ICQ

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
ICQ
ICQ Logo.png
Pengembang Mirabilis, AOL
Rilis stabil 5.1 build #3000 (11 Juli 2006)
Rilis pratayang 6.0 build #5192 (Agustus 2006)
Sistem operasi Windows, Macintosh, telpon genggam
Jenis Klien Pengirim pesan instan
Lisensi Adware
Situs web resmi ICQ

ICQ adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengirimkan pesan instan, yang dikembangkan dan dipopulerkan oleh perusahaan Israel, Mirabilis. Namun, hak paten perangkat ini kemudian dibeli oleh perusahaan America Online (AOL). Sejak bulan April 2010, ICQ dimiliki oleh Digital Sky Technologies (Rusia). Nama ICQ sendiri merupakan homofon dari frasa dalam bahasa Inggris, I seek you. AOL membeli ICQ dari Mirabilis pada tanggal 08 Juni 1998 seharga US$ 407 juta. Namun, di bulan April 2010, AOL harus menjual ICQ ke Digital Sky Technologies (Rusia) dengan nominal US$187,5 juta. DST membeli perangkat lunak ini karena hampir 25% dari pengguna ICQ berasal dari Rusia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Mirabilis pertama kali didirikan oleh lima orang berkebangsaan Israel: Yair Goldfinger, Sefi Vigiser, Amnon Amir, Arik Vardi, dan Yossi Vardi. Mereka mengakui bahwa banyak orang yang online menggunakan internet melalui sistem operasi non-UNIX dan pada saat itu tidak ada perangkat lunak yang mampu untuk menghubungkan mereka satu sama lain. Hal yang luput dan hilang dari pengamatan adalah teknologi yang mampu menghubungkan dan menentukan lokasi para pengguna yang menggunakan sistem operasi Windows. America Online (AOL) memperoleh hak atas Mirabilis seharga US$ 407 juta pada tanggal 8 Juni 1998. Pada saat itu, harga tersebut merupakan harga tertinggi yang pernah dikeluarkan untuk membeli perusahaan teknologi yang berasal dari Israel. Dengan berpindahnya kepemilikan ICQ, manajemen ICQ berubah pula pada akhir tahun 2003. Di bawah kepemimpinan Orey Gilliam, ICQ berubah menjadi perusahaan yang tumbuh dan berkembang menjadi perusahaan yang menguntungkan. Selain itu, ICQ juga menjadi salah satu bisnis yang paling sukses yang dimiliki oleh AOL.

Fitur[sunting | sunting sumber]

ICQ menawarkan fitur-fitur, antara lain pengiriman pesan singkat, chatting dengan banyak pengguna dalam waktu yang bersamaan, mengirimkan file dan kartu ucapan, memainkan permainan yang dilakukan lebih dari satu orang, dan juga menyediakan daftar pengguna ICQ yang dapat dilacak. Pada tanggal 17 April 2007, ICQ meluncurkan ICQ versi 6 yang menawarkan single communication platform yang mampu menggabungkan berbagai opsi yang diinginkan pengguna, antara lain layanan pesan instan, pesan singkat gratis dari ICQ yang dapat dikirimkan ke nomor seluler, serta panggilan suara atau video.

UIN[sunting | sunting sumber]

