IChat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
iChat
Pengembang Apple Inc.
Sistem operasi Mac OS X
Jenis Instant messaging
Lisensi Proprietary
Situs web resmi Apple: iChat

iChat atau yang biasa disebut iChat AV adalah suatu program pengiriman pesan popular yang disediakan oleh Apple Inc. for untuk suatu system yaitu system operasi Mac OS X. Program ini memiliki video, suara dan juga mempunyai kemampuan untuk menyatukan layar pada penggunaannya, seperti program pengiriman pesan instant yang lainnya, seperti Yahoo Messenger, Oovoo, dan Skype.

Perbedaan program iChat dengan program pengiriman pesan instant lainnya terletak pada aksesnya, karena iChat hanya dapat diaksesty oleh pengguna yang mempunyai system Mac OS X pada laptop ataupun komputer.

Melalui iChat para pengguna dapat melihat pengguna lainnya, yang juga sedang menggunakannya, dan dapat dilihat dengan adanya tampilan bulatan kecil disamping nama penggunanya. Warna hijau untuk pengguna yang tersedia (available), warna kuning untuk para pengguna yang menganggur (idle), dan warna merah untuk pengguna yang sedang tidak berada di tempat (away).Namun, sejalan dengan perkembangannya, saat ini iChat mempunyai beberapa fitur dasar yang dapat menentukan siapa saja yang dapat melihat saat kita sedang online atau sedang tidak online.

Sejarah iChat[sunting | sunting sumber]

  • Pada Juni 2003, Apple Inc memunculkan iChat AV, yang merupakan versi baru iChat dalam perkembangan percakapan melalui suara dan radio.
  • Pada Februari 2004 selanjutnya daring Amerika mengenalkan program pengiriman pesan instan, yaitu AOL. Namun AOL hanya diperuntukan untuk pengguna yang mempunyai sistem Windows pada komputer.
  • Pada Juni 2004, Steve Jobs mengatakan bahwa versi terbaru iChat AV termasuk kedalam OS X v10.4 versi Tiger.
  • Pada October 2005, iChatt menerima dukungan yang besar dari pengguna Apple’s
  • Pada Maret 2007, Apple mengeluarkan Mac OS X 10.4.9 yang juga termasuk USB Video Device Class didalamnya yang merupakn sebuah wab camera.

Lahirnya versi terbaru dari iChat menambah fasilitas yang terdapat didalamnya. Fasilitas yang ada diantaranya, iChat Theater, Backdrops, Screen Sharing, dan juga dapat mengirim data lainnya seperti foto-foto, slide persentasi, film, ataupun sekedar untuk berbicara menggunakan kamera.

iChat Lebih handal dengan resolusi lebih tinggi[sunting | sunting sumber]

Video Chat dengan menggunakan iChat dirasakan lebih handal dan tentunya lebih mudah diakses daripada apapun pada Snow Leopard. Jika iChat tidak dapat menyambungkannya langsung, akan menggunakan server pengalihan AIM agar sesi chat tetap sukses.

Banyak sekali orang yang mendapatkan resolusi tinggi, hingga 640-by-480-piksel video chats, selanjutnya karena rendahnya kebutuhan teknis daripada permintaan maka pengguna hanya membutuhkan bandwidth dalam ukuran kecil, yaitu 300 Kbps daripada 9-Kbps. Saat ini iChat Theater menawarkan resolusi 640-by-480, atau empat kali lebih besar daripada sebelumnya. Saat ini iChat dibuat dan berjalan dalam kode 64-bit, sehingga dengan 64-bit ini dapat meningkatkan kinerja secara keseluruhan dan tentunya akan lebih cepat dan juga lebih responsif

iChat Theater[sunting | sunting sumber]

Melalui iChat Theater pengguna dapat berbagi dokumen, video, dan juga foto dengan teman lainnya, atau dengan kata lain fitur iChat theater memungkinkan pengguna dan juga teman lainnya untuk berbagi foto2 tersebut sehingga teman tersebut dapat melihat foto ataupun file yang sedang dibicarakan. iChat theater mempunyai kemampuan untuk dapat menampilkan konten dengan resolusi yang lebih tinggi, yaitu sampai dengan 640x480 pixel. iChat theater juga memungkinkan pengguna dapat hadir dalam jendela video iChat, selain itu pengguna juga dapat mengendalikan presentasi desktop pengguna dan temannya dapat melihatnya.

