Situs web

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Wikipedia, termasuk salah satu situs web berupa ensiklopedia daring bebas.

Situs web (bahasa Inggris: web site) atau sering disingkat dengan istilah situs[1] adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya.[2] Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL. Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di internet disebut pula sebagai World Wide Web atau lebih dikenal dengan singkatan WWW. Meskipun setidaknya halaman beranda situs internet umumnya dapat diakses publik secara bebas, pada prakteknya tidak semua situs memberikan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya, beberapa situs web mewajibkan pengunjung untuk melakukan pendaftaran sebagai anggota, atau bahkan meminta pembayaran untuk dapat menjadi aggota untuk dapat mengakses isi yang terdapat dalam situs web tersebut, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan surel (e-mail), dan lain-lain. Pembatasan-pembatasan ini umumnya dilakukan karena alasan keamanan, menghormati privasi, atau karena tujuan komersil tertentu.

Sebuah halaman web merupakan berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa (plain text) yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan instruksi-instruksi berbasis HTML, atau XHTML, kadang-kadang pula disisipi dengan sekelumit bahasa skrip. Berkas tersebut kemudian diterjemahkan oleh peramban web dan ditampilkan seperti layaknya sebuah halaman pada monitor komputer.

Halaman-halaman web tersebut diakses oleh pengguna melalui protokol komunikasi jaringan yang disebut sebagai HTTP, sebagai tambahan untuk meningkatkan aspek keamanan dan aspek privasi yang lebih baik, situs web dapat pula mengimplementasikan mekanisme pengaksesan melalui protokol HTTPS.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Penemu situs web adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan situs web yang tersambung dengan jaringan pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika merancang situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh publik.

Sebuah situs web bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari suatu organisasi, perusahaan. biasanya pembahasan dalam sebuah situs web merujuk pada sebuah ataupun beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah situs web bisa berisi pranala yang menghubungkan ke situs web lain, demkian pula dengan situs web lainnya. Hal ini terkadang membuat perbedaan antara situs web yang dibuat oleh individu ataupun perseorangan dengan situs web yang dibuat oleh organisasi bisnis menjadi tidak begitu jelas.

Situs web biasanya ditempatkan pada server web. Sebuah server web umumnya telah dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak khusus untuk menangani pengaturan nama ranah, serta menangani layanan atas protokol HTTP yang disebut sebagai Server HTTP (bahasa Inggris: HTTP Server) seperti Apache HTTP Server, atau Internet Information Services (IIS).

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Supaya bisa berkomunikasi dengan semua komputer yang tersambung ke internet, digunakan sebuah protokol komunikasi yang menggunakan TCP/IP (Transmission control protocol/Internet Protocol). Setiap komputer yang terhubung ke Internet mempunyai sebuah alamat, misalnya 192.168.14.96. Untuk memperoleh informasi atau data di internet, kita dapat mengaksesnya dengan mengetikkan suatu alamat web pada address bar. Alamat suatu situs di internet disebut nama domain. Jadi nama domain adalah alamat permanen situs didunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasikan sebuah situs. Dengan kata lain Domain Name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan suatu situs pada internet.

Kaitannya dengan protokol komunikasi TCP/IP, nama domain dapat diibaratkan seperti buku telepon, kita menggunakan sebuah nomor untuk memanggil seseorang. misalnya ketika kita mengekses situs www.yahoo.com maka browser internet Explorer akan menghubungi sebuah IP misalnya 202.68.0.134.

Istilah umum dan nama domain adalah URL.URL(Uniform Resource Locator) merupakan sarana untuk menentukan alamat yang akan dipakai untuk mengakses internet. Alamat URL merupakan alamat khusus untuk file tertentu yang bisa diakses oleh internet. Alamat URL mencangkup semua jenis file lain yang bisa diakses oleh internet, misalnya file html, zip, rar, jpg, gif, dan png.

Alamat URL yang lengkap adalah sebagai berikut:

Protokol://nama-host/path/nama file

  1. Protokol menunjukan jenis protokol yang akan digunakan, yaitu http, ftp, dan sebagainya.
  2. Nama host adalah nama host (DOMAIN) yang dipanggil.
  3. Path adalah lokasi atau direktori tempat file-file diletakan pada web server.
  4. nama file adalah nama file yang dipanggil.

Contoh: http://www.solopos.co.id/berita/soloraya.htm

  1. URL diatas menggunakan protokol http
  2. Nama Domain adalah www.solopos.co.id
  3. Path atau direktori yang dituju adalah berita
  4. Nama file yang diakses adalah soraya.htm

Secara garis besar, website bisa digolongkan menjadi 3 bagian yaitu:

  1. Website Statis
  2. Website Dinamis
  3. Website Interaktif

Situs web statis[sunting | sunting sumber]

Situs web statis merupakan situs web yang memiliki isi tidak dimaksudkan untuk diperbarui secara berkala sehingga pengaturan ataupun pemutakhiran isi atas situs web tersebut dilakukan secara manual. Ada tiga jenis perangkat utilitas yang biasa digunakan dalam pengaturan situs web statis:

  • Editor teks merupakan perangkat utilitas yang digunakan untuk menyunting berkas halaman web, misalnya: Notepad atau TextEdit.
  • Editor WYSIWYG, merupakan perangkat lunak utilitas penyunting halaman web yang dilengkapi dengan antar muka grafis dalam perancangan serta pendisainannya, berkas halaman web umumnya tidak disunting secara lengsung oleh pengguna melainkan utilitas ini akan membuatnya secara otomatis berbasis dari laman kerja yang dibuat oleh pengguna. perangkat lunak ini misalnya: Microsoft Frontpage, Macromedia Dreamweaver.
  • Editor berbasis templat, beberapa utilitas tertentu seperti Rapidweaver dan iWeb, pengguna dapat dengan mudah membuat sebuah situs web tanpa harus mengetahui bahasa HTML, melainkan menyunting halaman web seperti halnya halaman biasa, pengguna dapat memilih templat yang akan digunakan oleh utilitas ini untuk menyunting berkas yang dibuat pengguna dan menjadikannya halam web secara otomatis.

