Google

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Google Inc.
Jenis Terbuka
Simbol saham NASDAQ: GOOG
NASDAQ-100 Component
S&P 500 Component
Industri/jasa Internet
Perangkat lunak komputer
Perangkat telekomunikasi
Didirikan Menlo Park, California, A.S.
(4 September 1998 (1998-09-4))[1][2]
Pendiri Larry Page, Sergey Brin
Kantor pusat Googleplex, California, Amerika Serikat
Daerah layanan Seluruh dunia
Tokoh penting Eric Schmidt
(Pimpinan Eksekutif)
Larry Page
(Pendiri & CEO)
Sergey Brin (Pendiri)
Produk Lihat daftar produk Google.
Pendapatan US$ 50,18 miliar (2012)[3]
Laba usaha US$ 12,76 miliar (2012)[3]
Laba bersih US$ 10,74 miliar (2012)[3]
Jumlah aset US$ 93,80 miliar (2012)[3]
Jumlah ekuitas US$ 71,72 miliar (2012)[3]
Karyawan 53.891 (Q1 2013)[4]
Anak perusahaan Templat:Invoke:Wikidata
Situs web google.com
Catatan kaki: [5]

Google Inc. adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring.[6] Sebagian besar labanya berasal dari AdWords.[7][8]

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Mereka berdua memegang 16 persen saham perusahaan. Mereka menjadikan Google perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998. Pernyataan misinya adalah "mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang",[9] dan slogan tidak resminya adalah "Don't be evil".[10][11] Pada tahun 2006, kantor pusat Google pindah ke Mountain View, California.

Sejak didirikan, pertumbuhan perusahaan yang cepat telah menghasilkan berbagai produk, akuisisi, dan kerja sama di bidang mesin pencari inti Google. Perusahaan ini menawarkan perangkat lunak produktivitas daring (dalam jaringan), termasuk surat elektronik (surel), paket aplikasi perkantoran, dan jejaring sosial. Produk-produk komputer mejanya meliputi aplikasi untuk menjelajah web, mengatur dan menyunting foto, dan pesan instan. Perusahaan ini memprakarsai pengembangan sistem operasi Android untuk telepon genggam dan Google Chrome OS[12] untuk jajaran netbook Chromebook. Google sudah beralih ke perangkat keras komunikasi. Mereka bekerja sama dengan berbagai produsen elektronik besar untuk memproduksi perangkat Nexus-nya dan mengakuisisi Motorola Mobility pada Mei 2012.[13] Tahun 2012, infrastruktur serat optik dipasang di Kansas City untuk memfasilitasi layanan Internet pita lebar Google Fiber.[14]

Perusahaan ini diperkirakan mengoperasikan lebih dari satu juta server di beberapa pusat data di seluruh dunia[15] dan memproses lebih dari satu miliar kueri pencarian[16] dan sekitar 24 petabita data buatan pengguna setiap harinya.[17][18][19][20] Pada bulan Desember 2012, Alexa menyebut google.com sebagai situs web paling banyak dikunjungi di dunia. Situs-situs Google dalam bahasa lain masuk peringkat 100 teratas, sebagaimana halnya situs milik Google seperti YouTube dan Blogger.[21] Google menempati peringkat kedua di basis data ekuitas merek BrandZ.[22] Dominasi pasarnya menuai kritik mengenai hak cipta, penyensoran, dan privasi.[23][24]. Pada tahun 2014, Google juga mendapat penghargaaan dari Business Insider sebagai perusahaan yang memiliki merk paling bernilai.[25]

Produk[sunting | sunting sumber]

Tampilan Google pada tahun 1998.
Antarmuka Gmail, layanan surat elektronik Google, dalam bahasa Indonesia dengan format HTML.

Google telah membuat layanan dan peralatan untuk lingkungan bisnis dan masyarakat; termasuk aplikasi web, jaringan periklanan dan solusi bagi bisnis.

Periklanan[sunting | sunting sumber]

  • Google Adsense - Suatu jasa penawaran iklan kepada pemilik web, dimana iklan tersebut akan dapat ditampilkan pada halaman web yang relevan dengan kata kunci dari iklan tersebut.
  • Google Adwords - Suatu jasa pengiklanan oleh Google, dimana iklan yang tampil hanya iklan yang relevan dengan konten dari halaman web.

Kebanyakan dari pendapatan Google berasal dari program periklanan. Untuk keuangan tahun 2006, perusahaan ini dilaporkan mendapat jumlah keuntungan periklanan sebesar $10,492 miliar dan hanya $112 juta pada pendapatan lisensi dan lainnya.[26]

Google AdWords membolehkan pengiklan web menampilkan iklannya dalam hasil pencarian Google dan Google Content Network, melalui sebuah sistem bayar-per-klik atau bayar-per-lihat. Pemilik website Google AdSense juga dapat menampilkan iklannya di situs mereka sendiri, dan mendapat untung setiap kali iklan diklik.

