Pesan instan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Software Pidgin 2.0 untuk penyampaian pesan instan

Pesan instan (bahasa Inggris: Instant messaging) adalah sebuah teknologi Internet yang memungkinkan para pengguna dalam jaringan internet untuk mengirimkan pesan-pesan singkat secara langsung pada saat yang bersamaan (real time) dengan menggunakan teks kepada pengguna lainnya yang sedang terhubung ke jaringan yang sama.

Konsep yang digunakan oleh teknologi ini muncul pada awal-awal pengembangan sistem operasi UNIX dan jaringan Internet; para pengguna yang sudah masuk log dapat mengirimkan perintah berupa <code>talk</code>, write, dan finger untuk melihat siapa saja yang sudah masuk log dan akhirnya mengirimkan pesan singkat kepada mereka.

Istilan pesan instan (instant messaging) saat ini pada umumnya mengacu kepada sebuah teknologi yang dipopulerkan oleh America Online (AOL), yang kemudian diikuti oleh Yahoo! (Yahoo! Messenger), Google, dan Microsoft (Windows Live Messenger)dan perusahaan-perusahaan lainnya.

Fungsi antar muka[sunting | sunting sumber]

Fungsi antar muka yang terdapat dalam Instant Messaging adalah :

  • Instant messages : Untuk mengirim pesan kepada teman yang sedang online pada saat yang bersamaan.
  • Chat : Untuk menciptakan chat room dengan teman atau rekan kerja sehingga pembicaraan dapat berlangsung.
  • Web links : Untuk berbagi link mengenai website favorit.
  • Video : Untuk mengirim serta menyaksikan video dan melakukan chatting secara face to face dengan teman
  • Images : Untuk melihat gambar yang ada teman anda miliki.
  • Files : Untuk berbagi file dengan mengirimkan file tersebut langsung kepada teman.
  • Talk : Berfungsi agar pengguna bisa benar-benar berbicara dengan teman mereka, layaknya telepon.
  • Mobile capabilities : untuk mengirimkan instant message melalui handphone.

Sejarah Instant Messaging[sunting | sunting sumber]

Perkembangan Instant Messaging diawali ketika mulai maraknya orang menggunakan teknologi secara online pada awal tahun 1990 ketika orang - orang mulai meluangkan banyak waktu untuk mengakses Internet.

Para pengembang piranti lunak menciptakan sebuah software chat room, dimana suatu grup atau perorangan dapat melihat serta mengirimkan pesan kepada sertiap orang yang ada pada “room” tersebut. Penyedia jasa online Quantum Link menawarkan fitur untuk dapat saling berkirim pesan dengan sesama pengguna komputer yang sedang online. Penerapan Instant messaging ini memiliki dasar yang tidak jauh berbeda, yaitu sebuah chat room yang ditujukan untuk dua orang.

Instant Messaging ini mulai meledak di Internet pada November 1996, yaitu ketika Mirabilis memperkenalkan ICQ yang merupakan sebuah Instant Messaging yang dapat dipergunakan secara gratis bagi setiap orang. Pada tahun 1997, AOL menjadi pioneer dalam komunitas online. Hal ini dikarenakan AOL memberikan kemampuan bagi pengguna untuk dapat melakukan komunikasi dalam waktu yang sama dalam sebuah chat room dan instant messaging. Model ICQ inilah yang kemudian menjadi dasar yang penting dalam penggunaan Instant Messaging yang beredar sekarang ini.

Dewasa ini, perkembangan IM telah mengalami kemajuan yang amat pesat. Penggunaan IM yang awalnya hanya dapat diakses oleh para penggunanya melalui komputer, sekarang ini telah dapat diakses melalui telepon genggam. Dengan kemampuan yang dimiliki telepon genggam untuk mengakses internet, maka para pengguna IM dapat mengakses dunia maya kapan saja dan dimana saja.

Di Indonesia sendiri, pengguna IM cukup banyak. Umumnya mayoritas pengguna berasal dari kaum pelajar dan mahasiswa. Menjamurnya piranti lunak seperti mig33, eBuddy, dan lain-lain memungkinkan telepon genggam untuk ber’IM’ ria, membuat para penggemar IM semakin dimanja. Provider telepon genggam seperti telkomsel pun telah memberikan fitur kepada para pelanggan mereka untuk ber’IM’. Selain itu ada juga layanan SMS premium seperti chat n’ date, yang iklannya cukup sering beredar di televisi. IM pada chat n’ date berbeda dengan IM lainnya, karena ia berbasis teknologi SMS. Tidak seperti IM lain, yang berbasis koneksi internet.

