Capcom

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Capcom Co., Ltd.
Jenis Publik
Industri/jasa Industri permainan video dan komputer
Industri hiburan
Didirikan 30 Mei 1979
Kantor pusat Bendera Jepang Osaka, Jepang
Bendera Amerika Serikat California, Amerika Serikat
(Kantor pusat & studio)
Asia: Bendera Hong Kong Hong Kong
Eropa: Bendera Britania Raya Britania Raya
Kantor:
Bendera Jerman Jerman
Bendera Inggris Inggris
Bendera Kanada Kanada
Tokoh penting Kenzo Tsujimoto, CEO
Yoshiki Okamoto
Tokuro Fujiwara
Shinji Mikami
Keiji Inafune
Produk Mega Man
Resident Evil
Devil May Cry
Street Fighter
Captain Commando
Strider
Breath of Fire
Darkstalkers
Final Fight
Marvel vs. Capcom
SNK vs. Capcom
dan lain-lain
Pendapatan JPY 52 milliar (2004)
Karyawan 1.206
Situs web www.capcom.com

Capcom (株式会社カプコン Kabushiki-gaisha Kapukon?) adalah pengembang dan pembuat beberapa perangkat lunak permainan video yang bermarkas di Osaka, Jepang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Capcom didirikan pada tahun 1979 oleh perusahaan pengembang dan distributor permainan video Japan Capsule Computers. Nama "Capcom" merupakan akronim dari Capsule Computer. Akronim tersebut pada dasarnya merupakan tujuan internal perusahaan untuk menciptakan pengalaman baru bermain permainan video bagi pemainnya yang akan melampaui pengalaman yang dirasakan ketika memainkan permainan video ciptaan perusahaan lain yang juga turut berkembang seiring waktu.[1]

Permainan video pertama yang diciptakan Capcom adalah Vulgus yang dirilis pada tahun 1984. Sejak itu, Capcom menerbitkan banyak permainan video yang pada masa itu umumnya ditujukan untuk dimainkan di mesin-mesin arcade.

Tahun 1987, Capcom merilis Street Fighter, seri pertama dari salah satu serial permainan video bergenre pertarungan yang paling populer. 4 tahun berikutnya, Capcom merilis sekuelnya, Street Fighter II. Street Fighter II menjadi permainan video yang sangat populer dan berkembang menjadi salah satu penyebab dari suburnya permainan-permainan video bergenre pertarungan yang pada periode itu, seperti Mortal Kombat dan Killer Instinct.[2] Pada tahun 1987 mereka juga merilis permainan video Mega Man yang juga menjadi salah satu permainan video mereka yang paling populer dan digemari.

Sejak pertengahan era 1990-an, Capcom merilis permainan-permainan video yang diangkat dari tokoh-tokoh milik penerbit komik populer Marvel Comics. Permainan yang mereka buat hasil kerja sama dengan Marvel umumnya bergenre pertarungan dan side-scrolling. Kreatifnya, beberapa dari permainan-permainan video bergenre pertarungan yang mereka buat merupakan hasil kombinasi antara tokoh-tokoh dari komik Marvel dan permainan video Capcom yang digabungkan dalam satu jagad, semisal X-Men vs Street Fighter dan Marvel vs Capcom. Permainan video bertema Marvel yang terakhir mereka buat adalah Marvel vs Capcom 2 yang bergenre pertarungan dan dirilis pada tahun 2000. Baik Marvel maupun Capcom juga berhasil mengorbitkan karakter-karakter mereka yang sebelumnya tidak/kurang terkenal melalui permainan video tersebut seperti Strider, Jin, Hayato (Capcom), Blackheart, Spiral, dan Shuma-Gorath (Marvel).

Tahun 1994, Capcom merilis permainan video Breath of Fire untuk konsol Super Nintendo Entertainment System (SNES). Permainan video tersebut merupakan permainan video pertama mereka yang bergenre RPG dan mendapatkan sambutan yang positif dari para pecinta permainan video.