Aplikasi Pencarian[sunting | sunting sumber]

  • Google Search - Google dikenal luas karena layanan pencarian webnya, yang mana merupakan sebuah faktor besar dari kesuksesan perusahaan ini. Pada Agustus 2007, Google merupakan mesin pencari di web yang paling sering digunakan dengan pangsa pasar sebanyak 53,6%, kemudian Yahoo! (19,9%) dan Live Search (12,9%).[27] Google memiliki miliaran halaman web, sehingga pengguna dapat mencari informasi yang mereka inginkan, melalui penggunaan kata kunci dan operator. Google juga telah menggunakan teknologi Pencarian Web pada layanan pencarian lainnya, termasuk, Pencarian Gambar, Google News, situs perbandingan harga Google Product Search, arsip Usenet interaktif Google Groups, Google Maps dan lainnya.
  • Google Maps - Layanan untuk melihat peta pada aplikasi mobile, dan juga tersedia untuk komputer personal.
  • Google Earth - Layanan dari Google untuk melihat peta Bumi. Merupakan sebuah program pemetaan interaktif yang disediakan oleh satelit dan fotografi udara yang mencakup keseluruhan planet Bumi. Google Earth dianggap sangat akurat dan lebih mendetail.

Beberapa kota besar memiliki gambar jelas yang dapat dibesarkan sedekat-dekatnya untuk melihat kendaraan dan pejalan kaki dengan jelas. Akibatnya, terdapat beberapa alasan mengenai keterlibatan dalam keamanan nasional. Secara spesifik, beberapa negara dan militer beranggapan perangkat lunak ini dapat digunakan untuk melihat dengan kejelasan dekat-jelas lokasi fisik infrastruktur yang rusak, bangunan komersial dan penghunian, pangkalan, agensi pemerintah, dan lainnya. Bagaimanapun, gambar satelit jarang diperbarui, dan semuanya tersedia gratis melalui produk lainnya dan bahkan sumber pemerintah (NASA dan National Geospatial-Intelligence Agency, sebagai contoh). Beberapa orang menilai argumen ini dengan menyatakan bahwa Google Earth mudah diakses juga saat mencari lokasi.

  • Google Books - Layanan dari Google untuk melihat dan mencari buku.

Komunikasi[sunting | sunting sumber]

  • Gmail - Pada ahun 2004, Google meluncurkan layanan email berbasis web gratisnya, disebut sebagai Gmail.[28] Gmail memiliki fitur teknologi penyaringan spam dan kemampuan untuk menggunakan teknologi Google untuk mencari surel. Layanan ini mendatangkan keuntungan dengan menampilkan iklan dari layanan AdWords yang dimasukkan dalam isi pesan email yang ditampilkan di layar.
  • Google Drive - Layanan dari Google untuk menyimpan data, yang terhubung dengan layanan Google Docs.
  • Google Docs - Laynanan dari Google untuk menyimpan dokumen-dokumen.
  • Google Chrome - Google juga meluncurkan Google Chrome yaitu sebuah browser. Browser ini cukup cepat dan tampilannya minimalis. Pada September 2008 Google melepaskan kode untuk Google melalui project Chromium, dimana sampai sekarang Google Chrome masih berbasiskan Chromium.

Google Chrome dilengkapi dengan fitur keamanan yang baik, dimana Google Chrome akan memperingati pengguna yang mengakses situs yang ada dalam daftar hitam Google. Selain itu, Google Chrome juga membedakan proses yang berjalan pada satu tab dengan proses pada tab lainnya, sehingga meningkatkan kemudahan pengguna, serta meningkatkan reliabilitas dari Google Chrome.

Telepon Genggam[sunting | sunting sumber]

Tahun 2007, beberapa laporan menyatakan bahwa Google merencanakan peluncuran telepon genggam milik mereka, kemungkinan sebuah pesaing bagi iPhone Apple.[29][30][31] Pada 5 November 2007, Google akhirnya mengumumkan Android, sebuah platform perangkat lunak dan sistem operasi bagi perangkat bergerak yang didukung Open Handset Alliance, sebuah konsorsium yang terdiri dari 34 perusahaan perangkat lunak, perangkat keras, dan telekomunikasi yang bertujuan mengembangkan standar terbuka bagi perangkat bergerak. Pada bulan September 2008, T-Mobile merilis ponsel pertama yang berjalan pada platform Android, yakni G1. Saat ini Google juga sedang merencanakan untuk mengembangkan piranti komunikasi Google Tablet, yang dilengkapi dengan teknologi 3D.[32]

