Los Gatos, California

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kota Los Gatos adalah sebuah kota yang berada di wilayah Santa Clara, California, Amerika Serikat. Populasi kota ini adalah 29.413 jiwa yang dihitung pada sensus tahun 2010.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Nama Los Gatos diambil dari Bahasa Spanyol yang berarti kucing. Nama ini berasal dari hadiah tanah Alta California tahun 1839 yang mencakup wilayah tersebut. Namanya berasal dari La Rinconada de Los Gatos.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kota ini dibuat pada pertengahan tahun 1850. Pemukiman dibuat pada tahun 1860an. Kota ini diketahui sebagi kota yang penting dalam industri penebangan yang industrinya terletak di Gunung Santa Cruz. Kota ini dikenal sebagai kota industri penebangan sampai akhir abad ke-19. Pada awal abad ke-20, kota ini berkembang sebagai kota pertanian dengan aprikot, anggur dan premnya. Kota ini cukup berkembang sampai 1980an. Namun pada gempa bumi Loma Prieta 1989, kota ini cukup hancur tetapi berhasil dibangun kembali.

Geografi dan Lingkungan[sunting | sunting sumber]

Los Gatos terbagi oleh State Route 17 yang terletak melalui kota dari selatan sampai utara. Menurut Biro Sensus Amerika Serikat, kota ini memiliki total luas area sebesar 29 kilometer persegi. Los Gatos dikelilingi oleh beberapa pegunungan.

Iklim[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Januari, rata-rata suhu udara di Los Gatos adalah 17 °C dan suhu terendahnya mencapai 6 °C . Pada bulan Juli, rata-rata suhu udara adalah 30 °C dan yang terendah mencapai 14 °C.

Politik[sunting | sunting sumber]

Kota ini diatur oleh lima anggota dewan terpilih dengan posisi wali kota yang berganti setiap 5 tahun sekali. Wali kota yang sekarang adalah Joe Pirzynski dan wakil wali kota adalah Greg Larson.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Perusahaan-perusahaan berikut memiliki markas di Los Gatos:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. Sensus Amerika Serikat
  2. Wikipedia Bahasa Inggris - Los Gatos, California

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]