Pengguna ICQ dikenali melalui nomor yang disebut dengan istilah UIN atau Universal Internet Number. Penggunaan UIN pertama kali dicetuskan oleh Mirabilis yang digunakan sebagai username ketika pengguna melakukan pendaftaran ICQ. Ketika pertama kali mendaftar, pengguna akan mendapatkan UIN yang terdiri atas lima digit nomor. Sebagai contoh, nama pengguna Frangky E mendapatkan identitas UIN 16092. Di ICQ versi 6, pengguna juga dapat masuk dengan menggunakan alamat email yang digunakan ketika melakukan proses registrasi. Berbeda dengan perpesanan instan atau aplikasi web lainnya, ICQ menggunakan UIN sebagai informasi permanen walaupun dalam kenyataannya UIN ini masih tetap bisa dilacak dengan menggunakan alamat email yang telah didaftarkan ke ICQ. Selain itu, para pengguna juga bisa mengubah seluruh informasi pribadinya tanpa harus melakukan pendaftaran ulang. Perkembangan terbaru yang dilakukan ICQ, antara lain kerja sama yang dilakukan dengan AIM. Sejak tahun 2000, pengguna ICQ dan AIM sudah bisa untuk menambahkan satu sama lainnya ke dalam daftar teman tanpa harus membuat dan membutuhkan eksternal client.

Pengembangan ICQ[sunting | sunting sumber]

Versi ICQ pertama kali dikembangkan pada tahun 1996 oleh Mirabilis. Dari tahun ke tahun, ICQ selalu berusaha dikembangkan walaupun sudah bukan berada di bawah Mirabilis. Pada tahun 2000, ICQ menambahkan fitur Notes dan Reminder. Satu tahun kemudian, ICQ menambah kapasitas penyimpanan daftar kontak dan memungkinkan sinkronisasi dengan lebih dari satu perangkat komputer. Kemudian pada tahun 2002, ICQ mengeluarkan ICQ2002, yakni versi yang bebas dari iklan. Pada tahun 2003, ICQ mengeluarkan ICQ Pro 2003b. ICQ versi ini merupakan ICQ yang menggunakan protokol versi 10, versi protokol yang paling paling maju dibandingkan protokol sebelumnya. Pada tahun 2005, ICQ mengeluarkan ICQ4 dan ICQ5 dengan memberikan fitur tambahan Xtraz. Fitur ini menawarkan permainan yang dikhususkan kepada pengguna yang masih remaja. ICQ4 dan ICQ5 dikenal juga dengan sebutan ICQ Lite. ICQ Lite merupakan perpesanan instan yang hadir sebagai alternatif dengan ukuran file yang lebih kecil sehingga tidak merepotkan bagi komputer yang memiliki prosesor dengan kecepatan rendah. Selain itu, ICQ5 juga memperkenalkan dukungan skin, yakni pengubahan tampilan tema pada ICQ. Beberapa skin dapat diunggah melalui situs resmi ICQ. Pada tahun 2007, ICQ merilis ICQ versi 6. Tampilan pada versi ini telah mengalami perubahan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, Boxely, yang juga digunakan di AIM Triton. Perubahan ini juga memberikan fitur baru seperti kemampuan untuk mengirimkan pesan instan langsung dari daftar kontak yang dimiliki pengguna. Pihak ICQ sendiri mulai berkeras untuk “memaksa” penggunanya menggunakan ICQ versi 6. Bagi mereka yang tidak ingin memperbarui, ICQ versi lama tidak akan bisa dioperasikan apabila versi yang dimiliki bukan versi 6. Versi terbaru dari ICQ adalah ICQ 7.0. Versi ini dirilis pada tanggal 18 Januari 2010. Pembaruan ini terintegrasi dengan Facebook dan situs lainnya. Versi ini juga memungkinkan penggunanya untuk mengubah status seperti yang ada pada Windows Live Messenger. Namun, ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh versi ini, salah satunya adalah versi ini tidak mendukung bahasa Mandarin dalam instalasi standardnya. Ini mengakibatkan ICQ versi ini sulit untuk digunakan di negara dengan bahasa resmi Mandarin, antara lain Hong Kong dan Taiwan.

Serba-Serbi ICQ[sunting | sunting sumber]

  • Budaya pop

Begitu dekatnya ICQ dengan masyarakat Eropa dalam kehidupan sehari-hari membuat perangkat ini membawa pengaruh yang sangat penting dalam kebudayaan popular Eropa, khususnya di Polandia. Salah satunya ada dalam karya novel buatan seseorang berkebangsaan Polandia yang berjudul Samotność w sieci (Loneliness in Net). Dalam novel tersebut diceritakan, tokoh protagonisnya menemukan seseorang melalui ICQ hingga kemudian mereka menjadi sepasang kekasih.