Situs web dinamis[sunting | sunting sumber]

Situs web dinamis merupakan situs web yang secara spesifik didisain agar isi yang terdapat dalam situs tersebut dapat diperbarui secara berkala dengan mudah. Sesuai dengan namanya, isi yang terkadung dalam situs web ini umumnya akan berubah setelah melewati satu periode tertentu. Situs berita adalah salah satu contoh jenis situs yang umumnya mengimplementasikan situs web dinamis.

Tidak seperti halnya situs web statis, pengimplementasian situs web dinamis umumnya membutuhkan keberadaan infrastruktur yang lebih kompleks dibandingkan situs web statis. Hal ini disebabkan karena pada situs web dinamis halaman web umumnya baru akan dibuat saat ada pengguna yang mengaksesnya, berbeda dengan situs web statis yang umumnya telah membentuk sejumlah halaman web saat diunggah di server web sehingga saat pengguna mengaksesnya server web hanya tinggal memberikan halaman tersebut tanpa perlu membuatnya terlebih dulu.

Untuk memungkinkan server web menciptakan halaman web pada saat pengguna mengaksesnya, umumnya pada server web dilengkapi dengan mesin penerjemah bahasa skrip (PHP, ASP, ColdFusion, atau lainnya), serta perangkat lunak sistem manajemen basisdata relasional seperti MySQL.

Struktur berkas sebuah situs web dinamis umumnya berbeda dengan situs web statis, berkas-berkas pada situs web statis umumnya merupakan sekumpulan berkas yang membentuk sebuah situs web. Berbeda halnya dengan situs web dinamis, berkas-berkas pada situs web dinamis umumnya merupakan sekumpulan berkas yang membentuk perangkat lunak aplikasi web yang akan dijalankan oleh mesin penerjemah server web, berfungsi memanajemen pembuatan halaman web saat halaman tersebut diminta oleh pengguna.

Domain[sunting | sunting sumber]

DNS Strom

Domain adalah adalah alamat sebuah website (situs), sebenarnya alamat dari situs-situs yang eksis di internet ini bentuk dasarnya berupa angka-angka contohnya 17.125.135.147 bila angka ini anda ketikkan di addres bar di browser anda maka akan terbuka website Google, contoh lain 72.30.38.140 kalau ini yang anda ketik maka akan terbuka Yahoo. penggunaan angka-angak ini sering disebut dengan IP address padahal itu sebenarnya adalah domain address.

Mengapa domain akhirnya menggunakan kata-kata? jawabannya cukup sederhana, yakni penggunaan kata jauh lebih mudah diingat daripada harus menghapal urutan angka-angka yang panjang. saya yakin anda jauh lebih familiar dan mudah mengingat Google.com daripada harus menghapal 17.125.135.147 bukan. Nah itulah maka para ahli internet dahulu kala membuat sistem penamaan domain ini juga dalam bentuk kata untuk pengganti urutan angka-angka tersebut.

Bagian-bagian dari domain.

  • nama domain
  • extension (ekstensi) yang digunakan

Contohnya: google.com = yang menjadi nama domain adalah google dan ekstensi yang digunakan adalah .com. Extension untuk domain awalnya tidak begitu banyak sekarang ekstensi domain ini sudah sangat banyak diantaranya (.com, .edu, .co.id, .gov, .org dan sebagainya). Pemberian extensi terhadap sebuah domain tidak boleh sembarangan terutama untuk .edu, .gov, .go.id dan berbagai ekstensi yang hanya disediakan bagi lembaga pendidikan dan pemerintah saja.

Sub domain[sunting | sunting sumber]

Untuk memahmi pengertian dari sub domain maka coba analogikan kedalam sebuah buku, dalam sebuah buku ada BAB dan juga ada sub BAB, sub bab merupakan bagian dari sebuh BAB. Begitu juga dengan domain ini, sub domain merupakan halaman bagian dari sebuh domain. untuk memahaminya secara lebih kelas perhatikan contoh berikut ini. http://mydomain.blogspot.com/ blogspot.com merupakan sebuah domain dan mydomain adalah sub dari domain blogspot.com tersebut (sub domain).

Top Level Domain[sunting | sunting sumber]

Top Level Domain Name adalah deretan kata dibelakang nama domain seperti .com (dotcommercial), .net (dotnetwork), .org(dotorganization), .edu(doteducation), .gov(dotgoverment), dan .mil(dotmilitary).

Ada dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah seperti yang diungkapkan diatas dan ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id) atau Singapura dengan kode SG (com.sg, net.sg, dsb).

Second Level Domain (SLD)[sunting | sunting sumber]

Second Level Domain Name (SLD) adalah nama domain yang anda daftarkan. Misalnya nama domain yang anda daftarkan adalah domainku.com, maka domainku adalah SLD dan .comnya adalah TLD.

Third Level Domain[sunting | sunting sumber]

Third Level Domain adalah nama sebelum Second Level Domain dan Top Level Domain. Misalnya nama domain yang anda miliki adalah domainku.com, maka anda dapat menambahkan nama lain sebelum domainku, yaitu mail.domainku.com atau search.domainku.com.