Hiburan[sunting | sunting sumber]

  • Google Video - Pada awal 2006, perusahaan ini meluncurkan Google Video, yang tidak hanya membolehkan pengguna untuk mencari dan melihat video secara gratis, tetapi juga membolehkan pengguna dan penyebar media menyebarkan isinya, termasuk acara-acara televisi CBS, pertandingan basket NBA, dan video musik.[33] Bulan Agustus 2007, Google mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan program penyewaan dan penjualan videonya dan menawarkan pengembalian uang dan kredit Google Checkout bagi pengguna yang telah membeli video untuk sendiri.

Lainnya[sunting | sunting sumber]

  • Google Analytics - Sebuah layanan yang berisikan peralatan bagi para webmaster untuk menganalisis pengguna web nya.
  • Google SMS - Bulan Oktober 2007, layanan Google SMS diluncurkan di India dan membolehkan pengguna memperoleh daftar bisnis, jadwal pemutaran film dan informasi dengan mengirim pesan singkat.[34]

Promosi Produk Google[sunting | sunting sumber]

Google telah mempromosikan produk mereka dalam berbagai cara. Di London, Google Space didirikan di Bandar Udara Heathrow, menampilkan berbagai produk, termasuk Gmail, Google Earth dan Picasa.[35][36] Juga, sebuah halaman yang sama diluncurkan untuk mahasiswa Amerika, dibawah nama College Life, Powered by Google.[37]

Produk turunan[sunting | sunting sumber]

Tahun 2007, Google meluncurkan Google Apps Premier Edition, sebuah versi lain Google Apps yang difokuskan terutama pada pengguna bisnis. Produk ini memiliki beberapa tambahan seperti ruang disk lebih banyak untuk e-mail, akses API, dan penyokong utama, dengan harga USD50 per pengguna per tahun. Sebuah pertemuan besar Google Apps dengan 38.000 pengguna dilaksanakan di Universitas Lakehead di Thunder Bay, Ontario, Kanada.[38]

Pada 13 Desember 2007, Google mengumumkan peluncuran terbatas Knol, sebuah situs web yang ditujukan sebagai sumber referensi pengetahuan. Knol dibuka bebas kepada semua pengguna pada 23 Juli 2008.

Platform[sunting | sunting sumber]

Layanan Google berjalan pada beberapa ladang server, setiap ladang berisi ribuan komputer komoditas bertarif rendah yang menjalankan versi Linux. Sementara perusahaan ini tidak menyediakan informasi mendetail mengenai perangkat kerasnya, sebuah perhitungan tahun 2006 menyatakan bahwa terdapat 450.000 server, dikelompokkan dan diletakkan di pusat data di seluruh dunia.[39]

Kebiasaan dan Budaya Perusahaan[sunting | sunting sumber]

Google dikenal dengan etos kerjanya yang santai, yang mengingatkan kepada musim Dot-com. Bulan Januari 2007, budaya Google tersebut dipelajari oleh Fortune Magazine dan menempati urutan #1 (dari 100) perusahaan terbaik untuk bekerja.[40] Filosofi perusahaan ini didasarkan pada berbagai prinsip biasa seperti, "Anda dapat menghasilkan uang tanpa melakukan vandal", "Anda dapat bekerja serius tanpa mengenakan seragam," dan "Bekerja harusnya menantang dan tantangan itu harusnya menyenangkan." Sebuah daftar lengkap fundamental perusahaan tersedia di website-nya.[41] Budaya bekerja santai Google dapat dilihat dari logo Google-nya yang bervariasi pada hari-hari penting.

Google telah dikritik karena melakukan penggajian di bawah standar industri[42]. Contohnya, beberapa administrator sistem digaji kurang dari $35.000 per tahun – dianggap kurang untuk pasaran kerja Bay Area.[43] Bagaimanapun, performa saham Google setelah IPO telah membolehkan banyak karyawan awal diberi ganti rugi dengan berpartisipasi dalam pertumbuhan kekayaan perusahaan.[44] Google mengimplementasikan insentif karyawan lainnya tahun 2005, seperti Google Founders' Award, dengan tambahan untuk memberikan gaji besar kepada karyawan baru. Kenyamanan, budaya, popularitas global, dan penghargaan terhadap merek kuatnya juga telah menarik banyak pelamar kerja yang berpotensi.