  • Politik dan pemerintahan

Salah seorang security analist, Jeffrey Carr, mengatakan bahwa penggunaan ICQ dapat menyebabkan permasalahan keamanan. Carr beranggapan demikian karena ICQ telah dibeli oleh perusahaan asal Rusia, Digital Sky Technologies. ICQ sendiri sudah tidak begitu banyak mendapat perhatian dari masyarakat Amerika Serikat dan Inggris Raya, namun tetap memiliki pengguna di Eropa dan Rusia. Ia juga mengungkapkan bahwa status kepemilikan ICQ bisa saja digunakan oleh agen rahasia Rusia, KGB.

  • ICQ dan klien tidak resmi
  1. Pada bulan Juli 2008, banyak perubahan diimplementasikan kepada server ICQ yang mengakibatkan banyak klien tidak resmi berhenti beroperasi.
  2. Pada tanggal 09 Desember 2008, ICQ membuat banyak perubahan lain. Klien yang mengirimkan ICQ yang tidak sesuai dengan ID yang dimiliki oleh ICQ versi 5.1 atau lebih berhenti beroperasi.
  3. Pada tanggal 29 Desember 2008, ICQ mengeluarkan pernyataan yang menyatakan bahwa klien-klien alternatif atau tidak resmi adalah klien berbahaya.
  4. Pada tanggal 21 Januari 2009, server ICQ mulai memblokir semua klien tidak resmi di Rusia dan negara persemakmurannya. Sistem ICQ mengirimkan kepada seluruh pengguna ICQ yang berbunyi demikian,

System Message The version you are using is not supported by ICQ. Download a free authorized ICQ version from ICQ’s official website.

Aplikasi Pihak Ketiga[sunting | sunting sumber]

Berikut daftar beberapa aplikasi pihak ketiga yang merupakan aplikasi yang tidak resmi yang mampu mengakses ICQ.

  1. Adium : mendukung ICQ, Yahoo!, AIM, MSN, Google Talk, XMPP.
  2. Ayttm : mendukung ICQ, Yahoo!, AIM, MSN, IRC, dan XMPP.
  3. bitlbee : IRC gateway, mendukung ICQ, Yahoo!, AIM, MSN, Google Talk, dan XMPP.
  4. centericq : mendukung ICQ', Yahoo!, AIM, MSN, IRC dan XMPP.
  5. climm
  6. Digsby : mendukung ICQ, AIM, MSN, Yahoo!, Google Talk, XMPP.
  7. Easy message: mendukung MSN, AIM, ICQ, dan Yahoo!
  8. eBuddy: mendukung MSN, AIM, Yahoo!, ICQ, Google Talk dan MySpace Chat.
  9. Fire : mendukung ICQ, Yahoo!, AIM, MSN, IRC, dan XMPP.
  10. fring : mendukung ICQ, Yahoo!, AIM, MSN, Skype, Twitter.
  11. iChat : menggunakan ICQ's UIN sebagai AIM screenname.
  12. Jimm' : mendukung ICQ
  13. Kopete : mendukung AIM, ICQ, MSN, Yahoo!, XMPP, Google Talk, IRC, Gadu-Gadu, Novell GroupWise Messenger dan sebagainya.
  14. Meebo : mendukung ICQ, AIM, Yahoo!, MSN, Google Talk dan XMPP.
  15. Meetro: perpesanan instan dan jejaring sosial yang dikombinasikan dengan lokasi, mendukung AIM, ICQ, MSN, dan Yahoo!
  16. Mirdana IM: mendukung ICQ, Yahoo!, AIM, MSN, IRC, Google Talk, XMPP, Gadu-Gadu, BNet dan sebagainya.
  17. Naim
  18. Palringo : mendukung AIM, Yahoo!, MSN, XMPP, Google Talk, Gadu-Gadu, ICQ, Facebook IM.
  19. Pidgin  : mendukung ICQ, Yahoo!, AIM, Gtalk, MSN, IRC, XMPP, Gadu-Gadu, SILC.
  20. PlayXperr : mendukung ICQ, AOL Instant Messenger, Google Talk, Sony Station Friends, MSN, Yahoo! Messenger, dan Xfire.
  21. Proteus : mendukung ICQ, Yahoo!, Yahoo! Japan, AIM, MSN, XMPP dan iChat Rendezvous.
  22. QIP : mendukung ICQ, AIM, XMPP dan XIMSS.
  23. stICQ : mendukung ICQ, untuk sistem operasi Symbian.
  24. Trillian : mendukung ICQ, Yahoo!, AIM, MSN, IRC, Google Talk, XMPP dan sebagainya.