Jenis Domain[sunting | sunting sumber]

Domain dibedakan dalam beberapa tipe sesuai dengan tujuan dan kegunaan masing-masing. Kita bebas dalam memilih dan menggunakan domain yang kita inginkan (kecuali beberapa domain yang harus memiliki izin khusus) namun penggunaan domain harus dipertanggung jawabkan penggunaannya. Ada baiknya penggunaan domain sesuai dengan content dari blog atau website. Misalnya domain .info, benar-benar digunakan sebagai media informasi. Berikut adalah jenis-jenis domain :

GTLD (Generic Top Level Domain)[sunting | sunting sumber]

Domain jenis ini adalah sebenarnya milik Amerika, namun karena domain-domain GTLD sering digunakan sehingga terlihat seperti domain standar untuk alamat internet.

Contoh GTLD :

  • .com : digunakan untuk kepentingan komersial atau perusahaan.
  • .net : digunakan untuk kepentingan network infrastruktur.
  • .org : digunakan untuk kepentingan organisasi.
  • .info : digunakan untuk kepentingan informasional website.
  • .name : digunakan untuk kepentingan keluarga atau perorangan.
  • .edu : digunakan untuk kepentingan pendidikan (terbatas hanya untuk pendidikan).
  • .mil : digunakan untuk kepentingan militer (terbatas hanya untuk militer).
  • .biz : digunakan untuk kepentingan bisnis.
  • .tv : digunakan untuk entertainment seperti televisi, radio, majalah, dan lain-lain.
  • .travel :digunakan untuk kepentingan bisnis pariwisata.

ccTLD’s (Country Coded Top Level Domains)[sunting | sunting sumber]

Domain yang disediakan untuk masing-masing negera seperti :

  • Indonesia menggunakan : .id
  • Singapura menggunakan : .sg
  • Malaysia menggunakan : .my

Untuk Indonesia terbagi menjadi beberapa sub domain seperti :

  • .or.id : digunakan untuk organisasi.
  • .co.id : digunakan untuk komersial.
  • .go.id : digunakan untuk pemerintahan (khusus pemerintahan dan harus ada izin dari pemerintah bersangkutan).
  • .ac.id : digunakan untuk pendidikan seperti universitas.
  • .sch.id : digunakan untuk sekolah dasar.
  • .net.id : digunakan untuk internet provider.
  • .web.id : digunakan untuk umum.

.id[sunting | sunting sumber]

.id adalah top-level domain kode negara Internet untuk Indonesia. Sejak 1 September 2005, domain .id dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi Indonesia. Sebelumnya domain .id dikelola melalui kerjasama antara Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan pengelola domain .id (ccTLD-ID).

Mulai 1 Mei 2007 pengelolaan domain .id sepenuhnya berada di tangan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia, sebuah organisasi nirlaba yang dibentuk komunitas teknologi informasi di Indonesia.

URL (Uniform Resource Locator)[sunting | sunting sumber]

Contoh URL

URL adalah Uniform Resource Locator, yaitu cara penamaan alamat file di Internet. URL merupakan serangkaian karakter (dapat berupa huruf, angka, ataupun simbol) yang sesuai dengan format standar yang sudah ditentukan, URL digunakan untuk menunjukkan alamat/ address suatu sumber yang ada. URL biasa disebut dengan nama domain. Contoh: http://www.facebook.com. URL diciptakan pertama kalinya oleh Tim Berners-Lee yaitu pada tahun 1991.

URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locators yang berarti suatu “pathname” untuk mengidentifikasi sebuah dokumen di web. Didalam URL terdapat informasi nama mesin/host (dalam hal ini komputer) yang akan diakses, nama dokumen beserta logical pathnamenya serta jenis protokol yang akan digunakan untuk melakukan akses ke web.

Pengertian URL (Uniform Resource Locator) adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen dokumen dapat mereferensikan pranala ke World Wide Web. Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya.

Contoh dari URL adalah sebagai berikut:

  1. http://www.diwarta.com/
  2. http://www.g-excess.com/

URL mempunyai beberapa bagian penting, dianaranya yaitu:

Protokol

Tanpa adanya protocol yang tepat maka kita tidak akan dapat mengakses URL, contoh protokol yaitu: http://, https://, ftp://

Alamat Server/ Penyedia

Dalam mengakses URL tentunya kita harus mengetahui alamat server/ penyedianya. Contohnya yaitu: temukanpengertian.blogspot.com

Path File

Merupakan tempat/ lokasi file yang akan kita tuju. Contohnya kita ingin melihat halaman pada sebuah website pada blog ini maka file pathnya yaitu:

Fungsi atau Kegunaan URL[sunting | sunting sumber]

Fungsi atau Kegunaan URL adalah:

  • Sebagai pengidentifikasi sebuah dokumen di web
  • Untuk memudahkan kita dalam mengakses suatu dokumen melalui website
  • Untuk memberikan penamaan terhadap suatu file / dokumen pada website
  • Memudahkan kita untuk mengingat suatu alamat website

Hosting dan Website builder[sunting | sunting sumber]

Hosting[sunting | sunting sumber]

Hosting biasa disebut dengan Web-Hosting, adalah perusahaan yang menyediakan layanan dan penyimpanan Web bagi perorangan atau perusahaan. Dengan kata lain Hosting adalah salah satu bentuk layanan penyewaan ruang simpan data (space) yang digunakan untuk menyimpan data – data website agar halaman website tersebut bisa diakses dari mana saja. Data web tersebut meliputi file – file html, php script, cgi script, css, image, database, dan file lain yang dibutuhkan untuk menampilkan halaman web.

Hosting adalah space harddisk dalam komputer server yang digunakan untuk penyimpanan database, email dan file web.