Setelah IPO pada Agustus 2004, dilaporkan bahwa pendiri Sergey Brin dan Larry Page, dan CEO Eric Schmidt, meminta bahwa gaji mereka dipotong menjadi $1.[45] Penawaran yang akan datang oleh perusahaan untuk meningkatkan gaji mereka telah dibatalkan, terutama karena, "ganti rugi utama mereka akan datang dari pengembalian kepemilikan saham di Google. Sebagai pemegang saham signifikan, kekayaan masing-masing dikaitkan secara langsung untuk menyeimbangkan performa dan apresiasi harga saham, yang menyediakan persilangan langsung dengan ketertarikan pemegang saham."[45] Tahun 2004, Schmidt digaji $250.000 per tahun, dan Page dan Brin masing-masing digaji $150.000.[45]

Mereka semua telah menolak penawaran bonus dan peningkatan ganti rugi oleh dewan direktur Google. Pada laporan orang terkaya Amerika Serikat tahun 2007, Forbes melaporkan bahwa Sergey Brin dan Larry Page menempati urutan #5 dengan kekayaan $18,5 miliar masing-masing.[46]

Googleplex[sunting | sunting sumber]

Googleplex

Sambil bermain-main dengan nama Google, kantornya, di Mountain View, California, diberi nama "Googleplex" — sebuah googolplex yaitu 1 diikuti seratus nol, dan kantor tersebut menjadi sebuah komplek bangunan (semacam multiplex, cineplex, dll). Lobinya didekorasi dengan piano, lampu lava, kumpulan server lama, dan proyeksi tanda tanya di dinding. Lorongnya penuh dengan bola dan sepeda latihan. Setiap karyawan memiliki akses menuju pusat hiburan kantor. Kebutuhan yang disediakan tersebar di seluruh kampus dan termasuk sebuah gimnasium dengan alat-alat olahraga, ruang loker, kamar mandi, ruang pijat, permainan video, Foosball, anak piano besar, meja bilyar, dan ping pong. Dengan tambahan menuju ruang rekreasi, terdapat ruang makan terisi berbagai sereal, permen beruang, gula-gula, permen hitam, kacang mede, yogurt, wortel, buah-buahan segar, dan lusinan minuman seperti jus segar, soda, dan cappuccino buatan sendiri.[butuh rujukan]

Papan letak di Googleplex

Tahun 2006, Google berpindah ke perkantoran seluas 28.900 m² di New York City, tepatnya 111 Eighth Ave. di Manhattan.[47] Kantor tersebut dirancang dan dibangun khusus untuk Google dan merumahkan tim penjualan iklan terbesarnya yang telah berperan dalam menjaga kerjasama besar, terutama dengan MySpace dan AOL.[47] Tahun 2003, mereka menambah seorang petugas pengembangan di New York City, yang telah bertanggung jawab untuk lebih dari 100 proyek pengembangan, termasuk Google Maps, Google Spreadsheet, dan lainnya.[47] Diperkirakan bahwa bangunan tersebut menguras biaya $10 juta per tahun untuk sewa dan bentuk juga fungsinya sama dengan kantor di Mountain View, termasuk Foosball, hoki udara, dan meja ping-pong, juga area permainan video.[47] Pada tahun 2006, Google juga meresmikan kantor baru untuk divisi AdWords-nya di Ann Arbor, Michigan.[48]

Ukuran sistem pencarian Google belum diketahui; perkiraan jumlah server perusahaan adalah 450.000, yang tersebar di 25 lokasi di seluruh dunia, termasuk pusat operasi besar di Irlandia dan Atlanta, Georgia. Google juga sedang dalam proses pembangunan pusat operasi besar di The Dalles, Oregon, di tepi Sungai Columbia. Situs tersebut, disebut media sebagai Project 02, dipilih karena ketersediaan tenaga hidroelektrik dan stok kabel fiber optik besar, yang ditinggalkan sejak musim dot com pada tahun 1990-an. Pusat komputasi ini diperkirakan seluas dua lapangan sepak bola, dan telah menghasilkan ratusan lapangan kerja konstruksi, mengakibatkan harga real estat lokal meningkat 40%. Setelah selesai, bangunan ini akan menghasilkan 60 hingga 200 lapangan kerja permanen di kota berpenduduk 12.000 orang itu.[49]

Google juga membuat langkah untuk menjamin operasi mereka ramah lingkungan. Bulan Oktober 2006, perusahaan ini mengumumkan rencana untuk memasang ribuan panel solar untuk menyediakan 1,6 megawatt listrik, cukup untuk memenuhi 30% kebutuhan energi kampus.[50] Sistem ini akan menjadi sistem tenaga solar terbesar di kampus perusahaan AS dan salah satu yang terbesar di dunia. Bulan Juni 2007, Google mengumumkan bahwa mereka berencana untuk berstatus bebas karbon pada 2008, yang mencakup berinvestasi pada efisiensi energi, sumber energi yang diperbarui, dan tidak menggunakan karbon, seperti berinvestasi di proyek seperti mengumpulkan dan membakar metana dari kotoran hewan di pertanian-pertanian Meksiko dan Brazil.[51]