Cara mudah untuk mengetahui apakah suatu item dapat disajikan pada iChat Theater adalah dengan cara memilih pada Finder, kemudian pilih File>Quick Look, lalu Quick Look akan memperlihatkan kontennya dan tentunya saja pengguna dapat melihat isi dari item tersebut, dan item dapat disajikan pada iChat theater. Jika video chat terbuka maka pengguna dapat memulainya atau memulai iChat theater presentasi dengan cara mendrag item yang ingin dihadirkan pada video jendela obrolan. Fitur ini akan dirasakan lebih bermanfaat untuk mereka-mereka atau terhadap orang-orang yang bekerja dengan tenggang waktu yang ketat.

Efek Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Efek Latar Belakang adalah fitur iChat yang memungkinkan pengguna mengganti latar belakang video dengan gambar pilihan sendiri. Penggantian gambar ini dilakukan dengan cara mengambil gambar snapsot dari latar belakang pengguna tersebut.

iChat multi-video[sunting | sunting sumber]

Jika pengguna mempunyai komputer yang ukurannya cukup cepat, diantaranya Intel, G5, atau dual 1 Gig g4, pengguna dapat memulai muliti-video conference, namun untuk menjalankannya pengguna dan juga pengguna yang lain/teman lainnya harus mempunyai multi-kamera nantinya akan terhubung satu per satu waktu.

Chat FX[sunting | sunting sumber]

Saat ini terdapat tambahan utama Leopard’s iChat yang berfokus pada fitur video chat dan juga pada efek. Untuk iChat yang sangat menyenangkan dan tentunya sangat praktis, ChatFX membawa efek visual yang sangat luar biasa. ChatFX membawa efek visual yang luar biasa untuk iChat yang praktis tapi juga sangat menyenangkan. Diantaranya, Spice up Chatting, dengan efek khususnya atau seperti yang biasa dilihat pada film dan photoshop, selanjutnya efek bluescreen dimana dapat memperlihatkan film, video, tv, ataupun animasi pada latar belakang video chat.

Namun, saat ini iChat juga menyediakan fitur yang mirip salah satu Chat FX. Fitur ini lebih unik, namun kurang dapat diandalkan, yaitu memasukan foto atau video di belakang pengguna atau dijadikan sebagai latar belakang, foto atau video yang nantinya dijadikan latar belakang dari pengguna tersebut, pengguna sendiri yang memilihnya. Selain itu iChat juga dapat menampilkan slide, film, atau presentasi kepada pengguna lain yang sedang chatting dengannya.

Quartz Composer[sunting | sunting sumber]

Quartz Composer disediakan oleh Apple Mac OS 10.4, ini diciptakan agar memudahkan, memperkuat, dan juga agar lingkungan pemrograman lebih hebat[rujukan?] dalam memproses dan rendering data grafis. Quartz ini adalah mesin dibelakang Chat FX. Dengan Quartz Composer ini pengguna dapat membuat efek sendiri dan juga mengubah efek yang berasal dari ChatFX.

iUSB Cam[sunting | sunting sumber]

USB Cam adalah sebuah add-on yang memungkinkan pengguna agar dapat menggunakan USB Webcam untuk video conferencing, dan juga memungkinkan konferensi video chat di Mac. Misalnya saja dengan iUSBCam, pengguna dapat menggunakan Logitech QuickCam untuk video chatting. Namun untuk menggunakan web cam USB secara langsung melalui iChat, terdapat dua hal : Yang pertama Kamera harus mendukung USB Video Class standar yang kedua adalah Anda perlu mengupdate ke Mac OS X 10.5. (Mac OS X System 10.4.9 with iChat 3.1.8 (v445).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Turkle, Sherry (1995). Life on The Screen: Identity in The Age of the Internet, New York: Touchstone.
  • Mirabito, M.A.M., & Morgenstern, B.L (2004). New Communication Technology: Application, Policy, and Impact, Fifth Edition, UK: Focal Press. (MM)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]