Ada banyak spesifikasi hosting, tetapi beberapa yang penting adalah :

  • Space / kapasitas hosting : Ini adalah besarnya data yang bisa ditaruh di hosting. Ukurannya adalah Megabytes, Gigabytes, Terabytes
  • Bandwidth atau besarnya kuota transfer data per bulan. Ukurannya adalah Megabytes/bulan, Gigabytes/bulan, Gigabytes/bulan. Bandwidth ini direset ke nol tiap bulannya.
  • Jumlah database : Ini adalah menentukannya banyaknya database yang bisa dibuat / taruh di hosting
  • Jumlah addon domain : Banyaknya domain lain yang bisa ditambahkan ke hosting
  • Jumlah akun email : Banyaknya akun email yang bisa dibuat

Website builder[sunting | sunting sumber]

Website builder adalah alat yang memungkinkan pembangunan kunstruksi website tanpa mengedit kode manual. Mereka terbagi dalam dua kategori: proprietary online yang disediakan oleh perusahaan web hosting, biasanya ditujukan bagi pengguna untuk membangun situs pribadi mereka; dan perangkat lunak software yang berjalan pada komputer, membuat halaman offline dan yang kemudian dapat mempublikasikan halaman tersebut pada setiap host. (Yang terakhir sering dianggap sebagai "website design software" daripada "website builders".)

Berikut dibawah ini adalah situs-situs yang menyediakan pembuat website (website builder) graits:

Wix

Dengan Wix Anda bisa menciptakan situs gratis atau membuat tampilan MySpace termasuk Flashnya. Aplikasi ini merupakan salah satu cara paling sederhana dan cepat untuk membuat dan mendesain sebuah situs.

Weebly

Weebly adalah cara termudah untuk menciptakan situs gratis. Mulai dari situs pribadi sampai profesional, Weebly memungkinkan Anda untuk berkonsentrasi pada bagian terpenting dari situs yaitu konten. Anda dapat menciptakan situs gratis dan blog gratis.

Google Sites

Google Sites adalah cara gratis dan mudah untuk menciptakan dan berkolaborasi membuat situs. Aplikasi ini cukup kuat untuk intranet perusahaan dan cukup sederhana untuk situs keluarga.

Freewebs

Aplikasi ini digunakan untuk membuat situs dalam hitungan menit dengan alat-alat sederhana bagi individu, grup atau bisnis kecil untuk berbagi foto dan video, membuka toko, dan membangun sebuah komunitas.

SynthaSite

Anda bisa membuat situs gratis dengan SynthaSite. Aplikasi ini sangat cepat, mudah serta tidak membutuhkan kemampuan teknis untuk menciptakan sebuah situs yang terlihat profesional dan indah.

Viviti

Viviti merupakan cara tercepat untuk membuat sebuah situs profesional, mudah diperbaharui dan hanya dengan beberapa klik saja. Dalam hitungan menit, Anda akan memiliki sebuah situs yang menakjubkan.

Jimdo

Sangatlah mudah untuk menciptakan situs dengan aplikasi ini. Anda hanya perlu mendaftarkan diri, ikuti pautan menuju halaman, integrasikan gambar, video dan teks dalam hitungan detik, mengubah desain dengan beberapa klik dan menambahkan sejumlah halaman sesuai keinginan dan segera tunjukkan situs Anda ke teman-teman.

Tumblr

Tumblr membuat hal-hal seperti berbagi teks, foto, kutipan, link, musik, video, telepon, desktop, email atau lain-lain seakan semudah membalikkan telapak tangan.

Webon

Anda bisa membuat sebuah situs yang dinamis, modis dan bebas iklan dengan aplikasi ini. Selain itu Anda bisa menambahkan widget dari layanan-layanan seperti YouTube, Flickr dan Slide. Para pengembang bahkan dapat menambahkan standar seperti OpenSocial untuk memperkuat library Webon.

Webnode

Webnode menghadirkan cara inovatif untuk menciptakan dan menyunting situs-situs canggih hanya dengan menggunakan sebuah browser. Mendukung fitur drag and drop dari toolbar, Anda dapat menciptakan fitur seperti polling, forum, artikel, katalog, Widget seperti PayPal dan lainnya.

Edicy

Edicy sangat mudah digunakan untuk membuat situs bagi bisnis atau organisasi Anda untuk dipublikasikan melalui internet dalam hitungan menit. Semua alat sudah tersedia online tanpa ada tambahan perangkat lunak yang dibutuhkan. Silakan pilih satu dari desain cantik yang tersedia, masukkan teks, tambahkan gambar dan publikasikan situs Anda dengan alamat situs kustom milik Anda. Mudah bukan?

WebSketch

Ketika Anda menggerakkan obyek pada halaman Anda di WebSketch, hal-hal lainnya akan secara otomatis memberi jalan untuk Anda. Hasil akhirnya sangat bersih, jelas dan terlihat professional.

Web Hosting Indonesia[sunting | sunting sumber]

RAJAWEBHOST.COM

RAJAWEBHOST.com adalah penyedia web hosting provider, reseller, vps dan dedicated server. Sejak itu, RAJAWEBHOST telah berkembang dari sebuah penyedia web hosting kecil dengan hanya beberapa pelanggan saja, namun sekarang sudah diakui ratusan pelanggan hingga kini akan mencapai ribuan. Lebih dari ratusan domain host di RAJAWEBHOST. Mereka bukan penyedia web hosting kagetan yang sering mempermainkan pasar industri dengan harga yang fantastis. Mereka lebih fokus pada kontinuitas bisnis. Oleh karena itu, mereka cenderung lebih mentargetkan market corporate dengan tingkat loyalitas tinggi dan tahu akan kualitas. Kunjungi => http://www.rajawebhost.com

Masterweb

Materweb adalah perusahaan yang memfokuskan pada jasa web hosting, yang mencakup domain name, shared hosting, colocation server, dedicated server dan managed server. Masterweb adalah pelaku internet yang juga berpengalaman. Provider ini telah berkecimpung di bidang isp dan web hosting.

