Pinterest

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari


Pinterest adalah virtual pinboard dimana Anda bisa mengunggah foto atau gambar yang bisa dimasukkan kedalam kategori-kategori (semacam album atau folder) yang bisa di customize namanya. Semisal kategori ‘ food and drink ‘ dimana berisi foto dan gambar makanan dan minuman yang Anda sukai. Anda juga bisa mengikuti akun lain dan re-pin pin milik akun lain (seperti retweet pada Twitter) tanpa harus mengikuti pemilik pinboard. Nah bila Anda belum memiliki akun Pinterest, Anda bisa mengikuti tutorial singkat seputar membuat akun Pinterest dan menggunakannya dibawah ini.

Membuat dan Aktivasi akun Pinterest[sunting | sunting sumber]

Buka website Pinterest disini . Klik Request an invite. Kemudian Anda akan diminta memasukkan alamat email. Beberapa saat atau maksimal 1×24 jam request untuk invitation akun Pinterest Anda akan masuk ke email. Bisa dicek di inbox atau spam email. Selanjutnya aktivasi akun Pinterest Anda, isi kolom-kolom seperti biodata dan akun Pinterest sudah bisa digunakan.

Fitur dan menu pada Pinterest[sunting | sunting sumber]

  • Halaman utama

Setelah akun Pinterest Anda aktif, Anda akan memasuki halaman utama atau home. Pada halaman utama, Anda akan menemukan foto atau gambar yang di pin oleh akun-akun yang Anda follow. Pada saat aktivasi akun, Anda akan mendapat rekomendasi akun siapa saja untuk follow. Anda bisa mencari akun teman Anda atau akun seseorang dari fitur search dipojok kiri atas.

  • Tambahkan pin

Tambahkan pin adalah menu untuk mengunggah foto atau gambar yang ingin Anda pin. Copy paste link gambar yang ingin Anda pin kedalam menu ini. Menu upload a pin adalah menu untuk mengunggah foto atau gambar yang berasal dari komputer atau file milik Anda sendiri. Create a board adalah menu untuk membuat board atau album foto untuk pin-pin yang Anda unggah.

  • Mengulang pin akun milik orang lain

Cara mengulang pin akun milik orang lain adalah memilih tombol re-pin yang ada di pin tersebut. [1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]