ICQ Chat![sunting | sunting sumber]

Fitur ini masih terbilang sangat baru dari ICQ. ICQ Chat! memiliki banyak ruangan yang dapat digunakan untuk chatting dengan banyak orang. Bahkan, ada beberapa ruangan yang khusus untuk membicarakan hal-hal yang bersifat keagamaan, antara lain Budha, Kristen, Hindu, dsb. Untuk lebih lanjut silakan kunjungi situs resmi ICQ Chat! http://www.icq.com/icqchat/

ICQ Password Recovery[sunting | sunting sumber]

Berbeda dengan layanan instant messaging lainnya, ICQ menawarkan sebuah kemudahan bagi penggunanya, terutama bagi yang sulit untuk mengingat password. ICQ memiliki sebuah fitur yang dinamakan ICQ Password Recovery. Fitur ini membantu mengirimkan password ke alamat email yang dimiliki oleh penggunanya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut, pengguna diminta untuk masuk ke laman Get a New Password, kemudian pengguna akan diminta untuk memasukkan nomor identitas ICQ atau UIN dan secara otomatis, ICQ akan mengirimkan password baru ke alamat email yang terasosiasi dengan nomor UIN pengguna. Namun, ICQ akan menolak untuk mengirimkan password baru apabila alamat email pengguna tidak terasosiasi dengan nomor UIN yang masih berlaku. Cara yang begitu mudah dan bermanfaat bagi pengguna yang seringkali bermasalah dengan password.


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "BBC NEWS". news.bbc.co.uk. December 19, 2002. http://news.bbc.co.uk/2/hi/technology/2591723.stm.
  2. ^ "FT.com / Media - AOL sells ICQ to Russian internet company". www.ft.com. http://www.ft.com/cms/s/0/2ba3294a-52c1-11df-a192-00144feab49a.html.
  3. ^ ICQ Surpasses 100 Million Registered Users, Time Warner Press Release - May 09, 2001
  4. ^ http://www.icq.com/register/email_attach.php
  5. ^ "ICQ Terms Of Service — Acceptable Use Policy"
  6. ^ AOL Engaged in Dubious Competition Practices for ICQ in Russia
  7. ^ http://techcrunch.com/2010/04/28/aol-sells-instant-messaging-service-icq-to-dst-for-187-5-million/
  8. ^ http://sinyalhp.com/info/instant-messaging-chat-rooms-icq.html
  9. ^ http://www.icq.com/products/whatisicq.html
  10. ^ http://www.dailyfinance.com/story/company-news/ttyl-aol-may-sell-its-icq-instant-messaging-service/19429016/
  11. ^ http://www.physorg.com/news191669100.html
  12. ^ http://www.tech-faq.com/how-does-icq-password-recovery-work.html
  13. ^ http://games.icq.com/index.htm?refid=mainnav&lc=&carrier=&device=&lc=en

Pranala luar[sunting | sunting sumber]