"Dua puluh persen" waktu[sunting | sunting sumber]

Semua pengembang Google menyisakan 20% waktu kerja mereka (sehari per minggu) pada proyek yang menarik mereka. Beberapa layanan baru Google, seperti Gmail, Google News, Orkut, dan AdSense berasal dari para pengembang independen ini.[52] Dalam pembicaraan di Universitas Stanford, Marissa Mayer, Wakil Presiden Google untuk Produk Pencarian dan Kepuasan Pengguna, menyatakan bahwa analisisnya menunjukkan bahwa setengah dari produk baru yang diluncurkan berasal dari 20% waktu tersebut.[53]

Telur paskah dan lawakan Hari April Mop[sunting | sunting sumber]

Google memiliki sebuah tradisi untuk membuat lawakan Hari April Mop — seperti Google MentalPlex, yang memiliki fitur penggunaan kekuatan mental untuk mencari web.[54] Tahun 2002, mereka mengklaim bahwa merpati merupakan rahasia di belakang mesin pencarinya yang berkembang itu.[55] Tahun 2004, mereka meluncurkan Google Lunar (yang diklaim untuk menghasilkan lowongan pekerjaan di bulan),[56] dan tahun 2005, sebuah minuman fiksi perangsang otak, bernama Google Gulp diluncurkan.[57] Tahun 2006, mereka datang dengan Google Romance, sebuah layanan kencan online.[58]

Tahun 2007, Google mengumumkan dua produk lawakan. Pertama adalah sebuah layanan Internet nirkabel gratis disebut TiSP (Toilet Internet Service Provider) [59] dimana seseorang memperoleh koneksi dengan menyiram ujung kabel fiber optik ke toilet mereka dan menunggu sekitar sejam untuk "Plumbing Hardware Dispatcher (PHD)" untuk menghubungkannya dengan Internet.[59] Tambahannya, halaman Gmail Google menampilkan pengumuman untuk Gmail Paper, yang membolehkan pengguna layanan email gratis mereka tersebut mendapat pesan email-nya diterbitkan dan dikirim menuju alamat surat yang dituju.[60]

Beberapa orang mengira pengumuman Gmail tahun 2004 sekitar Hari April Mop (juga penggandaan ruang penyimpanan Gmail menjadi dua gigabita pada 2005) bohong, meskipun keduanya berubah menjadi pengumuman asli. Tahun 2005, sebuah grafik bohong menyatakan keberhasilan Google untuk penyimpanan "tidak terbatas plus satu" GB ditampilkan dalam homepage Gmail.

Layanan Google berisi sejumlah telur Paskah; contohnya, halaman Peralatan Bahasa menawarkan pencarian dengan bahasa "Bork bork bork" dari Koki Swedia, "Hacker" (sebenarnya leet) dari Pig Latin, Elmer Fudd, dan Klingon.[61] Dengan tambahan, kalkulator mesin pencari ini menyediakan Answer to Life, the Universe, and Everything dari The Hitchhiker Guide to the Galaxy oleh Douglas Adams.[62] Sementara kotak pencarian Google dapat digunakan sebagai penukar satuan (juga sebagai kalkulator), beberapa satuan non-standar juga dimasukkan, seperti Smoot. Google juga secara rutin mengubah logonya dengan berbagai variasi liburan atau hari khusus sepanjang tahun, seperti Natal, Hari Ibu, atau ulang tahun sejumlah orang terkenal.[63]

IPO dan Budaya[sunting | sunting sumber]

Banyak orang berspekulasi bahwa IPO Google dapat memengaruhi budaya perusahaan,[64] karena tekanan pemegang saham untuk pengurangan keuntungan karyawan dan jangka-pendek, atau karena jumlah karyawan perusahaan yang besar dapat menjadi milyuner mendadak. Salam sebuah laporan yang diberikan kepada investor berpotensi, pendiri Sergey Brin dan Larry Page berjanji bahwa IPO tersebut tidak akan mengubah budaya perusahaan.[65] Kemudian Page berkata, "Kami berpikir mengenai bagaimana mempertahankan budaya dan elemen menyenangkan kami. Kami membuang banyak waktu untuk membetulkan kantor kami. Kami berpikir penting untuk memiliki banyak karyawan. Orang-orang dikumpulkan bersama di mana-mana. Kami semua berbagi kantor. Kami menyukai kumpulan bangunan ini karena terlihat seperti kampus universitas yang disatukan daripada sebuah taman perkantoran pinggiran kota biasa."[66]