Idwebhost

Satu ini adalah perusahaan domain dan hosting yang diperhitungkan di Indonesia. Hingga saat ini menjadi salah satu webhosting besar di Indonesia. Pertama di Indonesia sebagai icann accredited dan diakui internasional sebagai reseller domain terbesar di Indonesia. Berkembang untuk melayani kebutuhan shared, reseller dan vps hosting dengan memiliki banyak server shared dan server vps.

Rumahweb

Didirikan di Yogyakarta, Rumahweb Indonesia tumbuh menjadi salah satu perusahaan hosting terbesar di Indonesia yang kini melayani lebih dari puluhan domain pelanggan. Berawal dari satu server, kini rumahweb telah memiliki lebih dari puluhan server untuk melayani hosting dan vps/cloud.

Ardhosting

Ardhosting merupakan brand image dari pt. ardh global indonesia yang fokus jasa layanan di bidang web hosting dan registrasi domain. Dengan slogan fast & reliable webhosting kami bertekan memberikan layanan web hosting yang murah, cepat dan handal sesuai kebutuhan Anda.

Jagoanhosting

Jagoan Hosting Indonesia merupakan penyedia layanan web hosting di Indonesia yang mengedepankan layanan paling jago namun tetap dengan harga web hosting murah. Penyajian paket web hosting yang flexibel dan pilihan server web hosting di server us maupun di server iix mempermudah pilihan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Qwords

Qwords didirikan doleh rendy maulana saat masih duduk di bangku kuliah di itb, berawal dari sebuah ide bahwa ingin memiliki perusahaan yang mendukung aktivitas teman-teman kuliahnya di internet. Internet indonesia sedang masuk dalam era perkembangan, ditandai dengan banyaknya pengguna internet yang masuk ke ranah social media pada saat itu.

Jakhoster

Jakhoster adalah suatu production house yang memfokuskan diri dalam bidang jasa pelayanan webhosting, registrasi domain, reseller, dan webdesign. Dengan pelayanan support penuh, akan selalu memberikan yang terbaik bagi pelanggannya serta dengan kualitas server yang dimiliki, kami siap memberikan pelayanan segala kebutuhan website Anda dari yang pemula sampai perusahaan besar. Server berbasis linux dengan control panel terbaru yang selalu terupdate.

Plasahosting

Plasahosting merupakan jasa layanan teknologi informasi yang mengkhususkan pada bidang layanan internet service yaitu web hosting, domain dan web design. Plasahosting saat ini mengelola ribuan domain dan hosting dari customer di seluruh Indonesia dan beberapa negara lainnya.

Dracoola

Yang satu ini adalah website layanan yang mengutamakan domain, web hosting, web design, digital design & media printing.

Penyedia Web Hosting Gratis Indonesia[sunting | sunting sumber]

Id Hostinger

Tidak hanya web hosting gratis namun website ini juga memberikan beberapa subdomain gratis seperti contoh subdomain 16mb.com, jadi hanya dengan daftar dan register disini anda bisa dengan secara cepat membuat website gratis.

Host My Id

Sama halnya dengan id hostinger, web ini juga memberi fasilitas hosting gratis, dengan komunitas yang sudah teruji dengan support cpanel dengan 1 GB Diskspace serta 50 GB Bandwidth, 3 Akun Email, 5 MySql Database, Akses FTP cPanel + Softaculous Auto Installer Script, SEO Tools, host my id memberi kapasitas yang sangat besar bahkan lebih besar dari hosting yang berbayar.

Indo website

Selaku penyedia layanan domain web hosting indonesia dan Email Hosting Indonesia, dengan harga murah namun kualitas selalu terjaga. Memberikan 2 pilihan lokasi server di datacenter berbeda, yakni USA & Indonesia (IIX). Anda bebas memilih lokasi datacenter tersebut yang di sesuaikan dengan kebutuhan web anda. Web hosting IndoWebsite, dilengkapi cPanel versi terbaru serta fasilitas auto installer website, seperti Fantastico de luxe, softaculous & RV Site Builder. Selain itu shared hosting kami juga dilengkapi fitur-fitur hosting lainnya. Kami juga memiliki sistem backup harian, mingguan & bulanan ke datacenter berbeda, memberikan rasa aman serta nyaman untuk data-data web pelanggan. Sebagai website yang memberi layanan hosting gratis di indonesia ternyata banyak juga fasilitas di indo website, misalnya cPanel Control Panel,Fantastico Deluxe, RV Site Builder,Fasilitas Email Dll.

OcimHost

Banyak fitur yang ditawarkan oleh web hosting gratis ocimhost, antara lain 10 GB of Disk Space ,100 GB of Bandwidth, PHP 5 and MySQL support , FREE subdomain dan masih banyak lagi.

Webhostingindonesia.net

Berbagai layanan yang unlimited diberikan oleh web hosting gratis ini, meliputi Unlimited emails, Unlimited web account, Scripting in PHP, Database SQLite and MySQL with PHPMyAdmin, web site statistics, IMAP/POP3/Webmail email, Auto Installer (Joomla, WordPress, etc.) dan yang lainya.

