Ampex

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ampex Data Systems Corporation
Aktif
IndustriTeknologi data dan instrumentasi untuk memperoleh, menyimpan, dan memproses informasi visual
Didirikan1944
PendiriAlexander M. Poniatoff
Kantor
pusat
,
Amerika Serikat
ProdukminiR® 700 Mini-Recorder, TuffServ 480 Solid State File Server And Airborne Recorder, Multiplexer (AMux 600) Product Line, DSRs 440 Solid State/Disk Recording Systems
Situs webwww.ampex.com

Ampex adalah sebuah perusahaan elektronik Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1944 oleh Alexander M. Poniatoff. Nama AMPEX merupakan akronim dari nama pendirinya, yaitu Alexander M. Poniatoff Excellence.[1] Pernah menjadi perusahaan publik, unit bisnis yang masih berjalan (Ampex Data Sistem Corporation) diakuisisi oleh Delta Sistem Informasi pada Oktober 2014, dengan perusahaan induk awal, Ampex Corporation, berhenti beroperasi saat itu.

Sukses besar Ampex pertama adalah perekam pita kumparan ke kumparan yang dikembangkan dari sistem Magnetophon Jerman saat perang atas pesanan Bing Crosby. Ampex dengan cepat menjadi pemimpin dalam teknologi pita audio, mengembangkan banyak format perekaman analog baik untuk musik maupun film yang digunakan hingga tahun 1990-an. Sejak tahun 1950-an perusahaan itu mulai mengembangkan perekam pita video, yang menjadi standar studio selama beberapa dekade, dan kemudian memperkenalkan konsep pindai miring yang memungkinkan pembuatan pemutar video untuk rumah. Mereka juga memperkenalkan perekaman multitrek, gerak lambat, dan televisi saji balik cepat, dan beberapa kemajuan lainnya.

Usaha pita Ampex dianggap ketinggalan zaman selama tahun 1990-an dan perusahaan itu beralih ke produk penyimpanan digital. Mereka tidak pernah berhasil di bidang ini dan hampir mati tahun 2000-an.

Sejarah awal[sunting | sunting sumber]

Penemu Rusia Alexander Matthew Poniatoff pada tahun 1944 mendirikan perusahaan di San Carlos, California, dengan nama Ampex Electric and Manufacturing Company. Nama perusahaan itu berasal berasal dari inisialnya ditambah "ex" untuk menghindari penggunaan nama AMP yang sudah digunakan (AMP biasanya digunakan untuk produk penerbangan dan perkapalan, dalam bahasa Inggris Aircraft and Marine Products). Selama Perang Dunia II, Ampex adalah industri kecil yang memproduksi motor listrik dan generator berkualitas tinggi untuk radar yang menggunakan magnet alnico 5 dari General Electric.[2] Ampex pertama kali berkantor di 1313 Laurel St San Carlos, California, "Howard Ave. di Laurel".[3]

Mendekati akhir perang, saat bertugas di Korps Sinyal Angkatan Darat A.S., Mayor Jack Mullin ditugaskan untuk menyelidiki percobaan radio dan elektronik Jerman. Ia menemukan Magnetophon dengan prasikap AC saat ke Radio Frankfurt. Alat tersebut menghasilkan fidelitas yang jauh lebih baik daripada rekaman lak. Mullin membawa dua perekam Magnetophon dan 50 gulungan pita BASF Tipe L ke Amerika lalu ia memproduksi versi yang dimodifikasi. Ia menunjukkan hasil produksnya ke Teknisi Radio di San Francisco pada 16 Mei 1946.[2]

Bing Crosby, seorang bintang radio besar saat itu, memperoleh gagasan untuk merekam program-program radionya. Ia tidak menyukai siaran-siaran langsung terjadwal dan jauh lebih menyukai suasana studio rekaman yang rileks. Ia telah meminta jaringan NBC untuk membiarkannya merekam terlebih dulu siarannya untuk tahun 1944-1945 pada cakram transkripsi, tapi jaringan itu menolak, sehingga Crosby mundur dari siaran radio langsung selama setahun dan dengan berat hati kembali hanya untuk musim 1946-1947 pada radio ABC yang saat itu baru didirikan.