Bagaimanapun, beberapa penganalis menemukan bahwa seiring Google tumbuh, perusahaan ini makin menjadi "korporat". Tahun 2005, artikel di The New York Times dan sumber lainnya menyatakan bahwa Google telah kehilangan anti-korporatnya, tanpa filosofi asal[67][68][69] Dengan maksud untuk memepertahankan budaya unik perusahaan, Google telah menghasilkan seorang Chief Culture Officer pada 2006, yang juga melayani sebagai Direktur Sumber Daya Manusia. Kerja Chief Culture Officer adalah untuk membangun dan mempertahankan budaya dan kerja pada jalan yang benar menuju hasil inti bahwa perusahaan ini didirikan pada awalnya — sebuah perusahaan kecil, langkanya hirarki, sebuah lingkungan yang kolaboratif.[70]

Kritik[sunting | sunting sumber]

Sambil bertumbuh, Google telah menerima berbagai kontroversi yang dikaitkan dengan praktik dan layanan bisnis mereka. Contohnya, tujuan Google Book Search adalah untuk memasukkan jutaan buku dan menjadikannya mudah dicari telah memimpin pada penyalahgunaan hak cipta dengan Authors Guild. Masalah hak cipta lainnya adalah mengenai Gmail di Inggris dan beberapa negara lainya. Sekarang, di berbagai belahan dunia, dikenal sebagai Google Mail.

Kerjasama Google dengan pemerintah Cina, dan lebih jauh dengan Perancis dan Jerman (setelah penolakan Holocaust) untuk menyaring hasil pencarian berdasarkan hukum dan regulasi daerah yang memimpin kepada klaim penyensoran. Cookie Google dan praktik pengumpulan informasi lainnya telah memimpin kepada masalah mengenai privasi pengguna.

