Google Talk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Google Talk
Google talk logo .png
Google talk.gif
Tampilan dari Google Talk
Pengembang Google
Rilis perdana 24 Agustus 2005 (2005-8-24)
Sistem operasi Android,
BlackBerry OS,
Linux,
Maemo,
webOS,
Symbian,
iOS (webapp),
Windows,
Google Chrome OS
Ketersediaan bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Italia, Jepang, Korea, Belanda, Polandia, Portugis, Rusia, Turki, Mandarin, Spanyol
Jenis VoIP / Pesan instan klien
Lisensi Tak-bebas
Situs web resmi www.google.com/talk www.google.com/talk/labsedition talkgadget.google.com/talkgadget/popout

Google Talk (GTalk) adalah suatu layanan aplikasi berbasis web dari Google yang dibuat sebagai sarana untuk berkomunikasi melalui pesan instan dan VoIP. Google talk pertama kali dirilis pada tanggal 24 Agustus 2005. Google Talk disediakan secara gratis dan dapat diunduh serta diakses melalui Google. Layanan Google Talk hanya dapat digunakan apabila telah memiliki akun di Google.

Pesan instan yang ada di antara server Google Talk dan kliennya menggunakan protokol terbuka, dan XMPP, yang memungkinkan para pengguna klien XMPP lainnya untuk berkomunikasi dengan para pengguna Google Talk. Sementara itu, VoIP pada google Talk berbasis Jingle protokol. Teknologi yang dipakai dalam jaringan server google tidak dapat diketahui oleh publik. Layanan Google Talk hanya tersedia untuk sistem operasi yang menggunakan Windows 2000, windows XP, windows Server 2003, windows Vista, dan Windows 7. Perangkat lunak Google Talk tersedia juga untuk BlackBerry, iPhone dan T-Mobile G1. Dengan dikeluarkannya gadget pada Google Talk membuat seluruh pengguna yang didukung oleh Adobe Flash Player dapat menggunakan Google Talk.

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 7 Februari 2006, Gmail memperoleh fungsi percakapan (chatting) dengan menggunakan AJAX sebagai media komunikasi yang terintegrasi dengan Google Talk. Penambahan fungsi tersebut memungkinkan para pengguna akun Gmail dapat mengirim pesan instan kepada pengguna Gmail yang lain. Pengguna tidak perlu mengunduh Google Talk untuk mengirim pesan instan kepada pengguna gmail yang lain karena cara kerjanya dalam sebuah penjelajah web.

Kemudian, pada 8 November 2006, Google mengintegrasi Google Talk dengan Orkut. Hal ini membuat para pengguna Google Talk dapat melakukan interaksi dengan para pengguna Orkut. Pengguna juga dimungkinkan untuk memainkan lagudi komputer. Data tentang musik akan terkumpul, apabila pengguna setuju untuk itu, dan akan diperlihatkan ke dalam halaman Google Music Trends. Selanjutnya, pada 11 November 2008 perkembangan Google Talk semakin maju, para pengguna Gmail dan Google Talk sudah dapat melakukan percakapan di Internet dengan menggunakan suara dan video. Namun, tidak seluruh sistem operasi bisa mendukung hal tersebut. Para pengguna Gmail perlu mengunduh dan menginstal. Pada September 2009, aplikasi ini hanya tersedia untuk Windows XP dan Windows Vista, juga pada Mac OS X (hanya pada Mac yang berbasis Intel).

Fitur-fitur[sunting | sunting sumber]

Voicemail dan file-sharing[sunting | sunting sumber]

Google memberikan layanan voicemail dan kemampuan mengirimkan file ke klien Google Talk pada tanggal 28 Juli 2006. Pesan yang ada dalam voicemail lamanya bisa mencapai hingga 10 menit, dan dikirimkan ke kontak kotak surat sebagai suatu file MP3 yang terlampir (11kHZ mono 24kbit/s). Bagi penerima yang menggunakan akun Gmail akan mendapatkan integrasi yang lebih baik dibandingkan dengan yang lain. Gmail akan mengenali bahwa itu adalah pesan suara, dan para pengguna dapat memilih salah satu cara untuk memindahkan file yaitu dengan memakai MP3-playing applet, atau dengan cara mengunduh file MP3 tersebut.

Pesan offline[sunting | sunting sumber]

Pada 31 Oktober 2006, Google menambahkan pesan offline ke dalam Google Talk. Hal ini telah memungkinkan para pengguna untuk mengirimkan pesan ke dalam kontaknya, walaupun sedang tidak sign in (masuk). Pesan baru bisa diterima ketika mereka mulai online, meskipun pengguna yang mengirim pesan tersebut sedang dalam keadaan offline.