DobelHost

Hosting gratis dari dobelhost mempunya fitur yang bagus juga, 500MB Space, 1000 MB Bandwidth, 1 Email Accounts, 1 MySQL Databases,1 Subdomain, namun saya rasa webhosting ini juga patut dicoba.

www.cloudnesia.com

Hosting ini hanya memberi paket gratisnya selama 6 bulan saja, jadi tidak seterusnya, namun juga boleh anda coba, kalo gak puas tinggal ubah DNS domain website anda ke hosting lainya, adapun fiturnya antara lain server berada di indonesia bandwidth unlimited, 2 subdomain, 2 mysql database dll.

cPanel[sunting | sunting sumber]

cPanel adalah web hosting control panel yang paling populer di dunia. Fasilitas ini memudahkan pemilik account hosting untuk mengatur seluruh fasilitas web hosting yang dimilikinya.

Melalui cPanel, Anda dapat mengelola berbagai fasilitas hosting, diantaranya :

  • Mengelola e-mail
  • Mengupload website
  • Membuat dan mengupload database
  • Melihat statistik website

Server web[sunting | sunting sumber]

Server web atau peladen web dapat merujuk baik pada perangkat keras ataupun perangkat lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti peramban web.

Penggunaan paling umum server web adalah untuk menempatkan situs web, namun pada prakteknya penggunaannya diperluas sebagai tempat peyimpanan data ataupun untuk menjalankan sejumlah aplikasi kelas bisnis.

Web service[sunting | sunting sumber]

Layanan web merupakan fenomena yang sangat panas saat ini karena, banyak kelebihan yang ditawarkan oleh Web Service terutama interoperabilitas tinggi dan penggunaannya yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun selama mesin kita terhubung oleh jaringan internet salah satunya.

Internet service provider[sunting | sunting sumber]

Cloud Computing.png

Penyedia jasa Internet (disingkat PJI) (bahasa Inggris: Internet service provider disingkat ISP) adalah perusahaan atau badan yang menyediakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyedia jasa Internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke Internet, pendaftaran nama domain, dan hosting.

ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan Internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT.

Data center[sunting | sunting sumber]

Rak server dan tampilan tipikal suatu pusat data.
A 40-foot Portable Modular Data Center on display.

Pusat data (Bahasa Inggris: data center) adalah suatu fasilitas yang digunakan untuk menempatkan sistem komputer dan komponen-komponen terkaitnya, seperti sistem telekomunikasi dan penyimpanan data. Fasilitas ini biasanya mencakup juga catu daya redundan atau cadangan, koneksi komunikasi data redundan, pengontrol lingkungan (mis. AC, ventilasi).

Web search engine[sunting | sunting sumber]

Google Search full screenshoot.jpeg

Mesin pencari (Search Engine)adalah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam komputer, misalnya dalam sebuah server umum di web (WWW) atau dalam komputer sendiri.

Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik (biasanya yang berisi kata atau frasa yang kita tentukan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut. Mesin pencari biasanya menggunakan indeks (yang sudah dibuat sebelumnya dan dimutakhirkan secara teratur) untuk mencari file setelah pengguna memasukkan kriteria pencarian.

Dalam konteks Internet, mesin pencari biasanya merujuk kepada WWW dan bukan protokol ataupun area lainnya. Selain itu, mesin pencari mengumpulkan data yang tersedia di newsgroup, database besar, atau direktori terbuka seperti DMOZ.org. Karena pengumpulan datanya dilakukan secara otomatis, mesin pencari berbeda dengan direktori Web yang dikerjakan manusia.

Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan database tertutup – yang paling populer adalah Google (MSN Search dan Yahoo! tertinggal sedikit di belakang). Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber-terbuka (open-source), contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS.

Penjelajah web / Peramban web[sunting | sunting sumber]

Mozilla Firefox merupakan jenis Penjelajah paling populer

Penjelajah web (Inggris: web browser), adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi di internet. Sebuah sumber informasi diidentifikasi dengan Pengidentifikasi Sumber Seragam (Bahasa Inggris: Uniform Resource Identifier (URI)) yang dapat berupa halaman web, gambar, video, atau jenis konten lainnya.

Meskipun penjelajah web terutama ditujukan untuk mengakses internet, sebuah penjelajah juga dapat digunakan untuk mengakses informasi yang disediakan oleh server web dalam jaringan pribadi atau berkas pada sistem berkas. Beberapa penjelajah web yang populer adalah Google Chrome, Firefox, Internet Explorer, Opera, dan Safari.

Jenis-Jenis Website[sunting | sunting sumber]

Search Engine atau Mesin Pencarian[sunting | sunting sumber]

Search Engine atau mesin pencari adalah jenis website yang khusus mengumpulkan daftar website yang bisa ditemukan di internet dalam database kemudian menampilkan daftar indeks ini berdasarkan kata kunci atau “keywords” yang dicari oleh user. Mayoritas pengguna internet sudah familiar dengan situs search engine untuk mencari informasi yang mereka butuhkan melalui internet. Beberapa contoh search engine antara lain :Google Search, Bing, Yahoo Search dan lain-lain.

Web Portal[sunting | sunting sumber]

Web Portal adalah situs yang mengumpulkan dan menyediakan aneka informasi dari berbagai sumber untuk ditampilkan kepada user, jika user tertarik untuk mengetahui informasi yang ada dengan lebih lengkap, user akan diarahkan ke sumber yang aslinya. Namun pada umumnya web portal tidak hanya menampilkan informasi dari sumber luar, kadang mereka juga menampilkan informasi-informasi dalam website mereka sendiri. Beberapa contoh web portal antara lain :Yahoo, msn, msnbc dan lain-lain.