Tahun 1996, Capcom merilis permainan video Resident Evil. Permainan yang bercerita tentang serangan zombie ini sangat populer dan memiliki pengaruh besar dalam perkembangan dunia permainan video kemudian. Jutaan kopi dari permainan video ini laku keras di pasaran dan disebut-sebut sebagai penyebab larisnya penjualan konsol PlayStation pada masa itu. Resident Evil juga dianggap berhasil mengorbitkan genre baru dalam dunia permainan video yang tidak pernah ada sebelumnya, genre survival horror.[3]

Maskot[sunting | sunting sumber]

Maskot dari Capcom berasal dari karakter-karakter populer dari permainan video mereka. Karakter yang disebut-sebut sebagai maskot utama Capcom adalah Captain Commando. Namanya merupakan kepanjangan lain dari nama "Capcom" sendiri (Captain Commando), sebuah metode untuk membuat karakter mereka mudah diingat orang. Captain Commando merupakan tokoh superhero dari permainan video berjudul sama (Captain Commando) yang dirilis pada tahun 1991. Ia kemudian muncul dalam permainan video Marvel vs Capcom dan Marvel vs Capcom 2 dan dianggap sebagai salah satu karakter terbaik dalam permainan video tersebut. Di dalam permainan video Marvel vs Capcom utamanya, ia beberapa kali menyebut kata "Capcom" saat bertarung dan menyebut kalimat-kalimat bertema Capcom usai memenangkan pertarungan. Ciri khas utama dari karakter Captain Commando adalah memakai kostum futuristik berwarna biru dengan rompi putih, bisa berganti kostum dengan cepat menggunakan semacam peralatan mirip lensa, serta memakai peralatan berupa sarung tangan berelemen api dan listrik untuk bertarung.

Karakter lain yang dianggap sebagai maskot mereka adalah Ryu dari permainan video populer Street Fighter. Siluet Ryu dengan logo tulisan Capcom bisa dilihat pada video pembukaan (opening) permainan-permainan video mereka, utamanya permainan video bergenre pertarungan yang bertema Marvel seperti Marvel Super Heroes dan Marvel vs Capcom. Pemakaian Ryu untuk permainan video bertema pertarungan tidak lepas dari fakta bahwa ia merupakan salah satu karakter terpopuler dari permainan video Street Fighter dan permainan video tersebut merupakan salah satu permainan video bergenre pertarungan yang paling populer.

Belakangan, Mega Man menggantikan Captain Commando sebagai maskot resmi dari Capcom. Penyebabnya tidak lain karena permainan-permainan video bertema dirinya begitu populer sehingga ia lebih dikenal dibandingkan Captain Commando.

Anak perusahaan dan cabang[sunting | sunting sumber]

Anak perusahaan[sunting | sunting sumber]

  • Capcom Entertainment, Inc.
  • Capcom Interactive Canada, anak perusahaan dari Capcom yang berfokus pada pengembangan permainan video pada konsol telepon genggam.
  • CE Europe Ltd., didirikan di London pada tahun 2002.
  • Capcom Charbo Co., Ltd.
  • Captron Co., Ltd.
  • Nude Maker Co., Ltd. adalah studio pengembang milik Capcom yang membuat permainan video Clock Tower dan Steel Battalion.
  • Suleputer didirikan untuk mengatur pemasaran dari produk-produk Capcom seperti permainan video, komik, anime, lagu, serta produk-produk lainnya di Asia. Namanya merupakan akronim dari Capsule Computer (kebalikan dari asal usul akronim Capcom).[4]

Cabang[sunting | sunting sumber]

  • Capcom USA, Inc., cabang dari Capcom di wilayah Amerika Utara yang didirikan pada tahun 1985 di California.
  • Capcom Asia Co., Ltd., cabang dari Capcom di wilayah Asia yang didirikan pada tahun 1993 di Hongkong.
  • Capcom Eurosoft Ltd., cabang dari Capcom di wilayah Eropa yang didirikan pada tahun 1998 di Britania Raya.
  • KOKO Capcom Asia Co., Ltd., cabang dari Capcom di wilayah Korea Selatan yang didirikan pada tahun 2001.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Origin of "Capcom" Name Capcom. 2008.
  2. ^ Hotgame edisi 172 hal. 84. Diterbitkan pada Juni 2006
  3. ^ Hotgame edisi 142 hal. 35. Diterbitkan pada April 2005.
  4. ^ Suleputer facts Freebase. 2009.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]