Penggunaan Instant Messaging[sunting | sunting sumber]

Penggunaan Instant Messaging ini dapat dilakukan melalui langkah – langkah berikut ini:

  1. Jika computer anda belum memiliki piranti lunak IM, maka anda harus mengunduh piranti lunak IM dulu.
  2. Setelah piranti lunak berhasil diunduh, anda harus meng’install’nya.
  3. Setelah piranti lunak IM ada di komputer anda, bukalah piranti tersebut.
  4. Begitu anda terhubung dengan server, anda dapat mengetik nama dan password. Jika ini pertama kalinya anda terhubung, anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk memperoleh account, yang dapat digunakan sebagai langkah awal anda menggunakan fasilitas ini. Ketika server memelakukan verifikasi terhadap nama dan password anda, maka anda sudah tercatat sebagai member/ pengguna fasilitas ini.
  5. Setelah itu, komputer anda secara otomatis akan mengirimkan data kepada server berisi informasi koneksi yang ada pada komputer yang anda gunakan ( berupa IP address dan number of port).
  6. Lalu server akan m

embuat file secara temporary yang akan mengkoneksikan informasi untuk anda dan list contatct yang anda miliki. Lalu akan dilakukan penyingkronisasian dengan para pengguna yang ada dalam contact list anda, dan akan menandai para pengguna yang sedang online.

  1. Kemudian anda dapat meng’klik nama orang yang sedang online tersebut, dan sebuah halaman akan terbuka sehingga anda dapat menuliskan pesan. Dan anda dapat memulai percakapan.
  2. Ketika percakapan anda telah selesai, anda dapat menutup halaman percakapan anda. Dan anda dapat mengakhiri koneksi serta keluar dari aplikasi tersebut. Pada saat yang bersamaan, account anda mengirimkan pesan pada server untuk mengakhiri sesi anda. Server akan mengirimkan pesan kepada setiap rekan anda, bahwa anda telah ada dalam kondisi logged off. Sehingga para pengguna IM yang sedang online dan berada di contact list anda, mengetahui anda telah tidak terhubung lagi. Dapat juga disebut offline.

Seiring dengan peningkatan kebutuhan para pengguna, IM terus mengalami inovasi dari tahun ke tahun. Pada umumnya setiap piranti lunak IM memungkinkan para penggunanya untuk berbagi file. Selain itu AOL, Yahoo!, Google dan MSN telah menyatukan jasa IM yang mereka sediakan dengan jasa e-mail. Jadi sembari menggunakan piranti lunak IM, para pengguna juga dapat memperoleh pemberitahuan apabila ada e-mail yang masuk.Pada umumnya, sejumlah piranti lunak IM memungkinkan para penggunanya untuk saling berbicara layaknya telepon maupun melakukan konferensi menggunakan video. Selain itu para pengguna juga dapat mempersonalisasi halaman mereka, sesuai dengan keinginan mereka.

Masa depan IM akan sangat bersinar. Sejumlah fitur yang sudah dijelaskan akan selalu diperbarui. Para penyedia jasa IM juga akan membuat jasa yang mereka sediakan menjadi semakin ramah pengguna. Dengan IM, kita dapat berkomunikasi kapan saja, dan dimana saja!

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. http://www.multicians.org/thvv/mail-history.html
  2. http://www.glinklives.org/qlink-old/list1.jpg
  3. http://www.uspto.gov/web/office/com/501/foia/ttab/descum/2006/16jan06.pdf
  4. http://www.Pidgim.im/index.php?id=177
  5. http://searchstorage.techtarget/com/tip/0,289483.sid5-gci906152,00.html
  6. http://www.akonix.com/press/releases-detail.asp?id=130
  7. Gene J. Koprowski. "Instant Messaging Grew By Nearly 20 Percent in 2005." TechNewsWorld. http://www.technewsworld.com/story/47270.html
  8. Michael W. Muchmore. "Six Free Multi-Service IM Clients." ExtremeTech. http://www.extremetech.com/article2/0,1697,2142647,00.asp
  9. Juan Carlos Perez. "AIM Plug-In IDs Users' Locations." Network World. http://www.networkworld.com/news/2007/031907-aim-plug-in-ids-users.html


Pengirim pesan instan