Pada Juni 1947, Mullin, yang sedang menawarkan teknologi tersebut ke studio-studio film besar Hollywood, mendapat kesempatan untuk mendemonstrasikan perekam pita hasil modifikasinya pada Crosby. Ketika Crosby mendengar demonstrasi perekam pita Mullin, dengan cepat ia melihat potensi teknologi baru itu dan meminta Mullin untuk mempersiapkan sebuah rekaman percobaan dari acara radionya. Ampex sedang menyelesaikan prototipe perekam pita Model 200 dan Mullin menggunakan dua model pertama segera setelah dibuat. Setelah siaran percobaan berhasil, ABC setuju mengizinkan Crosby untuk merekam acara-acaranya pada pita. Crosby segera menunjuk Mullin sebagai kepala teknisi dan memberi pesanan perekam baru senilai $50.000, sehingga Ampex dapat mengembangkan model produksi komersial dari prototipe itu.[2]

Crosby Enterprises adalah perwakilan Ampex untuk Pantai Barat hingga 1957.[4]

Perekam pita awal[sunting | sunting sumber]

[[Berkas:Ampex recorder internals Perekam pita pertama perusahaan itu, Ampex Model 200A, pertama kali terjual pada April 1948. Dua unit pertama, nomor serial 1 dan 2, digunakan untuk merekam Acara Bing Crosby.[5] American Broadcasting Company menggunakan perekam ini dengan pita asetat berlapis gamma feri oksida 3M Scotch 111[6] untuk siaran radio tunda The Bing Crosby Show. Perekam pita merevolusi industri radio dan rekaman karena kualitas audio yang lebih unggul dan kemudahan dalam pengoperasian daripada cakram audio.[5]

Selama awal 1950-an Ampex mulai memasarkan mesin satu dan dua trek yang menggunakan pita ¼ inci. Kemudian dengan cepat dikembangkan menjadi model tiga dan empat trek yang menggunakan ½ inci. Dan pada masa itu pula Ampex pindah ke 934 Charter St. Redwood City, California. Tahun 1959 Ampex mengakuisisi Orradio Industries, yang menjadi Divisi Pita Magnetis Ampex, bermarkas di Opelika, Alabama. Ini menjadikan Ampex sebagai produsen alat perekam dan pita sekaligus. Hingga akhir dekade itu, produk-produk Ampex banyak diminta oleh studio-studio rekaman ternama seluruh dunia.

Tahun 1952, produser film, Mike Todd meminta Ampex untuk mengembangkan sistem suara film fidelitas tinggi menggunakan suara yang secara magnetis direkam di film itu sendiri, karena teknologi saat itu menggunakan trek magnetis pada sebuah film terpisah. Hasil pengembangan ini adalah sistem suara gambar bergerak CinemaScope/Todd-AO,[7] yang pertama kali digunakan dalam film-film seperti The Robe (1953) dalam pita 35mm dan Oklahoma (1955) dalam 70mm (dan juga 35mm). Tahun 1960, Academy of Motion Picture Arts and Sciences memberi penghargaan kepada Ampex sebuah Oscar atas pencapaian teknis sebagai hasil dari pengembangan ini.

Galeri foto[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Abramson, Albert (2003). "2". The History of television, 1942 to 2000 (dalam bahasa bahasa Inggris). McFarland. hlm. 286. ISBN 9780786412204. 1944 he founded Ampex (the name was created from his initials, AMP, plus "ex" for excellence). 
  2. ^ a b c Schoenherr, Steven (05-11-2002). "The History of Magnetic Recording". University of California, San Diego (dalam bahasa bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-08-21. Diakses tanggal 12-05-2016. 
  3. ^ "Ampex Buildings in October 2000". Recordist (dalam bahasa bahasa Inggris). 05-07-2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-08-13. Diakses tanggal 12-05-2016. 
  4. ^ Hammar, Peter (Juni 1982). "The Ampex Museum of Magnetic Recording". Electronic Servicing & Technology (dalam bahasa bahasa Inggris). 
  5. ^ a b Leslie, John; Snyder, Ross (17-12-2010). "History of The Early Days of Ampex Corporation" (pdf). AES Historical Committee (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 12-05-2016. 
  6. ^ Schoenherr, Steven E. (06-07-2005). "Recording Technology History: Tape Recording Comes to America". University of California, San Diego (dalam bahasa bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-03-12. Diakses tanggal 12-05-2016. 
  7. ^ The 1952 divestasi unit suara gambar bergerak Western Electric Company dari Bell System menyebabkan unit tersebut tidak dapat menyelesaikan proyek ini, yang diambil alih oleh Ampex, lebih jauh disederhanakan untuk manufakturabilitas dan biaya lebih rendah, dan memperpanjang masa manfaat kepala magnetis, serta meningkatkan volume pasar, dalam beberapa kasus penetrasi pasar melebihi 90 persen.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]