Wikipedia:Tutorial (Ingatlah)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Perkenalan   Penyuntingan   Pemformatan   Pranala   Berkas/Gambar   Halaman pembicaraan   Ingatlah   Pendaftaran    

Berikut adalah beberapa hal yang harus diingat dalam Wikipedia:

Bak pasir

Bak pasir merupakan sarana belajar menyunting atau menulis artikel. Gunakan bak pasir jika Anda hanya ingin mencoba-coba menyunting atau menulis artikel, tanpa khawatir salah.

Perilaku

Wikipedia menyarankan suasana kekeluargaan dan keterbukaan. Tentu saja, kadang terjadi ketidaksetujuan dan bahkan percekcokan dalam penulisan artikel Wikipedia. Bagaimanapun, anggota komunitas Wikipedia diharapkan dapat berperilaku dengan cara yang dingin. Hal yang perlu diingat adalah Anda haruslah berprasangka baik terhadap penyunting atau kontributor Wikipedia lainnya. Janganlah keburu menuduh seseorang. Jika suntingan seseorang membuat Anda kecewa, tinggalkan pesan yang sopan di halaman pembicaraan terkait atau di halaman pembicaraan pengguna yang bersangkutan, dan tanyakan mengapa. Anda mungkin bisa terhindar dari rasa malu karena kesalahpahaman. Silakan baca Etikawiki

Kebijakan penyuntingan

Sudut pandang netral

Kebijakan editorial (penyuntingan) Wikipedia adalah "sudut pandang netral", atau dalam bahasa Inggris disebut neutral point of view (seringkali disingkat "NPOV"). Kebijakan ini menyatakan bahwa kita menerima seluruh sudut pandang yang signifikan suatu isu/topik. Daripada hanya menyatakan perspektif sendiri, kita menyajikan seluruh sudut pandang yang relevan tanpa menghakimi mana yang benar. Tujuan kita adalah agar informatif, bukannya persuasif. Kebijakan Wikipedia TIDAK berarti artikel di Wikipedia diharapkan untuk 100% obyektif, karena dalam setiap perselisihan, kedua sisi percaya bahwa pandangannya adalah "benar."

Menyatakan opini dalam sebuah artikel boleh-boleh saja, namun harus disajikan sebagai opini, bukan fakta. Misalnya, dengan menyebutkan bahwa itu adalah opini, misalnya "Pendukungnya mengatakan bahwa..." atau "Komentator terkenal X menduga bahwa...".

Anda mungkin pernah mendengar seorang Wikipediawan menyatakan bahwa suatu artikel tergolong memiliki "sudut pandang tak netral", atau "POV". Itu adalah artikel yang ditulis dalam salah satu perspektif. Contoh yang jelas adalah artikel yang berisi iklan atau reklame. Contoh yang lain adalah, membahas satu sisi lebih banyak dari sisi lainnya, meski pada setiap sisi disajikan secara netral.

Kelayakan

Wikipedia adalah sebuah ensiklopedia. Jadi, artikel haruslah memiliki notabilitas. Sebuah ensiklopedia kurang "patut" berisi artikel mengenai seseorang yang kurang terkenal, misalnya mengenai profil juara lomba balap karung tingkat RT, atau ekstra kurikuler di SMA "X".

Wikipedia juga bukanlah tempat untuk "riset orsinil", misalnya teori baru, yang belum didukung oleh peer review. Untuk lebih detail mengenai apa yang sebaiknya tidak dimasukkan dalam Wikipedia, lihat Wikipedia bukanlah.

Tidak disarankan pula bagi para penulis yang menulis tentang karyanya sendiri, karena ini merupakan konflik kepentingan. Jika Anda memiliki karya yang cukup terkenal, orang lain lah yang nanti akan menulis artikel mengenai diri Anda. Lihat detailnya di Wikipedia:Autobiografi.

Menyebutkan sumber

Wikipedia tidak mengharuskan Anda menyebut sitasi (sumber pendukung, literatur, dsb) mengenai informasi kontribusi Anda, namun kami sangat menyarankan penyebutan tersebut. Jika Anda menggunakan buku sebagai salah satu sumber penulisan artikel, daftarkan buku tersebut dalam seksi "Referensi". Jika Anda menggunakan situs web, buatlah seksi "Pranala luar" dan masukkan situs tersebut dalam pranala luar. Ini membantu para pembaca memverifikasi apa yang telah Anda tulis dan menemukan informasinya.

Lihat Catatan kaki untuk informasi lebih lanjut.


Hak cipta

Jangan menulis materi ber-hak cipta tanpa izin. Artikel yang baik umumnya ditulis baik dari pengetahuan penulis sendiri, atau melalui sintesis riset dari berbagai sumber.

Menamai ulang judul artikel

Jika Anda menemui artikel yang kira-kira menurut Anda judulnya kurang tepat, jangan lantas Anda membuat artikel dengan judul baru kemudian melakukan salin tempel isinya. Namun kita harus memindahkan halaman tersebut ke halaman baru. Jika Anda memindahkan halaman untuk pertama kalinya, baca peringatan saat memindahkan halaman dengan hati-hati.

Lihat Bagaimana cara mengalihkan suatu halaman untuk info lebih lanjut.



Lihat pula Disambiguasi mengenai halaman disambiguasi.



Lanjutkan ke tutorial selanjutnya. →