Beberapa pemerintah daerah India telah membicarakan masalah mengenai risiko keamanan yang ditampilkan oleh detail gambar yang disediakan oleh Google Earth.[71] Google juga telah dikritik oleh pengiklan karena melakukan klik bayar, ketika seseorang digunakan untuk melakukan pembayaran pada sebuah iklan tanpa memiliki rasa ketertarikan terhadap produk tersebut. Laporan industri tahun 2006 mengklaim bahwa sekitar 14 hingga 20 persen klik merupakan pemaksaan bayar.[72] Kritik terhadap Google juga terjadi ketika Google beserta penyelenggara game freemium lainnya dituduh untuk melakukan promosi yang tidak tepat dan menyesatkan.[73]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Company". Google. Diakses August 31, 2011. 
  2. ^ Claburn, Thomas. "Google Founded By Sergey Brin, Larry Page... And Hubert Chang?!?". InformationWeek. Diakses August 31, 2011. 
  3. ^ a b c d e "Google Inc, Form 10-K, Annual Report, Filing Date Jan 29, 2013". secdatabase.com. Diakses Mar 8, 2013. 
  4. ^ "Google's Income Statement Information". Google. 
  5. ^ "Form 10-K". Washington, D.C.: U.S. Securities and Exchange Commission. 2010. Part II, Item 6. Diakses June 29, 2011. 
  6. ^ See: List of Google products.
  7. ^ "Financial Tables". Google, Inc. Diakses May 2, 2012. 
  8. ^ Vise, David A. (October 21, 2005). "Online Ads Give Google Huge Gain in Profit". The Washington Post. 
  9. ^ "Google Corporate Information". Google, Inc. Diakses February 14, 2010. 
  10. ^ "Google Code of Conduct". Google, Inc. April 8, 2009. Diakses July 5, 2010. 
  11. ^ Lenssen, Philip (July 16, 2007). "Paul Buchheit on Gmail, AdSense and More". Google Blogoscoped. Diakses February 14, 2010. 
  12. ^ "Chromebook". Google. Diakses August 17, 2011. 
  13. ^ Brad Stone; Peter Burrows (May 22, 2012). "It's Official: Google Is Now a Hardware Company". Bloomberg Businessweek. Diakses September 4, 2012. 
  14. ^ Hesseldahl, Arik (July 26, 2012). "Google Gets Into the Cable TV Business, for Real". AllThingsD.com. Diakses September 15, 2012. 
  15. ^ "Pandia Search Engine News – Google: one million servers and counting". Pandia Search Engine News. July 2, 2007. Diakses February 14, 2010. 
  16. ^ Kuhn, Eric (December 18, 2009). "CNN Politics – Political Ticker... Google unveils top political searches of 2009". CNN. Diakses February 14, 2010. 
  17. ^ "MapReduce". Portal.acm.org. Diakses August 16, 2009. 
  18. ^ Czajkowski, Grzegorz (November 21, 2008). "Sorting 1PB with MapReduce". Google, Inc. Diakses July 5, 2010. 
  19. ^ Kennedy, Niall (January 8, 2008). "Google processes over 20 petabytes of data per day". Niall Kennedy. Diakses July 5, 2010. 
  20. ^ Schonfeld, Erick (January 9, 2008). "Google Processing 20,000 Terabytes A Day, And Growing". TechCrunch. Diakses February 16, 2010. 
  21. ^ "Alexa Traffic Rank for Google (three month average)". Alexa Internet. Diakses December 24, 2012. 
  22. ^ "Top 100 Most Powerful Brands of 2011". BrandZ. 2010. Diakses July 11, 2011. 
  23. ^ "Google ranked 'worst' on privacy". BBC News. June 11, 2007. Diakses April 30, 2010. 
  24. ^ Rosen, Jeffrey (November 30, 2008). "Google's Gatekeepers". The New York Times. Diakses July 5, 2010. 
  25. ^ Google jadi Merek yang Paling Bernilai di Dunia Tahun 2014. Vibiznews. Diakses 24 Mei 2014
  26. ^ "Formulir 10-K -- Laporan Tahunan". EDGAR. SEC. Diakses 2007-07-14. 
  27. ^ "Saham Pencarian Agustus 2007 untuk Mesin Pencari 10 Teratas dari Nielsen//NetRatings 26 Oktober 2007. URL diakses pada 26 Oktober 2007.
  28. ^ Staff Writer. "Google + e-mail = gmail." CNN. 1 Agustus 2004. URL diakses pada 23 Februari 2007.
  29. ^ Orlowski, Andrew. "Google Phone - kenyataan." The Register. 16 Maret 2007. URL diakses pada 1 April 2007.
  30. ^ Smith, David. "Masa depan Orange menjadi Google di dalam kantongmu." The Guardian. 17 Desember 2006. URL diakses pada 1 April 2007.
  31. ^ Ricker, Thomas. "The Google Switch: pengganti iPhone?." Engadget. 18 Januari 2007. URL diakses pada 1 April 2007.
  32. ^ Keren! Tablet Google Terbaru Dengan Teknologi 3D. Vibiznews. Diakses 24 Mei 2014.
  33. ^ Tyler, Nathan. "[http://www.google.com/press/pressrel/video_marketplace.html Google Meluncurkan Pasaran Video]." Google. 6 Januari 2006. URL diakses pada 23 Februari 2007.
  34. ^ [www.andhranews.net/India/2007/October/9-Google-SMS-Launches-18495.asp "Google SMS Diluncurkan di India"] Check |url= scheme (help). 
  35. ^ "Website Googlespace." Google. URL diakses pada 26 Februari 2007.
  36. ^ Donoghue, Andrew. "Google mengubah Heathrow menjadi lab percobaan." ZDNet. 24 November 2005. URL diakses pada 25 Februari 2007.
  37. ^ "Website College Life, Powered by Google." URL diakses pada 25 Februari 2007.
