperuntukkan artikel-artikel mengenai hal yang dianggap ensiklopedis (bersama dengan topik-topik lain yang pada umumnya tercantum dalam almanak atau buku pintar.

Artikel yang cukup pendek dan hanya berisi definisi, frasa pendek, sebagaimana terdapat pada kamus, dan tidak dapat dikembangkan lagi menjadi entri yang ensiklopedik pada sebuah artikel, harusnya dimasukkan dalam proyek saudari Wikimedia yakni Wiktionary. Teks yang merupakan sumber asli, misalnya undang-undang, dapat dimasukkan dalam proyek saudari Wikimedia, Wikisource. Teks yang merupakan buku dapat dimasukkan ke dalam Wikibooks, dan teks yang merupakan kutipan dapat dimasukkan ke dalam Wikiquote

Untuk daftar seluruh proyek terkait Wikimedia, lihat Complete list of Wikimedia projects.

Menghubungkan ke situs terkait

Misalkan Anda menulis kata yang tidak umum dalam sebuah artikel, dan Anda menduga mungkin orang yang membaca kata tersebut tidak tahu artinya. Anda mungkin hendak membuat pranala ke artikel Wikipedia, namun isi artikel tersebut kurang tepat untuk dipandang sebagai sebuah artikel dalam ensiklopedia. Hubungkan saja ke entri Wiktionary.

Daripada Anda menulis URL (alamat situs) yang lengkap, Anda juga dapat menggunakan pranala wiki yang mirip dengan pranala Wikipedia pada umumnya namun dengan awalan khusus. Misalnya,

[[:wikt:rumah]]

akan mengarah ke dengan definisi Wiktionary pada kata "rumah". Dalam artikel akan nampak seperti ini:

wikt:rumah

Anda dapat menyembunyikan bagian tulisan "wiktionary:" dengan menambahkan karakter "pipa" (garis vertikal):

[[:wikt:rumah|rumah]]

maka hasilnya akan seperti ini:

rumah

Setiap proyek memiliki jalan pintas yang berbeda. Untuk contoh lebih lanjut, lihat Interwiki map.

Pranala lintas server

Saat ini Anda membaca artikel Wikipedia versi bahasa Indonesia. Namun terdapat pula Wikipedia bahasa lainnya dengan artikel-artikel yang ditulis dalam bahasa lain. Untuk menghubungkan Wikipedia Indonesia ke Wikipedia Bahasa Inggris, ketik:

[[:en:Bali]]

(Pastikan menggunakan tanda titik dua)

Maka akan nampak seperti ini:

en:Bali

Demikian pula, untuk membuat pranala dari Wikipedia Bahasa Inggris ke Wikipedia Indonesia, ketik:

[[:id:Bali]]

Maka akan nampak seperti ini:

id:Bali

Untuk daftar versi bahasa-bahasa yang digunakan dalam Wikipedia beserta jalan pintas (shortcut) yang digunakan, lihat: Complete Wikipedia list.


Uji coba

Bakpasir.jpg

Lakukan uji coba penyuntingan halaman di Bak pasir sesuka Anda, kemudian lanjutkan ke topik tutorial selanjutnya.


Lanjutkan tutorial ini. →