Kompatibilitas dengan perangkat mobile[sunting | sunting sumber]

Nokia merilis perangkat lunak baru untuk nokia 770 internet tablet, Google Talk adalah salah satu perangkat lunak yang termasuk di dalamnya. Perangkat lunak Google Talk yang berbasis XMPP membuat Google Talk menjadi klien VoIP yang kompatibel. Kompatibilitas google talk dengan perangkat mobile lainnya dapat ditemukan juga pada Sony’s mylo dan Blackberry. Namun, tidak semua ponsel cocok dengan perangkat lunak Google Talk, hanya ponsel yang menyediakan protokol XMPP yang dapat memberikan layanan tersebut. Sebagian besar ponsel saat ini didukung oleh IMPS protokol, sehingga dengan akun gmail tidak bisa login.

Edisi laboratorium[sunting | sunting sumber]

Google telah merilis versi terbaru dari Google Talk yang disebut “Google Talk, edisi laboratorium.” Dengan menggunakan edisi laboratorium (edisi labs) para pengguna dapat mempunyai beberapa tab dengan kelompok chatting, chat pribadi dan layar biasa dapat terbuka seluruhnya hanya dengan sekali buka. Di sini tersedia untuk mengunduh secara gratis melalui http://www.google.com/talk/labsedition/. Flash Player akan diminta untuk melakukan proses instalasi, dan setelah peluncuran pertama, sebuah flash-plugin baru akan diperlukan untuk diunduh. Edisi ini tidak bertujuan untuk penggunaan umum. Hal ini yang menyebabkan edisi ini disebut dengan edisi laboratorium (edisi labs). Edisi laboratorium juga meliputi layanan Google terbaru.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 23 Agustus 2004, Eoban Binder memberi usulan agar layanan IM (instan messaging) Google berbasis XMPP melalui website Applexnet.com. Lalu, tepat setahun kemudian ditemukan subbagian talk.google.com mempunyai sebuah XMPP server yang aktif. Pada 7 febuari 2006, Gmail mulai menambahkan kemampuan untuk memberikan layanan percakapan dengan mendirikan klien XMPP. Selanjutnya, pada 14 maret 2007, Google mengeluarkan alat atau perkakas google (Google Talk Gadget). Adobe flash berbasis modul percakapan ditambahkan ke halaman depan iGoogle atau disimpan dalam halaman web, sehingga bisa chatting dari berbagai sistem operasi yang didukung oleh Adobe Flash Player. Kemudian, 26 November 2007, Google Talk mengeluarkan layanan percakapan (chatting) kelompok. Sebelumnya, pengguna hanya bisa melakukan percakapan dengan satu orang tiap jendela. Adanya kelompok chatting memungkinkan para pengguna berbicara satu sama lain dalam lingkungan yang serupa dengan IRC. Pada tanggal 6 Desember 2007, Google meningkatkan integrasi Gmail chatting untuk menyertakan kemampuan chatting AOL Instant Messenger. Hal ini menjadikan pengguna Gmail dapat masuk ke layanan berbicara AIM dan berkomunikasi dengan pengguna AIM ketika masih dalam layanan Google Talk. Pada, 25 febuari 2008 google menambah fitur yang disebut dengan Chatback. Fitur ini memungkinkan pemilik akun Google Talk tetap bisa chatting dengan orang yang tidak memiliki akun Google. Pada, 11 November 2008, diluncurkan fitur video chat. Hal ini memungkinkan para pengguna Google Talk untuk chatting dengan menggunakan video di dalam Gmail. Pada 7 Juli 2009, Google Talk diberitahukan keluar dari versi beta bersama-sama dengan Gmail, Google Docs dan Google Apps.

Realisasi ke depan[sunting | sunting sumber]

Google melaporkan sedang bekerja untuk menambah fitur-fitur baru, salah satunya yaitu dengan mendukung SIP di masa yang akan datang yang akan memperluas userbase untuk program. Pada 28 Agustus 2006 telah diadakan perjanjian multi tahunan antara Google dan eBay . Di dalam perjanjian tersebut diumumkan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut akan membuat para pengguna Google Talk dapat berkomunikasi dengan Skype.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Perkembangan komunikasi, Melva Press, 2007
  • Turkle, Sherry (1995). Life on The Screen: Identity in the Age of the Internet, New York: Touchstone. Chapter 4 page 63
  • Pintar 100 software komputer, Kawan Pustaka, 2008

Pranala luar[sunting | sunting sumber]