  38. ^ Rickwood, Lee. "Google Apps: perangkat lunak pengganti atau keputusan pengganti?." PCWorld.ca. 23 Maret 2007. URL diakses pada 25 Maret 2007.
  39. ^ Carr, David F. "Bagaimana Google Bekerja." Baseline Magazine. 6 Juli 2006. URL diakses pada 10 Juli 2006.
  40. ^ "100 Perusahaan Terbaik untuk Bekerja Tahun 2007." Fortune Magazine (pranala oleh CNN). 22 Januari 2007. URL diakses pada 8 Januari 2007.
  41. ^ "Filosofi Perusahaan Google." Google. URL diakses pada 31 Oktober 2006.
  42. ^ "Survei Data Gaji Karyawan Gogle --URL diakses dari mydanwei.com
  43. ^ Penenberg, Adam L. "Mengapa Google Seperti Wal-Mart." Wired. 21 April 2005. URL diakses pada 25 Februari, 2007.
  44. ^ Shinal, John. "IPO Google mencapai tujuan utamanya: Semuanya mengenai pengumpulan dana untuk perusahaan dan membonuskan karyawan, investor awal." San Francisco Chronicle. 22 Agustus 2004. URL diakses pada 25 Februari 2007.
  45. ^ a b c La Monica, Paul R. "Pemimpin Google bertahan dengan potongan gaji $1." CNN. 31 Maret 2006. URL diakses pada 28 Februari 2007.
  46. ^ "400 Orang Terkaya Amerika." Forbes. 20 September 2007. URL diakses pada 22 September 2007.
  47. ^ a b c d Reardon, Marguerite. "Google memiliki bita yang lebih besar dari Big Apple." c net. 2 Oktober 2006. URL diakses pada 9 Oktober 2006.
  48. ^ Mary Hayes Weier. Inside Google's Michigan Office. InformationWeek, 24 Oktober 2007. Diakses pada 12 September 2010.
  49. ^ Markoff, John; Hansell, Saul. "Bersembunyi dari Perhatian, Google Mengumpulkan Tenaga Baru." New York Times. 14 Juni 2006. URL diakses pada 13 Oktober 2007.
  50. ^ Richmond, Riva. "Google berencana untuk membangun sistem energi solar raksasa untuk kantornya." MarketWatch. 17 Oktober 2006. URL diakses pada 17 Oktober 2006.
  51. ^ Staff Writer. "Google Bebas Karbon Tahun 2008." Environmental Leader. 19 Juni 2007. URL diakses pada 10 Juli 2007.
  52. ^ "Seperti apa rasanya bekerja di Pengembangan, Operasi, & TI?." Google. URl diakses pada 2 Agustus 2006.
  53. ^ Mayer, Marissa. "MS&E Kursus 472: Seri Seminar Pengusaha." (pranala video; sebuah podcast suara juga tersedia dalam bentuk MP3 format). Seri Seminar ETL/Universitas Stanford. 17 Mei 2006. Diakses pada 2 Agustus 2006.
  54. ^ "Google MentalPlex." Google. 1 April 2000. URL diakses pada 22 Februari 2007.
  55. ^ "Teknologi di belakang keberhasilan Google." Google. 1 April 2002. URl diakses pada 22 Februari 2007.
  56. ^ "Google Copernicus Center menerima lowongan kerja." Google. 1 April 2004. URL diakses pada 22 Februari 2007.
  57. ^ "Hilangkan dahaga Anda untuk pengetahuan." Google. 1 April 2005. URL diakses pada 22 Februari 2007.
  58. ^ Fox, Lynn. "Google Mengumpulkan Informasi Pernikahan Dunia dengan Google Romance." Google. 1 April 2006. RURL diakses pada 22 Februari 2007.
  59. ^ a b "Welcome to Google TiSP." Google. 1 April 2007. URL diakses pada 1 April 2007.
  60. ^ "Kertas Gmail." Google. 1 April 2007. URL diakses pada 1 April 2007.
  61. ^ "Peralatan Bahasa." Google. URL diakses pada 24 Januari 2007.
  62. ^ "Google Search Results untuk 'menjawab kehidupan alam semesta dan segalanya'." Google. URL diakses pada 24 Januari 2007.
  63. ^ "Logo liburan." Google. URL diakses pada 21 Mei 2007.
  64. ^ Associated Press. "Budaya Google Membahayakan?" Wired Magazine. 28 April 2004.
  65. ^ Baertlein, Lisa. "Google IPO bernilai $2.7 miliar." CIOL IT Unlimited. 30 April 2004.
  66. ^ Vise, David A. "Taktik Batasan Tes Hukum IPO 'Google Guys'." Washington Post. 17 Agustus 2004. URL diakses pada 23 Februari 2007.
  67. ^ Rivlin, Gary. "Relax, Bill Gates; Sekarang Giliran Google menjadi Musuh." New York Times. 24 Agustus 2005.
  68. ^ Gibson, Owen; Wray, Richard. "Raksasa pencarian dapat mengurangi penggemarnya." The Sydney Morning Herald. 25 Agustus 2005.
  69. ^ Ranka, Mohit. "Google - Don't Be Evil."OSNews. 17 Mei 2007.
  70. ^ Mills, Elinor. "Bertemu dengan kaisar budaya Google." ZDNet. 30 April 2007. URL diakses pada 30 April 2007.
  71. ^ Sharma, Dinesh C. "Presiden India memperingatkan Google Earth." c net. 17 Oktober 2005. URL diakses pada 23 Juli 2006.
  72. ^ Mills, Elinor. "Google menawarkan pengiklan statistik klik bayar." c net. 25 Juli 2006. URl diakses pada 29 Juli 2006.
  73. ^ Terlibat Kasus Game Freemium, Apple dan Google Terancam Denda. Vibiznews Diakses 24 Mei 2014.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • David Vise and Mark Malseed (2005-11-15). The Google Story. Delacorte Press. ISBN 0-553-80457-X. 
  • John Battelle (2005-09-08). The Search: How Google and Its Rivals Rewrote the Rules of Business and Transformed Our Culture. Portfolio Hardcover. ISBN 1-59184-088-0. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 37°25′20″LU,122°05′04″BB