Wiki[sunting | sunting sumber]

Website wiki yang paling terkenal saat ini adalah wikipedia. Website wiki adalah website yang mengijinkan pengunjung untuk ikut menulis dan mengedit artikel yang ada dalam website tersebut dengan mengacu pada peraturan-peraturan tertentu. Masing-masing website wiki memiliki aturan yang berbeda-beda. Biasanya, meskipun semua pengunjung bebas untuk menulis dan mengedit artikel di website ini, namun ada sekelompok orang yang bertugas untuk memeriksa konten yang dimuat apakah layak atau tidak untuk website tersebut. Meskipun website wiki sering menjadi sumber referensi namun tidak semua informasi yang ada dapat dipercaya 100%.

Archieve Site[sunting | sunting sumber]

Archieve site atau situs arsip adalah website yang dibuat untuk mengumpulkan dan menyimpan materi-materi elektronik berupa konten-konten dan halaman-halaman website agar tidak hilang/punah. Contohnya archieve.org.

URL Shortener[sunting | sunting sumber]

URL Shortener adalah website yang menyediakan layanan pemendek URL/Link untuk mempermudah dalam mengingat URL. Contoh dari layanan URL Shortener adalah: Goo.gl dan i18.info.

Social Networking/Social Media[sunting | sunting sumber]

Social media termasuk salah satu fenomena yang luar biasa hingga saat ini, khususnya diwakili oleh Facebook. situs social networking atau situs pertemanan online adalah situs yang disediakan bagi para membernya untuk bertukar informasi dan media elektronik lainnya seperti foto, musik dan video. Beberapa situs social networking yang terkenal sebelum fenomena Facebook dan Twitter antara lain Multiply, Friendster dan MySpace. Kemudian bermunculan pula Social Media dengan tema-tema yang lebih spesifik seperti social media untuk berbagi lokasi (FourSquare), social media entertainment (GetGlue) dan masih banyak lagi.

Forum[sunting | sunting sumber]

Forum termasuk salah satu jenis website yang pernah menjamur di Indonesia. Apalagi sejak fenomena KasKus sebagai forum no 1 dan juga website dengan pengunjung terbanyak di Indonesia. Forum dibuat untuk ajang diskusi dan tukar informasi. Ada yang spesifik ada juga yang bersifat umum, dan dalam forum ini terdapat sub-sub forum berdasarkan kategori-kategori tertentu yang ditetapkan oleh admin. Untuk membangun sebuah forum yang lengkap membutuhkan waktu yang sangat banyak. Untungnya sudah tersedia software-software pembuat forum yang siap pakai, baik yang gratis ataupun berbayar. Software pembuat forum yang terkenal adalah vBulletin, yang digunakan oleh kaskus dan banyak forum-forum internet lainnya. Sedangkan beberapa forum gratisan dan open-source antara lain : yabb, vanilla, SMF, phpbb dan lain-lain. Sedangkan contoh website forum antara lain Kaskus, Modifikasi, detikForum dan lain-lain.

Portal Berita dan Informasi[sunting | sunting sumber]

Portal berita dan informnasi adalah situs yang memuat berita-berita dan artikel-artikel untuk dibaca pengunjung. Bisa juga berisi opini dan komentar-komentar seputar politik, teknologi dan lain-lain. Situs-situs berita ini seperti layaknya koran, majalah dan buletin online. Konsep dan karakteristik situs berita berbeda-beda sesuai dengan jenis berita dan target pembacanya. Beberapa contoh situs berita adalah detik, kompas, cosmopolitan dan lain-lain.

Social Bookmarking[sunting | sunting sumber]

Social bookmarking adalah situs yang mengijinkan user untuk memasukan informasi atau sumber informasi artikel-artikel tertentu untuk dibaca atau di-rating dan dikomentari oleh user lainnya. Situs jenis ini sering digunakan oleh pemilik situs berita, blog dan situs-situs lainnya untuk mempromosikan konten situs mereka. Beberapa situs social bookmarking yang terkenal adalah Lintas Berita, Digg dan stumbleupon

Media Sharing[sunting | sunting sumber]

Situs ini khusus disediakan bagi user untuk meng-upload media-media elektroknik seperti gambaer, musik dan video agar dapat dilihat atau di download oleh pengunjung lain. Contohnya adalah Youtube, Flickr, Imageshack dll.

Cloud[sunting | sunting sumber]

Situs jenis cloud ini adalah pengembangan dari situs media sharing dimana situs ini memberikan fasilitas penyimpanan file sekaligus berbagi file bagi anggotanya dengan fitur canggih sinkronisasi file, dimana pengguna dapat melakukan sinkronisasi otomatis file-file tertentu di komputer atau gadget mereka dengan cloud server tanpa perlu melakukan upload file manual. Beberapa contoh website cloud antara lain Dropbox, SkyDrive dan GoogleDrive.

Company Profile[sunting | sunting sumber]

Company profile biasanya berupa website sederhana untuk menampilkan profil dan produk atau jasa serta portfolio sebuah perusahaan. Website jenis ini hanya untuk memperkenalkan profil perusahaan meskipun juga dapat menjadi alat promosi jika dikelola dengan benar. Selain profil,produk dan portfolio berupa konten teks dan foto atau video, fitur form kontak termasuk yang penting dalam website ini agar pengunjung dapat dengan mudah menghubungi perusahaan pemilik website jika mereka memerlukan produk atau jasa perusahaan tersebut. Namun belakangan ini situs Company Profile semakin berkembang dengan menambahkan fitur-fitur tertentu seperti artikel-artikel terkait, bahkan forum diskusi. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan bisnis melalui dunia maya.

Corporate Website[sunting | sunting sumber]

Berbeda dengan company profile, Corporate Website biasanya lebih kompleks atau bisa juga disebut Company Web Portal. Website ini berisi informasi lengkap dari latar belakang hingga kegiatan-kegiatan suatu perusahaan, organisasi atau yayasan sosial baik yang bersifat profitable ataupun non-profit. Informasi-informasi dalam corporate website bisa berupa profile perusahaan/organisasi, latar belakang, visi dan misi, daftar founder dan pengurus, informasi investor dan klien hingga laporan keuangan, afiliasi dan lain-lain serta artikel-artikel dan berita-berita yang terkait dengan kegiatan perusahaan/organisasi tersebut. Contoh corporate website antara lain, Pertamina,General Motors dan lain-lain.

Brand Building Website (Branding Website)[sunting | sunting sumber]

Brand Building Website dibuat untuk memperkenalkan serta membangun image sebuah brand. Yang paling menonjol dari website seperti ini adalah konsep untuk menyampaikan pesan sesuai dengan image yang akan dibangun. Fiturnya sangat beragam dan biasanya cukup kompleks seperti animasi, game, video dan fitur-fitur interaktif lainnya. Belakangan Brand Building website juga sering diintegrasikan dengan social media seperti Facebook, Twitter hingga blog. Brand Building website sering dimanfaatkan oleh produk-produk fast moving consumer goods misalnya groseri, soft drinks, snack dan lain-lain.

Sebuah website branding sebaiknya dikelola secara dinamis dan selalu diupdate secara rutin untuk menciptakan “customer engagement”.

Online Store[sunting | sunting sumber]

Online store atau toko online sudah jelas peruntukannya adalah untuk menjual barang secara online. Fitur-fitur utama online store adalah katalog produk dengan informasi yang lengkap serta shopping cart, yaitu fitur untuk pengunjung untuk melakukan pemesanan produk secara online. Online store bisa bermacam-macam bentuk dan konsepnya. Fitur-fitur online store juga bisa bermacam-macam disesuaikan dengan budget dan kemudahan yang didapatkan. Baik kemudahan mengelola online store itu sendiri ataupun kemudahan bagi pengunjung untuk memilih dan berbelanja produk. Menjamurnya online store di internet memicu munculnya banyak software open source untuk membangun online store. Dengan software-software open-source, siapa saja dapat membangun online storenya sendiri jika tidak memiliki budget untuk membayar jasa pembuatan website profesioanl. Namun membangun online store dengan menggunakan software open source juga bukan hal mudah. Diperlukan waktu untuk menguasai penggunaan software. Belum lagi harus mengerti tentang cara hosting dan mengatur konfigurasi hosting. Dan yang paling penting adalah bagaimana membuat tampilan website open source menjadi menarik dan profesional. Yang sangat disayangkan, banyak jasa pembuatan website yang membangun toko online klien mereka dengan menggunakan open source seperti oscommerce, joomla dan wordpress. Jasa-jasa seperti ini relatif lebih murah, namun klien pemilik website baru akan menyadari belakangan kesulitan-kesulitan mereka dalam mengelola toko online tersebut karena konfigurasi CMS atau admin area toko online yang dihasilkan dari software open source sangatlah rumit dan kompleks. Kelemahan lainnya, biasanya software opensource harus diupdate secara rutin karena sifatnya yang “terbuka” sehingga mudah dicari kelemahaannya dan gampang di bobol oleh hacker. Software online store opensource memang disediakan bagi mereka yang ingin membangun toko onlinenya sendiri dan mengelola sendiri.

Katalog/Portfolio Online[sunting | sunting sumber]

Katalog/portfolio online hampir mirip dengan online store, hanya jenis website ini lebih mengutamakan katalog atau portfolio dengan informasi lengkap bagi pengunjung tanpa ada fitur transaksi online. Jika pengunjung tertarik dengan produk-produk atau jasa yang ditawarkan, diharapkan pengunjung akan langsung menghubungi pemilik website untuk melakukan pemesanan atau negosiasi.

Blog[sunting | sunting sumber]

Blog adalah sebuah website yang berbentuk seperti jurnal atau diari online. Biasa digunakan seorang blogger untuk mengeskpresikan pemikiran dan opini-opininya. Bisa juga artikel-artikel seputar kegiatan blogger. Bisa berisi tulisan maupun media gambar, video dan lainnya. Setiap artikel biasanya disertai kolom komentar dimana pengunjung blog bisa meninggalkan komentar atau berdiskusi mengenai artikel yang ditulis. Blog juga dianggap sebagai salah satu social media karena para blogger biasanya saling berinteraksi melalui blog. Belakangan blog tidak hanya digunakan sebagai media jurnal atau diari pribadi, namun juga dimanfaatkan sebagai fitur-fitur tambahan oleh website-website besar untuk menginformasikan update-update terbaru seputar produk dan kegiatan mereka. Blog juga sangat cocok digunakan bagi profesional yang ingin menjual jasa berdasarkan keahlian yang mereka miliki, misalnya fotografer, konsultan, fashion stylist hingga artis. Menggunakan blog mereka dapat menulis artikel-artikel terkait seputar keahlian mereka atau kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan portfolio.

Portal Komersil[sunting | sunting sumber]

Portal komersil lahir dari konsep iklan baris, dimana melalui portal ini member dapat menjual produk dan jasa mereka tanpa perlu membangun website sendiri. Contoh portal komersil adalah JobsDB, Toko Bagus, Berniaga, Rumah.com dan masih banyak lagi.

Daftar website builder online[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "site - definition of site by the Free Online Dictionary, Thesaurus and Encyclopedia" (dalam bahasa Inggris). Thefreedictionary.com. Diakses 2011-07-02. 
  2. ^ "website - definition of website by the Free Online Dictionary, Thesaurus and Encyclopedia" (dalam bahasa Inggris). Thefreedictionary.com. Diakses 2011-07-02. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]